Confirm Transaksi Debit

Notifikasi WhatsApp Konfirmasi
Perihal Keabsahan Transaksi

Apa itu konfirmasi perihal keabsahan transaksi?

Nasabah dihubungi oleh Bank Mandiri (14000) ke nomor yang terdaftar pada sistem bank namun tidak dapat terhubung. Konfirmasi tersebut terkait adanya transaksi kartu Mandiri Debit yang dikhawatirkan bukan dilakukan oleh nasabah. 

Apa itu notifikasi WhatsApp konfirmasi perihal keabsahan transaksi?

Notifikasi WhatsApp terkait pemblokiran kartu Mandiri Debit atas transaksi yang dikhawatirkan bukan dilakukan oleh nasabah. 

Mengapa dilakukan pemblokiran terhadap kartu Mandiri Debit nasabah ?

Kartu Mandiri Debit nasabah dilakukan pemblokiran untuk mencegah adanya kerugian yang lebih besar akibat dari transaksi yang bukan dilakukan oleh nasabah.

Apa yang harus dilakukan nasabah jika menerima notifikasi WhatsApp  perihal konfirmasi keabsahan transaksi ?

  • Jika nasabah konfirmasi sanggah atas transaksi tersebut maka nasabah dapat melakukan penggantian kartu Mandiri Debit melalui:
    • CS Machine
      • Nasabah memilih opsi “Ganti Kartu Debit”
      • Nasabah memilih opsi ”Bawa”
      • Nasabah memasukkan kartu Mandiri Debit yang lama sesuai instruksi yang ditampilkan pada layar CS Machine.
      • Nasabah memasukkan PIN Kartu Mandiri Debit yang saat terakhir digunakan.
      • Setelah nasabah memasukkan PIN Kartu Mandiri Debit, maka nasabah akan diminta untuk verifikasi data identitas berupa e-KTP. 
      • Selama proses verifikasi data e-KTP ini, nasabah diminta untuk tetap meletakan e-KTP reader di dongle / e-KTP reader yang ditentukan dan dilanjutkan menempelkan sidik jari telunjuk kanan ke fingerprint scanner yang telah ditentukan. Apabila proses verifikasi telah selesai, maka nama nasabah akan muncul di layar dan nasabah dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.
      • Mekanisme verifikasi fingerprint berbeda di setiap percobaan:
        • Percobaan ke -1: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kanan
        • Percobaan ke -2: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kiri
        • Percobaan ke -3: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kanan
      • Jika tetap tidak bisa terbaca, maka transaksi tidak dapat dilanjutkan dan nasabah dapat bertransaksi di cabang. 
      • Nasabah memilih produk kartu Mandiri Debit yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan memilih jenis kartu pada layar CS Machine.
      • Nasabah dimintakan konfirmasi terkait biaya penggantian kartu Mandiri Debit.
      • Nasabah membuat PIN kartu Mandiri Debit baru dengan menggunakan PIN Pad dan memilih opsi ’Lanjut’.
      • Proses penggantian kartu selesai, nasabah dapat mengambil Kartu Mandiri Debit yang baru.
         
    • Mendatangi Cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen KTP dan kartu Mandiri Debit.
       
  • Untuk proses sanggahan transaksi, nasabah dapat mendatangi cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen KTP dan kartu Mandiri Debit. Nasabah juga dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau email ke mandiricare@bankmandiri.co.id.
     
  • Apabila transaksi yang dimaksud adalah benar dilakukan oleh nasabah, maka Nasabah dapat memilih tombol “BM Konfirmasi Benar” pada notifikasi WhatsApp dalam waktu 3x24 jam sejak pesan diterima. 
     
  • Apabila nasabah sudah memilih tombol “BM Konfirmasi Benar”, maka Kartu Mandiri Debit akan aktif kembali dalam jangka waktu 1X24 jam sejak nasabah memilih tombol tersebut
     
  • Jika nasabah menyampaikan konfirmasi lebih dari 3x24 jam sejak pesan diterima, maka nasabah dapat menyampaikan permohonan buka blokir Kartu Mandiri Debit melalui Mandiri Call 14000 atau email ke mandiricare@bankmandiri.co.id.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000