FAQ Mandiri SMS

Layanan Mandiri SMS

Apa itu layanan Mandiri SMS ?

Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan hanya dengan menggunakan layanan SMS (Short Message Service) di handphone Anda apapun tipe handphone Anda.

Apa saja syarat untuk memperoleh layanan Mandiri SMS ?

  • Nasabah Bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan
  • Pelanggan operator telekomunikasi Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren
  • Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS

Bagaimana cara memperoleh layanan Mandiri SMS ?

Melakukan pendaftaran di Mandiri ATM atau kantor cabang Bank Mandiri terdekat

Apa saja transaksi yang bisa dilakukan melalui Mandiri SMS?

  • Transaksi non finansial
  • Transaksi finansial
  • Daftar biller untuk transaksi pembayaran dapat diunduh disini.

Bagaimana cara nasabah bertransaksi dengan Mandiri SMS ?

Ada 3 pilihan cara bertransaksi dengan Mandiri SMS :

SMS KETIK adalah cara bertransaksi dimana Anda harus mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS di ponselnya kemudian mengirim SMS tersebut ke nomor 3355.

USSD (Unstructured Supplementary Service Data) adalah cara bertransaksi dimana Anda harus mengetikkan *141*6# lalu klik ‘call’ (seperti akan menelepon) kemudian pilih menu yang muncul di layar telepon sesuai transaksi yang akan dilakukan.

SIM TOOL KIT adalah cara bertransaksi dimana Anda harus mengakses menu STK yang otomatis muncul di handphone Anda, kemudian klik m-B_Mandiri (SMS Banking Mandiri). Apabila tidak tersedia pada SIM card, disarankan untuk perlu download menu atau ganti SIM card terlebih dahulu.

Apa yang harus dilakukan oleh nasabah pada saat pendaftaran Mandiri SMS ?

Pendaftaran di Mandiri ATM :

  • Nasabah datang ke Mandiri ATM dengan membawa kartu mandiri debit
  • Masukkan Kartu ATM disertai dengan 6 digit PIN
  • Tekan menu Pendaftaran e-Banking, SMS Banking, Pendaftaran Mandiri SMS, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya
  • Layanan Mandiri SMS langsung aktif untuk transaksi non finansial, untuk mengaktifkan layanan transaksi finasial, Anda harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat

Pendaftaran di Cabang :

  • Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya
  • Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku tabungan dan Kartu mandiri debit
  • Apabila Nasabah telah memenuhi syarat, Nasabah diminta untuk membuat PIN pada mesin pinpad di kantor cabang. PIN tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi.

Dapatkah 2 nomor HP didaftarkan untuk 1 rekening yang sama ?

Tidak dapat. Prinsipnya 1 rekening sendiri milik nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor HP.

Haruskah nasabah mendaftar ulang Mandiri SMS jika SIM card diganti ?

Bila no telepon/HP sama dengan nomor sebelumnya, nasabah tidak perlu mendaftar ulang. Namun bila no telepon/HP berbeda, nasabah harus menutup layanan Mandiri SMSnya terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM/Cabang.

Apa saja biaya yang dibebankan oleh Bank Mandiri kepada nasabah pengguna Mandiri SMS?

Biaya pendaftaran, administrasi bulanan dan biaya transaksi* GRATIS
(*biaya transaksi tergantung jenis transaksi, pada transaksi tertentu ada biaya bergantung pada kebijakan penyedia layanan, misal bayar PLN dikenakan biaya Rp 3500 per transaksi)

Berapa biaya SMS yang dibebankan oleh operator telepon kepada pengguna Mandiri SMS ?

Tidak dapat. Prinsipnya 1 rekening sendiri milik nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor HP.

  • Telkomsel
    Kartu Halo:
    SMS diterima Non finansial = 600
    SMS diterima finansial = 1200
    Simpati:
    SMS diterima Non finansial = 660
    SMS diterima Finansial = 1320
    Kartu AS:
    SMS diterima Non finansial = 660
    SMS diterima Finansial = 1320

  • XL
    Prepaid:
    SMS diterima = 550
    Postpaid:
    SMS diterima = 500

  • Indosat (all varian)
    Inquiry saldo = 500
    Transfer= 1.500
    Notifikasi = 800
    Payment = 1.500

  • Smartfren
    SMS diterima = 650

  • Biaya tersebut akan mengurangi pulsa pelanggan (pra bayar) atau akan dibebankan ke tagihan bulanan (pasca bayar)

Berapa limit transaksi Mandiri SMS ?

Limit transaksi Mandiri SMS sebagai berikut :
 

Fitur

Limit(Rp)/hari

1

Transfer

100.000.000

2

Pembayaran non kartu kredit

100.000.000

3

Pembayaran kartu kredit

 

 

  • KK Bank Mandiri
  • KK Bank Lain

100.000.000

100.000.000

4

Isi ulang pulsa

5.000.000

Limit transaksi ini berlaku akumulatif untuk semua channel mobile banking yang diakses oleh nasabah, yaitu mandiri sms (ketik dan STK), mandiri mobile, dan mandiri sms *141*6#.

Apa saja sistem pengamanan transaksi Mandiri SMS ?

Mandiri SMS memiliki sistem pengamanan berlapis antara lain :

  • No HP sebagai ID nasabah
  • Transaksi diverifikasi dengan PIN
  • PIN acak (Saat transaksi SMS Ketik)
  • Limit transaksi per hari
  • Pendaftaran via Mandiri ATM hanya dapat melakukan transaksi non finansial

Apa yang menyebabkan PIN tidak dapat digunakan ?

Layanan Mandiri SMS diblokir oleh Bank karena PIN salah 3 kali berturut-turut saat digunakan atau atas permintaan nasabah layanan tersebut diblok atau ditutup.

Keluhan Nasabah

Apa yang harus dilakukan nasabah jika telah mengirim SMS untuk transfer/pembayaran/isi ulang ternyata SMS konfirmasi tidak diterima ?

Nasabah diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Namun bila tidak berhasil, nasabah diminta telpon ke Mandiri Call untuk cek status transaksi dan Debet/Kredit transaksi. Bila transaksi berhasil, berarti SMS terlambat/belum dikirim oleh operator ke HP nasabah.

Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke HP nasabah ?

Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, HP mati, pulsa HP habis, sinyal HP tidak ada

Berapa lama maksimum pulsa akan segera terisi, setelah transaksi isi ulang pulsa dinyatakan berhasil oleh Bank Mandiri ?

Paling lambat pulsa akan terisi 2 menit setelah transaksi berhasil. Bila lebih dari 2 menit pulsa belum terisi harap telepon ke Mandiri Call 14000 atau (021) 5299 7777 dengan menyebutkan no rek terdebet, nilai pulsa, nama operator, no voucher, jam transaksi, dan nomor referensi transaksi. Tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Bank Mandiri antara lain adalah meminta operator untuk melakukan isi ulang manual.

Apa yang harus dilakukan nasabah jika download menu M-B_Mandiri tidak berhasil dilakukan ?

Nasabah disarankan untuk menghapus menu lainnya selain menu mBanking untuk mengurangi memory pada sim card. Kemudian download ulang menu M-B_Mandiri. Jika masih gagal agar menghubungi Call Centre masing-masing operator

Bagaimana cara transaksi menggunakan Ketik SMS?

Nasabah dapat mengunduh cara transaksi Ketik SMS disini.

Sunset