Notifikasi Transaksi Online Tanpa OTP
CC - Notif WA Confirm
Notifikasi WhatsApp
Konfirmasi Perihal Keabsahan
Transaksi Online Tanpa OTP (Kartu Kredit)
Apa itu konfirmasi perihal keabsahan transaksi?
Nasabah dihubungi oleh Bank Mandiri (14000) ke nomor yang terdaftar pada sistem bank namun tidak dapat terhubung. Konfirmasi tersebut terkait adanya transaksi Mandiri Kartu Kredit yang dikhawatirkan bukan dilakukan oleh nasabah.
Apa Itu notifikasi WhatsApp konfirmasi perihal keabsahan transaksi?
Merupakan notifikasi yang dikirimkan dari nomor resmi Bank Mandiri (+62 8118414000) ke nomor HP nasabah yang terdaftar di sistem untuk menginformasikan kepada nasabah bahwa karena alasan keamanan kartu nasabah telah dilakukan pembatasan transaksi online tanpa OTP (One Time Password) dengan WhatsApp sebagai berikut.
Nasabah Yth.
Kami telah berupaya menghubungi Bapak/Ibu untuk konfirmasi terkait transaksi pada Mandiri Kartu Kredit Bapak/Ibu dengan nomor akhir {{1}} tanggal {{2}} pada merchant {{3}} sejumlah {{4}} namun tidak dapat terhubung. Untuk keamanan, saat ini Mandiri Kartu Kredit Bapak/Ibu tidak dapat digunakan untuk transaksi online tanpa OTP (One Time Password).
Mohon konfirmasi maksimal 3x24 jam, apakah benar transaksi tersebut dilakukan oleh Bapak/Ibu.
WhatsApp resmi Bank Mandiri tidak pernah meminta data pribadi seperti PIN, OTP dan CVV.
Mengapa dilakukan pembatasan transaksi online tanpa OTP terhadap Mandiri Kartu Kredit nasabah?
Mandiri Kartu Kredit nasabah dilakukan pembatasan untuk transaksi online tanpa OTP untuk mencegah adanya kerugian akibat dari transaksi yang bukan dilakukan oleh nasabah.
Apa itu OTP (One Time Password)?
Password/authorization code yang nasabah terima di nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia. Password/authorization code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi OTP (One Time Password),
Apakah nasabah dapat menggunakan kartunya untuk bertransaksi ?
Ya, nasabah masih tetap dapat menggunakan Mandiri Kartu Kredit untuk melakukan transaksi dengan metode lain, yaitu : transaksi melalui mesin EDC, transaksi online / e-Commerce dengan OTP, transaksi QR, ubah transaksi menjadi cicilan dan transaksi Power Cash untuk nasabah terpilih.
Apa yang harus dilakukan nasabah jika menerima notifikasi WhatsApp perihal pembatasan transaksi online tanpa OTP?
Apabila nasabah ingin melakukan transaksi online tanpa OTP nasabah dapat melakukan pergantian Mandiri Kartu Kredit dengan menghubungi Mandiri Call 14000 / email ke mandiricare@bankmandiri.co.id
Apa yang harus dilakukan nasabah jika menerima notifikasi WhatsApp perihal konfirmasi keabsahan transaksi?
- Apabila transaksi yang dimaksud adalah bukan dilakukan oleh nasabah, maka Nasabah dapat memilih tombol “BM CC Bukan” pada notifikasi WhatsApp dalam waktu 3x24 jam sejak pesan diterima Jika nasabah konfirmasi sanggah atas transaksi tersebut maka nasabah dapat melakukan sanggahan transaksi dan penggantian Mandiri Kartu Kredit melalui:
- Email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dari email nasabah yang terdaftar di system Bank Mandiri dengan menyampaikan informasi sebagai berikut :
- Media/channel pembayaran terakhir kartu kredit (ATM/Livin’ by Mandiri/Transfer Bank Lain)
- Tagihan rutin bulanan / powerbill (ada/tidak ada). Jika ada, mohon sebutkan
- Nominal pembayaran terakhir
- Detail transaksi yang disanggah (tanggal, nama merchant dan nominal)
- Email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dari email nasabah yang terdaftar di system Bank Mandiri dengan menyampaikan informasi sebagai berikut :
Selain itu, nasabah juga perlu menyampaikan kelengkapan dokumen penggantian kartu sebagai berikut :
- Copy berwarna bagian depan kartu kredit nasabah
- Copy berwarna KTP nasabah
- Surat pernyataan penggantian kartu yang ditandatangani nasabah (sesuai KTP). Format surat pernyataan dapat diunduh melalui link https://www.mandirikartukredit.com/uploads/media/formulir-cs/07.-surat-permohonan-penggantian-mandiri-kartu-kredit.pdf
- Mendatangi Cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen KTP dan Mandiri Kartu Kredit.
- Apabila transaksi yang dimaksud adalah benar dilakukan oleh nasabah, maka Nasabah dapat memilih tombol “BM CC Benar” pada notifikasi WhatsApp dalam waktu 3x24 jam sejak pesan diterima.
Terima kasih atas konfirmasi Bapak/Ibu. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami. Transaksi online tanpa OTP Mandiri Kartu Kredit Bapak/Ibu akan aktif kembali dalam jangka waktu 1x24 jam.
Info: bmri.id/confirmccnonotp
- Jika nasabah menyampaikan konfirmasi lebih dari 3x24 jam sejak pesan diterima atau nasabah salah dalam memilih tombol konfirmasi, maka nasabah dapat menyampaikan permohonan aktifasi transaksi online tanpa OTP Mandiri Kartu Kredit melalui email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dari email nasabah yang terdaftar di system Bank Mandiri dengan menyampaikan informasi sebagai berikut :
- Media/channel pembayaran terakhir kartu kredit (ATM/Livin by’ Mandiri/Transfer Bank Lain)
- Nominal pembayaran terakhir
- Transaksi berhasil terakhir (nama merchant dan nominal transaksi).
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000