Kopra EIPP

Electronic Invoice Presentment & Payment (EIPP)

Electronic Invoice Presentment and Payment atau yang disingkat EIPP adalah layanan penerimaan Bank Mandiri untuk perusahaan yang belum memiliki kode biller namun memiliki kebutuhan akan invoicing

Apa syarat agar bisa menggunakan EIPP?

Perusahaan Anda sudah memiliki kredensial login Kopra.

Apakah Perusahaan saya perlu menyerahkan dokumen tertentu untuk layanan ini?

Perlu. Jika Perusahaan Anda merupakan pengguna KCM Retail maka harus menyerahkan dokumen formulir aktivasi yang telah disediakan oleh Relationship Manager Anda.

Apa saja fitur dan manfaat EIPP?

  • Buat invoice: Anda dapat membuat e-invoice melalui Kopra secara satuan atau bulk dan Kopra akan mengirimkan detail tagihan invoice ke rekanan Anda melalui email.
  • Pengingat Invoice: Perusahaan Anda dapat menjadwalkan pengiriman email reminder rekanan Anda sebanyak 3 kali.
  • Notifikasi tagihan: Jika rekanan Anda terdaftar sebagai pengguna Livin’ App dan Kopra, kami akan mengirimkan notifikasi tagihan ke channel tersebut.
  • Dashboard: Anda dapat memonitor status invoice Anda sewaktu-waktu dan melihat kembali detail atau informasi invoice Anda.
  • Rekonsiliasi otomatis: Kopra secara otomatis akan melakukan rekonsiliasi atas pembayaran tagihan dan mengkredit pembayaran ke rekening perusahaan Anda.

Bagaimana cara membuat invoice elektronik?

Anda dapat membuat invoice elektronik dengan cara input manual atau upload file. Input manual jika Anda ingin memasukkan data satu per satu. Jika Anda perlu membuat lebih dari 10 invoice sekaligus, kami menyarankan Anda untuk meng-upload file sesuai format yang telah kami sediakan.

Apakah saya bisa membuat template sendiri?

Anda dapat membuat template invoice sendiri sesuai kebutuhan perusahaan Anda di menu Pengaturan dan pilih Template. Anda bisa menambahkan logo perusahaan disini dan menambahkan variable baru di invoice Anda. Format ini tidak dapat Anda gunakan untuk file upload, hanya bisa menggunakan format dari Bank Mandiri. 

Mengapa saya harus mengisi email dan nomor handphone? 

Email bersifat mandatory karena Kopra akan mengirimkan dokumen PDF invoice Anda ke alamat email ini. Nomor handphone bersifat opsional. Jika Anda ingin mengirimkan notifikasi tagihan ke aplikasi Livin’, Anda harus mengisi nomor handphone pembayar yang terdaftar di aplikasi Livin’. Jika pembayar Anda merupakan perusahaan atau badan usaha, silahkan pilih Perusahaan pada Billing to dan isi email. Jika email ini terdaftar sebagai pengguna layanan Kopra, kami akan mengirimkan notifikasi tagihan ke perusahaan yang bersangkutan. Kini rekanan Anda dapat membayar tagihan melalui Livin’ dan Kopra. 

Berapa jumlah maksimum invoice yang bisa dibuat melalui file upload? 

Anda dapat membuat hingga 10.000 invoice dalam sekali file upload.

Bagaimana rekanan atau pembayar saya mengetahui tagihan yang ditujukan ke mereka?

Pertama, Kopra akan mengirimkan dokumen PDF berisi detail invoice Anda dan nomor pembayaran yang akan digunakan saat pembayaran. Kedua, pembayar Anda akan menerima notifikasi tagihan di aplikasi Livin’ mereka jika nomor handphone yang Anda masukkan terdaftar di Livin’. Ketiga, pembayar dengan tipe badan usaha atau korporasi akan menerima notifikasi tagihan jika email terdaftar sebagai pengguna layanan Kopra.

Bagaimana rekanan saya membayar tagihan invoice?

Rekanan Anda dapat membayar tagihan menggunakan 19 digit nomor pembayaran yang dikirimkan ke alamat email. Rekanan Anda dapat membayar melalui kanal Bank Mandiri seperti ATM, Livin’, Kantor Cabang Bank Mandiri atau melalui kanal Bank Lain.

Apakah saya akan menerima notifikasi setelah pembayaran tagihan?

Anda tidak akan menerima notifikasi setelah pembayaran. Anda dapat melihat riwayat invoice Anda di menu Dashboard. Dashboard ini akan melakukan update status invoice Anda secara real-time. Jika rekanan Anda sudah membayar tagihan, status invoice Anda akan berubah menjadi dibayar.

Apakah rekanan saya dapat membayar invoice secara parsial?

Rekanan Anda hanya bisa membayar invoice secara penuh sesuai nominal yang Anda buat.

Kemana hasil pembayaran invoice akan di kredit?

Nominal pembayaran invoice akan di kredit ke rekening penampungan yang ditentukan oleh Admin perusahaan Anda di menu Utilities. Jenis rekening yang bisa dipilih adalah rekening tabungan bisnis atau giro dengan valuta IDR.

Apakah admin perusahaan dapat mengubah rekening pooling?

Admin perusahaan Anda dapat mengubah rekening pooling. Pembayaran selanjutnya akan di kredit ke rekening pooling baru.

Apa itu Total Outstanding Amount?

Total outstanding amount adalah total nominal tagihan yang sudah jatuh tempo dan lewat jatuh tempo.

Apa itu days sales outstanding?

Days sales outstanding adalah metric yang menunjukkan rata-rata hari dalam satu bulan perusahaan Anda menerima pembayaran sejak Anda mengirimkan invoice.

Apa itu aging balance?

Aging balance adalah metric yang menunjukkan aging dari invoice yang sudah lewat dari jatuh tempo. Invoice Anda akan dikelompokkan berdasarkan hari.

Apakah saya harus membayar biaya atas layanan ini?

Anda dapat melihat biaya yang dikenakan oleh Bank Mandiri atas layanan ini di bagian Overview sebelum Anda submit invoice. Anda akan dikenakan IDR 2.500 per tagihan, pada kondisi khusus atas persetujuan Bank, Anda bisa mendapatkan biaya yang lebih murah. 

Apa saja resiko yang melekat pada fitur ini?

  • Jika Anda salah dalam melakukan setting pooling account, maka hasil pembayaran e-invoice akan di kreditkan ke rekening tersebut.
  • Salah dalam mengisi nama, email dan kontak pembayar maka akan menyebabkan email dan notifikasi tagihan tidak terkirim ke pembayar.
  • Salah dalam mengisi tanggal jatuh tempo invoice akan berdampak pada perhitungan aging balance dan total outstanding yang tidak akurat.

Apa yang saya dapat lakukan apabila terdapat kendala/komplain terkait layanan ini?

Anda dapat menghubungi Call Center Bank Mandiri di nomor 14000 atau dapat menghubungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Relationship Manager Anda.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000