Livin' Planet

Livin’ Planet – Kontribusi Penanaman Pohon
melalui Livin’ Sukha di Livin’ by Mandiri

Apa itu Livin’ Planet di Livin’ Sukha?

Livin’ Planet merupakan fitur di Livin’ Sukha untuk meningkatkan awareness dan engagement nasabah terkait kepedulian terhadap bumi, dimulai dari konten edukasi, menghitung jejak karbon, kontribusi penanaman pohon, dan laporan atas kontribusi penanaman pohon.

Kapan Livin' Planet ada di Livin’ Sukha? 

Livin’ Planet live pada hari Jumat, 27 September 2024 di Livin’ Sukha.

Apa saja yang dapat dilakukan nasabah pada Livin’ Planet di Livin’ Sukha?

  • Kalkultator Karbon

Nasabah dapat menghitung jumlah emisi yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari.

  • Kontribusi penanaman pohon

Setelah nasabah menghitung emisi menggunakan Kalkulator Karbon maka Nasabah dapat turut berkontribusi dalam program penanaman pohon.

  • Report

Nasabah dapat melakukan pemantauan kontribusi penanaman pohon yang telah dilakukan.

Apa itu jejak karbon?

 

Aktivitas kita sehari-hari menghasilkan emisi gas rumah kaca yang meliputi karbon dioksida (CO₂).  dan polutan lainnya - inilah yang kita sebut jejak karbon. Jejak karbon yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim dan penurunan kualitas udara yang akan berdampak negatif pada kehidupan kita. 

Apa itu stok karbon?

Stok karbon mengacu pada jumlah karbon yang tersimpan dalam kumpulan karbon, seperti hutan, tanah, lautan, dan tumbuhan. Dalam konteks pohon dan hutan, stok karbon adalah jumlah total karbon yang tersimpan dalam biomassa pohon (termasuk akar, batang, cabang, dan daun) dan tanah di bawahnya. Hutan dan ekosistem lain dengan stok karbon tinggi bertindak sebagai penyerap karbon, dari atmosfer dan membantu menstabilkan iklim.

Bagaimana pohon dapat membantu menyerap karbon?

Pohon berperan penting dalam penyerapan karbon dari atmosfer, serta pelepasan oksigen kembali ke alam. Penanaman pohon baru akan memperluas ruang hijau yang sangat penting untuk kualitas udara dan mengurangi risiko perubahan iklim.

Siapa yang akan menanam pohon saya?

Mitra konservasi Jejakin akan menanam pohon Anda dengan menggunakan dana yang terkumpul pada program yang terpilih.

Dimana pohon saya akan ditanam?

Pohon Anda akan ditanam sesuai dengan lokasi program yang telah direkomendasikan oleh Jejakin dan dipilih oleh Bank Mandiri.

Apakah informasi pada menu pemantauan bersifat waktu nyata?

Pemantauan akan dilakukan oleh mitra konservasi Jejakin sebanyak 1 (satu) tahun sekali selama 3 (tiga) tahun, serta disampaikan kepada Pengguna melalui Livin’ Planet dan Email.

Metode apa yang digunakan untuk menghitung jejak karbon dan konversinya ke pohon?

Metode perhitungan emisi karbon telah disesuaikan dengan rumus perhitungan sesuai rekomendasi ilmiah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan berbagai referensi dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Parameter yang dibutuhkan dalam metode ini meliputi:

  • Jarak tempuh
  • Konsumsi bahan bakar
  • Faktor emisi

Sedangkan untuk konversi jejak karbon ke nilai pohon menggunakan asumsi pertumbuhan pohon dalam delapan tahun. Data aktual dan perkiraan akan ditampilkan dalam laporan penyerapan karbon.

Bagaimana cara nasabah pemilik Livin’ by Mandiri melakukan kalkulasi karbon serta kontribusi pohon?

 

1) Kontribusi pohon di Livin’ Planet melalui Fitur Sukha di Livin’ by Mandiri (Metode Pembayaran Virtual Account – Sumber Dana: Tabungan)

 

2) Kontribusi pohon di Livin’ Planet melalui Fitur Sukha di Livin’ by Mandiri (Metode Pembayaran Virtual Account – Sumber Dana: Kartu Kredit) 

 

3)  Kontribusi pohon di Livin’ Planet melalui Fitur Sukha di Livin’ by Mandiri (Virtual Account – Sumber Dana: Paylater)

Bagaimana cara nasabah melihat hasil kontribusi di Livin' Planet melalui fitur Sukha di Livin' by Mandiri?

 

Apakah nasabah dapat melakukan kontribusi pohon dengan identitas selain yang terdaftar di Livin' by Mandiri?

Nasabah yang melakukan kontribusi pohon harus sesuai dengan nasabah yang terdaftar pada Livin’ by Mandiri. Hal ini dikarenakan akan berhubungan ketika nasabah melakukan pengecekan report di fitur Livin’ Planet.

Apa saja metode pembayaran yang dapat digunakan untuk kontribusi pohon pada Livin’ Planet di Livin' by Mandiri melalui fitur Livin’ Sukha?

Metode pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah hanya menggunakan Livin’ by Mandiri (Virtual Account) dengan pilihan sumber dana yang dapat digunakan adalah Tabungan, Kartu Kredit dan Paylater.

Jika terdapat pertanyaan terkait pembayaran pada Livin' Planet melalui fitur Sukha di Livin' by Mandiri, kemana nasabah dapat diarahkan untuk tindak lanjut bantuan?

Jika terdapat pertanyaan terkait pembayaran atas kontribusi pohon dapat menghubungi  dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan melalui:

  • Transaksi pembayaran: Mandiri Call 14000
  • Email : help@jejakin.com 

SYARAT DAN KETENTUAN 

DEFINISI

  • Aplikasi Livin’ by Mandiri adalah aplikasi retail mobile banking yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank Mandiri dan dapat diakses oleh Pengguna menggunakan smartphone sesuai dengan ketentuan Bank Mandiri.
  • Bank Mandiri adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berdomisili hukum di Jakarta.
  • Jejakin adalah PT Jejak Enviro Teknologi yaitu mitra penyedia Produk yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.
  • Pengguna adalah setiap nasabah Bank Mandiri yang melakukan Transaksi di Livin’ Sukha.
  • Transaksi adalah proses pembelian Produk di Livin’ Sukha oleh Pengguna.
  • Produk adalah aplikasi carbon calculator untuk menghitung emisi karbon dari aktivitas nasabah dan penanaman pohon sebagai penyeimbangan emisi karbon dari nasabah yang disediakan oleh Jejakin yang dapat dibeli oleh Pengguna melalui Livin’ Planet yang tersedia Aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Data Pribadi adalah data Pengguna yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik. 


KETENTUAN PRODUK

Produk yang disediakan oleh Jejakin secara detail sebagai berikut:

  • Carbon Calculator, yaitu aplikasi untuk melakukan perhitungan estimasi Jejak Karbon berdasarkan aktivitas sehari-hari Pengguna dan estimasi kontribusi Penanaman Pohon yang dibutuhkan. Metode perhitungan Jejak Karbon mengacu pada standar Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang berlaku. Sedangkan perhitungan kontribusi Penanaman Pohon berdasarkan estimasi Jejak Karbon Pengguna dan asumsi penyerapan karbon dari pohon yang ditanam selama 8 tahun. Namun demikian, Pengguna dibebaskan dalam memilih jumlah kontribusi Penanaman Pohon yang diinginkan. 
  • Program kontribusi Penanaman Pohon meliputi Pembelian Bibit Pohon berikut jasa Penanaman dan Perawatan Bibit Pohon secara kumulatif di lokasi lahan yang telah ditentukan. Monitoring atas Bibit Pohon yang telah ditanam akan dilakukan 1 (satu) tahun sekali selama 3 (tiga) tahun, serta disampaikan kepada Pengguna melalui Livin’ Planet dan Email.

 

Program kontribusi Penanaman Pohon yang ditawarkan secara detail sebagai berikut:

  • Lokasi lahan: Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur
  • Jenis Pohon: Multipurpose Tree Species (Aren dan Alpukat, dengan komposisi 50% : 50%).
  • Harga Bibit dan Jasa Penanaman (termasuk perawatan dan monitoring): Rp172.000,- (Seratus Tujuh Puluh Dua Ribu Rupiah) per 1 (satu) Pohon, belum termasuk PPN.
  • Penanaman bibit pohon dilakukan secara kumulatif ketika total kontribusi yang terkumpul mencapai jumlah tertentu untuk setiap periode/batch penanaman.
     

KETENTUAN LAYANAN

  • Jejakin menyediakan Produk yang dapat dibeli oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha. Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini serta syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh Jejakin. Detail syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh Jejakin dapat diakses oleh Pengguna melalui tautan https://www.jejakin.com/term-of-service.
  • Jejakin menjamin dan memastikan bahwa Jejakin dan/atau pihak ketiga lainnya yang memiliki kerja sama dengan Jejakin tidak akan melakukan kegiatan komersial atas hasil serapan emisi karbon dari Produk yang dibeli oleh Pengguna.
  • Penyediaan Produk melalui Livin’ Sukha merupakan kerja sama antara Jejakin dengan Bank Mandiri. Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha merupakan hubungan kontraktual hukum yang mengikat antara Pengguna dan Jejakin. Dalam hal ini, Bank Mandiri hanya bertindak sebagai pihak yang menampilkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran Produk.
  • Dengan melakukan Transaksi, maka Pengguna menyatakan setuju:
    • Tidak akan menyalin informasi apa pun termasuk layanan yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk segala macam tujuan selain tujuan pembelian Produk.
    • Tidak akan mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia di Livin’ Sukha untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.
    • Tidak akan menggunakan dan/atau mengakses sistem Livin’ Sukha secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan cara apa pun yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi, dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Livin’ Sukha.
    • Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan/atau email dapat diberikan ke Jejakin untuk tujuan pembelian Produk. Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri dan/atau Jejakin untuk dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Pengguna guna meningkatkan kualitas pelayanan Livin’ Sukha bagi Pengguna.
    • Pengguna memberikan persetujuan kepada Jejakin dan/atau Bank Mandiri untuk membagikan Data Pribadi Pengguna dengan badan hukum dan/atau individu lain sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna untuk tujuan yang diperbolehkan oleh regulasi yang berlaku.
  • Seluruh data Pengguna yang disampaikan dalam proses pembelian Produk akan didokumentasikan dan digunakan oleh Jejakin sesuai ketentuan pelindungan data dan perlindungan konsumen yang berlaku. Detail kebijakan privasi Jejakin lebih lanjut dapat diakses oleh Pengguna melalui tautan https://www.jejakin.com/privacy-policy.

 

PEMBELIAN & PEMBAYARAN

  • Dalam pembelian Produk, Pengguna diwajibkan mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Dalam hal terdapat kesalahan pengisian data yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna dan/atau pihak ketiga mana pun, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  • Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi keseluruhan terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi, fungsi, jenis, lokasi, harga, dan monitoring.
  • Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran yang disediakan oleh Bank Mandiri pada Aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Khusus Transaksi pembayaran yang menggunakan metode debit langsung dari rekening Pengguna, maka Pengguna wajib memastikan saldo yang terdapat di rekening mencukupi.
  • Jika Pengguna menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, maka ketentuan penggunaannya mengacu pada ketentuan masing-masing produk yang berlaku di Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada biaya, bunga, dan/atau denda.
  • Transaksi akan diproses setelah pembayaran Pengguna berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari e-mail Jejakin melalui office@jejakin.com.

 

HARGA & PROMOSI

  • Harga untuk setiap Produk yang tercantum di Livin’ Sukha adalah harga yang ditetapkan oleh Jejakin. Transaksi di Livin’ Sukha hanya dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah.
  • Biaya dapat bervariasi per Transaksi tergantung dari jumlah Produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
  • Jejakin dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu melalui sarana komunikasi resmi seperti website, email, social media, dan/atau platform lainnya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di Jejakin. Apabila ada promosi yang diberikan oleh Jejakin secara langsung di luar Livin’ Sukha, maka hak dan wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada Jejakin dan mungkin tidak berlaku untuk Transaksi di Livin’ Sukha.

 

PEMBATALAN, PENGEMBALIAN PRODUK (RETUR), DAN PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

  • Permintaan pembatalan hanya dapat dilakukan sebelum Transaksi diproses oleh Bank Mandiri.
  • Produk yang sudah dibeli tidak dapat dilakukan pengembalian Produk/dana (retur/refund), kecuali dalam hal Jejakin tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk menyediakan Produk, maka Jejakin wajib untuk melakukan pengembalian dana (refund) dan diselesaikan secara langsung melalui customer service Jejakin (help@jejakin.com) .
  • Jangka waktu pengembalian dana (refund) bergantung pada kebijakan Jejakin.

 

KESANGGUPAN PENGGUNA

  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa seluruh deskripsi Produk yang dicantumkan di Livin’ Sukha berasal dari Jejakin sehingga Bank Mandiri tidak memberikan jaminan apa pun termasuk kualitas Produk, kesesuaiannya dengan harapan Pengguna, dan jangka waktu penyampaian Produk kepada Pengguna. Seluruh hal tersebut merupakan kewenangan dan menjadi tanggung jawab Jejakin sepenuhnya.
  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa spesifikasi Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi, fungsi, jenis, lokasi, harga, dan monitoring sehingga ketidaksesuaian atas spesifikasi Produk menjadi tanggung jawab Jejakin sepenuhnya.
  • Pengguna dengan ini memberikan kuasa kepada Bank Mandiri untuk melakukan pendebitan dan/atau pengkreditan sumber pembayaran Pengguna dalam rangka termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran, koreksi Transaksi, maupun pengembalian dana.
  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa meskipun Produk dan/atau pemenuhan Syarat Ketentuan ini merupakan wewenang Jejakin, namun ketentuan transaksi pembayaran dan penggunaan Aplikasi Livin’ dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri sehingga seluruh hal terkait aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna, penggunaan Aplikasi Livin’, dan/atau kebijakan privasi Bank Mandiri tunduk pada ketentuan produk dana di Bank Mandiri serta Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengurangi atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan Livin’.

 

INDENTIFIKASI 

  • Jejakin dan/atau Bank Mandiri tidak bertanggung jawab atau memberikan ganti rugi dalam bentuk apa pun kepada pihak mana pun atas seluruh gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan Jejakin dan/atau Bank Mandiri dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Jejakin dan/atau Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah.
  • Jejakin dan/atau Bank Mandiri tidak memberikan pernyataan, garansi, atau jaminan apa pun termasuk jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari perangkat perusak (malware), email phishing, sehubungan dengan pembelian Produk melalui Livin’ Sukha.
  • Dokumen elektronik yang diterbitkan oleh Jejakin dan/atau Bank Mandiri sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
  • Isi, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini merupakan kewenangan dari Jejakin. Apabila terjadi permasalahan yang Pengguna alami terkait Produk, Bank Mandiri dapat, dengan upaya terbaik Bank Mandiri, membantu mempertemukan Pengguna dengan Jejakin untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Namun demikian, penyelesaian wajib dilakukan oleh Pengguna dengan Jejakin sehingga Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban apa pun terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Jejakin, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna dan Jejakin.

 

PENYAMPAIAN INFORMASI DAN PENANGANAN KELUHAN

  • Jejakin melalui Bank Mandiri berhak mengubah Syarat dan Ketentuan ini dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank Mandiri 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami, dan menyetujui perubahan tersebut.
  • Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan melalui:
    • Transaksi pembayaran    : Mandiri Call 14000
    • email                                       : help@jejakin.com

Informasi Kontak 

  • Apabila terjadi kendala pada proses pembelian ataupun penerbitan booking confirmation dan e-ticket untuk konser Maroon Jakarta 2025  dapat menghubungi customer service Loket.com di nomor telepon +6221-80600822 atau email ke support@loket.com. Adapun jam operasional pada hari Senin – Minggu adalah pukul 08:00 - 23:00 WIB.
  • Apabila terjadi kendala pada proses pembayaran menggunakan Livin’ by Mandiri (Virtual Account) dengan sumber dana Tabungan/ Kartu Kredit/ Livin’ Paylater dapat menghubungi Mandiri Call 14000.

Nikmati beragam fitur Livin’ by Mandiri

  • Merupakan layanan perbankan online terbaru dari Bank Mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi.
  • Layanan ini hadir dengan tampilan yang lebih lengkap, cepat, dan personalize untuk berbagai kebutuhan transaksi Anda. Transaksi online kini dalam kendali Anda.
  • Kemudahan buka tabungan cukup hitungan menit.
  • Kemudahan bertransaksi langsung dari halaman pre-login.
  • Satu Livin’ untuk semua rekening & pinjaman yang Anda miliki (integrasi dengan tabungan, kartu kredit, pinjaman, deposito, tabungan rencana).
  • Akses transaksi favorit dalam satu tempat pakai Quick Pick.
  • Hubungkan & Top Up e-wallet favorit di Livin’, tidak perlu ribet bolak-balik aplikasi.
  • Semakin mudah dengan fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu. Anda juga bisa membagikan token tarik tunai Anda ke teman atau keluarga.
  • Bayar belanja online semakin mudah dengan Smart Payment, pengingat tagihan otomatis yang terhubung dengan e-commerce favorit Anda.
  • Pembayaran dengan scan QRIS.
  • Pengajuan kartu kredit & Kredit Serbaguna Mandiri hingga pengecekan status pengajuan dan pengiriman kartu.
  • Pengajuan produk anak perusahaan seperti, AXA Mandiri, Mandiri Tunas Finance, dan Mandiri Utama Finance kini bisa dilakukan di Livin’ by Mandiri.
  • Pembukaan Deposito & Mandiri Tabungan Rencana dalam Rupiah atau Valas.
  • Top Up & Update Saldo e-money hanya dalam 3 detik melalui Express Top Up e-money.
  • Fitur lengkap bagi nasabah kartu kredit, mulai dari ubah cicilan, blokir kartu, hingga cek pengiriman kartu baru.
  • Blokir & buka blokir kartu debit maupun kredit.
     

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000