Mandiri Debit Contactless

Mandiri Debit Contactless

Apa yang dimaksud dengan Mandiri Debit contactless?

Mandiri Debit contactless merupakan kartu debit dengan fitur pembayaran nirsentuh (contactless) yang memungkinkan pemegang kartu melakukan transaksi secara mudah, cepat dan aman dengan hanya mendekatkan atau tap kartu debit pada mesin EDC contactless tanpa harus menggunakan PIN untuk jumlah transaksi tertentu. 


Dengan adanya fitur Debit contactless pada kartu Mandiri Debit, maka nasabah akan mendapatkan beberapa benefit tambahan, yaitu kemudahan transaksi (contactless) dan mempersingkat waktu transaksi, sehingga akan meningkatkan Customer Experience.

Jenis Mandiri Debit apa saja yang memiliki fitur contactless?

Jenis kartu yang akan diimplementasikan Debit contactless adalah seluruh kartu debit VISA dengan desain kartu Mandiri Debit yang memiliki logo contactless atau logo signal gelombang sebagai berikut: 

Jenis Mandiri Debit yang memiliki fitur contactless:

  • Mandiri Debit Gold Visa
  • Mandiri Debit Gold Bisnis Visa
  • Mandiri Debit Platinum Visa
  • Mandiri Debit Platinum Bisnis Visa
  • Mandiri Debit Prioritas Visa
  • Mandiri Debit Private Visa

Bagaimana cara mengetahui Mandiri Debit dan merchant telah memiliki fitur contactless?

Mandiri Debit dan merchant yang telah memiliki fitur contactless memiliki logo contactless yaitu logo sinyal gelombang pada desain kartu Mandiri Debit dan mesin EDC merchant sebagai berikut:  

Bagaimana cara bertransaksi menggunakan fitur contactless?

  • Tanyakan kepada kasir, apakah merchant tersebut menyediakan pembayaran dengan fitur contactless
  • Apabila ada, infokan kepada kasir bahwa Anda akan bertransaksi dengan fitur tersebut dan siapkan Mandiri Debit contactless Anda
  • Pastikan nominal
  • Tap atau dekatkan Mandiri Debit contactless Anda ke mesin EDC
  • Transaksi selesai dan mintalah bukti pembayaran jika perlu

Dimana saja nasabah dapat melakukan transasksi Mandiri Debit contactless?

Nasabah dapat melakukan transaksi Mandiri Debit contactless pada:

  • Domestik : EDC Bank Mandiri (EDC on us)
  • Luar Negeri : Semua EDC contacless (EDC off us)

Keamanan Mandiri Debit contactless

Fitur contactless menggunakan teknologi keamanan yang sama dengan Mandiri Debit chip lainnya. Kartu dengan fitur contactless hanya bekerja ketika di-tap/didekatkan. Nasabah tetap mengendalikan kartu setiap saat, karena Mandiri Debit tetap berada di tangan nasabah saat bertransaksi sehingga lebih aman karena kasir tidak perlu memegang kartu sehingga tidak dapat melihat data-data penting (nomor kartu, expiry date, 3 digit cvv, dll).

Ketentuan penggunaan Mandiri Debit contactless

Penggunaan fitur contactless pada Mandiri Debit di domestik dapat dilakukan tanpa PIN dengan nominal maksimal sebesar Rp 1 juta/transaksi. Sedangkan pembelanjaan dengan nilai transaksi > Rp 1 juta/transaksi tetap diperlukan otorisasi PIN. Sementara, penggunaan di luar negeri dapat dilakukan tanpa PIN maupun menggunakan PIN mengikuti limit harian kartu nasabah, sesuai ketentuan masing-masing acquirer.

Risiko dalam penggunaan Mandiri Debit contactless

  • Mandiri Debit contactless wajib ditandatangani oleh pemilik rekening dan hanya diperkenankan untuk digunakan oleh pemilik rekening.
  • Mandiri Debit contactless tidak dapat dipindahtangankan. Segala akibat yang timbul karena kelalaian atau ketidakhati-hatian pemegang kartu, atau atas penggunaan atau penyalahgunaan Mandiri Debit contactless oleh pihak lain dengan atau tanpa izin dari pemilik rekening merupakan beban dan tanggung jawab pemilik rekening sepenuhnya.
  • Mandiri Debit contactless dapat digunakan untuk transaksi pembelanjaan di merchant baik melalui mesin EDC atau kanal QRIS.
  • Bank Mandiri dapat membatalkan penggunaan kartu sebelum masa berlaku kartu yang tertera pada kartu berakhir berdasarkan pertimbangan Bank dan akan melakukan pemberitahuan secara tertulis.
  • Dalam hal terjadi kerusakan kartu atas sebab apapun, maka pemilik rekening dapat meminta penggantian kartu meskipun masa berlaku kartu belum habis.

Bagaimana biaya dan limit transaksi Mandiri Debit contactless?

Biaya dan limit transaksi Mandiri Debit contactless sama dengan kartu Mandiri Debit Visa existing, yaitu sebagai berikut:

 

Limit Transaksi

*biaya dan limit terupdate mengacu pada https://bankmandiri.co.id/en/debit-biaya-limit

Apa itu PIN kartu Mandiri Debit?

PIN kartu Mandiri Debit merupakan 6 digit angka yang diperlukan sebagai otorisasi pada saat nasabah melakukan transaksi di ATM/CDM/EDC. PIN kartu Mandiri Debit tidak boleh diberikan kepada orang lain. Untuk kartu Mandiri Debit yang penggantiannya dilakukan secara online, PIN kartu Mandiri Debit akan dibuat oleh nasabah dalam rangkaian proses aktivasi secara online setelah nasabah menerima fisik kartu Mandiri Debit yang baru.

Apa yang dapat dilakukan nasabah untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu Mandiri Debit?

  • Menjaga selalu kerahasiaan dan tidak memberikan informasi kepada siapapun termasuk pihak bank terkait data kartu Mandiri Debit antara lain PIN, nomor kartu, tanggal berlaku kartu, 3 digit nomor CVV di belakang kartu, dan SMS OTP
  • Menjaga kerahasiaan PIN saat bertransaksi di ATM dan mesin EDC
  • Perhatikan dan hentikan transaksi apabila ada sesuatu yang mencurigakan saat bertransaksi di ATM atau EDC
  • Aktifkan layanan SMS notifikasi dan Livin’ by Mandiri untuk dapat mengantisipasi apabila terdapat transaksi yang mencurigakan
  • Melakukan penggantian PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan transaksi
  • Segera lakukan pemblokiran kartu melalui 14000, Livin’ by Mandiri, atau di kantor cabang terdekat apabila kartu hilang, tertelan, atau terdapat transaksi yang mencurigakan
  • Apabila terdapat permasalahan terkait kartu Mandiri Debit agar menghubungi Mandiri Call 14000.

Apakah keamanan dan kerahasiaan data nasabah akan dijaga oleh Bank Mandiri?

Bank Mandiri akan menjaga keamanan dan kerahasiaan data nasabah sesuai dengan yang diatur dalam UU Perbankan tentang Perlindungan Nasabah Pasal 40 (1) UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan yaitu bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya dan PBI Pasal 30 NOMOR 22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia

Dimana nasabah bisa mendapatkan kartu Mandiri Debit contactless?

Nasabah mendapatkan Mandiri Debit contactless melalui:

  • Cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas (KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA/non residen)
  • Website Online on Boarding (OOB) untuk nasabah baru dengan mengikuti link berikut: https://join.bankmandiri.co.id/ dan untuk nasabah existing dapat melakukan penggantian Mandiri Debit contactless sesuai FAQ berikut: bmri.id/gantidebitviaoob
  • Customer Service Machine (CSM) Bank Mandiri terdekat untuk nasabah baru dengan mengikuti FAQ berikut: bmri.id/bukarekeningviacsm dan untuk nasabah existing dapat melakukan penggantian Mandiri Debit contactless sesuai FAQ berikut: bmri.id/gantidebitviacsm
     

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000