WC - Cashless ASDP Batam

Program Kampanye Tahun 2021 Pt Asdp Indonesia Ferry (Persero)
“Cashless Ticketing Asdp Pada Pelabuhan Batam”

Apakah yang dimaksud dengan Program Kampanye “CASHLESS TICKETING ASDP PADA PELABUHAN BATAM” – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)?

Adalah program digitalisasi sistem tiket terbaru & terintegrasi oleh teknologi terkini pada 2 (dua) pelabuhan di Batam milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pembelian tiket oleh pengguna jasa dengan menggunakan kartu Uang Elektronik (UE) bank (d.h.i. Mandiri e-Money).

Kapankah program ini dijalankan?

Program pembelian tiket menggunakan kartu prabayar (Mandiri e-Money) sudah dapat dijalankan di Pelabuhan Telaga Punggur dan Pelabuhan Tanjung Uban mulai tanggal 02 Juni 2021.

Berapa lama waktu pembelian tiket hingga jadwal keberangkatan tiket?

Jadwal yang dibeli adalah jadwal masuk pelabuhan, pembelian tiket dapat dilakukan secara go show saat tiba di pelabuhan dan keberangkatan mengikuti ketersediaan kapal saat masuk pelabuhan.

Bagaimana cara pembayaran tiket yang disediakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)?

Pembayaran tiket dapat dilakukan secara langsung (go show) dengan menggunakan uang elektronik dari Bank yang menyediakan jenis kartu prabayar dan telah bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) (d.h.i. Mandiri e-Money).

Uang elektronik dari Bank apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi di loket pelabuhan ?

Masyarakat dapat menggunakan uang elektronik (kartu prabayar – Mandiri E-Money) Bank Mandiri maupun kartu Co-Branding lainnya seperti Indomaret Card, E-Toll Card, dll.

Apakah bisa melakukan refund untuk pembelian go show?

Refund atas permintaan pribadi tidak diperkenankan.

Apa saja yang harus ditunjukkan di petugas loket saat pembelian?

Dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas diri lainnya, untuk pembelian tiket kendaraan menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Bagaimana jika tiket ber QR Code sobek/basah/rusak/hilang ?

Selalu memastikan agar nasabah menjaga tiket yang telah dimiliki, bila tiket rusak maka nasabah dapat menuju Customer Service untuk melakukan reprint dengan syarat kartu identitas sesuai dengan nama pada tiket dan menghafal nomor tiket.

Bagaimana jika tiket sudah tercetak, namun kapal mengalami masalah teknis (anchor) dan tidak bisa berlayar?

ASDP akan melakukan opsi pindah kapal atau refund.

Identitas lain apakah yang bisa digunakan saat manifest selain KTP? Dan bagaimana jika penumpang <17 thn yang belum memiliki KTP?

Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Paspor dapat digunakan. Untuk penumpang di bawah umur dapat menggunakan kartu pelajar, mahasiswa atau dengan copy kartu keluarga.

Berapa lama proses klaim dan biaya potongan refund yang diberlakukan oleh ASDP Indonesia Ferry?

Refund tidak diperkenankan.

Apakah sistem ticketing dengan pembayaran non tunai ini berlaku di semua dermaga?

Saat ini pembayaran non tunai menggunakan uang elektronik berlaku pada:
  • Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk (sudah berlaku dan dibuka saat terjadi kendala pada sistem online ticketing)
  • Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita (Danau Toba) mulai tanggal 29 Oktober 2020.
  • Pelabuhan Lembar (Lombok Barat) dan Pelabuhan Padangbai (Bali) mulai tanggal 23 Desember 2020.
  • Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) dan Pelabuhan Pototano (Sumbawa) mulai tanggal 26 Desember 2020.
  • Pelabuhan Telaga Punggur (Batam) dan Pelabuhan Tanjung Uban (Batam) mulai tanggal 02 Juni 2021.

Bagaimana jika pengguna jasa lupa membawa KTP atau identitas lainnya, apakah bisa masuk kapal hanya menggunakan barcode?

Untuk memastikan keamanan seluruh penumpang serta ketepatan manifest, maka penumpang yang tidak membawa kartu identitas diri dilarang masuk, sama seperti moda transportasi lainnya.

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000