Solusi Sistem Online Pembayaran Pertamina

Solusi Sistem Online Pembayaran Pertamina
(SOPP)

Apa yang dimaksud dengan Pertashop ?

Pertashop adalah Lembaga penyalur resmi Pertamina skala kecil untuk melayani kebutuhan konsumen BBM & LPG (non subsidi), dan produk ritel lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Apa saja keuntungan yang bisa dapat dengan menjadi mitra Pertashop ?

Keuntungan yang bisa didapat nasabah jika menjadi mitra Pertashop adalah :

  • Kerjasama yang menguntungkan
  • Modal usaha kecil
  • Jaminan ketersediaan, takaran, dan kualitas BBM
  • Lahan yang diperlukan tidak luas
  • Perizinan usaha sederhana
  • Menjual produk berkualitas (Pertamax, Dexlite, Bright Gas, dan Pelumas Pertamina)

Apa yang dimaksud dengan “Solusi Bisnis Pertashop”?

Solusi Bisnis Pertashop menawarkan beberapa solusi/pilihan kepada nasabah mitra Pertashop Pertamina dalam menjalankan bisnisnya yang dapat memberikan kemudahan serta tambahan benefit untuk bisnis Pertashop yang dijalankan.

Solusi Bisnis Pertashop yang ditawarkan antara lain:

  • SOPP (Sistem Online Pembayaran Pertamina)
  • Solusi EDC Mandiri
  • Mandiri Agen
  • Solusi Pembiayaan
  • Mandiri Virtual Account via My Pertamina for Business (MyPB)

Apa yang dimaksud dengan SOPP?

SOPP (Sistem Online Pembayaran Pertamina) merupakan sistem yang terintegrasi antara Bank Mandiri dengan Pertamina guna memudahkan nasabah dalam melakukan penebusan DO (Delivery Order) ke Pertamina.

Bagaimana menggunakan layanan “SOPP”?

Layanan SOPP dapat dilakukan di Cabang atau secara online melalui Kopra by Mandiri. Pembayaran pembelian produk Pertamina di Cabang hanya menggunakan warkat (Cek/Bilyet Giro) Bank Mandiri dan debit rekening tabungan, serta rekening giro. Sedangkan jika melalui Kopra by Mandiri Pelanggan Pertamina dapat melakukan pembayaran Produk Pertamina melalui menu SOPP atau menu Virtual Account Bank Mandiri.

Apa benefit yang didapatlan dengan bertransaksi dengan “SOPP”?

Beberapa benefit dari bertransaksi dengan SOPP :

  • Transaksi real time
  • Transaksi mudah dan dapat diandalkan
  • Sistem terintegrasi dengan Pertamina
  • Bukti transaksi dapat diunduh langsung di Kopra

Apa yang dimaksud dengan “Mandiri Virtual Account via MyPB”?

Mandiri Virtual Account via MyPB adalah layanan yang memberikan kemudahan pembayaran Penebusan Delivery Order (DO) Pertamina menggunakan nomor unik (nomor Virtual Account).

Bagaimana menggunakan layanan “Mandiri Virtual Account via MyPB”?

Layanan penebusan DO menggunakan Mandiri Virtual Account dapat dilakukan di Cabang atau secara online melalui Kopra Cash Management. Pembayaran pembelian produk Pertamina di Cabang hanya menggunakan warkat (Cek/Bilyet Giro) Bank Mandiri dan debit rekening tabungan, serta rekening giro. Sedangkan jika melalui Kopra Cash Management Pelanggan Pertamina dapat melakukan pembayaran Produk Pertamina melalui menu pembayaran tagihan - single bill payment/multiple bill payment.

Apa benefit yang didapatkan dengan bertransaksi dengan “Mandiri Virtual Account via MyPB”?

Beberapa benefit dari bertransaksi dengan Mandiri Virtual Account :

  • Transaksi real time
  • Transaksi mudah dan dapat diandalkan
  • Sistem terintegrasi dengan Pertamina
  • Kemudahan identifikasi dan rekonsiliasi atas pembayaran dari Mitra Pertashop

Apa yang dimaksud dengan Solusi Mandiri EDC?

Solusi pemasangan Mandiri EDC untuk menerima pembayaran pembelian bensin pada lokasi Pertashop partner melalui kartu Debit dan Kredit (Visa, Master, JCB dan Union Pay), e-Money, QRIS. Penerimaan pembayaran dari pembeli akan lebih mudah.

Bagaimana cara mengajukan pemasangan Mandiri EDC di gerai Pertashop?

Nasabah yang ingin melakukan pemasangan mesin EDC di gerai Pertashop miliknya dapat menghubungi cabang terdekat untuk mengajukan pemasangan mesin EDC atau dapat sekalian melakukan pengajuan pemasangan mesin EDC pada saat pengajuan kerjasama mitra Pertashop.

Dokumen Persyaratan pengajuan Mandiri EDC apa saja?

Apa yang di maksud dengan “Mandiri Agen”?

Mandiri Agen adalah pihak yang berkerjasama dengan Bank Mandiri dalam menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya kepada masyarakat.(Layanan Laku Pandai dan Layanan Keuangan Digital).

Apa saja keuntungan menjadi Mandiri Agen?

  • Agen mendapat penghasilan tambahan berupa komisi;

  • Agen dapat menambah jumlah pelanggan;

  • Agen mendapatkan usaha tambahan yang berbeda dari usaha yang sudah ada; dan

  • Agen semakin dikenal masyarakat karena berfungsi sebagai perpanjangan tangan Bank Mandiri.

Siapa saja yang dapat menjadi Mandiri Agen ?

Siapapun yang memenuhi syarat dan kriteria Bank Mandiri dan belum memiliki kerjasama dengan Bank lain.

Bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi Mandiri Agen ?

Pendaftaran Mandiri Agen dapat dilakukan dengan mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat.

Apa persyaratan menjadi Mandiri Agen ?

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 21 tahun
  • Sudah menjadi Nasabah Bank Mandiri;
  • Tidak masuk Daftar Hitam Nasional (DHN) di Bank Indonesia dan tidak memiliki kredit bermasalah;
  • Memiliki sumber pengasilan dari kegiatan usaha yang sudah berjalan min. 2 tahun, atau kegiatan sebagai karyawan tetap dengan masa kerja min. 2 tahun;
  • Memiliki dana di rekening Rp.1 juta; dan
  • Memiliki tempat usaha.

Persyaratan Dokumen:

  • Formulir Pendaftaran yang telah diisi;
  • Fotokopi e-KTP/Surat Keterangan Domisili;
  • Fotokopi NPWP/Surat Keterangan tidak memiliki NPWP (bagi yang tidak punya);
  • Bagi yang memiliki usaha melampirkan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU); dan
  • Bagi Karyawan/pensiunan melampirkan Slip Gaji/Surat Keterangan Pensiun.

Jenis layanan apa saja yang bisa didapatkan jika menjadi Mandiri Agen ?

  • Pembukaan Rekening Tabungan;

  • Setor dan Tarik Tunai;

  • Transfer Dana (sesama Bank Mandiri & Antar Bank);

  • Pembelian pulsa HP dan token;

  • Pembayaran tagihan; dan

  • Program Bansos.

Apa yang dimaksud dengan solusi pembiayaan?

Solusi pembiayaan adalah pemberian investasi bagi mitra Pertashop.

Apa yang dimaksud dengan KUR?

KUR adalah Kredit Usaha Rakyat yang diberikan sebagai tambahan modal bagi usaha yang dijalankan oleh nasabah. Limit dari KUR yang dapat diberikan kepada nasabah maksimal sebesar Rp250 Jt dengan tenor kredit maksimal selama 5 tahun.

Apa saja persyaratan bagi nasabah yang ingin mengajukan KUR ?

Persyaratan pengajuan KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah :

  • e-KTP calon debitur dan pasangan (apabila sudah menikah)

  • Kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah menikah)

  • NPWP

  • Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya

  • Surat keterangan lunas/roya (apabila pada SLIK OJK tercatat masih memiliki baki debet kredit produktif)

  • Memiliki legalitas usaha berbentuk Usaha Dagang (UD)

  • Telah melalui proses pendaftaran Mitra Pertashop, dibuktikan dengan kontrak usaha dan izin operasional Pertashop.

Bagaimana Cara mengajukan fasilitas pembiayaan (kredit) ke Bank Mandiri?

Untuk dapat mengetahui persyaratan dan mengajukan kredit nasabah dapat mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000