PDT - Online Shop - VIAR

Livin'   /   Syarat dan Ketentuan   /  VIAR Motor Indonesia

SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELIAN PRODUK VIAR MOTOR INDONESIA MELALUI LIVIN’ SUKHA

DEFINISI

1. Aplikasi Livin’ adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank Mandiri.
2. Bank Mandiri adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
3. VIAR adalah PT Kencana Laju Mandiri yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.
4. Pengguna adalah nasabah Bank Mandiri yang melakukan Transaksi di Livin’ Sukha.
5. Transaksi adalah proses pembelian Produk di Livin’ Sukha oleh Pengguna.
6. Produk adalah motor roda dua dan motor niaga yang disediakan oleh VIAR.
7. Data Pribadi adalah sebagaimana didefinisikan dalam Undang-undang. 

 

KETENTUAN LAYANAN

  • Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini serta syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh VIAR. Detail syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh VIAR dapat diakses oleh Pengguna melalui tautan VIAR. 

  • Penyediaan Produk melalui Livin’ Sukha merupakan kerja sama VIAR dengan Bank Mandiri. Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha merupakan hubungan kontraktual hukum yang mengikat antara Pengguna dan VIAR. Bank Mandiri hanya bertindak sebagai pihak yang memunculkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pembayaran Produk. 

  • Dengan melakukan Transaksi, maka Pengguna menyatakan setuju:
    • Tidak akan menyalin, mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia di Livin’ Sukha untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.

    • Tidak akan mengakses sistem Livin’ Sukha dengan cara apa pun yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu, membatasi, dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Livin’ Sukha.

    • Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan/atau email dapat diberikan ke VIAR untuk tujuan pembelian Produk. Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri dan/atau VIAR untuk dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Pengguna guna meningkatkan kualitas pelayanan Livin’ Sukha bagi Pengguna.

    • Pengguna memberikan persetujuan kepada VIAR dan/atau Bank Mandiri untuk membagikan Data Pribadi Pengguna dengan badan hukum dan/atau individu lain sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna untuk tujuan yang diperbolehkan oleh regulasi yang berlaku.

  • Data Pengguna yang disampaikan akan didokumentasikan dan digunakan oleh VIAR sesuai ketentuan pelindungan data dan perlindungan konsumen yang berlaku. 

 

PEMBELIAN DAN PEMBAYARAN

  • Pengguna wajib mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Jika terdapat kesalahan pengisian data yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna dan/atau pihak ketiga mana pun, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna, termasuk tidak akuratnya alamat yang disampaikan Pengguna.
  • VIAR dapat menyediakan sebagian atau seluruh layanan berikut tergantung pada kebijakan VIAR:
    • Delivery: Produk akan dikirimkan ke alamat yang dipilih oleh Pengguna.

    • Pick up: Pengguna akan mengambil Produk di lokasi VIAR.

  • Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi, fungsi, varian, kualitas, cara penggunaan, serta kompatibilitas Produk.
  • Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran yang disediakan oleh Bank Mandiri pada Aplikasi Livin’.
  • Khusus Transaksi pembayaran yang menggunakan metode debit langsung dari rekening Pengguna, maka Pengguna wajib memastikan saldo di rekening mencukupi.
  • Jika Pengguna menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, maka penggunaannya mengacu pada ketentuan masing-masing produk yang berlaku di Bank Mandiri, termasuk pada biaya, bunga, dan/atau denda.
  • Pembayaran oleh Pengguna wajib dilakukan selambat-lambatnya 24 jam setelah Pengguna melakukan check out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan, maka Bank Mandiri berhak membatalkan Transaksi tersebut dan Pengguna harus mengulangi proses pembelian dari awal.
  • Transaksi akan diproses setelah pembayaran berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari VIAR melalui Aplikasi Livin’ dan/atau media lainnya sesuai ketentuan VIAR dan Bank Mandiri.
  • Ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab dari VIAR. Dalam hal stok Produk tidak tersedia, maka VIAR berhak untuk menolak dan/atau membatalkan pembelian Produk yang akan diinformasikan oleh VIAR melalui Aplikasi Livin’ dan/atau media lainnya sesuai ketentuan VIAR dan Bank Mandiri.
  • Dalam hal Pengguna memilih layanan delivery, maka:
    • Produk akan dikirimkan sesuai dengan ketentuan waktu pengiriman atau penerbitan dari VIAR dan penyedia jasa ekspedisi. Pengguna dapat melakukan pelacakan pengiriman Produk melalui Livin’ Sukha dan/atau media lainnya sesuai ketentuan VIAR dan Bank Mandiri.

    • Pengiriman Produk akan dilakukan oleh VIAR menggunakan jasa ekspedisi yang telah dipilih. Setiap ketentuan berkaitan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa ekspedisi terkait.

  • Dalam hal Pengguna memilih layanan pick up:
    • Detail lokasi outlet VIAR yang tercantum di Livin’ Sukha bersifat estimasi dan Bank Mandiri tidak menjamin keakuratan lokasi outlet VIAR.

    • Pengguna dianjurkan untuk mengunjungi outlet VIAR sesuai waktu yang telah dipilih melalui Livin’ Sukha.

    • Apabila Pengguna tidak melakukan pick up pesanan dan/atau tidak datang ke outlet dalam waktu 1x24 jam, maka pesanan dianggap completed dan VIAR serta Bank Mandiri tidak bertanggung jawab atas hal tersebut dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.

    • VIAR berhak melakukan verifikasi Transaksi dan Pengguna wajib menaati prosedur VIAR.

  • Setelah adanya konfirmasi pengiriman dan/atau penerimaan Produk, dana Pengguna akan diteruskan oleh Bank Mandiri ke VIAR dan Transaksi dianggap selesai.

 

HARGA DAN PROMOSI

  1. Harga untuk setiap Produk yang tercantum di Livin’ Sukha adalah harga yang ditetapkan oleh VIAR dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  2. Biaya dapat bervariasi per Transaksi tergantung dari jenis dan jumlah Produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
  3. Apabila terdapat biaya lain yang timbul sehubungan dengan Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya parkir dan biaya masuk gedung, maka Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya tersebut. Apabila Pengguna memilih layanan delivery, maka pihak jasa ekspedisi berhak meminta penggantian biaya tersebut dari Pengguna dengan memberikan bukti pendukung atau sesuai ketentuan jasa ekspedisi atau sesuai kesepakatan Pengguna dengan jasa ekspedisi.
  4. Bank Mandiri berhak membebankan biaya atas Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna sesuai dengan ketentuan Bank Mandiri dan/atau regulasi yang berlaku, yang dapat Pengguna lihat pada Livin' Sukha.
  5. VIAR dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu melalui sarana komunikasi resmi VIAR sesuai dengan ketentuan yang berlaku di VIAR. Apabila ada promosi yang diberikan oleh VIAR secara langsung di luar Livin’ Sukha, maka wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada VIAR dan mungkin tidak berlaku di Livin’ Sukha.
  6. Promosi tidak dapat ditukar dengan uang tunai, memiliki masa keberlakuan yang terbatas, dan tunduk pada ketentuan yang berlaku untuk setiap promosi tersebut.

 

PEMBATALAN, PENGEMBALIAN PRODUK (RETUR), DAN PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

  • Permintaan pembatalan hanya dapat dilakukan sebelum Transaksi diproses oleh Bank Mandiri dan/atau pesanan dikonfirmasi oleh VIAR. Setelah Transaksi diproses, maka retur atau refund wajib diajukan kepada dan diselesaikan secara langsung dengan VIAR.
  • Retur hanya dapat dilakukan dalam hal keadaan keadaan Produk yang dikirimkan:
    • Tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati;

    • Secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan;

  • Refund hanya dapat dilakukan dalam keadaan:
    • Transaksi gagal namun saldo terdebet;

    • Masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari VIAR yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai;

    • Produk kosong atau tidak tersedia;

    • Produk rusak atau cacat saat diterima;

    • Produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati;

    • Produk tidak lengkap;

    • Produk yang dikirimkan secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan;

  • Pengguna wajib menyertakan foto dan/atau video pada saat Produk diterima untuk setiap permohonan retur dan/atau refund.
  • Refund dan/atau retur dapat dikurangi biaya tertentu, dibebani biaya tambahan, dan/atau dibebani biaya pengiriman sesuai dengan kebijakan dari VIAR.
  • VIAR akan menginformasikan kepada Pengguna tentang biaya tambahan dan/atau biaya pengiriman sebelum proses refund dan/atau retur dilakukan. 
  • Jangka waktu refund bergantung pada kebijakan Bank Mandiri dan/atau VIAR.

 

KESANGGUPAN PENGGUNA

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:

  • Seluruh deskripsi Produk di Livin’ Sukha berasal dari VIAR sehingga Bank Mandiri tidak memberikan jaminan apa pun termasuk kualitas Produk, kesesuaiannya dengan harapan Pengguna, dan jangka waktu penyampaian Produk kepada Pengguna. Seluruh hal tersebut merupakan kewenangan dan menjadi tanggung jawab VIAR sepenuhnya. 
  • Spesifikasi Produk, termasuk namun tidak terbatas pada warna, sebagaimana ditampilkan di Livin’ Sukha hanyalah ilustrasi dan tergantung pada layar handphone Pengguna sehingga ketidaksesuaian atas spesifikasi Produk menjadi tanggung jawab VIAR sepenuhnya.
  • Waktu pengiriman Produk yang ditampilkan di Livin' Sukha bersifat perkiraan atau estimasi dan dapat berubah. Bank Mandiri tidak dapat memberikan jaminan bahwa Produk akan tiba tepat waktu sesuai dengan estimasi yang ditampilkan di Livin' Sukha.
  • Pengguna memberikan kuasa kepada Bank Mandiri untuk melakukan pendebitan dan/atau pengkreditan sumber pembayaran Pengguna dalam rangka termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran, koreksi Transaksi, maupun pengembalian dana.
  • Meskipun Produk dan/atau pemenuhan Syarat Ketentuan ini merupakan wewenang VIAR, namun ketentuan transaksi pembayaran dan penggunaan Aplikasi Livin’ dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri sehingga seluruh hal terkait aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna, penggunaan Aplikasi Livin’, dan/atau kebijakan privasi Bank Mandiri tunduk pada ketentuan produk dana di Bank Mandiri serta Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengurangi atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan Livin’.

 

INDEMNIFIKASI

  • VIAR dan/atau Bank Mandiri tidak bertanggung jawab atau memberikan ganti rugi dalam bentuk apa pun kepada pihak mana pun atas seluruh gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan VIAR dan/atau Bank Mandiri dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan VIAR dan/atau Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah.
  • Dokumen elektronik yang diterbitkan oleh VIAR dan/atau Bank Mandiri sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
  • Isi, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini merupakan kewenangan dari VIAR. Apabila terjadi permasalahan yang Pengguna alami terkait Produk, Bank Mandiri dapat, dengan upaya terbaik Bank Mandiri, membantu mempertemukan Pengguna dengan VIAR dan/atau jasa ekspedisi untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Namun demikian, penyelesaian wajib dilakukan oleh Pengguna dengan VIAR dan/atau jasa ekspedisi sehingga Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban apa pun terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna, VIAR dan/atau jasa ekspedisi, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, VIAR, dan/atau jasa ekspedisi.

 

PENYAMPAIAN INFORMASI DAN PENANGANAN KELUHAN

  • VIAR melalui Bank Mandiri berhak mengubah Syarat dan Ketentuan dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank Mandiri 30 hari kerja sebelum perubahan berlaku efektif, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami, dan menyetujui perubahan tersebut.
  • Pengguna dapat menyampaikan keluhan paling lambat 2x24 jam terhitung sejak pesanan pesanan dinyatakan telah diterima berdasarkan informasi jasa ekspedisi. Keluhan yang disampaikan melebihi jangka waktu tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
  • Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan melalui:
    • Transaksi pembayaran: Mandiri Call 14000
    • Produk: Call Center (+62) 896 5439 6652
    • Pengiriman: (+62) 817890215