Logistic Solutions

Logistic Solutions

Apa itu Logistic Solutions?

Logistic Solutions merupakan solusi penerimaan, pembayaran serta pengelolaan keuangan yang dapat memudahkan transaksi bisnis pada entitas sector Seaport dan Airport. Solusi pada Logistic Solutions yaitu KOPRA H2H – Auto Collection, Port Community Card dan Port Value Chain Financing.

Apa itu KOPRA H2H – Auto Collection?

Kopra H2H – Auto Collection bagi Port Operator adalah solusi penerimaan yang terintegrasi dengan sistem Port Operator yang memiliki fitur inquiry dana, blokir dana serta collect secara real time. Bagi Pengguna Jasa (Shipping, Perusahaan Bongkar Muat, Forwarder) adalah solusi pembayaran kepada Port Operator dengan mendaftarkan rekening di sistem Auto Collection Port Operator.  

Apa saja persyaratan perusahaan yang ingin menggunakan Kopra H2H – Auto Collection bagi Port Operator?

Perusahaan cukup melakukan pembukaan rekening giro yang digunakan sebagai rekening penampung, memiliki API yang dapat terhubung dengan H2H Bank, serta melakukan pengisian PKS layanan Auto Collection.

Apa saja persyaratan perusahaan yang ingin menggunakan Kopra H2H – Auto Collection bagi Pengguna Jasa (Shipping, Perusahaan Bongkar Muat, Forwarder)?

Perusahaan cukup melakukan pendaftaran rekening giro serta pengisian surat kuasa pada sistem Auto Collection Port Operator.

Apakah layanan Kopra H2H – Auto Collection sudah dapat digunakan digunakan di seluruh Pelabuhan?

Saat ini layanan Kopra H2H Auto Collection dapat digunakan di Pelabuhan yang sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Bagaimana cara melakukan monitoring pada layanan Kopra H2H – Auto Collection bagi Port Operator?

Monitoring rekonsiliasi layanan Kopra H2H Auto Collection dapat dilakukan melalui sistem Port Operator dan Kopra Dashboard Port Solutions.

Apa itu Port Community Card ?

Solusi pembayaran jasa kepelabuhan seperti jasa kontainer, jasa depo, jasa dari KSOP dan jasa Kago seperti jasa Regulated Agent, jasa Warehouse dan jasa Cargo Agent menggunakan kartu debit khusus yang hanya bisa digunakan di wilayah kepelabuhan dan wilayah Cargo bandara serta memiliki limit transaksi khusus.

Berapa jumlah kartu maksimal untuk 1 (satu) rekening giro?

1,000 kartu.

Apa saja persyaratan perusahaan/perorangan yang ingin menggunakan layanan Mandiri Debit Port Community Card?

Perusahaan/perorangan cukup melakukan pembukaan rekening giro sebagai sumber dana dan melakukan pengisian form dan PKS layanan PCC.

Bagaimana cara identifikasi kartu?

Setiap kartu akan diberikan 19 digit nomor identifikasi dimana 16 digit pertama adalah sama untuk semua kartu.

Berapa limit transaksi harian kartu?

Limit transaksi disediakan dalam 2 (dua) pilihan yaitu Rp250 Juta dan Rp500 Juta per kartu per hari.

Dimanakah kartu ini sudah dapat digunakan?

Saat ini kartu dapat digunakan di Pelabuhan, KSOP, Depo Kontainer, Regulated Agent dan Warehouse di Bandara tertentu yang sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Apakah kartu dapat digunakan pada channel selain EDC mini ATM?

Tidak.

Apakah kartu dapat digunakan untuk penarikan tunai?

Tidak.

Berapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan Mandiri Debit Port Community Card?

Komponen Biaya

Mandiri Debit Port Community Card

Penerbitan Kartu

IDR20,000 / Kartu

Penggantian Kartu

IDR20,000 / Kartu

Administrasi Bulanan

IDR1,000 / Kartu

Penggantian PIN

IDR5,000 / Kartu

 

 Apa yang dimaksud dengan Port Value Chain Financing?

Merupakan solusi berupa pembiayaan atas kegiatan usaha kepelabuhan bagi pengguna jasa pelabuhan dengan skema khusus yang memudahkan nasabah berdasarkan dokumen Purchase Order (PO) atau Accepted Invoice. Saat ini target pembiayaan fokus kepada entitas Forwarder dan Perusahaan Bongkar. 

Berapa limit yang dapat diberikan ke Pengguna Jasa?

Maksimal 95% dari nilai Invoice/dokumen tagihan lain yang diaksep BANK (Accepted Invoice Financing) atau maksimal 80% dari nilai PO/dokumen pemesanan lain yang diaksep BANK (PO Financing).

Apakah ada agunan yang dijaminkan?

Untuk skema Accepted Invoice Financing agunan berupa piutang minimal 100% dari limit kredit, sedangkan untuk PO Financing terdapat tambahan agunan berupa tanah dan bagunan sesuai dengan kuadran berikut:

Kuadran

Kuadran A

Kuadran B

Kuadran C

Kuadran D

SCR Agunan

25% limit kredit

50% limit kredit

75% limit kredit

100% limit kredit

CASA thd Limit (%)

≥ 25%

< 25%

≥ 25%

< 25%

Mutasi Kredit thd Sales (%)

≥ 50%

≥ 50%

< 50%

< 50%

Berapa suku bunga yang diberikan?

Suku bunga kompetitif dari segmen SME (indikatif 10% pa)

Bagaimana Risk Accepted Criteria (RAC) yang disyaratkan?

Accepted Invoice Financing (AIF):

RAC BOUWHEER

RAC (CALON) DEBITUR

  • Terdapat PKS / MoU / Dokumen setara lainnya dengan Bank Mandiri yang mengatur komitmen pembayaran dari Bouwheer.
  • Merupakan Nasabah/Debitur atau Grup Usaha Nasabah/Debitur:
    • Anchor Client Corporate Banking Group, atau
    • Winning Island kelolaan Commercial Banking Group, atau
    • C-Class kelolaan Government & Institutional Group.
  • Mendapatkan surat rekomendasi/surat keterangan/dokumen setara dari Bouwheer.
  • Pengalaman usaha minimal 2 (dua) tahun.
  • Merupakan badan usaha yang memiliki dokumen legalitas yang masih berlaku.
  • Tidak terdapat informasi negatif mengenai (calon) debitur yang dibuktikan dengan hasil trade checking, community checking, dan bank checking.

 

PO Financing :

RAC BOUWHEER

RAC (CALON) DEBITUR

  • Merupakan Nasabah/Debitur atau Grup Usaha Nasabah/Debitur:
    • Anchor Client Corporate Banking Group, atau
    • Winning Island kelolaan Commercial Banking Group.
  • Apabila Bouwheer merupakan perusahaan diluar dari list client tiering Corporate atau Winning Island Commercial maka dapat diaksep selama terdapat Consent Letter dari GAM Pengelola.
  • Pengalaman usaha minimal 2 (dua) tahun, untuk Forwarder dibuktikan dengan kartu keanggotaan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).
  • Merupakan badan usaha yang memiliki dokumen legalitas yang masih berlaku.
  • Tidak terdapat informasi negatif mengenai (calon) debitur yang dibuktikan dengan hasil trade checking, community checking, dan bank checking.
  • (Calon) Debitur (termasuk CIF Related) memiliki saldo CASA per bulan dalam 4 bulan terakhir di Bank Mandiri yang mengcover minimal 2x proyeksi kewajiban bulanan di Bank Mandiri.

 

 

Info Lebih Lanjut

Kopra Call Center : 1500150 ; +62 21 5299 7676

E-mail : kopra@bankmandiri.co.id