Mandiri Smart Account
Mandiri Smart Account

Mandiri Smart Account
Mandiri Smart Account adalah layanan cash management berupa penggunaan sub-rekening giro yang bersifat virtual (Virtual Account) yang membantu Perusahaan untuk melakukan pengelolaan dana terpusat dengan kemudahan alokasi, pencatatan dan identifikasi transaksi
Apa keuntungan dari penggunaan layanan Mandiri Smart Account?
-
Simplifikasi pengelolaan keuangan dengan sentralisasi rekening untuk mengoptimalkan likuiditas dana Perusahaan.
-
Kontrol dan visibilitas posisi likuiditas Perusahaan yang lebih baik melalui pemusatan dana.
-
Efisiensi operational cost melalui perampingan kepemilikian rekening Giro karena Perusahaan tidak perlu mengelola banyak rekening
-
Peningkatan profit dari optimalisasi likuiditas di satu rekening Giro
-
Investasi minimum untuk solusi intermediary dana bagi nasabah dengan bisnis di bidang eCommerce dan FinTech.
Apa saja fitur dari layanan Mandiri Smart Account (MSA)?
-
Pembukaan dan pengelolaan limit transaksi dilakukan secara mandiri oleh Perusahaan melalui Portal Mandiri Smart Account atau integrasi Kopra Host to Host (API).
-
Fleksibilitas penomoran Smart Account sesuai kebutuhan Perusahaan.
-
Fleksibilitas pengelolaan rekening, termasuk memblokir/buka blokir Smart Account melalui Portal Mandiri Smart Account atau integrasi Kopra Host to Host (API).
-
Smart Account dapat ditransaksikan melalui kanal digital Bank Mandiri, seperti: ATM, EDC, Kantor Cabang, Kopra Cash Management, Kopra Host to Host Payment, serta kanal digital bank selain Bank Mandiri.
Siapa pengguna Mandiri Smart Account?
Pengguna Kopra Smart Account merupakan subjek hukum yang berbentuk badan, baik yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang telah menandatangani dokumen Syarat & Ketentuan Umum penggunaan layanan Kopra Smart Account dengan Bank Mandiri.
Selanjutnya, Pengguna memberikan kewenangan kepada perorangan atau badan, baik yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum (yang selanjutnya disebut Smart Account Holder) untuk memiliki Smart Account dan bertransaksi menggunakan Smart Account sesuai dengan Limit Smart Account yang dimiliki.
Berapa biaya yang dikenakan Mandiri Smart Account (MSA)?
Ada 6 (enam) komponen biaya yang dikenakan untuk penggunaan layanan Kopra Smart Account:
- Fee Pembuatan Nomor Smart Account: Rp2.500,-
- Fee Penerbitan Kartu: Rp15.000,-
- Fee Admin: Rp2.500,-
- Fee Admin Kartu: Rp7.500,-
- Fee Transaksi: Rp2.500,-
- Fee Disbursement: 0.05% maks. Rp5 Juta
Note: detail biaya tersebut dapat dilihat pada Manual Produk MSA
Bagaimana prosedur pembukaan layanan Mandiri Smart Account (MSA)?
Calon Pengguna Mandiri Smart Account (MSA) dapat menghubungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim Transaction Banking Wholesale Region.
Apa itu limit Smart Account?
Merupakan batasan yang ditetapkan untuk membatasi nominal transaksi debit dan/atau kredit pada Smart Account.
Berapa besaran limit Smart Account?
Besaran limit mengacu pada pengaturan limit yang ditentukan oleh Nasabah terhadap masing- masing nomor Smart Account. Penggunaan Limit juga bergantung kepada kesediaan saldo pada Rekening Induk (Rekening Giro).
Apa itu kartu debit Smart Account?
Jenis Kartu Debit yang diterbitkan Bank Mandiri untuk keperluan layanan Mandiri Smart Account. Saat ini terdapat 2 jenis Kartu Debit yang diterbitkan antara lain:
No |
Tipe Kartu |
Kode BIN (8 Digit Awal Nomor Kartu) |
Jaringan |
Fitur |
1 |
VACRC1 |
6032 9867 |
GPN |
All Channel |
2 |
CCRDC7 |
4617 0029 |
VISA |
All Channel |
Bagaimana prosedur penerbitan kartu debit Smart Account?
Nasabah dapat melakukan permintaan penerbitan kartu Debit Smart Account ke Bank Mandiri melalui portal Mandiri Smart Account yang dapat diakses oleh Nasabah.
Berapa lama masa berlaku kartu debit fisik Smart Account yang dapat digunakan oleh Holder?
Masa berlaku Kartu Debit Smart Account sesuai dengan bulan dan tahun yang tertera pada fisik kartu.
Bagaimana apabila Holder Lupa PIN / Kartu Debit Smart Account terblokir?
Smart Account Holder dapat menghubungi PIC Nasabah untuk dapat membuka blokir kartu Debit Smart Account / Re-issue PIN melalui portal Mandiri Smart Account. Smart Account Holder juga dapat mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuka blokir Kartu Debit Smart Account/ Re-issue PIN.
Bagaimana apabila kartu debit Smart Account rusak?
Smart Account Holder dapat menghubungi PIC Nasabah untuk dapat melakukan penggantian kartu Debit Smart Account.
Apa saja fitur dan limit kartu debit Smart Account?
Tipe/Fitur |
Limit |
Cek Saldo (Dapat dilakukan melalui ATM, MCM, Cabang, SAMS Portal) |
√ |
Tarik/Setor Tunai (Dapat dilakukan melalui ATM/Cabang) |
√ (Tarik Tunai di ATM Rp 15 juta/hari/kartu) |
Transfer (Dapat dilakukan melalui ATM/MCM/MCP) |
√
|
Pembayaran Tagihan (Dapat dilakukan melalui ATM/MCM/MCP) |
√ |
Top Up E-Money (Dapat dilakukan melalui ATM/EDC) |
√ (Rp 1 Juta / eMoney) |
EDC Purchase |
√ (Rp 100 Juta) |
Berapa kode transaksi dan syarat bertransaksi Mandiri Smart Account di cabang?
No |
Jenis Transaksi |
Kode |
Detail Dokumen |
1 |
Cek Saldo |
2299 |
|
2 |
Tarik Tunai |
2300 |
|
3 |
InHouse Transfer |
2341 |
|
|
Kopra Smart Account – Kopra Smart Account |
|
(FFO 079) |
4 |
InHouse Transfer |
2342 |
|
|
Kopra Smart Account – Tabungan |
|
|
5 |
InHouse Transfer |
2343 |
|
|
Kopra Smart Account - Giro |
|
|
6 |
InHouse Transfer Tabungan - Kopra Smart Account |
2344 |
|
7 |
InHouse Transfer Tabungan (tanpa buku tabungan) - Kopra Smart Account (tanpa buku tabungan) |
2345 |
|
8 |
InHouse Transfer Giro – Kopra Smart Account |
2346 |
|
9 |
Domestic Transfer SKN Smart Account |
2347 |
|
10 |
Domestic Transfer RTGS Smart Account |
2348 |
|
11 |
Setor Tunai |
2349 |
|
Apakah ada cut off time layanan Mandiri Smart Account?
Cut off time layanan Mandiri Smart Account mengikuti aturan cut off time transaksi yang berlaku (misal: COT transaksi SKN/RTGS di MCM).
Bagaimana cara transaksi setor tunai Mandiri Smart Account melalui kantor cabang Mandiri (Teller)?
- Smart Account Holder mendatangi ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.
- Smart Account Holder mengisi Formulir Setoran/kliring/transfer/inkaso (FFO 079) dengan isian sebagai berikut :
- Nama : Nama pemilik VA
- Nomor rekening : Nomor VA (prefix 81xx )
- Bank : Mandiri
- Penyetor : Nama penyetor
- Alamat & no telepon : Alamat penyetor
- Jumlah dan Terbilang : Sesuai setoran
- Smart Account Holder menyerahkan Formulir Setoran/kliring/transfer/inkaso (FFO 079) dan Identitas Diri (KTP) menginformasikan kepada Teller.
- Teller melakukan input di BDS sebagai berikut :
- Masukkan kode transfer 2349
- Masukkan Nomor VA (prefix 81xx ).
- Pilih CIF
- Masukkan NIK/KTP penyetor
- Masukkan nominal yg akan disetor
- Masukkan catatan berita yang akan diisi (contoh: Tujuan Penyetoran/Nama Outlet)
- Sebagai Bukti pembayaran, Smart Account Holder menerima slip dan advis yang telah di validasi.
Bagaimana cara transaksi tarik tunai Mandiri Smart Account melalui kantor cabang Mandiri (Teller)?
- Smart Account Holder mendatangi ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.
- Smart Account Holder mengisi Formulir Penarikan (FFO 011) dengan isian sebagai berikut :
- Nama Pemilik Rekening : Nama pemilik VA
- Nomor Rekening : Nomor VA (prefix 81xx )
- Jumlah dan Terbilang : Sesuai penarikan
- Berita : (contoh: Tujuan Penarikan/Nama Outlet)
- Smart Account Holder menyerahkan Formulir Penarikan (FFO 011) dan menginformasikan kepada Teller.
- Teller melakukan input di BDS sebagai berikut :
- Masukkan kode transfer 2300
- Masukkan Rekening Debit dengan Nomor VA (prefix 81xx ).
- Masukkan nilai tunai sesuai dengan jumlah pada form penarikan.
- Masukkan catatan berita yang akan diisi (contoh: Tujuan Penarikan/Nama Outlet)
- Teller meminta Smart Account Holder untuk memasukkan PIN Kartu Smart Account ke PIN Pad yang tersedia.
- Sebagai bukti pembayaran, Smart Account Holder menerima slip dan advis yang telah di validasi.
Dimana dokumen panduan yang dapat saya baca lebih lanjut?
Nomor Dokumen |
Nama Dokumen |
B5.M31.MSA Tanggal 1 Juli 2021 |
Manual Produk Mandiri Smart Account (MSA) |
B5.M31.MSA Tanggal 26 Juli 2022 |
Petunjuk Teknis Mandiri Smart Account (MSA) |
Apakah risiko yang dapar muncul dari penggunaan layanan Mandiri Smart Account?
- Kemungkinan terjadinya gangguan pada jaringan komunikasi yang menyebabkan akses ke layanan Kopra Smart Account menjadi terganggu/ tidak dapat dilakukan.
- Kemungkinan terjadinya anomali keterlambatan pengiriman report transaksi ke layanan SAMS Portal.
Siapakah kontak yang dapat dihubungi jika terdapat kendala layanan Mandiri Smart Account?
Smart Account Holder dapat menghubungi Bank Mandiri melalui Mandiri Call 14000 atau Kantor Cabang Bank Mandiri dapat menghubungi Mandiri Service Desk / mandiri.servicedesk@bankmandiri.co.id
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000