WC - Campaign - Mandiri Debit GPN

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Saat ini Indonesia telah memiliki jaringan sistem pembayaran domestik yaitu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dalam rangka mendukung kebijakan Bank Indonesia, Bank Mandiri dengan bangga menghadirkan mandiri debit berlogo nasional (mandiri debit GPN) yang dilengkapi dengan teknologi chip untuk memberikan keamanan maksimal dalam transaksi finansial Nasabah di seluruh Indonesia dimana seluruh transaksi yang terjadi di Indonesia akan diproses tanpa melewati jaringan principal luar. Kartu Mandiri debit GPN ini digunakan untuk transaksi domestik.
 

Bagaimana cara mendapatkan kartu mandiri debit GPN?

Nasabah datang ke Cabang terdekat dan melakukan pembukaan rekening atau penggantian kartu Mandiri Debit. Kartu Mandiri Debit GPN Instant tersedia di beberapa Cabang besar di Jakarta (Daftar terlampir). Sedangkan di luar Cabang yang ada pada lampiran, Kartu Mandiri Debit GPN bisa dipesan secara reguler (dengan nama). Kartu Mandiri Debit GPN regular dapat diambil di Cabang H+14 setelah pembukaan rekening atau penggantian kartu.
 

Tersedia dalam jenis apa saja kartu Mandiri Debit GPN?

Kartu Mandiri Debit GPN tersedia dalam jenis : Silver, Gold, dan Platinum
 

Kapan nasabah dapat memperoleh kartu Mandiri Debit GPN?

Kartu Mandiri GPN dapat diperoleh diseluruh Cabang Bank Mandiri sejak tanggal 29 Maret 2018.
 

Berapa limit transaksi dan biaya kartu Mandiri Debit GPN?

Limit transaksi dan biaya kartu Mandiri Debit GPN adalah sebagai berikut
Jangka waktu expired date kartu Mandiri Debit GPN adalah 5 tahun
 

Apakah kartu Mandiri Debit GPN dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri dan transaksi e-commerce

Tidak. Kartu Mandiri Debit GPN hanya untuk transaksi di domestik atau di dalam negeri baik untuk transaksi di ATM maupun di EDC (merchant).
 

Bagaimana desain kartu Mandiri Debit GPN ?

  • silver
  • Gold
  • Platinum
 

Apa yang dimaksud dengan Gerbang Pembayaran Nasional?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran sehingga memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia dan menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien. Masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari Bank yang sama dengan kartu yang dimiliki karena semua kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik dapat digunakan pada seluruh mesin EDC.
 

Apakah latar belakang implementasi GPN

Kebijakan GPN menata infrastruktur, instrumen, (arrangement) kelembagaan, serta mekanisme penyelenggaraan, dalam rangka mewujudkan ekosistem pembayaran yang interconnected, interoperable dan memiliki kapabilitas dalam pemrosesan transaksi domestik yang optimal, aman, efisien dan andal.
 

Apa manfaat kartu dan kanal pembayaran GPN terhadap masyarakat, pelaku industri dan merchant?

Manfaat kartu berlogo nasional/kanal pembayaran GPN terhadap masyarakat, pelaku industri dan merchant antara lain sbb:

 

Dengan GPN, apakah setiap nasabah harus memiliki 2 kartu (1 dengan logo prinsipal sekarang dan kartu GPN)?

Kartu GPN tidak diterbitkan untuk menggantikan kartu dengan logo prinsipal international. Kartu GPN ditujukan untuk mendukung transaksi pembayaran secara domestik, yakni transaksi yang menggunakan instrumen pembayaran yang diterbitkan oleh penerbit di Indonesia dan dilakukan di wilayah NKRI.
Selain memiliki kartu berlogo nasional (GPN), nasabah dapat memiliki dan menggunakan kartu debit berlogo internasional untuk transaksi di luar negeri
 

Lalu, bagaimana dengan penggunaan kartu berlogo internasional seperti VISA dan Mastercard setelah adanya GPN?

Kartu berlogo internasional seperti VISA dan MasterCard tetap dapat beredar seperti saat ini dan dapat tetap melayani nasabahnya di Indonesia sesuai kebutuhan nasabah dan segmentasinya (transaksi non domestik) karena kartu GPN ditujukan untuk transaksi domestik.
 

Apa yang dimaksud dengan transaksi domestik?

Transaksi pembayaran secara domestik adalah transaksi yang menggunakan instrumen pembayaran yang diterbitkan oleh Penerbit di Indonesia dan dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Apakah kartu GPN dapat digunakan di luar negeri?

Saat ini, penggunaan kartu GPN hanya berlaku untuk transaksi domestik yang dilakukan di dalam negeri. Untuk transaksi di luar negeri (cross border) maka masyarakat dapat menggunakan kartu berlogo internasional.
 

Apakah setelah implementasi GPN, setiap nasabah baru dapat langsung memperoleh kartu GPN ?

Penerbitan kartu debit berlogo nasional (GPN) dimulai sejak bulan Maret 2018 secara bertahap, setiap nasabah bank dapat memperoleh kartu GPN di kantor cabang bank terdekat dengan mengganti kartu lamanya dengan kartu berlogo nasional (GPN) atau membuka rekening baru untuk mendapat kartu berlogo nasional (GPN).
 

Apakah seluruh kartu debit berlogo nasional (GPN) dapat menggunakan EDC dari bank-bank lain?

Seluruh kartu debit berlogo nasional (GPN) yang diterbitkan oleh bank penerbit domestik sudah dapat menggunakan EDC dari bank lain setiap bertransaksi di Indonesia, dikarenakan kartu debit tersebut telah memenuhi pengujian atas interkoneksi dan keamanannya
 

Apakah Perbedaan sebelum dan sesudah GPN?

Perbedaan sebelum dan sesudah GPN antara lain:

 

Apakah nasabah yang sudah memiliki kartu GPN di bank lain boleh memilih tidak menggunakan kartu GPN?

Bank tidak boleh memaksa nasabah untuk memiliki lebih dari satu kartu GPN. Untuk itu nasabah dapat mengisi surat pernyataan kepemilikan kartu debit berlogo nasional.
 

Info lebih lanjut

mandiri call 14000