Syarat dan Ketentuan - Kapal Pelni
TIKET KAPAL PELNI - SUKHA - FIX
SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELIAN TIKET KAPAL PELNI MELALUI LIVIN’ SUKHA
DEFENISI
- Aplikasi Livin’ adalah aplikasi retail mobile banking yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank Mandiri dan dapat diakses oleh Pengguna menggunakan smartphone sesuai dengan ketentuan Bank Mandiri.
- Bank Mandiri adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berdomisili hukum di Jakarta.
- MKP adalah PT Mitra Kasih Perkasa yaitu rekanan penyedia layanan Produk yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.
- Pelni adalah PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) yang melakukan kerja sama dengan MKP.
- Pengguna adalah setiap nasabah Bank Mandiri yang melakukan Transaksi di Livin’ Sukha.
- Transaksi adalah proses pembelian Produk di Livin’ Sukha oleh Pengguna.
- Produk adalah tiket kapal yang disediakan oleh Pelni.
- Data Pribadi adalah data Pengguna yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik.
KETENTUAN LAYANAN
- Pelni melalui MKP menyediakan Produk yang dapat dibeli oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha. Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Penyediaan Produk melalui Livin’ Sukha merupakan kerja sama antara Pelni melalui MKP dengan Bank Mandiri. Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha merupakan hubungan kontraktual hukum yang mengikat antara Pengguna dengan Pelni dan MKP. Dalam hal ini, Bank Mandiri hanya bertindak sebagai pihak yang memunculkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran Produk.
- Dengan melakukan Transaksi, maka Pengguna menyatakan setuju:
- Tidak akan menyalin informasi apa pun termasuk layanan yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk segala macam tujuan selain tujuan pembelian Produk;
- Tidak akan mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia di Livin’ Sukha untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.
- Tidak akan menggunakan dan/atau mengakses sistem Livin’ Sukha secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan cara apa pun yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi, dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Livin’ Sukha.
- Tidak melakukan transaksi yang bersifat pencucian uang (money laundering), pendanaan bagi kegiatan terorisme, transaksi narkotika dan obat-obatan terlarang dan/atau kegiatan lainya yang melanggar hukum dan peraturan perundang- undangan.
- Data Pribadi Pengguna (nomor telepon dan email) dapat diberikan ke Pelni dan/atau MKP untuk tujuan pembelian Produk. Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri, Pelni dan/atau MKP untuk dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Pengguna guna meningkatkan kualitas pelayanan Livin’ Sukha bagi Pengguna.
- Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri, Pelni dan/atau MKP untuk membagikan Data Pribadi Pengguna dengan badan hukum dan/atau individu lain sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna untuk tujuan yang diperbolehkan oleh regulasi yang berlaku.
- Seluruh data Pengguna yang disampaikan dalam proses pembelian Produk akan didokumentasikan dan digunakan oleh Pelni dan/atau MKP sesuai ketentuan pelindungan data dan perlindungan konsumen yang berlaku.
- Dengan menampilkan destinasi tertentu pada Produk yang tersedia di dalam Livin’ Sukha, Pelni dan/atau MKP tidak mengemukakan atau menjamin bahwa perjalanan ke tempat-tempat tersebut bermanfaat atau bebas risiko dan Pengguna akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerusakan atau kerugian yang mungkin diakibatkan dari perjalanan ke destinasi tersebut termasuk namun tidak terbatas pada insiden merugikan yang terjadi selama perjalanan. Pengguna bertanggung jawab penuh untuk pemilihan perjalanan, rute dan destinasi perjalanan, untuk sepanjang perjalanan.
- Pelni dan/atau MKP tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi ketika Pengguna gagal membawa dokumen perjalanan yang diperlukan, seperti KTP/SIM/Paspor Anda, e-tiket, dan halhal lainnya yang disebabkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna.
KETENTUAN KHUSUS PENUMPANG
- Bagi penumpang dengan kondisi hamil lebih dari 7 (tujuh) bulan tidak diizinkan untuk berlayar dan untuk setiap penumpang dalam kondisi hamil dibawah 7 (tujuh) bulan wajib membawa dokumen dan atau surat dokter.
- Penumpang dilarang berjudi, mengonsumsi minuman keras, berdagang di atas kapal, dan membawa barang-barang terlarang selama pelayaran termasuk namun tidak terbatas pada:
- Binatang;
- Tanaman yang dilarang oleh karantina pelabuhan;
- Narkotika psikotropika dan zat aditif lainnya;
- Senjata api dan senjata tajam;
- Semua barang-barang yang mudah terbakar/meledak;
- Semua barang-barang berbau busuk, amis atau karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya;
- Barang yang menurut pertimbangan petugas boarding atau pemeriksa bagasi karena keadaan dan ukuran berat/volume melebihi batas ketentuan bagasi;
- Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.
- Setiap penumpang dapat membawa barang bagasi maksimal 40 (empat puluh) kg dengan dimensi maksimal 70x40x35 cm. Setiap kelebihan barang bawaan akan dikenakan tarif over bagasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang akan disampaikan pada saat penumpang melakukan check-in.
- MKP, Pelni , dan Bank Mandiri tidak bertanggung jawab atas hilang/rusaknya tiket dan barang-barang bawaan penumpang
PEMESANAN/PEMBELIAN & PEMBAYARAN
- Dalam pembelian Produk, Pengguna diwajibkan mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Pengguna setuju untuk menyediakan dan menunjukkan bukti identitas diri yang mungkin Pelni, MKP dan/atau Bank Mandiri minta dengan alasan yang jelas.
- Pengguna menjamin validasi kebenaran atas semua data dan informasi yang Pengguna isi/lengkapi. Jika Pengguna menggunakan layanan MKP yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk atau atas nama Pihak Ketiga (anggota keluarga dan/atau pihak lainnya), Pengguna bertanggung jawab atas setiap kesalahan dalam keakuratan informasi yang diberikan sehubungan dengan penggunaan tersebut. Selain itu, Pengguna harus menginformasikan Pihak Ketiga dari semua Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Pengguna setuju untuk bertanggung jawab atas kewajiban, kerugian, kerusakan, gugatan dan klaim termasuk biaya hukum, yang timbul dari atau sehubungan dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini karena kelalaian Pengguna dan/atau Pihak Ketiga.
- Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi keseluruhan terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi dan cara penggunaan Produk.
- Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran yang disediakan oleh Bank Mandiri pada Aplikasi Livin’.
- Khusus Transaksi pembayaran yang menggunakan metode debit langsung dari rekening Pengguna, maka Pengguna wajib memastikan saldo yang terdapat di rekening mencukupi.
- Jika Pengguna menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, maka ketentuan penggunaannya mengacu pada ketentuan masing-masing produk yang berlaku di Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada biaya, bunga, dan/atau denda.
- Ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab dari MKP. Dalam hal stok Produk tidak tersedia, maka MKP berhak untuk menolak dan/atau membatalkan pembelian Produk yang akan diinformasikan oleh MKP melalui Aplikasi Livin’ dan/atau media lainnya sesuai ketentuan MKP dan Bank Mandiri.
- Transaksi akan diproses setelah pembayaran Pengguna berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari MKP melalui email yang berisi QR code/kode booking. Seluruh Transaksi dianggap berhasil jika Pengguna menyelesaikan pembayaran dan mendapatkan notifikasi berhasil di Aplikasi Livin’ dan email konfirmasi pembelian Produk yang berisi nomor pesanan.
- Produk yang telah dibeli tidak dapat dipindahtangankan/diberikan kepada Pengguna lain.
- Jika ada Transaksi yang gagal termasuk namun tidak terbatas karena stok Produk habis, maka dana akan dikembalikan ke akun rekening Bank Mandiri Pengguna yang digunakan untuk melakukan Transaksi.
- Kami tidak bertanggungjawab atas seluruh kerugian yang ditimbulkan akibat pembatalan/keterlambatan kedatangan calon penumpang.
- Penjualan Produk sewaktu-waktu dapat dihentikan atau dimulai sesuai dengan kebijakan Pelni dan/atau MKP.
HARGA & PROMOSI
- Harga untuk setiap Produk yang tercantum di Livin’ Sukha adalah harga yang ditetapkan oleh MKP dan dapat berubah sewaktu-waktu. Transaksi di Livin’ Sukha hanya dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah.
- Biaya dapat bervariasi per Transaksi tergantung dari jenis dan jumlah Produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu.
- Total harga yang perlu dibayarkan untuk Produk yang tersedia akan dikenakan biaya admin yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
- Pengguna memahami bahwa Pelni, MKP maupun Bank Mandiri sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (“Promo”) dengan syarat dan ketentuan khusus yang berbedabeda di setiap Promo. Harap diketahui bahwa hal tersebut mungkin memerlukan ketentuan dan persyaratan yang berbeda, misalnya, sehubungan dengan kebijakan pemesanan dan pengembalian dana.
- Pelni dan/atau MKP dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu melalui sarana komunikasi resmi Pelni, MKP dan/atau platform lainnya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di Pelni dan/atau MKP. Apabila ada promosi yang diberikan oleh Pelni dan/atau MKP secara langsung di luar Livin’ Sukha, maka hak dan wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada MKP dan mungkin tidak berlaku untuk Transaksi di Livin’ Sukha.
KEBIJAKAN PENUKARAN TIKET
- E-ticket akan dikirimkan kepada Pengguna dalam bentuk QR code/ Kode Booking yang dapat dilihat melalui menu inbox dan/atau akun saya Livin‘ Sukha, atau dapat dilihat melalui alamat e-mail aktif Pengguna yang diisi Pengguna saat melakukan pemesanan tiket.
- Selutuh QR code/kode booking bersifat rahasia. MKP, PELNI, dan/atau Bank Mandiri tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan QR code/kode booking yang digunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
- E-ticket atau bukti pembayaran dan tidak berlaku sebagai tiket untuk naik ke atas kapal. Pengguna wajib melakukan penukaran e-ticket menjadi tiket fisik kapal laut dan/atau boarding pass.
- QR code tidak perlu dicetak. Pada hari keberangkatan, cukup tunjukkan QR code/kode booking dan kartu identitas asli kepada staf/petugas tiket di cabang/pelabuhan keberangkatan mulai dari 24 jam sebelum keberangkatan kapal untuk di scan dan ditukar menjadi tiket fisik kapal laut dan/atau boarding pass.
- Penumpang diharapkan untuk mengikuti perubahan waktu keberangkatan kapal yang mungkin terjadi.
- Pengguna wajib berada di terminal penumpang selambat-lambatnya 2 (dua) jam sebelum keberangkatan kapal.
PEMBATALAN DAN PENGEMBALIAN DANA (REFUND)
- Jika terjadi perubahan dan/atau pembatalan, Pengguna wajib untuk mengunjungi loket cabang/pelabuhan PT PELNI (Persero) secara langsung dengan membawa e-tiket dan kartu identitas asli Pengguna (KTP/Paspor).
- Perubahan dan/atau pembatalan atas kehendak penumpang dapat dilakukan selambat-lambatnya 5 (lima) jam sebelum keberangkatan kapal, dengan ketentuan bahwa penumpang belum mencetak boarding pass ataupun boarding di terminal.
- Adapun perubahan dan/atau pembatalan yang diajukan oleh Pengguna akan mengikuti ketentuan Pelni sebagai berikut:
- Pembatalan umum: penumpang dikenakan biaya 50% (lima puluh persen) dari tarif dasar tiket (diluar biaya admin).
- Pembatalan ubah jadwal atau rute kapal dikenakan biaya administrasi sebesar 10% (sepuluh persen) dari tarif dasar tiket (diluar biaya admin) yang dibatalkan dan ditambah tarif tiket pengganti, jika tarif tiket yang dibatalkan lebih tinggi dari tarif tiket pengganti maka tidak ada pengembalian biaya selisih tiket.
- Batal Suplisi (upgrade jenis kelas), dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).
- Seluruh biaya admin pemesanan tiket melalui Livin sebesar Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) tidak dapat dikembalikan.
- Pengembalian biaya mengikuti kebijakan Pelni dan kebijakan dapat berubah sewaktu-waktu.
- Dalam hal pembatalan dan/atau pengajuan refund diwakilkan oleh orang lain:
- Wajib membawa surat kuasa bermeterai Rp10.000,00 yang ditandatangani oleh Pengguna dan/atau penumpang.
- Wajib membawa kartu identitas asli Pengguna dan/atau penumpang serta fotokopinya.
KESANGGUPAN PENGGUNA
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa seluruh deskripsi Produk yang dicantumkan di Livin’ Sukha berasal dari Pelni dan/atau MKP sehingga Bank Mandiri tidak memberikan jaminan apa pun termasuk kualitas Produk, kesesuaiannya dengan harapan Pengguna, dan jangka waktu penyampaian Produk kepada Pengguna. Seluruh hal tersebut merupakan kewenangan dan menjadi tanggung jawab Pelni dan/atau MKP sepenuhnya.
- Pengguna bertanggung jawab terhadap kebenaran data dan/atau informasi yang disampaikan dan diisi di aplikasi Livin’ Sukha, dan karenanya Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap akibat (hukum) dan/atau kerugian yang timbul atas data dan/atau informasi yang disampaikan dan/atau diunggah oleh Pengguna.
- Pengguna bertanggung jawab terhadap setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan kepada Pelni, MKP, Bank Mandiri, dan/atau pihak ketiga lainnya dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam Syarat Ketentuan ini.
- Pengguna dengan ini memberikan kuasa kepada Bank Mandiri untuk melakukan pendebitan dan/atau pengkreditan sumber pembayaran Pengguna dalam rangka termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran, koreksi Transaksi, maupun pengembalian dana.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa meskipun Produk dan/atau pemenuhan Syarat Ketentuan ini merupakan wewenang Pelni dan/atau MKP, namun ketentuan transaksi pembayaran dan penggunaan Aplikasi Livin’ dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri sehingga seluruh hal terkait aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna, penggunaan Aplikasi Livin’, dan/atau kebijakan privasi Bank Mandiri tunduk pada ketentuan produk dana di Bank Mandiri serta Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengurangi atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan Livin’
INDEMNIFIKASI
- Pengguna bertanggung jawab dalam bentuk apa pun kepada pihak mana pun atas seluruh gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan MKP dan/atau Bank Mandiri dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan MKP dan/atau Bank Mandiri (“Force Majeure”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah.
- MKP dan/atau Bank Mandiri tidak memberikan pernyataan, garansi, atau jaminan apa pun termasuk jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari perangkat perusak (malware), email phishing, sehubungan dengan pembelian Produk melalui Livin’ Sukha.
- Dokumen elektronik yang diterbitkan oleh Pelni, MKP dan/atau Bank Mandiri sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
- Isi, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini merupakan kewenangan dari MKP. Apabila terjadi permasalahan yang Pengguna alami terkait Produk, Bank Mandiri dapat, dengan upaya terbaik Bank Mandiri, membantu mempertemukan Pengguna dengan MKP untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Namun demikian, penyelesaian wajib dilakukan oleh Pengguna dengan Pelni dan/atau MKP sehingga Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban apa pun terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna, Pelni dan/atau MKP, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, Pelni dan/atau MKP.
KETENTUAN & KEBIJAKAN PRIVASI
Pemberitahuan Privasi
Layanan penyediaan Produk ini dikelola dan dioperasikan oleh MKP dengan menerapkan pemberitahuan privasi untuk menetapkan tata cara perlindungan dan penggunaan informasi yang Pengguna berikan ketika menggunakan layanan ini. MKP berkomitmen untuk memastikan bahwa privasi Pengguna dilindungi. Jika Pelni, MKP dan/atau Bank Mandiri meminta Pengguna untuk memberikan informasi tertentu yang bersifat pribadi, maka informasi tersebut akan digunakan sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini.
Perolehan Data Pribadi
- Data Pribadi diserahkan secara mandiri dan sukarela oleh Pengguna untuk menunjang layanan yang disediakan oleh Pelni dan/atau MKP.
- Pelni dan/atau MKP akan melakukan pengambilan Data Pribadi seperti nama, alamat, email, nomor telepon, riwayat transaksi, dan detail Produk yang dibeli.
Pengelolaan dan Penggunaan Data Pribadi
Informasi dan Data Pribadi Pengguna yang telah diperoleh senantiasa akan dikelola oleh Pelni dan/atau MKP mengikuti kaidah dan standar keamanan yang sesuai. Adapun data atau informasi yang perusahaan peroleh akan digunakan untuk kepentingan pengguna, seperti:
- Melakukan validasi dan konfirmasi terhadap pesanan Produk yang dibeli.
- Memfasilitasi komunikasi antara Pengguna dengan mitra usaha kami, apabila terdapat permasalahan yang berhubungan dengan Produk dalam Livin’ Sukha.
- Menjalankan kewajiban perusahaan sehubungan dengan pelaksanaan atas kerja sama dengan pihak asuransi.
- Untuk kepentingan audit dan/atau pemeriksaan lainnya terkait dengan penyediaan layanan termasuk pemeriksaan atas dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan oleh Pengguna.
Pengungkapan Data Pribadi
Pelni dan/atau MKP tidak akan mengalihkan, menjual, mendistribusikan, mengungkapkan atau meminjamkan informasi dan juga Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain kecuali dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Apabila diharuskan oleh hukum atau kepatuhan terhadap hukum berdasarkan peraturan perundangundangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Apabila diperlukan dalam rangka melaksanakan layanan seperti pemenuhan pesanan, analisis data, layanan bantuan, pemenuhan hasil pencarian, peningkatan sistem keamanan serta peningkatan dan pengembangan layanan.
- Pengguna dengan ini menyatakan setuju untuk Pelni dan/atau MKP mengungkapkan data pribadi pengguna kepada pihak asuransi yang bertindak sebagai penyedia jasa kami untuk membantu Pelni dan/atau MKP menyediakan layanan kepada Pengguna.
Keamanan
Pelni dan/atau MKP berkomitmen untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Pelni dan/atau MKP dalam keadaan aman. Untuk mencegah akses yang tidak sah, Pelni dan/atau MKP melakukan tindakan pengamanan fisik, elektronik dan prosedur manajerial yang diperlukan untuk melindungi informasi Pengguna yang dikumpulkan.
Pelni dan/atau MKP berkomitmen dalam memberikan upaya maksimal untuk menjaga keamanan Data Pribadi pengguna dengan menerapkan standar keamanan dan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, pengguna harap menyadari dan memahami bahwa tidak ada jaminan keamanan yang mutlak terhadap segala resiko secara utuh.
PENYAMPAIAN INFORMASI DAN PENANGANAN KELUHAN
- Pelni dan/atau MKP melalui Bank Mandiri berhak mengubah Syarat dan Ketentuan ini dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank Mandiri 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami, dan menyetujui perubahan tersebut.
- Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan melalui:
- Transaksi pembayaran : Mandiri Call 14000
- Produk : +62 811-1621-162 (MKP WA Business)