Frequently Asked & Question(FAQ)
Fitur Layanan Transaksi Online eCommerce Verified by Visa (3D Secure)
Pada kartu Mandiri Debit
  1. Apa yang dimaksud dengan fitur layanan transaksi online eCommerce Verified by Visa/VbV (3D Secure) pada kartu Mandiri Debit ?
  2. Merupakan fitur layanan/alat pembayaran transaksi online eCommerce menggunakan kartu Mandiri debit yang sudah tersertifikasi dari Visa (VbV/3D Secure) pada situs merchant (toko online) yang juga telah memiliki sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).

  3. Bagaimana cara nasabah jika ingin mengaktifkan layanan transaksi online eCommerce VbV (3D Secure) ?
    • Di Cabang
    • Nasabah Baru
      • Mengisi fomulir pembukaan rekening dan memastikan bahwa nomor handphone yang diisi adalah yang aktif, begitu pula dengan alamat e-mail dan menginformasikan kepada Customer Service untuk mendaftarkan nomor tlp ke layanan VbV.
      • Nasabah harus datang cabang Bank Mandiri terdekat.
      • Layanan aktif setelah H+1.
      Nasabah Existing
      • Nasabah harus terlebih dahulu mengisi form pengkinian data untuk mengupdate data terbaru nomor handphone dan alamat email.
      • Nasabah harus datang cabang Bank Mandiri terdekat untuk pengisian pengkinian data.
      • Layanan aktif setelah H+1.
    • Internet Banking
      • Nasabah Login ke Mandiri Internet Banking
      • Masuk ke menu Administrasi pada kolom disebelah kiri
      • Masuk ke menu Ubah Nomor Handphone dibawah sub menu administrasi
      • Masukan Kartu yang aktif yang akan dipergunakan untuk melakukan transaksi belanja di website ecommerce
      • Masukan nomor HP yg akan dipergunakan untuk melakukan transaksi dan menerima One Time Password (OTP)
      • Masukan challange code berdasarkan token dengan apply 1
      • Pendaftaran berhasil
      • Layanan aktif setelah H+2.

  4. Bagaimanakah cara nasabah bertransaksi di merchant online ?
    • Nasabah pemilik kartu Mandiri debit yang dapat bertransaksi online eCommerce adalah seluruh nasabah Mandiri Debit yang status kartunya aktif dan nomor handphonenya terdaftar pada sistem bank.
    • Nasabah pemilik kartu Mandiri debit hanya dapat melakukan transaksi online eCommerce melalui merchant yang sudah VbV (3D Secure).
    • Nasabah melakukan transaksi dengan menginput nomor Kartu Mandiri debit yang terdaftar di sistem bank pada situs merchant yang sudah VbV (3D Secure), serta 3 digit nomor CVV yang tertera pada bagian belakang kartu Mandiri debit.
    • Selanjutnya Nasabah akan menerima password/authorization code yang nasabah terima di nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia. Password / authorizastion code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi (One Time Password (OTP).
    • Sistem Bank Mandiri mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone/HP nasabah yang telah terdaftar di sistem bank.
    • Tahap akhir, Nasabah menginput Password tersebut pada layar konfirmasi yang muncul pada layar transaksi.
    • Nasabah akan mendapatkan konfirmasi bahwa transaksi selesai.

  5. Apa sajakah manfaat yang di dapat nasabah dari aktivasi layanan transaksi online eCommerce VbV (3D Secure) ?
    • Selain di mesin EDC/POS, nasabah dapat melakukan transaksi belanja di merchant e-Commerce yang sudah Verified by Visa dengan menggunakan kartu mandiri debit yang juga Verified by Visa.
      • Transaksi belanja lebih aman karena selain Merchant harus sudah Verified by Visa (3D Secure), setiap transaksi e-Commerce yang menggunakan kartu Mandiri Debit juga diminta untuk meng-input One Time Password / OTP.
      • Transaksi belanja lebih praktis, Nasabahtidak perlu ke ATM untuk melakukan pembayaran transfer dll.
      • Nasabah tidak dibebani biaya tambahan.

  6. Apa yang dimaksud dengan VbV / 3D Secure ?
  7. Yang dimaksud dengan VbV adalah Verified by Visa, sedangkan 3D Secure adalah 3 domain Secure.

  8. Apa yang dimaksud dengan toko online/ Merchant eCommerce yang sudah VbV / 3D Secure ?
  9. Merupakan toko online / merchant eCommerce yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Visa. Sertifikasi ini untuk memastikan keamanan transaksi sekaligus melindungi dari cyber fraud.

  10. Apa yang dimaksud dengan Password / Authorizationcode ?
  11. Berupa 6 (enam) angka rahasia yang diterima nasabah melalui nomor handphone yang terdaftar di sistem Bank, setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online. Password / authorization code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online (One Time Password)

  12. Apa yang dimaksud dengan OneTime Password ?
  13. One Time Password atau biasa disingkat OTP merupakan 6 (enam) angka rahasia yang diterima nasabah melalui nomor handphone yang terdaftar di sistem Bank, setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online guna keamanan dalam bertransaksi belanja online.

  14. Berapa kali maksimal nasabah dapat menginput password / authorizationcode ?
  15. Maksimal nasabah dapat menginput password /authorization code sebanyak 3 kali.

  16. Apa yang terjadi jika nasabah salah memasukkan Password/ Authorization code setelah 3 kali ?
  17. Jika nasabah salah memasukkan password sebanyak 3 kali, maka layanan penerimaan password (OTP) akan terblokir. Agar dapat bertransaksi kembali, Nasabah dapat mengajukan pembukaan layanan OTP melalui Mandiri call 14000 (real time). Pembukaan layanan OTP dilakukan dengan verifikasi data terlebih dahulu.

  18. Apa sajakah resiko yang mungkin timbul pada layanan transaksi online eCommerce dengan menggunakan kartu Mandiri debit ?
    • Resiko gagalnya transaksi karena kegagalan system
    • Resiko gagalnya transaksi karena nomor Handphone tidak terdaftar pada data Bank
    • Resiko gagalnya transaksi karena merchantbelum VbV (3D Secure)

  19. Siapakah pengguna dari transaksi online eCommerce VbV (3D Secure)tersebut ?
  20. Nasabah yang terdaftar menjadi nasabah Bank Mandiri dengan menggunakan semua jenis Kartu Mandiri debit yang berlogo Visa (termasuk kartu Mandiri debit Bisnis dan Prioritas), namun tidak berlaku untuk kartu Mandiri Prabayar.

  21. Berapa limit transaksi kartu Mandiri debit, jika bertransaksi melalui belanja online eCommerce ?
    • Limit transaksi kartu Mandiri debit untuk belanja online eCommerce mengikuti/menjadi satu dengan limit transaksi pembelanjaan harian kartu yang sudah ada saat ini.
    • Limit transaksi pada merchant online akan diakumulasi dengan transaksi Merchant EDC/POS, contohnya : >
    • Bayu pemegang kartu Mandiri debit Silver, sesuai jenis kartunya ia mempunyai limit harian transaksi belanja / purchase sebesar Rp. 25 juta per hari. Pada tanggal 19 Juni 2013, Bayu melakukan transaksi di Hypermart sebesar Rp. 500.000,00 di Matahari Department Store sebesar Rp. 700.000,00 dan beli Hp baru di blibli.com sebesar Rp. 4.500.000,00 Total transaksi purchase Bayu pada tanggal 19 Juni 2013 adalah sebesar Rp. 5.700.000,00 Sehingga sisa limit transaksi harian Bayu tanggal 19 Juni 2013 adalahRp. 19.300.000,00

  22. Jika ada pertanyaan perihal hal tersebut di atas kiranya dapat menghubungi ?
  23. Mandiri Call 14000

    Lampiran I

    ----o0o----