Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Branchless Banking)

Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Branchless Banking) adalah kegiatan jasa layanan sistem pembayaran dan perbankan terbatas yang tidak dilakukan melalui kantor fisik bank, namun dengan jasa Agen Bank Mandiri dan sarana teknologi.

Agen Bank Mandiri adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank dan bertindak untuk dan atas nama Bank dalam memberikan Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Branchless Banking).

Dengan adanya layanan ini dan kehadiran Agen Bank Mandiri, nasabah memperoleh kemudahan melakukan transaksi sebagai berikut :

  • Melakukan pembukaan rekening
  • Melakukan penyetoran tunai ke rekening
  • Melakukan penarikan tunai dari rekening
  • Dan transaksi lainnya

Cara Menjadi Agen

  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 2 (dua) tahun
  • Melengkapi legalitas pendirian dan perijinan usaha berupa Surat Izin Usaha, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan surat izin usaha lainnya.
  • Merupakan nasabah Bank Mandiri
  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui Unit Mikro Bank Mandiri/Kantor Cabang Bank Mandiri.

Produk yang Dipasarkan

Produk yang dipasarkan dalam Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Branchless Banking) adalah produk mandiri e-cash dan produk mandiri tabunganMU.

  1. Mandiri e-cash

    mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone, yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.
    *lihat informasi produk mandiri e-cash

  2. Mandiri tabunganMU

    mandiri tabunganMU adalah rekening simpanan dalam mata uang Rupiah bagi perorangan yang memiliki karakteristik Basic Saving Account (BSA) sesuai ketentuan dari regulator yang hanya dapat dibukakan dalam rangka Layanan Keuangan Tanpa Kantor.

    1. Mudah
      • Mendapatkan kemudahan pembukaan rekening dan bertansaksi melalui Agen Bank Mandiri
      • Tanpa batas minimum setoran dan minimum saldo rekening.
      • Mendapatkan langsung layanan mandiri sms untuk bertransaksi
    2. Menguntungkan
      • Mendapatkan bunga untuk saldo tabungan mulai Rp 1,-.
      • Bebas biaya administrasi bulanan
      • Bebas biaya registrasi dan setor tunai
    3. Syarat dan Ketentuan
      • Hanya untuk warga negara Indonesia (WNI).
      • Valuta Tabungan adalah Rupiah.
      • Batas maksimum Saldo Rekening paling banyak Rp. 18.000.000,- (delapan belas juta rupiah)
      • Batas maksimum transaksi debet rekening dalam 1 (satu) bulan secara kumulatif pada setiap rekening paling banyak Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah).
      • Hanya dapat diberikan kepada nasabah perorangan yang belum memiliki rekening di Bank Mandiri dan maksimal kepemilikan rekening mandiri tabunganMU adalah 1 (satu) rekening per orang.
      • Tidak diperkenankan dibuka untuk rekening bersama (dan/atau). Rekening dengan status "dan" diperbolehkan dalam hal calon nasabah adalah perorangan yang belum memenuhi syarat untuk memiliki dokumen identitas, misalnya pelajar.

Cara Mendapatkan Layanan

  • Memiliki identitas (KTP) yang masih berlaku
  • Memiliki nomor handphone yang aktif
  • Melengkapi formulir yang disediakan di Agen

Biaya

  • Tidak ada biaya administrasi bulanan
  • Tidak ada biaya registrasi dan setor tunai *)
  • Biaya tarik tunai di Agen : *)
    • Nominal s.d. Rp 200.000,- : Rp 3.000,-
    • Nominal > Rp 200.000,- : Rp 5.000,-
  • Biaya transaksi pembayaran sesuai ketentuan Bank
  • Biaya pulsa untuk SMS dan akses USSD sesuai ketentuan masing-masing operator telekomunikasi
  • *) setor tunai dan tarik tunai dilakukan melalui rekening mandiri e-cash
Sunset