Mandiri News Detail Portlet

Cadangan Devisa Meningkat Pada Juni 2020

Cadangan Devisa Meningkat Pada Juni 2020

ECONOMIC REVIEW

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW

Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri

 

 

Juli, 8, 2020 | Daily Economic ReviewCadangan Devisa Meningkat Pada Juni 2020

 

Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2020 sebesar USD131,7 miliar.

Cadangan devisa Juni 2020 mengalami kenaikan USD1,2 miliar dari bulan Mei 2020 yang sebesar USD130,5 miliar. Kenaikan tersebut terutama disebabkan oleh penerbitan sukuk global pemerintah yang akan dimanfaatkan dalam pembiayaan APBN 2020 dan penanggulangan dampak COVID-19.

 

Penerbitan sukuk global pemerintah mendorong cadangan devisa.

Pada minggu ketiga Juni 2020, pemerintah menerbitkan sukuk global di pasar internasional dengan denominasi USD sebesar USD2,5 miliar. Sukuk global yang diterbitkan ini terdiri dari tiga tenor berbeda, yaitu tenor lima tahun sebesar USD750 juta, 10 tahun sebesar USD1 miliar, dan 30 tahun sebesar USD750 juta dengan menggunakan Akad Wakalah yang diterbitkan dengan berdasarkan prinsip-prinsip Syariah.

 

Cadangan devisa tetap memadai ke depan.

Dengan kembali masuknya aliran dana asing dan nilai tukar rupiah yang kembali stabil, Bank Indonesia mengatakan cadangan devisa akan tetap memadai dengan adanya dukungan kebijakan yang mendorong stabilitas ekonomi.

 

Respon kebijakan ditempuh oleh pemerintah dan Bank Sentral untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Pemerintah telah menjalankan stimulus untuk memitigasi dampak COVID-19 pada perekonomian yang difokuskan pada bidang kesehatan, social safety net, serta perbaikan perekonomian masyarakat dan dunia usaha. Perbaikan iklim investasi dilakukan pemerintah dengan mempercepat reformasi struktural, dan Bank Indonesia akan terus melanjutkan bauran kebijakan yang akomodatif guna mendorong momentum pertumbuhan dan stabilitas rupiah. (rep)

 

Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini:

Unduh Dokumen Media