FAQ Penggantian Mandiri Debit Secara Online

FAQ Penggantian Mandiri Debit Secara Online

Apa itu penggantian Mandiri Debit secara online?

Penggantian Mandiri Debit secara online adalah fitur baru penggantian kartu Mandiri Debit melalui channel digital Bank Mandiri yaitu website https://join.bankmandiri.co.id  yang dapat diakses menggunakan mobile browser yang ada di ponsel/ smartphone.

Apa manfaat dari penggantian Mandiri Debit secara online? 

Nasabah tidak perlu datang ke Cabang Bank Mandiri untuk melakukan penggantian kartu Mandiri Debit, cukup akses laman https://join.bankmandiri.co.id menggunakan mobile browser yang ada di ponsel/ smartphone dan mengisi data-data yang diperlukan. Selanjutnya, kartu Mandiri Debit pengganti akan dikirimkan ke alamat yang diinginkan oleh nasabah.

Adakah kriteria browser yang harus digunakan? 

Untuk perangkat dengan sistem operasi iOS (iPhone), browser yang digunakan yaitu Safari dan optimum di versi 12 ke atas. Untuk perangkat dengan sistem operasi Android, browser yang digunakan yaitu Google Chrome dan optimum berjalan di versi 72 ke atas.

Dokumen apa yang diperlukan untuk melakukan penggantian Mandiri Debit secara online? 

Nasabah harus menyiapkan dokumen berupa:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Tanda tangan di atas kertas putih
  • Kartu Mandiri Debit lama*
    *)Mohon untuk dapat menyimpan fisik kartu lama hingga aktivasi kartu Mandiri Debit baru berhasil dilakukan.

Bagaimana cara melakukan penggantian Mandiri Debit secara online?

Cara penggantian kartu Mandiri Debit secara online adalah sebagai berikut:

  • Nasabah masuk ke laman https://join.bankmandiri.co.id, pilih menu “Penggantian Kartu Debit”
  • Nasabah masuk ke halaman berisi syarat dokumen dan FAQ, klik “Lanjut”
  • Nasabah menyetujui Syarat Penggantian Kartu Debit, klik “Lanjut”
  • Nasabah mengisi data diri, klik “Selanjutnya”
  • Nasabah mengisi data rekening, kartu debit lama, dan PIN kartu debit, lalu klik “Selanjutnya” 
  • Nasabah memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel dan email, klik “Konfirmasi”
  • Nasabah memilih varian kartu Mandiri Debit baru, klik “Lanjut”
  • Nasabah mengisi alamat pengiriman kartu Mandiri Debit baru, klik “Konfirmasi”
  • Nasabah diminta untuk mengupload dokumen KTP dengan cara mengambil foto KTP asli dan meninjau ulang foto KTP, lalu klik “Selanjutnya”
  • Nasabah diminta untuk mengambil foto selfie dengan membawa KTP dan meninjau ulang foto selfie, lalu klik “Selanjutnya”
  • Nasabah diminta mengambil foto tanda tangan di atas kertas putih dan meninjau ulang tanda tangan lalu klik “Selanjutnya”
  • Nasabah diminta mengambil foto kartu Mandiri Debit lama dan meninjau ulang foto kartu Mandiri Debit lama, lalu klik “Selanjutnya”
  • Nasabah akan masuk ke halaman konfirmasi data, klik “Konfirmasi” apabila data telah sesuai
  • Nasabah akan diminta untuk verifikasi data dengan melakukan video call ke Customer Service online Bank Mandiri dengan jam layanan pukul 08.00 s.d 21.00 WIB (hari Senin s.d Minggu), lalu klik “Hubungi Sekarang”
  • Nasabah akan melakukan video call dengan Customer Service online Bank Mandiri
  • Nasabah diminta untuk menyetujui Syarat & Ketentuan PRIVY ID, klik “Setuju”
  • Nasabah melakukan verifikasi digital signature dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel, klik “Konfirmasi”
  • Nasabah akan masuk ke halaman pemberitahuan bahwa pemesanan kartu debit berhasil dilakukan.

Bagaimana jika kartu Mandiri Debit saya terhubung dengan beberapa rekening?

Pada penggantian kartu Mandiri Debit secara online, Bank akan menghubungkan kartu Mandiri Debit yang baru hanya ke rekening yang diinput pada saat melakukan penggantian kartu, dan kartu lama akan dinon-aktifkan pada saat aktivasi kartu Mandiri Debit baru berhasil dilakukan. Nasabah dapat mendatangi Cabang Bank Mandiri terdekat apabila ingin menghubungkan kartu Mandiri Debit yang baru ke rekening yang lain.

Bagaimana cara melakukan aktivasi kartu Mandiri Debit secara online?

Kartu Mandiri Debit wajib dilakukan aktivasi terlebih dahulu sebelum dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM/EDC. Mohon untuk menyimpan kartu lama (kartu yang diganti) hingga aktivasi kartu Mandiri Debit yang baru berhasil dilakukan.

Cara aktivasi kartu Mandiri Debit secara online sebagai berikut:

  • Nasabah masuk ke laman https://join.bankmandiri.co.id, pilih menu “Aktivasi Kartu Debit”
  • Nasabah diminta mengisi data nomor rekening dan NIK, lalu klik “Selanjutnya”
  • Nasabah diminta untuk verifikasi OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel nasabah, lalu klik “Konfirmasi”
  • Nasabah diminta untuk memasukkan data kartu Mandiri Debit lama dan PIN, lalu klik “Konfirmasi”
  • Nasabah diminta untuk memasukkan data kartu Mandiri Debit baru, lalu klik “Konfirmasi”
  • Nasabah membuat PIN kartu Mandiri Debit baru
  • Nasabah konfirmasi dengan memasukkan ulang PIN kartu Mandiri Debit baru 
  • Apabila konfirmasi berhasil, maka kartu Mandiri Debit akan berhasil diaktifkan.

Siapakah yang dapat melakukan penggantian kartu Mandiri Debit secara online?

Nasabah yang dapat melakukan penggantian kartu Mandiri Debit secara online adalah nasabah pemilik rekening Tabungan aktif dan memenuhi persyaratan untuk penggantian kartu.

Apakah penggantian kartu Mandiri Debit secara online dikenakan biaya? 

Ya, penggantian kartu Mandiri Debit secara online akan dikenakan biaya. Pendebetan biaya tersebut akan dilakukan pada saat nasabah melakukan aktivasi kartu Mandiri Debit baru secara online. Besaran biaya akan diatur mengikuti ketentuan yang berlaku di bank.

Berapa lama pengiriman kartu Mandiri Debit yang diganti secara online? 

Pengiriman kartu Mandiri Debit ke alamat yang diinginkan nasabah mengikuti SLA pengiriman sebagai berikut:

*) SLA pengiriman bergantung pada lokasi dan kondisi cuaca

Apa itu PIN kartu Mandiri Debit? 

PIN kartu Mandiri Debit merupakan 6 digit angka yang diperlukan sebagai otorisasi pada saat nasabah melakukan transaksi di ATM/CDM/EDC. PIN kartu Mandiri Debit tidak boleh diberikan kepada orang lain. Untuk kartu Mandiri Debit yang penggantiannya dilakukan secara online, PIN kartu Mandiri Debit akan dibuat oleh nasabah dalam rangkaian proses aktivasi secara online setelah nasabah menerima fisik kartu Mandiri Debit yang baru.

Apakah kartu Mandiri Debit yang baru dapat digunakan untuk bertransaksi di merchant online/e-commerce?

Kartu Mandiri Debit baru yang berlogo VISA dapat digunakan untuk melakukan transaksi di merchant online/e-commerce selama saldo nasabah mencukupi.

Bagaimana jika nasabah tidak mendapatkan kartu Mandiri Debit setelah melewati SLA pengiriman kartu Mandiri Debit atau status pengiriman ‘retur’? 

Apabila nasabah tidak mendapatkan kartu Mandiri Debit setelah melewati SLA pengiriman atau status pengiriman ‘retur’, maka nasabah dapat meminta pengiriman ulang dengan menghubungi Mandiri Call 14000, atau nasabah dapat melakukan penggantian kartu melalui Cabang atau mekanisme lainnya yang disediakan oleh Bank.

Bagaimana jika nasabah ingin mendapatkan kartu Mandiri Debit lebih cepat dan tidak mau menunggu SLA? 

Nasabah wajib menunggu kartu Mandiri Debit dikirimkan ke alamat yang diinginkan oleh nasabah hingga SLA yang telah ditentukan.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000