Mandiri News Detail Portlet

Devisa Hasil Ekspor (DHE) Wajib Disimpan di Dalam Negeri Paling Lama 3 Bulan

Devisa Hasil Ekspor (DHE) Wajib Disimpan di Dalam Negeri Paling Lama 3 Bulan

ECONOMIC REVIEW

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW

Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri

 

 

Januari, 24, 2019 | Daily Economic ReviewDevisa Hasil Ekspor (DHE) Wajib Disimpan di Dalam Negeri Paling Lama 3 Bulan

 

Pemerintah resmi menerbitkan aturan devisa hasil ekspor (DHE), devisa wajib disimpan di dalam negeri paling lama 3 bulan.

Sesuai yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan dan/ Pengolahan Sumber Daya Alam, pemerintah mewajibkan DHE sumber daya alam untuk disimpan di dalam sistem keuangan Indonesia.

 

 

Devisa yang wajib disimpan di dalam sistem keuangan Indonesia yaitu hasil ekspor pertambangan, perkebunan, kehutanan dan perikanan.

Devisa tersebut wajib disimpan dalam rekening khusus DHE sumber daya alam pada bank yang melakukan kegiatan usaha di bidang valuta asing, dan penempatannya wajib dilaksanakan paling lama pada akhir bulan ke-3 setelah keluarnya Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

 

 

Di samping sanksi yang diberlakukan insentif juga diberikan pemerintah kepada eksportir.

Insentif yang diberikan pemerintah berbentuk keringanan tarif pajak penghasilan (PPh) final. Untuk bunga deposito DHE pada rekening khusus akan dikenakan PPh final sesuai dengan aturan perpajakan.

 

 

Pengaturan devisa untuk mengurangi tekanan terhadap Rupiah.

Pengaturan devisa ini dilakukan untuk mengurangi tekanan terhadap pelemahan Rupiah yang terjadi akibat gejolak perekonomian global. Pemerintah menerbitkan kebijakan ini untuk menjaga kesinambungan pembangunan serta meningkatkan ketahanan ekonomi nasional. (fy)

 

 

Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini:

Unduh Dokumen Media