Beli Motor Listrik Volta di Livin' Sukha - Syarat & Ketentuan
VOLTA - SUKHA - FIX
SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELIAN PRODUK VOLTA PADA MENU SUKHA APLIKASI LIVIN’
Syarat dan Ketentuan Pembelian Produk Volta pada Menu Sukha Aplikasi Livin’ (selanjutnya disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan”) mengatur mengenai prosedur pembelian produk Volta, disusun berdasarkan syarat dan ketentuan NFC dan/atau Volta.
ISTILAH UMUM
- Aplikasi Livin’ adalah aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank.
- Bank adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
- Customer Service Volta adalah customer service untuk melayani keluhan dan/atau pertanyaan Pengguna dengan nomor 0811-1959-5777.
- Customer Service Produk Digital adalah customer service untuk Pengguna yang melakukan pembelian Produk Digital dengan nomor 0857-7388-9398.
- Customer Service Produk Fisik adalah customer service untuk Pengguna yang melakukan pembelian Produk Fisik dengan nomor 0812-8389-4539.
- NFC adalah PT NFC Indonesia Tbk, yaitu partner penyedia Produk yang bekerja sama dengan Bank dan Volta.
- Harga On The Road (OTR) adalah harga Produk yang tercantum dalam menu Sukha dan belum termasuk biaya ongkir dan biaya lainnya yang berkaitan dengan kepengurusan kendaraan bermotor.
- Pengguna adalah nasabah Bank yang mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk melalui menu Sukha.
- Produk adalah Produk Digital dan Produk Fisik Volta yang disediakan melalui NFC.
- Produk Digital adalah e-voucher sewa motor listrik dan e-voucher ganti baterai.
- Produk Fisik adalah motor listrik, motor listrik subsidi dan aksesoris motor listrik Volta.
- Volta adalah PT Volta Indonesia Semesta, yaitu pihak pemilik dan penyedia Produk yang bekerja sama dengan NFC.
KETENTUAN LAYANAN
- NFC menyediakan layanan pembelian Produk yang dapat diakses oleh Pengguna melalui menu Sukha. Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini serta syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh NFC. Detail syarat dan ketentuan yang diatur langsung oleh NFC dapat diakses oleh Pengguna melalui tautan https://livin.elebox.id/term-condition.
- Penyediaan layanan pembelian Produk melalui menu Sukha merupakan kerja sama antara NFC dengan Bank. Pengguna memahami dan mengakui bahwa:
- Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui menu Sukha merupakan hubungan hukum dan kontraktual yang mengikat antara Pengguna dan NFC. Dalam hal ini, Bank hanya bertindak sebagai partner yang memunculkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran Produk.
- Data dan informasi terkait dengan pembelian Produk yang tercantum pada menu Sukha merupakan data dan informasi yang diterima oleh Bank dari NFC dan Bank dapat menggunakan data dan informasi tersebut sesuai dengan ketentuan terkait pelindungan data pribadi dan perlindungan konsumen yang berlaku.
- Dengan melakukan pembelian Produk, maka Pengguna menyatakan setuju tidak akan:
- Menyalin informasi apa pun termasuk layanan yang tersedia di dalamnya untuk segala macam tujuan selain tujuan pembelian Produk; dan/atau
- Mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.
- Seluruh data Pengguna yang disampaikan dalam proses pembelian Produk akan didokumentasikan dan digunakan oleh NFC sesuai ketentuan pelindungan data dan perlindungan konsumen yang berlaku. Detail kebijakan privasi NFC lebih lanjut dapat diakses oleh Pengguna melalui tautan https://livin.elebox.id/privacy-policy.
KETENTUAN PEMBELIAN PRODUK
- Dalam pembelian Produk, Pengguna diwajibkan mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Dalam hal terdapat kesalahan pengisian data yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna dan/atau pihak ketiga mana pun, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
- Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi keseluruhan terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi, fungsi, cara penggunaan, serta kompatibilitas dengan perangkat seluler atau produk yang dimiliki Pengguna.
- Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran yang disediakan oleh Bank pada Aplikasi Livin’.
- Khusus transaksi pembayaran yang dilakukan melalui virtual account, biaya akan didebit dari rekening Pengguna yang terdapat di Aplikasi Livin’ sehingga Pengguna wajib memastikan saldo yang terdapat di rekening mencukupi.
- Pengguna tidak dapat melakukan penundaan pembayaran. Jika Pengguna tidak melakukan pembayaran secara langsung dan Pengguna menutup menu Sukha, maka Pengguna harus mengulangi proses pembelian dari awal.
- Pembelian Produk akan diproses setelah pembayaran Pengguna berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari NFC melalui email.
- Produk akan dikirimkan atau diterbitkan sesuai dengan ketentuan waktu pengiriman atau penerbitan dari NFC.
- Ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu. Dalam hal stok Produk kosong, maka NFC melalui Bank berhak untuk menolak dan/atau membatalkan pembelian Produk.
- Jika Produk yang telah dipesan dan dibayar Pengguna tidak memiliki stok, maka NFC akan memberikan informasi kepada Pengguna maksimal 1x24 jam sejak pembayaran dan pengembalian dana kepada Pengguna maksimal 5 (lima) hari kerja sejak pembatalan pembelian.
HARGA & PROMOSI
- Harga untuk setiap Produk adalah harga yang ditetapkan oleh NFC dan/atau Volta dan dapat berubah sewaktu-waktu. NFC melalui Bank hanya melayani transaksi pembelian Produk dalam mata uang Rupiah.
- Biaya dapat bervariasi per transaksi tergantung dari jenis dan jumlah Produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
- NFC dan/atau Volta dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di NFC dan/atau Volta. Harap diketahui bahwa hal tersebut mungkin memerlukan ketentuan dan persyaratan yang berbeda.
- Apabila ada promosi yang diberikan oleh NFC dan/atau Volta secara langsung, maka hak dan wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada NFC dan/atau Volta dan mungkin tidak berlaku untuk pembelian yang dilakukan melalui menu Sukha.
KETENTUAN KHUSUS PRODUK DIGITAL VOLTA
- Volta melalui NFC menyediakan Produk Digital berupa e-voucher yaitu:
- Voucher SGB (Sistem Ganti Baterai): Voucher yang dapat digunakan di aplikasi SGB (Sistem Ganti Baterai) untuk penukaran baterai Volta di mesin SGB (Sistem Ganti Baterai).
- Voucher SEMOLIS (Sewa Motor Listrik): Voucher yang dapat digunakan di aplikasi SEMOLIS (Sewa Motor Listrik) untuk top up SEMOLIS wallet untuk kegunaan penyewaan motor listrik.
- Dalam pembelian Produk Digital, Pengguna wajib memiliki akun:
- Aplikasi SGB (Sistem Ganti Baterai) untuk menggunakan voucher SGB (Sistem Ganti Baterai) dan Volta Plus+.
- Aplikasi SEMOLIS (Sewa Motor Listrik) untuk menggunakan voucher SEMOLIS (Sewa Motor Listrik).
- Dalam pembelian Produk Digital, Pengguna wajib memasukan data Pengguna, yaitu:
- Alamat email Pengguna.
- Nomor telepon yang sudah terdaftar pada aplikasi Volta/SGB (Sistem Ganti Baterai)/SEMOLIS (Sewa Motor Listrik).
- Bukti pembelian akan dikirimkan ke email yang telah di-input oleh Pengguna.
KETENTUAN KHUSUS PRODUK FISIK VOLTA
- Harga Produk Fisik yang tertera pada menu Sukha belum termasuk biaya pengiriman.
- Biaya pengiriman Produk Fisik disesuaikan dengan alamat domisili Pengguna. Total biaya yang wajib dibayarkan Pengguna akan tertera pada saat proses checkout dilakukan.
- Jasa pengiriman dan/atau kurir yang akan digunakan akan ditentukan oleh NFC dan/atau Volta.
- NFC akan mengirimkan informasi nomor resi pengiriman, melalui email dan/atau WhatsApp, yang dapat digunakan untuk melacak pengiriman Produk Fisik.
- Pengguna wajib melakukan perekaman proses unboxing Produk Fisik.
KETENTUAN KHUSUS PEMBELIAN MOTOR LISTRIK
- Pengguna harus memastikan bahwa harga OTR motor listrik yang dipilih sudah sesuai dengan alamat Kartu Tanda Penduduk (KTP).
- Setelah Pengguna menerima email konfirmasi dari NFC, Pengguna akan dihubungi oleh Customer Service Volta melalui layanan WhatsApp, di nomor 0811-1959-5777, untuk menginfokan data-data yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
- Produk akan dikirim oleh NFC maksimal 7 (tujuh) hari kerja setelah Pengguna melakukan pembayaran dan dokumen diterima.
- Proses pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan plat kendaraan membutuhkan waktu hingga 21 (dua puluh satu) hari kerja setelah unit diterima. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan diterbitkan bersamaan dengan plat nomor kendaraan.
- Proses pembuatan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) membutuhkan waktu hingga 3 (tiga) bulan setelah unit diterima.
- Jika ada penambahan biaya pengiriman dan pengurusan Bea Balik Nama (biaya mengikuti ketentuan masing masing wilayah) akan diinfokan oleh NFC sebelum pengajuan faktur.
- Apabila pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) telah selesai, Pengguna akan dihubungi oleh Customer Service Volta melalui layanan WhatsApp dan/atau email. Pengguna dapat memilih untuk mengambilnya di dealer Volta terdekat atau dikirimkan ke alamat pengiriman Produk Fisik.
KETENTUAN KHUSUS MOTOR LISTRIK SUBSIDI
- Program bantuan pemerintah berlaku untuk:
- Pembelian Produk Fisik motor tipe Volta 401, Volta Mandala, Volta Virgo dengan Harga OTR.
- 1 (satu) unit Produk Fisik per 1 (satu) NIK KTP.
- Volta akan melakukan verifikasi beberapa data dalam waktu 1x24 jam yaitu:
- No NIK KTP Pengguna
- Nama Ayah Kandung Pengguna sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga (KK)
dan dilakukan setelah Pengguna melakukan pembayaran dengan harga yang sudah dipotong sesuai dengan program bantuan dari Pemerintah.
- Setelah Pengguna menerima email konfirmasi dari NFC, Pengguna akan dihubungi oleh Customer Service Volta melalui layanan WhatsApp, di nomor 0811-1959-5777, untuk permintaan lampiran dokumen yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
- Program bantuan pemerintah akan diberikan potongan langsung kepada Pengguna sebesar Rp7.000.000,00 (tujuh juta rupiah) dari harga OTR.
- Pengguna harus memastikan bahwa Harga OTR Produk yang dipilih sudah sesuai dengan alamat Kartu Tanda Penduduk (KTP).
- Bagi Pengguna yang telah melakukan pembayaran dan tidak lolos proses verifikasi, maka akan dilakukan pengembalian dana (refund). Jangka waktu pengembalian dana berdasarkan metode pembayaran masingmasing yaitu:
- Virtual Account Mandiri : 2x24 jam (hari kerja)
- Kartu Kredit :
- Kartu Kredit Domestik : 7 – 14 hari kerja
- Kartu Kredit Luar Negeri : 60 hari kerja
- Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), faktur, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) wajib atas nama NIK KTP yang telah disetujui untuk mendapatkan Program Bantuan Pemerintah.
- Jika ada penambahan biaya pengiriman dan pengurusan Bea Balik Nama (biaya akan mengikuti ketentuan masing masing wilayah) akan diinfokan oleh NFC sebelum pengajuan faktur.
- Proses pembuatan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) membutuhkan waktu hingga 3 (tiga) bulan sejak Pengguna melakukan pembayaran dan lampiran dokumen (KTP dan KK) diterima.
- Produk Fisik beserta faktur dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan dikirim oleh NFC maksimal 45 (empat puluh lima) hari kerja setelah Pengguna melakukan pembayaran dan lampiran dokumen (KTP dan KK) diterima.
- Pengguna wajib melakukan pengambilan gambar yang menampilkan wajah Pengguna dengan Produk Fisik pada saat penerimaan Produk dan merekam proses unboxing.
PERUBAHAN & PEMBATALAN
- Produk Digital hanya dapat dibatalkan jika voucher tidak diterima dalam 1x24 jam setelah Pengguna melakukan pembayaran dan/atau voucher tidak dapat digunakan.
- Dalam hal pengembalian dana terkait Produk Digital kepada Pengguna akan dilakukan melalui tahapan:
- Pengguna dapat menghubungi Customer Service Produk Digital melalui layanan WhatsApp di nomor 0857-7388-9398.
- Pengguna menyampaikan data yang diperlukan yaitu nomor identitas (ID) transaksi, nomor telepon, email, dan Produk Digital yang ingin dilakukan pengembalian dana.
- Untuk Produk Fisik, jika diterima oleh Pengguna dalam keadaan tidak lengkap, lecet ataupun ada kerusakan, unit tersebut tidak dapat dikembalikan dan/atau diganti, namun akan ada penggantian bagian yang rusak dengan syarat Pengguna wajib menyampaikan video unboxing pada saat unit diterima dengan jangka waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak Produk Fisik diterima. Video unboxing dikirimkan kepada Customer Service Volta melalui layanan WhatsApp di nomor 0811-1959-5777.
- NFC memiliki hak sepenuhnya untuk menolak atau menerima permintaan perubahan dan/atau pembatalan yang diajukan oleh Pengguna sesuai dengan kebijakan dan/atau pertimbangan NFC.
PERNYATAAN & JAMINAN PENGGUNA
- Sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna, Pengguna menyatakan akan selalu mematuhi semua hukum, aturan, dan regulasi yang berlaku dalam pembelian Produk oleh Pengguna.
- Pengguna dengan ini membebaskan NFC dan/atau Bank dari segala gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan NFC dan/atau Bank dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk apabila keterlambatan dan/atau kegagalan dimaksud disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan NFC dan/atau Bank, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah sehingga NFC dan/atau Bank tidak bertanggung jawab ataupun menanggung kerugian Pengguna.
- NFC bertanggung jawab dari segala gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan yang telah terbukti secara sah dilakukan oleh NFC dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut:
- Keterlambatan dan/atau kegagalan pengiriman Produk Fisik serta kelengkapan Produk Fisik seperti plat kendaraan, Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), faktur dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
- Apabila kelengkapan Produk Fisik seperti plat kendaraan, Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), faktur dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tidak diterima sesuai pemesanan, sepanjang dapat dibuktikan dengan video unboxing pada saat kelengkapan Produk Fisik diterima.
- Pengguna setuju untuk membebaskan dan mengganti rugi NFC dan/atau Bank terhadap setiap gugatan atau tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan oleh NFC dan/atau Bank atau pihak ketiga lainnya dalam bentuk apa pun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan keterlambatan dan/atau kegagalan yang telah terbukti secara sah dilakukan oleh Pengguna dalam memenuhi kewajibannya.
- Pengguna setuju untuk membebaskan dan mengganti rugi NFC dan/atau Bank terhadap setiap gugatan atau tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan oleh NFC dan/atau Bank atau pihak ketiga lainnya dalam bentuk apa pun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan, dan/atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini oleh Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dokumen elektronik yang diterbitkan oleh NFC dan/atau Bank sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya dalam penggunaan perangkat seluler dan akun Aplikasi Livin’ Pengguna. NFC dan/atau Bank tidak bertanggung jawab kepada Pengguna atau pihak ketiga mana pun atas penggunaan perangkat seluler dan akun Aplikasi Livin’ yang tidak sah, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan menghubungi nomor Customer Service, kecuali dapat dibuktikan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan NFC dan/atau Bank.
- NFC dan/atau Bank tidak memberikan pernyataan, garansi, atau jaminan apa pun termasuk jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari perangkat perusak (malware), email phishing, sehubungan dengan pembelian Produk melalui menu Sukha.
- Pernyataan dan jaminan yang diatur di bagian ini adalah tambahan atas pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna sebagaimana termuat dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam bagian ini yang mengurangi dan/atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’.
LAIN-LAIN
- NFC melalui Bank berhak mengubah Syarat dan Ketentuan dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank sesuai ketentuan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami, dan menyetujui perubahan tersebut.
- Hal-hal lain yang menyangkut aplikasi dan aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna pada Aplikasi Livin’ tunduk pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’.
- Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan terkait pembelian Produk ke NFC melalui WhatsApp di nomor 0811-1959- 5777, 0857-7388-9398 (Produk Digital), dan/atau 0812-8389-4539 (Produk Fisik).
Disclaimer:
Syarat dan Ketentuan diperoleh Bank dari NFC. Bank tidak bertanggung jawab atas isi, pelaksanaan, dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan, hal tersebut merupakan tanggung jawab dari NFC. Segala permasalahan yang timbul terkait dengan produk/jasa yang berasal dari NFC wajib diselesaikan oleh Pengguna dengan NFC.