Mandiri News Detail Portlet

Kolaborasi Mendukung Pembiayaan UMKM Pertanian

Kolaborasi Mendukung Pembiayaan UMKM Pertanian

ECONOMIC REVIEW

Agustus, 27, 2021 | Daily Economic ReviewKolaborasi Mendukung Pembiayaan UMKM Pertanian

 

Nilai tambah sektor pertanian terus didorong.

Pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi pada 25 Agustus lalu, Presiden mendorong upaya meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian sehingga memiliki kontribusi yang semakin besar dalam menggerakkan mesin pertumbuhan ekonomi.

Penyaluran kredit UMKM perbankan ke sektor Pertanian terus meningkat.

Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan penyaluran pembiayaan pertanian, terutama segmen UMKM. Per Mei 2021, outstanding penyaluran kredit UMKM perbankan ke sektor Pertanian mencapai Rp 129,8 triliun, tumbuh 17,7% secara tahunan, dengan kontribusi 13% terhadap total kredit UMKM.

Akselerasi pembiayaan ke sektor Pertanian melalui platform digital terus berkembang.

Rata-rata pertumbuhan bulanan penyaluran pinjaman fintech lending ke sektor Pertanian di 2021 mencapai 24%. Penyaluran pinjaman di Juni 2021 mencapai Rp 127 miliar, tumbuh 70% dibanding bulan sebelumnya.

Secara umum, mayoritas sumber dana untuk pembiayaan lewat fintech lending berasal dari institusi.

Di Juni 2021, kontribusi pemberi pinjaman institusi terhadap outstanding mencapai 76%, sisanya berasal dari pemberi pinjaman perseorangan. Dari total outstanding, Institusi non lembaga keuangan berkontribusi hingga sepertiganya, perbankan menyalurkan sebesar 12%, sementara institusi keuangan non-bank berkontribusi 6%. (bhs)

Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini:

Unduh Dokumen Media