Kopra Cash Management

Kopra Cash Management

1. Kopra Cash Management Wholesale

Kopra Cash Management Wholesale (KCM Wholesale) merupakan layanan digital berbasis internet yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan aktivitas keuangannya, baik transaksi finansial maupun non finansial. 

Apakah manfaat Kopra Cash Management Wholesale?

  • Fleksibilitas dan efisiensi waktu: Proses transaksi perbankan dimanapun dan kapanpun secara real-time dan online.
  • Keamanan transaksi: Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang dan dilengkapi dengan token sebagai alat persetujuan transaksi.
  • Penyimpanan data secara elektronik: Kemudahan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial.

Siapakah yang bisa menggunakan Kopra Cash Management Wholesale?

Nasabah Badan atau Non-Perorangan.

Apakah saya dikenakan biaya untuk dapat menggunakan Kopra Cash Management Wholesale? 

Tidak. Untuk dapat menggunakan layanan Kopra Cash Management Wholesale Anda tidak dikenakan biaya administrasi apapun. Anda hanya akan dikenakan biaya apabila melakukan transaksi- transaksi tertentu.

Bagaimana cara mendaftar layanan Kopra Cash Management Wholesale? 

  • Menghubungi Relationship Manager Bank Mandiri, atau
  • Menghubungi Cabang atau tim Transaction Banking Region pada masing-masing wilayah di Bank Mandiri.

Bagaimana cara mengakses layanan Kopra Cash Management Wholesale?

Akses layanan Kopra Cash Management Wholesale melalui situs https://koprabymandiri.com dengan memasukkan kredensial seperti Company ID, User ID, dan Password.

Bagaimana keamanan bertransaksi di layanan Kopra Cash Management Wholesale?

Otorisasi transaksi berjenjang meliputi user maker dan approver yang dilengkapi dengan token sebagai alat autentifikasi transaksi.

Apa saja fitur layanan Kopra Cash Management Wholesale?

  • Dashboard: Menu di halaman home screen setelah anda login, yang dapat diatur sesuai keinginan user seperti menu yang sering diakses, overview status transaksi kalender, news dll. Tampilan dashboard dapat di customized sesuai keinginan masing-masing user dengan menekan “Customize Dashboard” pada sebelah kanan.
  • Account: Berisi sub menu terkait informasi rekening yang telah didaftarkan di Kopra Cash Management Wholesale seperti Account List, Today’s Balance, Balance History, Account Statement, Advice Printing.

    • Apa itu Account List? Fitur untuk melihat keseluruhan account yang sudah terdaftar.

    • Jenis rekening apa saja yang dapat didaftarkan di Kopra Cash Management Wholesale?

      • Giro

      • Tabungan

      • Pinjaman

      • Deposito

    • Apa itu Today’s Balance? Menu untuk melihat posisi saldo hari ini. 

    • Apa itu Balance History? Menu ini digunakan untuk melihat posisi saldo pada periode tertentu (maksimal 12 bulan dengan periode inquiry 1  bulan).

    • Apa itu Account Statement (Rekening Koran)? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening koran hari ini atau hari sebelum-sebelumnya dari masing-masing rekening yang terdaftar di Kopra Cash Management Wholesale baik dalam format cetak maupun MT940.

    • Berapa lama data yang dapat ditampilkan di Account Statement Kopra Cash Management? Periode waktu yang dapat ditampilkan dan diunduh yaitu maksimal 31 (tiga puluh satu) hari. Data yang tersedia pada Kopra Cash Management Wholesale yaitu sampai dengan 1 (satu) tahun ke belakang.

    • Apakah Account Statement bisa diunduh? Account statement dapat dilihat pada website dan dapat diunduh dalam format MT940 (History), PDF, CSV dan XLS. Pencarian bisa dilakukan berdasarkan tanggal.

    • Apa itu rekening koran bulanan (monthly account statement)? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening koran dari masing-masing rekening yang terdaftar di Kopra Cash Management Wholesale secara bulanan dengan maksimal periode selama 12 (dua belas) bulan. 

    • Apakah report overview itu? Menu ini memudahkan user untuk mengetahui file laporan yang sudah diunduh. Selain melalui menu Report Overview, anda dapat juga mengakses Report Overview dengan klik logo download di kanan atas layer.

    • Apakah fungsi Advice Printing? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pencetakan dan pengiriman advis sebagai notifikasi transaksi tertulis bagi pihak ketiga (counterparty).

  • Transfer
    • Apa itu Transaction Overview? Fitur untuk melihat summary transaksi yang telah dibuat dan status masing-masing transaksi. 

    • Apa itu Single Transfer to Mandiri?  Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktivitas transfer dana antar rekening Bank Mandiri, baik rekening kelolaan perusahaan yang terdaftar di Kopra Cash Management Wholesale (on behalf account) maupun rekening pihak ketiga.

    • Apa itu Transfer ke bank lain (Single Transfer to Other Bank)? Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktivitas transfer dana ke rekening bank lain baik domestik maupun luar negeri, terdapat beberapa pilihan jenis metode yaitu:

      • BI FAST: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit transaksi max Rp 250juta/transaksi (per transfer).

      • Online: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit transaksi max Rp 50juta/transaksi (per transfer).

      • LLG/ SKN: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit max Rp 1Milyar/transaksi (per transfer).

      • RTGS: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan minimum transaksi Rp 100,000,001/transaksi (per transfer).

      • TT: transfer ke tujuan Bank Domestik maupun Luar negeri dengan valuta/ mata uang tujuan Valuta Asing (Non Rupiah).

    • Berapa biaya transaksi BI FAST, Online, SKN/ LLG, RTGS dan TT?

      • BI Fast: biaya transfer Rp 2,500.-/transaksi (sudah termasuk biaya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar Rp19,-)

      • Online: biaya transfer Rp 6,500.-/transaksi

      • LLG/ SKN: biaya transfer Rp 2,900.-/transaksi

      • RTGS: biaya transfer Rp 25,000.-/transaksi

      • TT: Provisi (1/8% dari nominal trx, min $5 – max $50), Cable Fee ($5), Correspondent Fee ($25).

    • Apakah saya bisa transfer ke rekening Bank Mandiri pada hari libur? Bisa, melalui menu Single transfer to Mandiri, Multiple transfer by manual input maupun transfer massal (Multiple transfer by file upload).

    • Apakah saya bisa transfer ke Bank Lain pada hari libur? Transfer ke Bank Lain pada hari libur dapat dilakukan dengan memilih metode transfer BI FAST dan Online. 

    • Apa itu Pembayaran secara manual (Multiple Transfer by Manual Input)?  ​​​​​Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme transfer secara perorangan (one by one) dengan menggunakan transfer inhouse.

    • Apa itu Transfer Massal (Multiple Transfer by File Upload)? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme transfer secara multiple baik dengan tujuan antar rekening Bank Mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank).

    • Apa itu Manu Pembayaran Gaji (Payroll Priority dan Multi Service)? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme pembayaran gaji dengan tujuan antar rekening Bank Mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank).

    • Bagaimana cara mendapatkan contoh file upload untuk transaksi massal? Contoh file upload dan petunjuk pengisian dapat di unduh di "Download Template" di setiap menu upload.

    • Jenis File apa saja yang dapat diupload untuk transaksi massal?

      • CSV (comma)

      • TXT (Semicolon)

    • Apakah saya bisa memperbaiki data yang salah di layar Kopra Cash Management tanpa upload ulang? Bisa, melalui fitur bucket (uploaded file list) anda dapat memperbaiki data yang salah tanpa harus melakukan upload ulang.

  • Payment 

    • Apa itu Single Bill Payment? Menu ini memudahkan Anda untuk membayar tagihan dengan memasukkan nomor pelanggan atau nomor lain yang diberikan oleh biller

    • Apa itu Multiple Bill Payment by Manual Input? Menu ini memudahkan anda dalam melakukan pembayaran tagihan secara manual

    • Apa itu Bill Payment Overview? Menu ini digunakan untuk memperlihatkan daftar biller dimana perusahaan memiliki tagihan. Dengan menu ini Anda dapat langsung melakukan pembayaran atau hanya sekedar melakukan pengecekan tagihan.

    • Apa itu Tax Payment Overview? Menu ini mempermudahkan pengguna untuk melihat semua transaksi dalam modul penerimaan negara. Terdapat 2 tipe status pembayar pajak : mengaktifkan ID billing atau pembuatan ID billing, dan status pembayaran pajak. Pengguna dapat melihat 5 catatan transaksi yang dilakukan.

    • Apa itu Single Tax Payment? Menu ini mempermudahkan anda untuk melakukan pembayaran pajak dengan create transaksinya satu persatu perinputan.

    • Apa itu Multiple Tax Payment by File Upload? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pembayaran pajak secara massal lebih dari satu pembayaran wajib pajak.

    • Apa perbedaan antara menu "Tax Payment Inquiry" dengan "Inquiry NTPN"?

      • Tax Payment Inquiry: merupakan menu untuk mengunduh BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui menu Single Tax Payment dan Multiple Tax Payment by File Upload di Kopra Cash Management Wholesale.

      • Inquiry NTPN: menu untuk mengunduh BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui channel Bank Mandiri.

  • Receivable

    • Apa itu Auto Debit? Layanan untuk mendebit sejumlah dana dari rekening penerima tagihan guna membayar tagihan dari pemilik tagihan berdasarkan persetujuan yang telah ada sebelumnya dari pemilik rekening. 

    • Apa itu Auto Debit Overview? Summary atau ringkasan transaksi auto debit yang telah di jalankan.

  • Liquidity

    • Apa itu Cash Pooling? Menu ini mempermudah pengguna untuk menarik dana dari sub rekening ke rekening sumber atau rekening yang dikreditkan dari saldo tertentu dalam sub rekening /kredit

    • Apa itu Cash Distribution? Menu ini mempermudah anda dalam mendistribusikan dana ke sub cabang.

    • Apa itu Range Balance? Menu ini memudahkan pengguna untuk melakukan debet atau credit ke akun tertentu sesuai minimum dan jumlah maksimal

    • Apa itu Liquidity Overview? Menu ini mempermudah pengguna untuk melihat atau menampilkan tentang cash pooling, cash distribution, dan range balance dengan mengatur rekening utama dan sub rekening yang akan ditampilkan dalam bentuk chart diagram dan tabel.

  • Lain-Lain

    • Transaction Status: Fitur untuk melihat status transaksi yang telah dibuat. Anda dapat melakukan pengecekkan transaksi tersebut apakah sudah dilakukan proses maker, approver atau releaser serta anda eksekusi apakah sukses atau gagal.

    • Kopra Cash Management Existing Transaction Status: Fitur untuk melihat status transaksi Anda pada Kopra Cash Management Wholesale versi awal sehingga Anda dapat melakukan pengecekkan status transaksinya.  

    • Token: Alat otorisasi yang sah yang digunakan untuk menjalankan transaksi di Kopra Cash Management Wholesale  sebagai pengganti tanda tangan. 

    • Siapakah yang wajib menggunakan token? Dalam setiap melakukan persetujuan transaksi, Approver wajib menggunakan token. Sedangkan untuk Releaser dapat memilih untuk menggunakan token atau tidak, sesuai dengan kebutuhannya. Anda dapat memilih untuk menggunakan hard token atau soft token. 

Metode transaksi apa saja yang dapat dilakukan melalui Kopra Cash Management Wholesale? 

Melalui Kopra Cash Management Wholesale, Anda dapat melakukan transaksi dengan metode single transaction dan bulk transaction menggunakan file upload.

Browser apa saja yang support Kopra Cash Management Wholesale? 

  • Mozilla Firefox version 69 and higher.
  • Google Chrome version 77 and higher.
  • Internet Explorer version 11 and higher.
  • Opera Browser with latest version.

Bagaimana cara login ke dalam Kopra Cash Management Wholesale? 

Anda perlu memasukkan 3  informasi berikut:

  • Company ID
  • User ID
  • Password

Apa saja risiko yang timbul terkait penggunaan Kopra Cash Management Wholesale? 

  • Risiko Keamanan Data
    Data pengguna yang tersimpan di layanan Kopra Cash Management Wholesale berisiko terekspos jika terjadi serangan siber atau pelanggaran keamanan. Pengguna harus memastikan akses hanya dilakukan melalui perangkat dan jaringan yang aman.
  • Risiko Kesalahan Input Transaksi
    Kesalahan dalam memasukkan data transaksi, seperti nomor rekening tujuan atau jumlah transaksi, dapat menyebabkan dana terkirim ke tujuan yang salah atau transaksi gagal diproses.
  • Risiko Akses Tidak Sah
    Jika kredensial login layanan jatuh ke tangan pihak yang tidak berwenang, akun pengguna dapat diakses dan disalahgunakan untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Risiko Ketergantungan pada Jaringan Internet
    Layanan ini memerlukan koneksi internet yang stabil untuk digunakan secara optimal. Gangguan jaringan dapat menyebabkan transaksi tertunda atau gagal.
  • Risiko Ketidakpatuhan terhadap Kebijakan Keamanan
    Jika pengguna tidak mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan kata sandi yang lemah, hal ini dapat meningkatkan risiko akses tidak sah ke akun layanan.
  • Risiko Perubahan Regulasi atau Sistem
    Perubahan pada regulasi perbankan atau sistem layanan dapat memengaruhi penggunaan atau aksesibilitas layanan.

Bagaimana jika saya lupa password? 

Anda dapat melakukan reset password Anda sendiri pada halaman login dengan menekan forgot password. Password baru akan terkirim ke alamat email yang terdaftar di Kopra Cash Management Wholesale atau Anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi 14000.

Bagaimana jika status user saya “still login”? 

Ada beberapa opsi yang dapat Anda lakukan: 

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) Anda untuk dapat 'force logout' melalui menu user. 
  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di 14000 dengan menyebutkan company id dan user Anda (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri). 
  • Menunggu beberapa menit, sistem akan force logout user Anda secara otomatis. 

Bagaimana jika user saya terkunci? 

Ada beberapa opsi yang dapat Anda lakukan:

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) Anda untuk dapat unlock melalui menu user.
  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di 14000 dengan menyebutkan company id dan user Anda (jangan pernah menyebutkan password Anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

Bagaimana jika user atau company id saya inactive? 

Anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4 (jangan pernah menyebutkan password Anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

 

2. Kopra Cash Management Retail

Kopra Cash Management Retail (KCM Retail) adalah layanan digital berbasis internet yang ditujukan kepada nasabah bisnis perorangan dan perusahaan kecil menengah untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial terhadap rekening giro atau tabungan bisnis yang telah terdaftar di Bank Mandiri. 

Apa saja manfaat menggunakan Kopra Cash Management Retail? 

  • Fleksibilitas dan efisiensi waktu: Proses transaksi perbankan dimanapun dan kapanpun secara real-time dan online.
  • Keamanan transaksi: Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang meliputi user tipe maker dan approver yang dilengkapi dengan token.
  • Penyimpanan data secara elektronik: Kemudahan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial.

Siapakah yang dapat menggunakan Kopra Cash Management Retail? 

Nasabah segmen bisnis perorangan dan perusahaan kecil menengah yang memiliki rekening giro atau tabungan bisnis Bank Mandiri.

Bagaimana cara mendaftar layanan Kopra Cash Management Retail? 

Anda dapat melakukan pendaftaran Kopra Cash Management Retail di kantor Cabang Bank Mandiri dengan mengisi formulir aplikasi dan melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran.

Apakah saya dikenakan biaya untuk dapat menggunakan Kopra Cash Management Retail?

Anda tidak dikenakan biaya administrasi untuk menggunakan layanan Kopra Cash Management Retail. Anda hanya dikenakan biaya transaksi sesuai jenis layanan transaksi yang digunakan.

Bagaimana cara mengakses layanan Kopra Cash Management Retail?

Akses layanan Kopra Cash Management Retail melalui situs https://koprabymandiri.com dengan memasukkan kredensial seperti Company ID, User ID, dan Password.

Bagaimana keamanan bertransaksi di layanan Kopra Cash Management Retail?

Otorisasi transaksi berjenjang meliputi user maker dan approver yang dilengkapi dengan token sebagai alat autentifikasi transaksi.

Apa saja fitur utama Kopra Cash Management Retail?

  • Melihat saldo dan mengunduh rekening koran.
  • Transfer ke sesama Bank Mandiri (Inhouse Transfer).
  • Transfer ke bank lain (Domestic Transfer dan International Transfer).
  • Pembayaran Gaji.
  • Pembayaran Tagihan dan Pajak.
  • Pembayaran Produk-Produk Pertamina.

Apa saja fitur transfer yang tersedia pada Kopra Cash Management Retail?

Single Transfer to Mandiri
Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktivitas transfer dana antar rekening Bank Mandiri, baik rekening kelolaan perusahaan yang terdaftar di Kopra Cash Management Retail (on behalf account) maupun rekening pihak ketiga.

Single Transfer to Other Bank
Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktifitas transfer dana ke rekening bank lain baik domestik maupun luar negeri, terdapat beberapa pilihan jenis metode, yaitu:

  • BI-FAST merupakan transfer ke bank domestik dengan mata uang Rupiah secara real time (24/7) dan maksimum limit transaksinya adalah sebesar Rp 250 juta/transaksi. Biaya transfer yang dikenakan Rp2.500.-/transaksi (sudah termasuk biaya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar Rp19,-).
  • Online merupakan transfer ke tujuan banko domestik dengan mata uang Rupiah dengan limit transaksi maksimal Rp 50 Juta/transaksi. Biaya transfer yang dikenakan Rp 6.500/transaksi.
  • LLG/SKN merupakan transfer ke bank domestik dengan mata uang Rupiah dengan limit maksimal Rp 1 Miliar/transaksi. Biaya transfer yang dikenakan Rp 2.900/transaksi.
  • RTGS merupakan transfer ke bank domestik dengan mata uang Rupiah dan minimum transaksi Rp 100.000.001/transaksi. Biaya transfer yang dikenakan Rp 15.000/transaksi.
  • TT (International Transfer) merupakan transfer ke bank domestik maupun luar negeri dengan valuta asing (non Rupiah). Biaya transfer yang dikenakan adalah Cable fee ($5),  biaya bank koresponden ($25).

Payroll
Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pembayaran gaji dengan tujuan antar rekening Bank Mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank) dengan cara manual input atau file upload. Contoh file upload dan petunjuk pengisian dapat di unduh di "Download Template" di menu Payroll by File Upload. File yang dapat diunggah adalah file CSV dan TXT.

 

Berapa limit transaksi harian di Kopra Cash Management Retail?

Kopra Cash Management Retail Single User

  • BI Fast             : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • SKN                  : Max Rp. 1.000.000.000,00/hari
  • Online             : Max Rp. 50.000.000,00/hari
  • In House        : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • International Transfer : Max Rp. 10.000.000,00/hari

Kopra Cash Management Retail non Single User

  • BI Fast             : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • SKN                  : Max Rp. 1.000.000.000,00/hari
  • Online             : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • In House         : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • RTGS                : Max Rp. 20.000.000.000,00/hari
  • International Transfer : Max USD 99.999/hari

Apa saja risiko yang timbul terkait penggunaan Kopra Cash Management Retail? 

  • Risiko Keamanan Data
    Data pengguna yang tersimpan di layanan Kopra Cash Management Retail berisiko terekspos jika terjadi serangan siber atau pelanggaran keamanan. Pengguna harus memastikan akses hanya dilakukan melalui perangkat dan jaringan yang aman.
  • Risiko Kesalahan Input Transaksi
    Kesalahan dalam memasukkan data transaksi, seperti nomor rekening tujuan atau jumlah transaksi, dapat menyebabkan dana terkirim ke tujuan yang salah atau transaksi gagal diproses.
  • Risiko Akses Tidak Sah
    Jika kredensial login layanan jatuh ke tangan pihak yang tidak berwenang, akun pengguna dapat diakses dan disalahgunakan untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Risiko Ketergantungan pada Jaringan Internet
    Layanan ini memerlukan koneksi internet yang stabil untuk digunakan secara optimal. Gangguan jaringan dapat menyebabkan transaksi tertunda atau gagal.
  • Risiko Ketidakpatuhan terhadap Kebijakan Keamanan
    Jika pengguna tidak mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan kata sandi yang lemah, hal ini dapat meningkatkan risiko akses tidak sah ke akun layanan.
  • Risiko Perubahan Regulasi atau Sistem
    Perubahan pada regulasi perbankan atau sistem layanan dapat memengaruhi penggunaan atau aksesibilitas layanan.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi?

Anda dapat melakukan reset kata sandi di halaman login dengan menekan “Lupa kata sandi Anda?”. password baru akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar di Kopra Cash Management Retail.

Bagaimana jika user saya terkunci?

Menghubungi petugas Bank Mandiri di 14000 dengan menyebutkan User ID dan Company ID Anda (jangan pernah menyebutkan password Anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

Bagaimana jika user atau company id saya inactive? 

Anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi Cabang Bank Mandiri atau Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4 (jangan pernah menyebutkan password Anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000