PADI UMKM

INFORMASI PRODUK INVOICE FINANCING
BAGI SELLER UMKM DI PLATFORM PADI UMKM

Apa yang dimaksud dengan Invoice Financing? 

Invoice Financing merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada Seller (UMKM) rekanan BUMN di platform Pasar Digital (PaDi) UMKM. Fasilitas ini bertujuan sebagai percepatan pembayaran dari Principal/Anchor/Buyer/BUMN atas pemenuhan kewajiban/transaksi perdagangan yang telah dilakukan oleh Seller/Supplier/Penjual melalui PaDi UMKM.

Apa kelebihan Invoice Financing Bank Mandiri dibandingkan dengan kredit lainnya? 

Invoice Financing Bank Mandiri mempunyai beberapa kelebihan yaitu: 

  • Limit pinjaman maksimum 90% dari nominal invoice 
  • Tenor 30, 60 dan 90 hari
  • Bunga special sebesar 1% flat p.m
  • Kredit tanpa agunan
  • Eksklusif bagi Seller-seller rekanan BUMN, dengan proses yang lebih mudah & cepat 

Berapa lama (periode) penawaran Invoice Financing Bank Mandiri berlaku? 

Periode penawaran Invoice Financing selama Seller/Penjual dapat mengakses menu Pinjaman di Platform PaDi UMKM. 

Siapa saja yang berhak mendapatkan penawaran Invoice Financing Bank Mandiri? 

Yang berhak mendapatkan penawaran Invoice Financing adalah yang: 

  • Telah menjadi nasabah tabungan Bank Mandiri
  • Merupakan perorangan dengan usia minimal 21 tahun atau sudah menikah saat melakukan Perjanjian Kredit
  • Telah terdaftar/registrasi pada aplikasi PaDi UMKM dan menggunakan PaDi UMKM untuk melakukan transaksi penjualan barang.

Mengapa saya tidak mendapatkan penawaran sedangkan ada rekan saya yang dapat? 

Penawaran ini baru dikirimkan kepada Seller (UMKM) rekanan Bank Mandiri. Namun Seller (UMKM) rekanan BUMN lain masih bisa mengajukan fasilitas kredit dengan mengakses menu Pinjaman dan memilih Invoice Financing bank Mandiri.

Bagaimana cara mengajukan Invoice Financing Bank Mandiri? 

Anda dapat mengakses menu Pinjaman pada aplikasi PaDi UMKM atau Anda dapat langsung mengakses Landing Page Bank dengan alamat: https://pinjamanmodal.bankmandiri.co.id/padi/home dan selanjutnya mengisi data-data yang dibutuhkan untuk pengajuan Invoice Financing.

Apa saja data/dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan Invoice Financing Bank Mandiri? 

Pada saat proses pendaftaran di Landing Page, Anda akan diminta mengunggah hal-hal berikut: 

  • Rekening Bank Mandiri atas nama Pribadi/Perorangan 
  • Data diri 
  • Foto eKTP 
  • Foto selfie dengan eKTP
  • NPWP (untuk limit > Rp 50 Juta)
  • Invoice Penjualan (format PDF).

Tahapannya apa saja untuk bisa mengajukan Invoice Financing? 

Tahapannya adalah: 

  • Memilih Invoice Financing Bank Mandiri pada menu Pinjaman di Platform PaDi UMKM.
  • Seller akan diarahkan ke Landing Page Bank Mandiri dan Seller mengisi data dan mengunggah dokumen pengajuan pinjaman melalui Landing Page Bank Mandiri tersebut.
  • Verifikasi telepon oleh Bank Mandiri.
  • Setelah pengajuan disetujui, maka Seller melakukan penandatanganan Perjanjian Kredit secara digital dengan Privy ID dimana link untuk TTE akan dikirimkan via email dan SMS oleh Privy ID.
  • Tunggu konfirmasi dari Bank Mandiri bahwa pinjaman siap untuk digunakan SLA atau batas waktu konfirmasi terhadap pengajuan kredit adalah 3 hari kerja.

Bagaimana proses/tahapan dalam pengajuan Invoice Financing? 

 

Bagaimana cara mengaktifkan pinjaman atau melakukan tanda tangan Perjanjian Kredit?  

Biaya apa saja yang harus saya bayar ketika saya mengajukan Invoice Financing? 

Biaya yang akan dibebankan kepada peminjam adalah: 
  • Biaya administrasi sebesar Rp 50.000 dipotong secara autodebit pada rekening tabungan retailer pada saat pinjaman disetujui. 
  • Biaya bunga, yang dipotong secara autodebit pada rekening retailer pada saat jatuh tempo. Besaran biaya bunga adalah sebesar 12% flat p.a atau 1% flat p.m.

Apakah ada promo yang sedang berlangsung?

  • Program “Cashback Bea Administrasi”

Pemberian Reward cashback sebesar 50 ribu untuk debitur baru KUM Digital yang kreditnya berhasil aktif dan melakukan pencairan limit plafond minimal dan lancar melakukan pembayaran tagihan kredit.

Periode pengajuan hingga limit aktif sd 31 Desember 2024

Periode Pembayaran Reward : 1 bulan setelah pembayaran kredit /masa rekapitulasi yaitu jika pengunaan limit di bulan Januari, masa pembayaran kredit sd Bulan Febuari, maka pembayaran reward adaah Bulan Maret setelah tanggal 14
 

  • Program Lancar Cuan

Member yang membayar belanjaan menggunakan kredit secara lancar akumulasi minimal Rp50 juta akan mendapatkan reward s.d. Rp250 Ribu* dalam Min 2 bulan berjalan/ Jw Transaksi

  • Mekanisme untuk mendapatkan Lancar Cuan

Mekanismenya adalah sbb :

  • Untuk member yang melakukan transaksi akumulasi minimal Rp50 juta (beda minimal per partner KUM Digital) dalam 1 bulan akan mendapatkan reward
  • Skema reward :
    • Rp50 juta – Rp100 juta : Rp100 ribu

    • >Rp100 juta – Rp150 juta : Rp150 ribu

    • >Rp150 juta – Rp200 juta : Rp250 ribu

  • Member wajib melunasi tagihan tepat waktu

  • Bank mandiri akan melakukan rekapitulasi pemenang

  • Debitur yang eligible akan mendapatkan cashback Hadiah Lancar Cuan via WhatsApp dari Bank Mandiri
     
  • Periode Pembayaran Reward : 1 bulan setelah pembayaran kredit /masa rekapitulasi

    Contoh : jika pengunaan limit di bulan Januari, masa pembayaran kredit s.d. bulan Februari, maka pembayaran reward adalah Bulan Maret setelah tanggal 14

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000 atau bmri.id/helpmicrodigiec