WC - Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) pada KOPRA

Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) pada KOPRA

Apakah Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?

Merupakan aplikasi elektronik berbasis internet yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan pemesanan layanan pengantaran dan/atau penjemputan uang tunai (Cash Pick Up and Delivery). Dengan menggunakan jaringan koneksi yang aman, LAJU memberikan kemudahan bagi nasabah untuk pemesanan, pemantauan, dan mengakses data historis dari layanan pengantaran dan/atau penjemputan uang tunai. LAJU dapat diakses pada KOPRA melalui link : https://kopra.bankmandiri.co.id/

Apakah manfaat Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?

  • Meningkatkan experience Nasabah dan memudahkan dalam akses layanan Bank Mandiri.
  • Mengurangi risiko operasional dalam penanganan uang tunai pada Nasabah.
  • Memudahkan Nasabah mengelola uang kas.
  • Meningkatkan produktivitas bisnis Nasabah karena kebutuhan layanan uang tunai lebih mudah didapatkan serta efektivitas waktu.

Siapakah yang bisa menggunakan LAJU?

Nasabah badan usaha yang telah memiliki Kopra dan layanan Kopra/Cash (MCM) dapat menggunakan LAJU dengan melakukan aktivasi fitur terlebih dahulu

Bagaimana cara mendaftar layanan LAJU?

  • Nasabah login pada Kopra Cash (MCM) dan memilih menu LAJU
  • Nasabah dapat melakukan pengecekan jangkauan wilayah LAJU sebelum melakukan aktivasi fitur untuk mengetahui apakah di daerahnya sudah tersedia LAJU
  • Nasabah mengisi form aktivasi fitur LAJU dan melengkapi dokumen pendukung yaitu AD/ART perusahaan terbaru
  • Membubuhkan tanda tangan digital pejabat berwenang di e-form aktivasi LAJU melalui Privy
  • Setelah LAJU teraktivasi, diperlukan registrasi titik layanan melalui Sysadmin / System Administrator perusahaan.

Apakah perbedaan antara layanan Cash Pick Up and Delivery (CPUD) konvensional dengan layanan CPUD LAJU?

No

Activity

CPUD Konvensional

CPUD LAJU

1

Pendaftaran

Layanan

Menggunakan PKS CPUD

Registrasi langsung melalui Kopra

2

Penambahan Titik Lokasi Baru

Addendum PKS dan pembuatan SPK baru

Penambahan titik lokasi langsung melalui menu registrasi titik layanan

 

3

Order Layanan

Disebutkan one time di   PKS

Order via email untuk permintaan layanan

CPUD

Order langsung dapat dilakukan melalui menu LAJU di Kopra. Terdapat pilihan jenis layanan : Standing Instruction, Immediate, dan Recurring

4

 

Tipe Layanan

Count on Site

Global Count

Said to Contain

Count on Site

Said to Contain

5

Report

Transaction

Tidak ada report detail layanan CPUD

Menyediakan report detail layanan melalui menu reporting

 

6

Biaya Layanan

Berbeda-beda setiap nasabah dan disertakan di PKS. Biaya layanan Trip + Asuransi + Pajak 10%

Biaya layanan : Biaya trip + Asuransi + Pajak 10%

dihitung secara otomatis di sistem

7

Pendebetan/ pengkreditan dana nasabah

Pendebetan dana Cash Delivery dilakukan sd H-3 jam sebelum serah terima uang. Pengkreditan dana Cash Pick Up dilakukan setelah uang diterima & dihitung oleh Cash Pooling

Pendebetan/ pengkreditan dana secara real time setelah serah terima uang

Apa saja fitur LAJU?

a. Cash Pick Up
Merupakan layanan penjemputan uang tunai dari lokasi Nasabah ke lokasi Bank Mandiri yang dilakukan oleh pihak ketiga (vendor PJPUR) yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri.

b. Cash Delivery
Merupakan layanan pengantaran uang tunai dari lokasi Bank Mandiri ke lokasi Nasabah yang dilakukan oleh pihak ketiga (vendor PJPUR) yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri.

c. Monitoring & Report
  • Cash status : untuk melihat status layanan yang dipesan oleh nasabah. Tersedia laporan detail per order.
  • Cash Report : summary dari transaksi LAJU nasabah yang disajikan dalam bentuk diagram

Berapa harga layanan LAJU?

Harga layanan LAJU dihitung secara otomatis di sistem, dengan memperhitungkan :
  • Jarak terdekat nasabah ke vendor
  • Biaya asuransi proporsional dengan nominal transaksi
  • Pajak 10%
  • Provisi
  • Metode serah terima uang
  • Jenis layanan (Immediate / Standing Instruction / Recurring)

Kapan layanan LAJU dapat dilakukan?

LAJU dapat dipesan pada hari kerja dan hari libur dengan ketentuan pemesanan berdasarkan jenis layanan sebagai berikut :
  • Standing Instructions : Nasabah input tanggal & waktu layanan, max H-1 sebelum cut off time. Layanan dapat dipesan pada holiday (terdapat notifikasi)
  • Recurring (layanan terjadwal) : Nasabah dapat memiih hari Layanan berupa ticklist dan dapat dipilih lebih dari 1, terdapat pilihan layanan dijalankan pada holiday atau tidak. Waktu layanan dapat ditentukan
  • Immediate : layanan yang di-order dan dijalankan pada hari yang sama atau 1 hari sebelumnya dengan validasi pengecekan cut off time (parameterized). Jam layanan mengikuti konfirmasi dari vendor PJPUR

Berapa SLA dari pemrosesan order layanan LAJU?

Untuk layanan Recurring & Standing Instruction, Nasabah akan mendapatkan konfirmasi ketersediaan Vendor setelah Nasabah melakukan submit order. Untuk layanan Immediate,nasabah akan mendapatkan konfirmasi ketersediaan layanan maksimal 1 jam setelah pemesanan.

Apakah layanan LAJU yang sudah dipesan dapat dibatalkan?

Sesuai dengan syarat dan ketentuan umum LAJU, apabila Nasabah sudah melakukan approve atas order layanan yang sudah dibuat pada Kopra LAJU, maka Nasabah secara sah telah memesan layanan LAJU dan tidak dapat dibatalkan. Biaya atas layanan akan dibebankan kepada Nasabah apabila Nasabah sudah melakukan approve order pada Portal LAJU.

Kapan Nasabah menerima pengkreditan Cash Pick Up setelah serah terima?

Nasabah dapat menerima pengkreditan dana Cash Pick Up secara real time setelah nasabah melakukan konfirmasi serah terima uang pada Kopra LAJU. Dana yang dikreditkan masih berstatus hold amount, dan akan dilakukan release setelah uang selesai dilakukan penghitungan.

Kapan Nasabah dilakukan pendebetan dana pada Cash Delivery?

Pendebetan dana nasabah (hold amount) dilakukan saat nasabah melakukan submit order Cash delivery dan akan didebet secara efektif setelah melakukan konfirmasi serah terima uang pada Kopra LAJU

Bagaimana Nasabah dapat mengidentifikasi Vendor PJPUR yang ditugaskan untuk melakukan pengantaran/ penjemputan uang?

Nasabah dapat melakukan pengecekan PIC Vendor yang bertugas melalui sistem Kopra LAJU pada saat hari layanan. Tersedia informasi nama petugas, foto, dan nomor identitas petugas.

Bagaimana penyelesaian apabila terjadi selisih pada transaksi Cash Pick Up?

  • Untuk metode serah terima Said to Contain apabila terdapat selisih, uang diragukan, dan uang mutilasi akan menjadi beban Nasabah
  • Untuk metode serah terima Count on Site apabila terdapat selisih akan menjadi beban pengangkut uang, sedangkan untuk uang diragukan dan uang mutilasi akan menjadi beban Nasabah
  • Vendor akan menerbitkan berita acara selisih dan memberikan bukti rekaman penghitungan uang yang akan diverifikasi oleh petugas Bank

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000