Onboarding Kopra Cash Management

Online On-Boarding Transaction Channel

Online On-Boarding Transaction Channel merupakan fitur yang mempermudah Anda dalam pendaftaran channel (atau kanal) transaksi Kopra by Mandiri secara online tanpa perlu datang ke Kantor Cabang atau bertemu dengan tim Sales, sehingga proses pendaftaran tidak memerlukan dokumen fisik dan lebih cepat. Fitur Online On-Boarding tersedia untuk channel (atau kanal) transaksi Kopra Cash Management, Kopra Cash Lite, Kopra Trade, dan Kopra Value Chain.

 

Online On-Boarding Kopra Cash Management

Apa itu Online On-Boarding Kopra Cash Management?

Online Onboarding Kopra Cash Management adalah sebuah fitur yang memudahkan pelanggan untuk dapat mengajukan layanan Kopra Cash Management atau Kopra Cash Lite dengan mengisi formulir elektronik dan menandatangani dokumen secara digital melalui Kopra Portal (kopra.bankmandiri.co.id).

Siapa saja yang dapat menggunakan Online On-Boarding Kopra Cash Management?

  • Calon Nasabah yang belum memiliki rekening dapat membuka rekening Giro dan Kopra Cash Management sekaligus melalui Landing Page Portal Kopra.
  • Nasabah Bank Mandiri yang sudah memiliki rekening Giro dapat langsung mengakses Landing Page Portal Kopra untuk mengisi e-Form Kopra Cash Management.
  • Nasabah Bank Mandiri yang sudah memiliki akun Kopra Cash Management juga dapat mengajukan pembukaan akun Kopra Cash Management untuk Company ID baru melalui Portal Kopra ketika sudah login.

Apakah saya tetap harus datang ke Kantor Cabang atau mengirimkan dokumen fisik ke pihak Bank Mandiri untuk melanjutkan proses Online On-Boarding Kopra Cash Management?

Bagi Nasabah yang sudah memiliki rekening Giro tidak perlu datang ke Kantor Cabang untuk menyelesaikan pendaftaran Kopra Cash Management dikarenakan pengisian e-Form dan proses penandatanganan dilakukan secara digital.
Namun, Nasabah yang akan membuka rekening Giro dan Kopra Cash Management secara sekaligus masih perlu datang ke Kantor Cabang untuk menandatangani dan menyerahkan dokumen secara fisik.

Online On-Boarding Kopra Trade

Apa itu Online Onboarding Mandiri Global Trade (MGT) atau Kopra Trade?

Online Onboarding MGT adalah proses pendaftaran untuk pembukaan akun baru MGT/Kopra Trade secara online melalui Portal Kopra. Nasabah hanya perlu melakukan pengisian e-Form dan penandatanganan secara digital tanpa memerlukan dokumen fisik atau datang ke cabang. Nasabah akan mendapatkan email pemberitahuan jika akun MGT/Kopra Trade sudah tersedia.

Siapa saja yang dapat menggunakan Online Onboarding MGT atau Kopra Trade?

Nasabah-nasabah dengan kriteria berikut dapat menggunakan Online Onboarding MGT atau Kopra Trade yaitu:

  • Calon nasabah yang sudah memiliki rekening Giro dan memiliki channel lain dapat membuka MGT melalui akses portal Kopra untuk mengisi formulir secara digital.
  • Calon nasabah yang sudah memiliki rekening Giro dan belum punya channel lain dapat membuka MGT melalui akses portal Kopra untuk mengisi formulir secara digital.

Bagaimana cara mengakses fitur Online Onboarding MGT atau Kopra Trade?

  • Bagi Nasabah yang belum memiliki akun Kopra:

Online Onboarding MGT atau Kopra Trade dapat diakses melalui Landing Page pada portal Kopra Bank Mandiri di alamat url kopra.bankmandiri.co.id. Kemudian nasabah dapat memilih tab onboarding dan kemudian klik pada menu MGT.

  • Bagi Nasabah yang sudah memiliki akun Kopra:

Online Onboarding MGT atau Kopra Trade dapat diakses melalui portal Kopra Bank Mandiri di alamat url kopra.bankmandiri.co.id. Nasabah dapat log in terlebih dahulu menggunakan akun Kopra yang dimiliki, kemudian klik pada tab “My Product” dan pilih menu “Trade & Guarantee”. Nasabah dapat memilih menu “Start Application” dan kemudian mengisi online form.

Apa saja fitur yang dapat Nasabah nikmati jika sudah memiliki akun MGT atau Kopra Trade?

MGT atau Kopra Trade merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses oleh nasabah untuk memfasilitasi transaksi trade (ekspor, impor atau transaksi pembiayaan atas dasar transaksi perdagangan) serta bank garansi. Dengan ini, nasabah dapat menikmati fitur berikut berupa:

  • Layanan transaksi Trade seperti: pembiayaan Perdagangan, Bank Garansi, LC & SKBDN
  • 24/7 Online Submission: dapat diakses kapan saja dan dimana saja untuk transaksi trade dan BG secara online
  • Calendar Events: menginformasikan tanggal-tanggal penting terkait transaksi Trade & BG
  • Inquiry & Monitoring: inquiry status dan detail transaksi, monitoring penggunaan dan sisa limit
  • Notification: notifikasi melalui dashboard dan email
  • Template Form: template form untuk kemudahan melakukan transaksi yang berulang
  • Reporting: report volume / outstanding / limit / lainnya dapat didownload secara langsung
  • Draft Preview: preview draft LC sebelum transaksi disubmit ke Bank
  • Access Level: access level (Maker-Checker) yang fleksible sesuai kebutuhan
  • Personalized Dashboard: tampilan dashboard dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda
  • Document Upload: upload underlying transaksi dalam berbagai format
  • Contact Us: sampaikan pertanyaan Anda melalui fitur Contact Us atau Customer Instruction untuk kemudahan akses dan layanan

 

Online On-Boarding Kopra Value Chain

Apa itu Online On-Boarding Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM) atau Kopra Value Chain?

Online Onboarding MFSCM/Kopra Value Chain merupakan inovasi proses pendaftaran Supplier dan Debitur Value Chain yang dilakukan melalui Kopra secara online yang memberikan nilai tambah berupa percepatan serta simplifikasi proses. Proses pengajuan onboarding secara online dapat dilakukan oleh Nasabah melalui website Kopra dengan mengisi e-Form dan memberikan e-Sign pada pengajuannya. 

Pembiayaan apa saja yang terdapat pada Kopra Value Chain?

Pembiayaan yang dijalankan melalui Kopra Value Chain adalah pembiayaan modal kerja dengan dua pendekatan, yakni:

  • Account Payable Financing, fasilitas kredit yang diberikan Bank kepada Debitur dengan tujuan pembayaran tagihan Seller oleh Buyer 
  • Account Receivable Financing, fasilitas kredit yang diberikan Bank kepada Debitur dengan tujuan percepatan penerimaan tagihan Seller dari buyer

Apa saja fitur yang dimiliki oleh Kopra Value Chain?

  • Online Onboarding Kopra Value Chain melalui sistem berbasis web dengan autorisasi e-Sign yang dapat mempercepat proses pendaftaran Nasabah.
  • Simple Invoicing dan Auto-Financing yang dapat diinisiasi melalui alamat akses Kopra Value Chain.
  • Automatic Repayment yang akan dilakukan pada tanggal pembayaran invoice maupun tanggal pembayaran pinjaman.
  • Push Notification berupa pengiriman notifikasi untuk segala aktifitas yang dilakukan di Kopra Value Chain melalui alamat email Nasabah atau nomor telepon yang didaftarkan.
  • Comprehensive Report berupa penyediaan dan penyimpanan laporan transaksi Nasabah.

Siapa saja yang dapat menggunakan Online On-Boarding MFSCM atau Kopra Value Chain?

Online Onboarding MFSCM/Kopra Value Chain hanya dapat digunakan oleh Nasabah Bank Mandiri yang sudah memiliki limit Value Chain di Bank Mandiri atau merupakan counter party dari debitur Bank Mandiri.

Bagaimana jika status registrasi saya gagal?

Apabila pembuatan akun Nasabah gagal, artinya aplikasi nasabah ditolak oleh Bank. Nasabah akan mendapatkan email pemberitahuan dari Bank. Untuk info lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi pihak Bank melalui kopra@bankmandiri.co.id atau Kantor Cabang terdekat.

Bagaimana cara menandatangani dokumen melalui Privy ID?

Ketika verifikasi data nasabah sudah selesai dilakukan oleh pihak Bank, maka Anda akan menerima email dari mitra kami, Privy ID untuk melakukan registrasi online pembuatan akun Privy ID agar dapat melanjutkan proses penandatangan dokumen secara online. Mohon dipastikan bahwa Anda mengikuti instruksi yang tertera pada smartphone Anda dan menyiapkan dokumen pendukung berikut:
1.    Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2.    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan yang didaftarkan

Bagaimana jika permohonan saya ditolak oleh Privy (penandatanganan dokumen digital)?

Bagi nasabah yang permohonannya ditolak oleh Privy dikarenakan nasabah tidak memenuhi kriteria tertentu, registrasi nasabah tersebut dapat dipertimbangkan untuk dapat diloloskan oleh Bank karena masih termasuk kategori soft rejected. Apabila di bypass, maka dapat dilanjutkan ke proses penandatanganan dokumen oleh nasabah.

Bagaimana cara melakukan Online On-Boarding Transaction Channel?

Anda dapat mengakses fitur Online On-Boarding Transaction Channel pada Landing Page Portal Kopra bagian “ONBOARDING” dan memilih channel (atau kanal) transaksi yang ingin didaftarkan. Setelah memilih channel (atau kanal) transaksi yang ingin didaftarkan, Anda perlu mengisi informasi lengkap Perusahaan serta nomor rekening Bank Mandiri Perusahaan Anda.

 

Info Lebih Lanjut

Kopra Call Center : 1500150 ; +62 21 5299 7676

E-mail : kopra@bankmandiri.co.id