Mandiri Produk Impor

Letter Of Credit Issuance

Letter of Credit (LC) diterbitkan oleh Bank Mandiri (Issuing Bank), atas permintaan Anda sebagai importir/buyer/applicant yang berisi janji bank untuk membayar sejumlah uang kepada eksportir/seller/benef iciary apabila issuing bank menerima dokumen yang sesuai dengan syarat LC.

Penerbitan LC melalui Bank Mandiri dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan fasilitas yang akan kami sediakan. Kedua, dengan menggunakan 100% dari dana Anda, baik berupa dana tunai, blokir rekening atau blokir deposito, di mana dana tersebut akan berfungsi sebagai setoran jaminan. Apabila menggunakan 100% dana, maka pembukaan LC dapat dilakukan tanpa proses pemberian fasilitas.

Sebagai bank terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1000 hubungan correspondent bank, LC yang kami terbitkan akan diterima dengan cepat & mudah oleh counter party maupun bank dari counter party di negara mana saja di seluruh dunia.


Setelah Anda melengkapi aplikasi penerbitan LC, kami akan menerbitkan LC yang merupakan janji kami sebagai bank yang berstandar internasional untuk membayar kepada seller / beneficiary Anda apabila syarat & kondisi LC terpenuhi. Sejak saat itu, kami akan menangani semua hal mengenai LC Anda mulai dari pemeriksaan dokumen sesuai peraturan internasional dan kelaziman perbankan, hingga proses settlement. Dengan demikian, kepentingan semua pihak akan terlindungi.

Benefit

  • Kepastian bahwa pembayaran/akseptasi hanya akan dilakukan setelah persyaratan dokumen yang tercantum dalam LC telah terpenuhi
  • Perlindungan terhadap proses settlement tran- saksi internasional Anda
  • Meningkatkan bonafiditas Anda karena LC yang Anda pergunakan diterbitkan oleh bank bertaraf internasional

Fitur

Jenis LC yang diterbitkan dapat bersifat Sight (Atas Unjuk), Usance (Berjangka), Usance Payable at Sight (UPAS), maupun jenis LC lainnya secara tailor-made, yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan counter party bisnis Anda.

Jenis LC

  • Sight LC
  • LC yang mensyaratkan pembayaran pada saat ditunjukkan (Atas Unjuk)

  • Usance LC
  • LC yang mensyaratkan pembayaran pada masa yang akan datang (Berjangka)

  • Usance Payable at Sight (UPAS) LC
  • LC yang mensyaratkan pembayaran Berjangka (Usance) untuk buyer, namun seller dapat menerima pembayaran secara Atas Unjuk (Sight). Kami dapat memfasilitasi pendanaan untuk LC UPAS baik melalui bank koresponden maupun jaringan kantor luar negeri kami

TRUST RECEIPT

Trust Receipt (TR) adalah fasilitas penundaan pembayaran dari bank terhadap kewajiban pembayaran Anda berdasarkan LC Sight atau Usance dengan cara penyerahan TR Letter. Fasilitas ini memungkinkan Anda melakukan penundaan pembayaran atas barang yang Anda beli tanpa harus menurunkan kredibilitas Anda di mata supplier.


Fasilitas ini, merupakan bagian dari fasilitas LC Issuance yang kami berikan kepada Anda. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan penundaan pembayaran kewajiban Anda kepada bank, namun tetap dapat mengambil barang yang sudah Anda pesan dengan LC yang telah dibuka. Anda cukup menyerahkan TR Letter, yang pada intinya berisi pernyataan bahwa bank tetap mempertahankan kepemilikan atas barang dan Anda berjanji akan melunasi hutang kepada bank atas kewajiban LC yang telah dibayarkan terlebih dahulu oleh bank.

Benefit

  • Merupakan fasilitas talangan dengan bunga yang bersaing di saat Anda mengalami mismatch pada cash flow Anda
  • Meningkatkan kredibilitas Anda di mata supplier dengan membayar secara tunai

Fitur

  • Merupakan sub-limit LC Issuance yang bersifat uncommitted dan revolving
  • Simple karena dokumentasi yang dibutuhkan untuk penarikan hanya TR Letter

INWARD DOCUMENTARY COLLECTION

Inward Documentary Collection merupakan cara yang lebih sederhana dan mudah dalam melakukan perdagangan internasional, di mana kegiatan impor Anda akan dilakukan tanpa menggunakan LC. Pada transaksi ini dokumen atas barang yang telah dikirimkan oleh seller akan ditagihkan kepada Anda melalui bank. Kami sebagai presenting bank akan memberikan dokumen tersebut kepada Anda apabila syarat Inward Documentary Collection tersebut telah dipenuhi.


Proses collection dimulai saat seller telah mengirimkan barangnya, mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan memberikan dokumen tersebut kepada banknya untuk ditagihkan kepada Anda. Bank seller Anda (remitting bank), akan mengirimkan dokumen- dokumen tersebut kepada kami (collecting/presenting bank) untuk dimintai pembayaran atau akseptasi kepada Anda.

Dengan lebih dari 1000 correspondent bank di seluruh dunia, supplier Anda akan dengan mudah mengirimkan dokumen ekspornya melalui bank koresponden kami sehingga dokumen dapat Anda terima lebih cepat dan meminimalisir biaya tambahan maupun risiko kerusakan barang Anda di pelabuhan.

Document Against Payment (D/P) dan Document Against Acceptance (D/A) merupakan dua jenis Documentary Collection cost effective yang dapat Anda tawarkan pada supplier Anda sebagai alternatif dari transaksi LC. Sebelum Anda memutuskan apakah akan membayar secara tunai (D/P) atau menerima dan membayar pada saat yang akan datang (D/A), Anda dapat datang ke Trade Servicing Center kami untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Benefit

  • Keleluasan untuk memeriksa dokumen atas barang yang dikirim oleh seller terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.
  • Memungkinkan Anda untuk memperoleh barang yang Anda impor sebelum melakukan pembayaran (D/A).
  • Merupakan alternatif pembayaran dari LC

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami, silahkan anda hubungi Call Mandiri di 14000. Atau klik disini untuk menghubungi kantor Commercial Banking Kami.

Produk Impor & Trust Receipt (TR)