WC - Qris Bukalapak

Fitur QRIS di Mitra Bukalapak

 

Apa itu Fitur QRIS (Kode QR) di Mitra Bukalapak?

Fitur QRIS di Mitra Bukalapak adalah kolaborasi antara Bank Mandiri dan Bukalapak yang menampilkan layanan transaksi QRIS (Kode QR Standar Indonesia) Bank Mandiri yang dapat diakses oleh Mitra Bukalapak pada aplikasi Mitra Bukalapak. Fitur ini memungkinkan para pelanggan Mitra Bukalapak lebih mudah bertransaksi menggunakan seluruh uang elektronik di warung/kios Mitra.
Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung perluasan akses layanan keuangan kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam penerimaan transaksi di Mitra Bukalapak melalui transaksi QR (berstandar QRIS) yang memungkinkan pembayaran tanpa kontak, sehingga dapat turut mendukung perlambatan penyebaran virus Covid-19.
Kerja sama ini memungkinkan lebih dari 1,5 juta Warung Mitra Bukalapak sehingga dapat menggunakan transaksi pembayaran dengan metode QRIS (Quick Response Indonesian Standard) dan juga menjadi Agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).
 

| Apa sajakah Benefit dengan menggunakan Fitur QRIS (Kode QR) di Mitra Bukalapak?

  • Dapat menerima transaksi dari seluruh uang/dompet elektronik yang dikeluarkan oleh PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) yang telah terdaftar di Bank Indonesia
  • Pembayaran lebih higienis karena transaksi dilakukan tanpa kontak antara penjual dengan pembeli
  • Kemudahan pembayaran non tunai
  • Trend pembayaran secara digital
  • Mengurangi risiko/biaya pengelolaan uang tunai
  • Transaksi tercatat otomatis
  • Peningkatan traffic penjualan karena dapat menerima pembayaran dari banyak layanan
  • Mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai yang diusung pemerintah
  • Membangun profil kredit bagi Bank
 

Bagaimana cara mengajukan Fitur QRIS (Kode QR) di Mitra Bukalapak?

Sejak diluncurkannya fitur ini pada bulan Agustus 2020, layanan QRIS diberikan untuk Mitra Bukalapak dalam tahap implementasi terbatas khususnya untuk Mitra Bukalapak yang telah mengaktifkan layanan “Kirim Uang” di Aplikasi Mitra Bukalapak. Mitra Bukalapak dapat menerima transaksi dengan QRIS jika sudah ada fitur “Kode QR” pada halaman depan aplikasi Mitra Bukalapak. Mitra dapat menunjukkan Kode QR kepada pembeli untuk menerima pembayaran dari seluruh uang/dompet elektronik. Pembeli akan melakukan scan Kode QR menggunakan aplikasi uang/dompet elektronik yang diinginkan.
 

Bagaimana cara menggunakan Fitur QRIS (Kode QR) di Mitra Bukalapak?

Unduh dan Buka Aplikasi Mitra Bukalapak pada Smartphone Android melalui Google Play Store. Lebih lengkap mengenai aplikasi Mitra Bukalapak dapat diakses pada link: https://mitra.bukalapak.com/tentang-mitra?section=howtouse

Pada halaman utama, pilih “Kode QR”

 

 

 


Tunjukkan kode QR (berstandar QRIS) kepada
 

 

 


 

Bagaimana cara Mitra Bukalapak tahu bahwa transaksi berhasil?

Mitra Bukalapak akan menerima notifikasi (Push Notification dan In-App Notification) setiap transaksi berhasil. Pembayaran akan langsung masuk ke Saldo Bukalapak milik Mitra.
Push Notification: akan muncul di layar smartphone, bersifat sementara (notifikasi akan hilang setelah diklik)
In-App Notification: akan muncul di aplikasi Mitra Bukalapak sebagai histori transaksi, bersifat permanen.

 

Apakah yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS adalah Kode QR Standar Indonesia yang memungkinkan Merchant/Penjual dapat menerima transaksi pembayaran dari seluruh uang/dompet elektronik yang telah terdaftar di Bank Indonesia. Per Desember 2020, telah terdapat 46 PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) atau biasa dikenal sebagai uang/dompet elektronik baik bank maupun non bank. Berikut ini beberapa PJSP QRIS:

 

Info lebih lanjut

mandiri call 14000
Bukalapak:
  • cs.mitra@bukalapak.com
  • Live Chat melalui aplikasi Mitra Bukalapak pada menu Bantuan dan pilih Chat.
  • http://bukabantuanchat.bukalapak.com
  • Jika memiliki pertanyaan atau mengalami kendala di luar jam operasional atau di luar permasalahan Mitra (misalnya terkait lapak, penjualan barang sebagai pelapak, dan lainnya) dapat menghubungi BukaBantuan melalui:
    • Halaman BukaBantuan (Web & App), http://bl.id/bukabantuan
    • Layanan BukaBantuan 24 jam di nomor 021-5081-3333
    • Twitter @BukaBantuan
    • Facebook menu BukaBantuan pada halaman Bukalapak
    • Instagram @bukalapak