FAQ Smart Account
New - WC - Smart Account
FAQ Smart Account
Apa itu Mandiri Smart Account (MSA) ?
Mandiri Smart Account adalah layanan cash management berupa penggunaan sub-rekening giro yang bersifat virtual (Virtual Account) yang membantu Perusahaan untuk melakukan pengelolaan dana terpusat dengan kemudahan alokasi, pencatatan dan identifikasi transaksi
Bagaimana posisi Smart Account terhadap rekening Giro ?
Smart Account merupakan satu bagian dari rekening Giro, Anda dapat membuat ribuan rekening Smart Account secara mandiri hanya dengan menginduk kepada 1 rekening Giro saja. Anda juga dapat mengatur limit transaksi debit dan/atau kredit untuk masing-masing Smart Account.
Skema transaksi apa saja yag didukung oleh Mandiri Smart Account ?
MSA dapat menjadi solusi untuk beberapa contoh skema bisnis sebagai berikut:
- Rekening operasional
Efisiensi pengelolaan kas melalui pemusatan likuiditas dan pengalokasian dana di internal Perusahaan melalui perampingan kepemilikan rekening Giro (mengganti Rekening Operasional dengan Smart Account). - Petty Cash
Solusi Cashless untuk mengakomodir alokasi kegiatan kas kecil/operasional di cabang/unit Perusahaan - Pengiriman dana
Anda dapat mengirim dana secara mudah dan realtime kepada business counterpart Perusahaan melalui Cabang ataupun kanal digital Bank Mandiri. - Intermediary dana / wallet/ deposit
Smart Account sebagai intermediary account untuk aktifitas jual beli maupun pencatatan deposit dana dalam skema wallet dalam eCommerce atau FinTech
Siapa saja yang membutuhkan solusi Mandiri Smart Account ?
- Perusahaan yang sedang mengelola banyak rekening Giro operasional (desentralisasi) dan memiliki roadmap untuk bertransformasi ke arah konsep sentralisasi dana rekening operasional perusahaan (contoh : imprest account dan treasury single account).
- Perusahaan dengan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi.
- Perusahaan dengan kebutuhan pengiriman uang ke Unbanked People dan/atau dalam rangka program-program seperti reward/ insentif dan subsidi.
- Perusahaan dengan kebutuhan intermediary account platform dalam mendukung bisnis di bidang eCommerce atau fintech.
Apa saja fitur utama Mandiri Smart Account ?
Fitur utama MSA antara lain :
- Pembukaan dan pengelolaan limit transaksi dilakukan secara mandiri melalui Smart Account Management System (SAMS) Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API)
- Fleksibilitas penomoran Smart Account, Anda dapat leluasa memberikan nomor unik untuk masing-masing unit/cabang Perusahaan sesuai kebutuhan
- Fleksibilitas pengelolaan rekening, Anda dapat memblokir/buka blokir Smart Account sewaktu-waktu melalui SAMS Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API)
- Smart Account dapat di transaksikan di Cabang dan kanal digital Bank Mandiri, seperti: ATM, EDC, Mandiri Cash Management, dan Host-to-Host Payment.
Apa benefit menggunakan layanan Mandiri Smart Account ?
- Simplifikasi pengelolaan keuangan dengan sentralisasi rekening untuk mengoptimalkan likuiditas dana Perusahaan.
- Meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi.
- Kontrol dan visibilitas posisi likuiditas yang lebih baik melalui pemusatan dana
- Efisiensi cost melalui perampingan kepemilikian rekening Giro/ Tabungan (perusahaan tidak perlu mengelola banyak rekening Giro/ tabungan)
- Peningkatan profit dari optimalisasi likuiditas di satu rekening induk (Giro)
- Investasi minimum untuk solusi intermediary dana bagi nasabah segmen eCommerce dan FinTech.
Apa syarat mendaftar layanan Mandiri Smart Account ?
- Terdaftar sebagai nasabah Mandiri Giro
- Pengguna layanan Mandiri Cash Management atau layanan Mandiri Host-to-Host Payment
Info lebih lanjut
Call Center 1500150