Keamananku

Internet Banking Mandiri, Aman dari 'Keylogger'

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘keylogger’? Inilah salah satu cyber crime yang patut Anda waspadai tatkala menggunakan fasilitas internet banking.

Keylogger adalah suatu aplikasi atau software yang dapat mengunci tombol keyboard dengan menggunakan program logger tertentu. Sehingga, apapun yang diketikkan oleh user di layar monitor, dapat terekam. Artinya, meskipun saat mengetikkan password di kotak password yang tampil di monitor hanyalah '*****' misalnya, namun isi password tersebut dapat terekam dan otomatis dapat terbaca.

Hasil rekaman ini akan langsung tersimpan pada komputer dan dikirimkan melalui internet kepada si pencuri data tersebut. Bisa lewat e-mail, irc atau bahkan bisa diamati langsung secara realtime melalui web.

Bagaimana keylogger bekerja?

Keylogger hanya merekam penekanan tombol pada keyboard dan menyimpannya pada suatu tempat untuk selanjutnya diambil kembali. Secara teknis, keylogger akan 'menangkap' semua karakter yang masuk ke dalam komputer kecuali [Ctrl] + [Alt] + [ Del].

Internet Banking Mandiri Aman dari Keylogger

Bagi Anda nasabah bank Mandiri tak perlu khawatir atas cyber crrime yang satu ini, karena Internet Banking Mandiri sudah dilengkapi dengan Token PIN mandiri. Dengan fasilitas ini, rekening Anda tidak mungkin disalahgunakan meskipun informasi yang Anda masukkan telah tertangkap oleh keylogger. Token PIN Mandiri ini berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial. Dengan demikian, jika PIN Anda telah diketahui pada suatu waktu oleh orang lain, maka orang tersebut tetap tidak bisa melakukan transaksi dari PIN yang sama.

Tips agar Aman Ber-interent Banking

  • Segera aktifkan Token PIN Mandiri Anda.
  • Pastikan bahwa komputer yang Anda akan gunakan benar-benar aman dan terpercaya.
  • Lebih baik tidak mengakses situs internet banking dari tempat-tempat publik atau tempat umum, seperti misalnya komputer di warnet, di kantor (yang digunakan bersama-sama) atau milik orang lain, dsb. Gunakanlah komputer pribadi dimana hanya Anda yang memiliki akses ke sana.
  • Jika Anda merasa bahwa ada sesuatu yang ganjil telah terjadi saat melakukan transaksi lewat Internet banking, segera hubungi Call Center Mandiri di nomor telepon 14000 atau email customer.care@bankmandiri.co.id.

 

::   Aman Bertransaksi Dengan Token PIN Mandiri
::   Etika dalam Ber-Internet Banking
::   Waspadai Bahaya ‘Typo Site’ !
::   Mengenali SIM Card Swapping
::   Tips Menjaga Kerahasiaan PIN
Sunset