New - WC - Smart Account

FAQ Smart Account

 

Apa itu Mandiri Smart Account (MSA) ? 
Mandiri Smart Account adalah layanan cash management berupa penggunaan sub-rekening giro yang bersifat virtual (Virtual Account) yang membantu Perusahaan untuk melakukan pengelolaan dana terpusat dengan kemudahan alokasi, pencatatan dan identifikasi transaksi 

Bagaimana posisi Smart Account terhadap rekening Giro ? 
Smart Account merupakan satu bagian dari rekening Giro, Anda dapat membuat ribuan rekening Smart Account secara mandiri hanya dengan menginduk kepada 1 rekening Giro saja. Anda juga dapat mengatur limit transaksi debit dan/atau kredit untuk masing-masing Smart Account. 

Skema transaksi apa saja yag didukung oleh Mandiri Smart Account ? 
MSA dapat menjadi solusi untuk beberapa contoh skema bisnis sebagai berikut: 

  • Rekening operasional 
    Efisiensi pengelolaan kas melalui pemusatan likuiditas dan pengalokasian dana di internal Perusahaan melalui perampingan kepemilikan rekening Giro (mengganti Rekening Operasional dengan Smart Account). 
  • Petty Cash 
    Solusi Cashless untuk mengakomodir alokasi kegiatan kas kecil/operasional di cabang/unit Perusahaan 
  • Pengiriman dana  
    Anda dapat mengirim dana secara mudah dan realtime kepada business counterpart Perusahaan melalui Cabang ataupun kanal digital Bank Mandiri. 
  • Intermediary dana / wallet/ deposit 
    Smart Account sebagai intermediary account untuk aktifitas jual beli maupun pencatatan deposit dana dalam skema wallet dalam eCommerce atau FinTech 

 

Siapa saja yang membutuhkan solusi Mandiri Smart Account ? 

  • Perusahaan yang sedang mengelola banyak rekening Giro operasional (desentralisasi) dan memiliki roadmap untuk bertransformasi ke arah konsep sentralisasi dana rekening operasional perusahaan (contoh : imprest account dan treasury single account). 
  • Perusahaan dengan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi. 
  • Perusahaan dengan kebutuhan pengiriman uang ke Unbanked People dan/atau dalam rangka program-program seperti reward/ insentif dan subsidi. 
  • Perusahaan dengan kebutuhan intermediary account platform dalam mendukung bisnis di bidang eCommerce atau fintech. 

 

Apa saja fitur utama Mandiri Smart Account ? 
Fitur utama MSA antara lain : 

  • Pembukaan dan pengelolaan limit transaksi dilakukan secara mandiri melalui Smart Account Management System (SAMS) Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API) 
  • Fleksibilitas penomoran Smart Account, Anda dapat leluasa memberikan nomor unik untuk masing-masing unit/cabang Perusahaan sesuai kebutuhan 
  • Fleksibilitas pengelolaan rekening, Anda dapat memblokir/buka blokir Smart Account sewaktu-waktu melalui SAMS Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API) 
  • Smart Account dapat di transaksikan di Cabang dan kanal digital Bank Mandiri, seperti: ATM, EDC, Mandiri Cash Management, dan Host-to-Host Payment. 

 

Apa benefit menggunakan layanan Mandiri Smart Account ? 

  • Simplifikasi pengelolaan keuangan dengan sentralisasi rekening untuk mengoptimalkan likuiditas dana Perusahaan. 
  • Meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi. 
  • Kontrol dan visibilitas posisi likuiditas yang lebih baik melalui pemusatan dana  
  • Efisiensi cost melalui perampingan kepemilikian rekening Giro/ Tabungan (perusahaan tidak perlu mengelola banyak rekening Giro/ tabungan) 
  • Peningkatan profit dari optimalisasi likuiditas di satu rekening induk (Giro) 
  • Investasi minimum untuk solusi intermediary dana bagi nasabah segmen eCommerce dan FinTech. 

 

Apa syarat mendaftar layanan Mandiri Smart Account ? 

  • Terdaftar sebagai nasabah Mandiri Giro 
  • Pengguna layanan Mandiri Cash Management atau layanan Mandiri Host-to-Host Payment 

 

Info lebih lanjut

Call Center 1500150