Replace Chat Float

Content - Transfer VALAS

Livin'   /   Edukasi   /   Cara Transfer Valas

Cara Transfer Valas di Livin' by Mandiri

Download Sekarang! Temukan segala kemudahan transaksi finansial di Livin'. Dan pelajari cara penggunaannya di sini.

Cara Transfer Valas

1

 

Pilih menu Transfer Valas

2

 

Pilih Saya Setuju

3

 

Masukkan nominal transfer lalu pilih Lanjutkan

4

 

Lengkapi data penerima transfer, lalu pilih Lanjutkan

5

 

Lengkapi tujuan penggunaan dana, lalu pilih Lanjutkan

6

 

Konfirmasi data transaksi lalu pilih Transfer

7

 

Masukkan PIN Livin'

8

 

Permintaan transfer valas berhasil terkirim, untuk melihat status transaksi klik Cek Status Transfer

9

 

Status transaksi dapat dicek berkala melalui menu Pesan

10

 

Rekening penerima otomatis tersimpan dalam Daftar Transfer

Risiko:

  • Risiko transaksi tidak sesuai:
    Risiko kesalahan dalam menginput data benefficiary/penerima dana, sehingga dana gagal dikirimkan atau dikirimkan ke penerima yang salah.
  • Risiko kegagalan sistem:
    Risiko terjadinya gangguan koneksi atau adanya pemeliharaan sistem sehingga menyebabkan transaksi transfer valas gagal.
  • Risiko gagal transfer:
    Risiko gagal transfer terjadi apabila nasabah melakukan transaksi transfer valas melebihi dari limit harian atau limit sekali transaksi, atau tidak memiliki saldo yang mencukupi.

FAQ - Transfer VALAS

Frequently Asked Questions (FAQs)

Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri merupakan fitur transaksi valuta asing untuk pengiriman dana ke bank di luar negeri yang diteruskan melalui metode non-SWIFT.

Transfer valas melalui metode non-SWIFT dapat dilakukan secara 24/7 melalui Livin’ by Mandiri dengan penerusan dana bisa dalam hitungan menit dan dana yang diterima oleh nasabah tujuan tidak dipotong biaya apapun (full amount guarantee).

Sedangkan transfer valas melalui metode SWIFT hanya dapat dilakukan pada jam operasional Kantor Cabang Bank Mandiri dengan pengenaan komponen biaya sebagai berikut:

  • OUR: biaya dibebankan ke pengirim
  • BEN: biaya dibebankan ke penerima

Nasabah dapat melakukan transaksi dari mata uang IDR maupun valuta asing ke 10 mata uang tujuan dan total 28 negara tujuan sebagai berikut:

  • USD: Amerika Serikat
  • GBP: Inggris Raya
  • EUR: Austria, Belgia, Belanda, Cyprus, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Monako, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol
  • SGD: Singapura
  • AUD: Australia
  • CAD: Kanada
  • HKD: Hongkong
  • INR: India
  • THB: Thailand
  • CNY: China

Terdapat 2 komponen biaya transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri:

  • Biaya Komisi: akan dihitung berdasarkan nominal dan waktu transaksi nasabah pengirim. Biaya ini bersifat float (dapat berubah) sesuai nominal dan waktu transaksi nasabah pengirim
  • Biaya Transaksi: Bebas biaya new release sampai dengan 31 Juli 2024, selanjutnya IDR 75.000 atau USD 5 equivalent per transaksi. Biaya ini bersifat flat (tetap) yang dikenakan per transaksi ke nasabah pengirim

Ya. Kurs yang digunakan untuk transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri adalah kurs terkini yang lebih kompetitif.

Tidak. Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dapat dinikmati nasabah untuk pengiriman dana ke bank di luar negeri selama 24/7 tanpa batasan jam operasional transaksi.

Dana transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dapat diteruskan ke nasabah tujuan dalam hitungan menit, hitungan jam, atau harian, tergantung pada pilihan tujuan mata uang dan waktu pengiriman transaksi nasabah di negara tujuan.

Ya. Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri bersifat transparan dengan menampilkan waktu estimasi penerusan dana pada layar utama Transfer Valas, setelah info nominal transaksi diinput oleh nasabah pengirim.

Seluruh nasabah Livin’ by Mandiri yang telah memiliki rekening tabungan maupun giro individual retail dalam 10 mata uang sebagai berikut:

  • IDR
  • USD
  • EUR
  • SGD
  • AUD
  • GBP
  • HKD
  • CNY
  • JPY
  • CHF
  • THB
  • MYR
  • SAR

Layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri saat ini sudah bisa diperuntukan bagi nasabah dengan kebutuhan pengiriman dana ke tujuan rekening bank atau e-wallet di luar negeri.

Saat ini, layanan Transfer Valas melalui metode non-SWIFT hanya dapat dinikmati di channel Livin’ by Mandiri. Sementara layanan transaksi valas di Kantor Cabang dapat dinikmati nasabah melalui metode SWIFT.

Nasabah yang ingin melakukan Transfer Valas selain dari 10 mata uang tujuan (USD, GBP, EUR, SGD, AUD, CAD, HKD, INR, THB, dan CNY), dapat mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat dan melakukan transfer valuta asing menggunakan metode SWIFT.

Saat ini, layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri hanya dapat mengakomodir kebutuhan transaksi ke tujuan sesama Bank Mandiri dan bank tujuan di luar negeri.

Saat ini, layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri hanya dapat dilakukan untuk transfer dana ke mata uang lokal negara tujuan saja. Untuk nasabah yang memiliki kebutuhan transaksi valas ke mata uang non-lokal negara tujuan (misal transfer ke Singapura ke tujuan rekening USD) dapat menggunakan layanan transfer valas melalui metode SWIFT di Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Ya, terdapat ketentuan limit transaksi sebagai berikut:

  • Limit minimum transaksi: USD 5 equivalent
  • Limit maksimum transaksi harian: USD 25.000 equivalent
  • Limit maksimum transaksi bulanan: USD 100.000 equivalent secara akumulatif per orang (jika transaksi dari sumber dana valuta IDR)

Nasabah dapat melakukan transaksi transfer valas di Kantor Cabang dengan membawa dokumen underlying kebutuhan transaksi.

Saat ini, layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri hanya dapat digunakan untuk nominal transaksi bulanan < USD 100.00 equivalent tanpa dokumen underlying. Untuk kebutuhan transaksi di atas USD 100.000 equivalent dengan dokumen underlying hanya dapat dilakukan melalui metode SWIFT di Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Ya. Nasabah dapat melakukan tracking status transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dengan langkah sebagai berikut:

  • Klik Menu Inbox atau Pesan di Livin’ by Mandiri.
  • Pilih detail transaksi Transfer Valas yang telah ditransaksikan bagian Prioritas.

Serta, nasabah akan dikirimkan Push Notification ketika terjadi perubahan status transaksi berhasil maupun gagal.

  • Permintaan Transfer Dikirim: dana sudah ditarik dari rekening nasabah pengirim untuk dan akan dikirimkan ke nasabah tujuan.
  • Transfer Valas Berhasil Diproses: dana sudah sampai di bank tujuan dan sedang diteruskan ke rekening penerima.
  • Transer Valas Tidak Berhasil: transaksi tidak dapat diteruskan karena (a) terdapat ketidaksesuaian detail info penerima, atau (b) rekening nasabah penerima tidak aktif, atau (c) nasabah terindikasi dalam sanction screening list di Indonesia maupun negara tujuan.

Ya. Dana nasabah akan dikembalikan ke rekening sumber dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dana nasabah akan dikembalikan dengan menggunakan kurs yang berlaku pada saat tanggal pengembalian dana refund dengan SLA pengembalian paling lambat 7 hari kerja.
  • Jika nasabah pengirim maupun penerima terindikasi dalam pengecekan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) dan/atau pengecekan sanction list, maka Bank berhak melakukan pembatalan transaksi atau melakukan permintaan dokumen pendukung tambahan kepada nasabah pengirim untuk diserahkan kepada otoritas.

Ya. Nasabah penerima dapat mengetahui pengiriman dana dari Bank Mandiri melalui e-mail yang telah di-input oleh nasabah pengirim saat proses transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri.

Ya. Data detail penerima yang dibutuhkan untuk transaksi ke 10 mata uang tujuan Transfer Valas di Livin’ bersifat dinamis sesuai ketentuan transfer masing-masing mata uang lokal negara tujuan.

  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • ACH Routing Number (9-digit angka identifier akun rekening bank penerima yang ada di wilayah Amerika Serikat)
  • Jenis rekening (Giro/Tabungan)
  • Nomor rekening
  • Alamat penerima (negara tujuan, kota, kode pos, nomor bangunan/rumah)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • UK Sort Code (6-digit angka identifier akun rekening bank penerima yang ada di wilayah Inggris Raya)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • IBAN (14-digit identifier akun rekening bank penerima yang ada di negara-negara Uni Eropa)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Nama bank
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • BSB code (6-digit angka yang terdiri dari nomor: bank, negara, dan cabang yang ada di Australia)
  • Nomor rekening
  • Alamat penerima (Negara, Kota, Alamat Tujuan)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Jenis Rekening(Giro/Tabungan)
  • Email atau nomor handphone penerima
  • Interac Security Question & Answer
  • Alamat penerima (Negara, Kota, Alamat Tujuan, Nomor Bangunan)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Hong Kong Clearing Code(6-digit angka yang terdiri dari 3 digit Bank Code dan 3 digit Branch Code)
  • Jenis rekening (Giro/Tabungan)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Routing Code IFSC(11-digit angka yang terdiri dari nomor: bank, dan cabang yang ada di India)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Thailand Bank Code(3-digit angka yang merepresentasikan bank di Thailand)
  • Nomor rekening
  • Email penerima

Untuk field Tujuan Penggunaan Dana, tersedia pilihan sebagai berikut: Personal, Family, Education, Training, Goods, Travel, Property, Service, Loan, Investment, Medical, Other Nasabah dapat memilih sesuai dengan tujuan penggunaan dana yang dikirimkan

Ya. Terdapat ketentuan dari pemerintah lokal untuk mata uang CAD. Ketentuan pemerintah lokal Kanada mengatur penerima harus menjawab security question dengan benar sesuai security answer yang diinput nasabah pengirim. Jika penerima tidak menjawab security question dengan security answer yang sesuai, atau dalam 30 hari penerima tidak menjawab security answer, maka transaksi akan dibatalkan otomatis dan dilakukan proses refund sesuai ketentuan SLA (Service Level Agreement) yang berlaku.

Penulisan nama penerima disesuaikan dengan nama yang didaftarkan pada rekening. Apabila nama penerima hanya terdiri dari satu kata, pengirim dapat mengisikan kembali nama (first name) tersebut sebagai nama belakang (last name).

Apabila nasabah mengalami kendala rekening sumber dana tidak muncul, pastikan dahulu rekening sumber dalam status aktif.

Apabila nasabah mengalami kendala tombol ‘Simpan ke Daftar’ tidak muncul, hal ini dikarenakan:

  • Data penerima akan otomatis tersimpan (autosaved) ke dalam ‘Saved List’ setelah Transfer Valas ke luar negeri berhasil dilakukan.
  • Data yang diisikan oleh nasabah terkait dengan detail penerima akan tersimpan dan akan mengisi kolom secara otomatis (auto prefill) apabila nasabah melakukan transaksi kembali dengan memilih dari ‘Saved List’.
  • Apabila nasabah melakukan transfer valas dengan tujuan nama yang sama, tetapi rekening tujuan berbeda, maka pada ‘Saved List’ akan muncul dua rekening yang berbeda pada satu nama yang sama.

Nasabah harus melakukan verifikasi ulang (provisioning) untuk melakukan penggantian PIN transaksi agar dapat kembali bertransaksi.

Syarat dan ketentuan Transfer Valas ke Luar Negeri melalui Livin’ by Mandiri dapat diakses melalui link berikut https://bmri.id/livintncvalasln

Di mana pun, kapan pun, apa pun device kamu,

Download Aplikasi Livin’ by Mandiri

Dan dapatkan kemudahan dalam segala urusan finansial sekarang

Aplikasi Livin Mandiri