Migrasi Mandiri Internet Bisnis (MIB)

Frequently Asked Question (FAQ)
Migrasi Mandiri Internet Bisnis
ke Kopra Cash Management Retail

Apa itu Kopra Cash Management Retail (KCM Retail)?

KCM Retail merupakan layanan e-banking yang menggantikan layanan Mandiri Internet Bisnis (MIB) yang terintegrasi dengan Kopra (koprabymandiri.com). KCM Retail ditujukan untuk nasabah segmen bisnis perorangan dan small medium entreprises (SME) dalam bertransaksi finansial dan non-finansial dengan sumber rekening giro/tabungan bisnis Bank Mandiri.

 Apa yang dimaksud oleh Migrasi MIB ke KCM Retail?

Migrasi MIB ke KCM Retail merupakan proses pemindahan data dan akses nasabah dari MIB ke KCM Retail melalui back-end system. Setelah dilakukan migrasi, nasabah dapat login ke KCM Retail (koprabymandiri.com) dengan credential (company ID, user ID, dan password) yang sama seperti di MIB, serta seluruh data company, user, rekening, token, dan status transaksi tetap dapat diakses nasabah di KCM Retail.

Apa saja kriteria nasabah yang dimigrasikan dari MIB ke KCM Retail?

Nasabah yang aktif bertransaksi finansial dan non-finansial di layanan MIB.

Bagaimana cara mengakses layanan KCM Retail?

Nasabah dapat melakukan akses ke KCM Retail melalui web koprabymandiri.com dengan credential (company ID, user ID, password) yang sama seperti di MIB. Nasabah harus memasukkan 8 karakter pertama dari password yang digunakan di MIB sebelumnya pada kolom password di KCM Retail.

Apakah nasabah tetap bisa mengakses MIB setelah dimigrasi?

Setelah dimigrasi, nasabah tidak dapat melakukan login ke MIB melalui web mib.bankmandiri.co.id. Jika nasabah tetap login di MIB, terdapat notifikasi di halaman login bahwa nasabah telah dimigrasi dan dimohon untuk mengakses Kopra melalui web koprabymandiri.com

 Apakah hard token MIB nasabah dapat digunakan di KCM Retail?

Hard Token MIB tetap dapat digunakan untuk otentikasi persetujuan transaksi di KCM Retail.

Bagaimana dengan transaksi yang masih pending approval di MIB?

Transaksi yang masih pending approval di MIB tidak akan dimigrasi ke KCM Retail. Oleh karena itu, nasabah dimohon untuk menyelesaikan pending task sebelum waktu migrasi nasabah tersebut.

 Bagaimana dengan status transaksi yang telah dieksekusi di MIB sebelumnya?

Status transaksi dari MIB yang telah dieksekusi oleh sistem Bank Mandiri tetap dapat diakses pada Kopra Cash Management Retail pada menu Transaction Status Migrate.
Transaksi berulang (recurring) yang sebelumnya berjalan di MIB akan tetap terbawa ke Kopra Cash Management Retail. Transaksi tersebut dapat dibatalkan pada menu Transaction Status Migrate.

Bagaimana dengan nasabah yang tidak dimigasi dari MIB ke KCM Retail?

Nasabah dapat melakukan registrasi Kopra Cash Management Retail melalui Cabang.

Bagaimana cara mendaftar layanan KCM Retail?

Nasabah dapat datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan melengkapi dokumen sebagai berikut:

  • Formulir Aplikasi dan Syarat & Ketentuan Umum Layanan KCM Retail yang telah ditandatangani oleh Pejabat Berwenang sesuai AD/ART
  • Akta Pendirian beserta akta perubahannya dan/atau  SK Kemenkumham
  • Fotocopy identitas pemohon/pengurus/pemilik badan usaha/pemilik Rekening Terdaftar
  • Copy header buku rekening Tabungan Bisnis atau Kartu contoh tanda tangan (FFO 020) untuk pengguna Giro
  • Surat Kuasa Pendaftaran Rekening Milik Pihak Lain (apabila menggunakan Rekening Milik Pihak Lain)
  • Surat Kuasa Pendaftaran Layanan KCM Retail (apabila pendaftaran dilakukan oleh kuasa Nasabah)

Apa saja fitur utama KCM Retail?

  • Inquiry Saldo dan Rekening koran 
  • Transfer ke sesama Bank Mandiri atau ke Bank lain (Domestik Transfer dan International Transfer)
  • Pembayaran gaji atau payroll 
  • Pembayaran tagihan dan pajak
  • Pembayaran produk-produk Pertamina
  • Merchant Statement Report
  • Kopra Mobile App dan Mobile Token untuk approve transaksi 

Apakah manfaat KCM Retail?

  • Fleksibilitas dan efesiensi waktu: Proses transaksi perbankan secara real-time dan online
  • Keamanan transaksi: Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang
  • Penyimpanan data secara elektronik: Kemudahan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial

 Bagaimana keamanan atau security layanan KCM Retail?

Otorisasi transaksi berjenjang meliputi user maker dan approver yang dilengkapi dengan token sebagai otentifikasi transaksi.

Berapa biaya administrasi bulanan layanan KCM Retail?

Nasabah tidak dikenankan biaya administrasi bulanan. Nasabah hanya dikenakan biaya transaksi sesuai jenis transaksi yang dilakukan.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000

Kopra Call Center 1500150