Layanan Antar Jemput Uang pada KOPRA
WC - Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) pada KOPRA
Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) pada KOPRA
Apakah Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) ?
Apakah manfaat Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?
- Meningkatkan experience Nasabah dan memudahkan dalam akses layanan Bank Mandiri.
- Mengurangi risiko operasional dalam penanganan uang tunai pada Nasabah.
- Memudahkan Nasabah mengelola uang kas.
- Meningkatkan produktivitas bisnis Nasabah karena kebutuhan layanan uang tunai lebih mudah didapatkan serta efektivitas waktu.
Siapakah yang bisa menggunakan LAJU?
Bagaimana cara mendaftar layanan LAJU?
- Nasabah login pada Kopra Cash (MCM) dan memilih menu LAJU
- Nasabah dapat melakukan pengecekan jangkauan wilayah LAJU sebelum melakukan aktivasi fitur untuk mengetahui apakah di daerahnya sudah tersedia LAJU
- Nasabah mengisi form aktivasi fitur LAJU dan melengkapi dokumen pendukung yaitu AD/ART perusahaan terbaru
- Membubuhkan tanda tangan digital pejabat berwenang di e-form aktivasi LAJU melalui Privy
- Setelah LAJU teraktivasi, diperlukan registrasi titik layanan melalui Sysadmin / System Administrator perusahaan.
Apakah perbedaan antara layanan Cash Pick Up and Delivery (CPUD) konvensional dengan layanan CPUD LAJU?
No |
Activity |
CPUD Konvensional |
CPUD LAJU |
1 |
Pendaftaran Layanan |
Menggunakan PKS CPUD |
Registrasi langsung melalui Kopra |
2 |
Penambahan Titik Lokasi Baru |
Addendum PKS dan pembuatan SPK baru |
Penambahan titik lokasi langsung melalui menu registrasi titik layanan
|
3 |
Order Layanan |
Disebutkan one time di PKS Order via email untuk permintaan layanan CPUD |
Order langsung dapat dilakukan melalui menu LAJU di Kopra. Terdapat pilihan jenis layanan : Standing Instruction, Immediate, dan Recurring |
4 |
Tipe Layanan |
Count on Site Global Count Said to Contain |
Count on Site Said to Contain |
5 |
Report Transaction |
Tidak ada report detail layanan CPUD |
Menyediakan report detail layanan melalui menu reporting
|
6 |
Biaya Layanan |
Berbeda-beda setiap nasabah dan disertakan di PKS. Biaya layanan Trip + Asuransi + Pajak 10% |
Biaya layanan : Biaya trip + Asuransi + Pajak 10% dihitung secara otomatis di sistem |
7 |
Pendebitan/ pengkreditan dana nasabah |
Pendebitan dana Cash Delivery dilakukan sd H-3 jam sebelum serah terima uang. Pengkreditan dana Cash Pick Up dilakukan setelah uang diterima & dihitung oleh Cash Pooling |
Pendebitan/ pengkreditan dana secara real time setelah serah terima uang |
Apa saja fitur Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?
a. Cash Pick Up
Merupakan layanan penjemputan uang tunai dari lokasi Nasabah ke lokasi Bank Mandiri yang dilakukan oleh pihak ketiga (vendor PJPUR) yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri.
b. Cash Delivery
Merupakan layanan pengantaran uang tunai dari lokasi Bank Mandiri ke lokasi Nasabah yang dilakukan oleh pihak ketiga (vendor PJPUR) yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri.
c. Monitoring & Report
- Cash status : untuk melihat status layanan yang dipesan oleh nasabah. Tersedia laporan detail per order.
- Cash Report : summary dari transaksi LAJU nasabah yang disajikan dalam bentuk diagram
Berapa harga Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?
- Jarak terdekat nasabah ke vendor
- Biaya asuransi proporsional dengan nominal transaksi
- Pajak 10%
- Provisi
- Metode serah terima uang
- Jenis layanan (Immediate / Standing Instruction / Recurring)
Kapan Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) dapat dilakukan?
LAJU dapat dipesan pada hari kerja dan hari libur dengan ketentuan pemesanan berdasarkan jenis layanan sebagai berikut :
- Standing Instructions : Nasabah input tanggal & waktu layanan, max H-1 sebelum cut off time. Layanan dapat dipesan pada holiday (terdapat notifikasi)
- Recurring (layanan terjadwal) : Nasabah dapat memiih hari Layanan berupa ticklist dan dapat dipilih lebih dari 1, terdapat pilihan layanan dijalankan pada holiday atau tidak. Waktu layanan dapat ditentukan
- Immediate : layanan yang di-order dan dijalankan pada hari yang sama atau 1 hari sebelumnya dengan validasi pengecekan cut off time (parameterized). Jam layanan mengikuti konfirmasi dari vendor PJPUR
Berapa SLA dari pemrosesan order Layanan Antar Jemput Uang (LAJU)?
Apakah Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) yang sudah dipesan dapat dibatalkan?
Kapan Nasabah menerima pengkreditan Cash Pick Up setelah serah terima?
Kapan Nasabah dilakukan pendebitan dana pada Cash Delivery?
Bagaimana Nasabah dapat mengidentifikasi vendor PJPUR yang ditugaskan untuk melakukan pengentaran/penjemputan uang?
Apa saja risiko yang dapat terjadi saat menggunakan layanan LAJU?
- Terjadinya selisih dalam transaksi LAJU (Cash Pick Up atau Cash Delivery)
- Ditemukannya uang meragukan/uang mutilasi/uang rusak pada saat penyetoran uang Cash Pick Up
- Kegagalan sistem untuk menindaklanjuti pesanan yang telah dilakukan oleh nasabah
- Force Majeur akibat bencana alam seperti : banjir, gempa, huru hara, kerusakan dan lain-lain.
Bagaimana penyelesaian apabila terjadi selisih pada transaksi Cash Pick Up?
- Untuk metode serah terima Said to Contain apabila terdapat selisih, uang diragukan, dan uang mutilasi akan menjadi beban Nasabah
- Untuk metode serah terima Count on Site apabila terdapat selisih akan menjadi beban pengangkut uang, sedangkan untuk uang diragukan dan uang mutilasi akan menjadi beban Nasabah
- Vendor akan menerbitkan berita acara selisih dan memberikan bukti rekaman penghitungan uang yang akan diverifikasi oleh petugas Bank
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000