Merdeka Secara Finansial

Wealth Management Berita

 
 

Merdeka Secara Finansial

AntiGrvty

Merdeka finansial atau financial freedom artinya bukan hanya sekedar memiliki uang yang banyak, namun seseorang dikatakan telah mencapai kemerdekaan secara finansial apabila telah hidup cukup sesuai kemampuan dan pastinya bebas dari utang. Selain itu, merdeka finansial merupakan kondisi saat kebutuhan keuanganmu sudah terpenuhi sesuai tujuan hidup. Kondisi seperti apa yang disebut Merdeka Finansial?

  • Cashflow Bulanan Lancar
    Ciri yang pertama ditandai dengan cashflow bulanan yang lancar. Cashflow atau arus kas adalah catatan keuangan yang memuat pemasukan maupun pengeluaran kamu. Kamu termasuk dalam kondisi merdeka finansial jika pengeluaran kamu tiap bulannya tidak lebih daripada pendapatan.
  • Bebas dari Utang Konsumtif
    Bebas dari utang konsumtif merupakan ciri merdeka finansial yang kedua. Utang konsumtif adalah jenis utang yang digunakan untuk memenuhi gaya hidup atau untuk mengikuti tren. Jika ingin membeli barang untuk memenuhi gaya hidup, sebaiknya menabung untuk membeli barang tersebut.
  • Memiliki Dana Darurat
    Ciri yang ketiga yaitu memiliki dana darurat. Seseorang yang merdeka secara finansial pasti sudah antisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Oleh karena itu, pastikan kamu menyiapkan dana darurat. Dana darurat idealnya adalah sebesar 3 – 6 kali lipat dari jumlah kebutuhan kita setiap bulannya. Dana darurat digunakan untuk hal – hal yang bersifat darurat seperti jika terjadi musibah seperti sakit, celaka atau bencana alam.
  • Memiliki Tabungan dan Investasi, Baik Itu Untuk Hidup Maupun Menikmati Hidup
    Ciri yang terakhir dari merdeka finansial dan juga tidak kalah penting adalah memiliki tabungan dan investasi. Tabungan serta investasi nantinya bisa menjadi sumber dana pemenuhan kebutuhan hidup di masa depan. Mulailah investasi dari sekarang, luangkan waktu untuk belajar dan mengedukasi diri kamu tentang berbagai instrumen investasi. Tetap konsisten dan sabar dalam mengelola investasi kamu.

Yuk raih merdeka finansialmu dan wujudkan investasi lewat livin’Investasi.

Baca Artikel Lainnya