Mandiri Mobile Token

 

Mandiri Mobile Token

Mandiri Mobile Token merupakan Token berbasis aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat pengaman untuk bertransaksi di layanan Bank Mandiri, yaitu Kopra Cash Management dan Kopra Cash Lite.

Apa itu Mandiri Mobile Token?

Mandiri Mobile Token merupakan Token berbasis aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat autentikasi untuk bertransaksi di layanan Bank Mandiri, yaitu layanan MCM 2.0 dan MCM Lite. Mandiri Mobile Token (selanjutnya disebut Mobile Token) merupakan tipe soft token yang harus diunduh dan diaktivasi di perangkat smartphone nasabah.

Siapakah yang bisa menggunakan Mobile Token?

User milik nasabah yang telah terdaftar sebagai approver/releaser di MCM 2.0 atau MCM Lite dapat menggunakan Mobile Token sebagai alat autentikasi transaksi.

Apa saja fitur utama Mobile Token?

Autentikasi persetujuan transaksi dengan menggunakan metode pemindaian Kode QR atau OTP.

  • Pemindaian Kode QR digunakan untuk autentikasi transaksi di web MCM 2.0
  • OTP digunakan untuk autentikasi transaksi di Kopra Mobile App

Apakah manfaat Mobile Token?

  • Keamanan saat bertransaksi di layanan MCM 2.0 atau MCM Lite
  • Fleksibilitas dan efesiensi waktu pada saat autentikasi transaksi
  • Dapat mendaftarkan lebih dari satu mobile token dalam 1 aplikasi
  • Tampilan antarmuka aplikasi yang mudah digunakan (User Friendly)
  • Tidak adanya biaya ganti token karena hilang/rusak

Berapa biaya Mobile Token?

  • Nasabah MCM 2.0 dikenakan biaya Rp 100 ribu/token setelah kuota token gratis habis
  • Nasabah MCM Lite dikenakan biaya Rp 50 ribu/token untuk setiap pendaftaran token

Bagaimana cara nasabah daftar Mobile Token?

  • Nasabah dapat datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau bisa menghubungi Sales Bank Mandiri untuk didaftarkan mobile token.
  • Nasabah mengisi jumlah mobile token formulir aplikasi MCM 2.0 atau MCM Lite sesuai dengan kebutuhan user approver/releaser di Company ID-nya.
  • Nasabah mengumpulkan formulir aplikasi yang telah ditandatangani ke Cabang/Sales.

Apa saja yang perlu dipastikan pada saat mendaftarkan nomor telepon user approver/releaser yang menggunakan Soft Token?

  • Pastikan nomor telepon user approver/releaser yang didaftarkan merupakan nomor telepon Indonesia dengan kode telepon +62 atau nomor telepon negara lain dengan kode telepon negara tersebut.
  • Pastikan nomor telepon masih aktif, dapat menerima SMS dari Bank dan memiliki pulsa/limit minimal Rp 875,00 setiap pengiriman kode OTP via SMS. Pada saat aktivasi mobile token, Kode OTP untuk verifikasi User dikirimkan via SMS ke nomor telepon yang didaftarkan pada user approver/releaser milik Nasabah.

Apa minimum Requirement Operating System (OS) untuk instalasi aplikasi Mobile Token?

Jenis Device Versi OS
  iPhone   iOS 12
  Android   Android 8

Bagaimana cara aktivasi Mandiri Mobile Token untuk pertama kali?

  • Unduh dan Pasang Aplikasi Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda melalui Play Store atau App Store. Berikut adalah tampilan logo aplikasi Mandiri Mobile Token.

          

  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda
  • Klik tombol “Aktivasi” di Aplikasi Mobile Token
  • Baca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri Mobile Token
  • Login ke dalam layanan MCM 2.0 (https://mcm2.bankmandiri.co.id/corporate/)
  • Pilih menu Aktivasi Mobile Token di bagian Keperluan (Utilities)
  • Masukkan nomor telepon Anda di situs MCM 2.0
  • Klik tombol Request OTP untuk mengirimkan OTP ke nomor telepon Anda (biaya SMS untuk mengirimkan OTP dikenakan ke nomor telepon nasabah ybs)
  • Masukkan Kode OTP yang Anda terima melalui SMS ke dalam kolom OTP di situs MCM 2.0
  • Klik tombol “Aktivasi” di situs MCM 2.0
  • Pindai Kode QR yang berada di situs MCM 2.0 dengan Aplikasi Mobile Token
  • Masukkan Kode Verifikasi yang berada di situs MCM 2.0 ke dalam Aplikasi Mobile Token
  • Klik tombol OK untuk konfirmasi
  • Masukkan Kode Registrasi yang dihasilkan Mobile Token ke situs MCM 2.0
  • Klik tombol Berikutnya di situs MCM 2.0 dan klik tombol Lanjut di Aplikasi Mobile Token untuk melengkapi proses Aktivasi
  • Masukkan informasi terkait user yang didaftarkan mobile token seperti Company ID, Company Name, dan User ID.
  • Buat Kode PIN Mobile Token Anda dengan memasukkan 6 digit angka
  • Konfirmasi Kode PIN Mobile Token yang telah Anda buat
  • Klik tombol OK untuk menggunakan Mobile Token Anda

Bagaimana cara melakukan approval transaksi MCM di Mandiri Mobile Token dengan media QR Code?

  • User login ke MCM 2.0 sebagai user approver/releaser dan memilih transaksi mana yang akan disetujui di menu Pending Task.
  • Pada saat mau menyetujui transaksi akan muncul QR code.
  • User masuk ke aplikasi mobile token. Lalu, login menggunakan PIN atau biometric.
  • Klik tombol Scan QR Code pada token milik user yang dimaksud.

          

  • Setelah menampilkan layar Scan, user melakukan scan terhadap QR code di web MCM 2.0.

          

  • Apabila QR valid, maka muncul response code yang dapat diiput oleh nasabah ke MCM 2.0 dalam jangka waktu berlaku 30 detik.

          

  • Response Code dimasukkan ke MCM 2.0. Kemudian, klik Approve di Web MCM.
  • Transaksi selesai

Bagaimana cara melakukan approval transaksi di Kopra Mobile App?

  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda.
  • Copy Kode OTP dan input di Kopra Mobile App.

            

Bagaimana cara Nasabah menambahkan user token ke-2 dan seterusnya?

  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda
  • Klik tombol “+” di Aplikasi Mobile Token
  • Baca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri Mobile Token
  • Login ke dalam layanan MCM 2.0 (https://mcm2.bankmandiri.co.id/corporate/)
  • Pilih menu Aktivasi Mobile Token di bagian Keperluan (Utilities)
  • Masukkan nomor telepon Anda di situs MCM 2.0
  • Klik tombol Request OTP untuk mengirimkan OTP ke nomor telepon Anda (biaya SMS untuk mengirimkan OTP dikenakan ke nomor telepon nasabah ybs)
  • Masukkan Kode OTP yang Anda terima melalui SMS ke dalam kolom OTP di situs MCM 2.0
  • Klik tombol “Aktivasi” di situs MCM 2.0
  • Pindai Kode QR yang berada di situs MCM 2.0 dengan Aplikasi Mobile Token
  • Masukkan Kode Verifikasi yang berada di situs MCM 2.0 ke dalam Aplikasi Mobile Token
  • Klik tombol OK untuk konfirmasi
  • Masukkan Kode Registrasi yang dihasilkan Mobile Token ke situs MCM 2.0
  • Klik tombol Berikutnya di situs MCM 2.0 dan klik tombol Lanjut di Aplikasi Mobile Token untuk melengkapi proses Aktivasi
  • Masukkan informasi terkait user yang didaftarkan mobile token seperti Company ID, Company Name, dan User ID
  • Klik tombol OK untuk menggunakan Mobile Token Anda

            

Bagaimana cara Nasabah melakukan edit user token?

  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda
  • Klik triple dot button pada token yang perlu diedit user-nya
  • Klik Profile
  • Klik tombol Edit untuk mengubah info Company ID, Company Name, User ID
  • Lakukan perubahan data Company ID, Company Name, atau User ID
  • Klik tombol Save
  • Klik tombol OK

            

Bagaimana jika nasabah lupa Kode PIN? 

Nasabah dapat mengklik “Lupa PIN” atau “Forgot PIN” di halaman login yang muncul pertama kali pada saat membuka aplikasi setelah aktivasi selesai. Dengan mengklik “Lupa PIN” tersebut Nasabah perlu melakukan reset PIN. Untuk mengajukan reset PIN nasabah dapat menghubungi Mandiri Call Center. Proses Reset PIN sama dengan proses Unlock Token. 

Untuk apa fitur “Unlink Token” atau “Lepas Token” di Mobile Token? 

  • Jika Nasabah sudah selesai aktvasi di aplikasi Mandiri Mobile Token, tetapi belum selesai proses aktivasi di Web MCM 2.0, Nasabah dapat menggunakan fitur “Unlink” yang berada di Halaman Pengaturan.
  • Jika Nasabah ingin mengganti ponselnya, Nasabah dapat memutuskan aktivasi di ponsel yang lama dengan menggunakan fitur “Unlink”.
  • Catatan: Setelah nasabah setuju untuk melakukan “Unlink”, Mobile Token Nasabah otomatis terputus aktivasinya. Jika ingin menggunakan Mobile Tokennya kembali, Nasabah perlu melakukan aktivasi ulang.
  • Menu “Unlink Token” dapat diakses dengan mengklik tombol triple dot (tiga titik) disamping profil menu

            

Bagaimana cara menonatifkan Mandiri Mobile Token melalui situs MCM 2.0?

Jika ponsel Nasabah hilang/rusak/perlu diganti dengan ponsel yang lain, Nasabah dapat menonaktifkan Mandiri Mobile Token di ponsel sebelumnya secara mandiri melalui fitur “Deactivate” yang ada di situs MCM 2.0. Berikut ini adalah cara menonaktifkan Mobile Token melalui situs MCM 2.0:

  • Login di situs MCM 2.0 dengan akun User Approver/Releaser yang terdaftar Soft Token
  • Akses Menu “Mobile Token Activation”
  • Klik Tombol “Deactivate” (“Menonaktifkan")
  • Konfirmasi Aksi Deaktivasi/Menonaktifkan Token dengan mengklik tombol “OK” (“YA")

           

Bagaimana jika token nasabah terkunci (locked) karena kesalahan input Response Code?

Untuk pembukaan Nasabah dapat menghubungi Cabang terdekat atau Call Center Bank Mandiri di 14000 dengan menyampaikan informasi Serial Number Token, ID Perusahaan, ID Pengguna, dan KTP.

Bagaimana jika token nasabah terkunci (locked) karena kesalahan input Kode PIN Token?

Nasabah dapat datang ke Cabang Bank Mandiri dengan menyampaikan Serial Number Token, Locked Token Challenge, ID Perusahaan, ID Pengguna, dan KTP.

Bagaimana jika ada kendala teknis pada saat penggunaan Mandiri Mobile Token? 

Jika Anda mengalami kendala pada saat menggunakan Mandiri Mobile Token, silahkan mendatangi cabang terdekat atau menghubungi Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4 atau email ke alamat berikut: 

  • Untuk nasabah Kopra Cash Management: mcm.operation@bankmandiri.co.id 
  • Untuk nasabah Kopra Cash Lite: mib.operation@bankmandiri.co.id

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000 atau +6221 52997777 (Luar Negeri), pilih bahasa, tekan 4

E-mail : kopra@bankmandiri.co.id