Frequently Asked Question Mandiri Mobile Token

Frequently Asked Question Mandiri Mobile Token

Apa itu Mandiri Mobile Token?

Mandiri Mobile Token merupakan Token berbasis aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat pengaman untuk bertransaksi di layanan Bank Mandiri, yaitu Kopra Cash Management dan Kopra Cash Lite.

Apakah Mandiri Mobile Token dan Soft Token merupakan hal yang sama? 

Iya sama. Mandiri Mobile Token merupakan nama aplikasi soft token yang telah dirilis di Play Store dan App Store. Soft Token sendiri merupakan jenis token yang berbasis aplikasi smartphone yang merupakan alternatif pilihan nasabah untuk bertransaksi di kanal layanan bisnis Bank Mandiri, seperti MCM 2.0 dan MCM Lite. 

Siapakah yang bisa menggunakan Mandiri Mobile Token? 

Semua nasabah segmen bisnis perorangan dan perusahaan yang telah terdaftar di Kopra Cash Management atau Kopra Cash Lite.

Apa saja fitur utama Mandiri Mobile Token? 

Autentikasi persetujuan transaksi dengan menggunakan pemindaian Kode QR. 

Apakah manfaat Mandiri Mobile Token? 

  • Keamanan bertransaksi 

  • Fleksibilitas dan efesiensi waktu pada saat autentikasi transaksi 

  • Tampilan antarmuka aplikasi yang mudah digunakan (User Friendly) 

Berapa biaya Soft Token?

  • Nasabah MCM 2.0 dikenakan biaya Rp 100 ribu/token setelah kuota token gratis habis 

  • Nasabah MCM Lite dikenakan biaya Rp 50 ribu/token untuk token baru 

Bagaimana cara Nasabah daftar Soft Token? 

  • Nasabah dapat datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau bisa menghubungi Sales Bank Mandiri untuk didaftarkan soft token. 

  • Nasabah mengisi jumlah soft token formulir aplikasi Kopra Cash Management atau Kopra Cash Lite sesuai dengan kebutuhan user approver/releaser di Company ID-nya.

  • Nasabah mengumpulkan formulir aplikasi yang telah ditandatangani ke Cabang/Sales Bank Mandiri. 

Apa saja yang perlu dipastikan pada saat mendaftarkan nomor telepon User Approver/Releaser yang menggunakan Soft Token? 

  • Pastikan nomor telepon User Approver/Releaser yang didaftarkan merupakan nomor telepon Indonesia dengan kode telepon +62. 

  • Pastikan nomor telepon masih aktif, dapat menerima SMS, dan memiliki pulsa. Pada saat aktivasi mobile token, Kode OTP untuk verifikasi User dikirimkan via SMS ke nomor telepon yang didaftarkan pada User Approver/Releaser milik Nasabah. Setiap pengiriman Kode OTP tersebut dikenakan biaya pulsa sebesar Rp 875,00. 

 

Apa minimum Requirement OS untuk instalasi aplikasi Mandiri Mobile Token? 

 

 

Jenis Device

 

Versi OS

iPhone

iOS 11

 

Android

Android 8

 

Bagaimana cara aktivasi Mandiri Mobile Token? 

  • Unduh dan Pasang Aplikasi Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda melalui Play Store atau App Store.
  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda
  • Klik tombol “Aktivasi” di Aplikasi Mobile Token
  • Baca dan setuju syarat dan ketentuan Mandiri Mobile Token
  • Login ke dalam layanan Kopra Cash Management (mcm2.bankmandiri.co.id)
  • Pilih menu Aktivasi Mobile Token di bagian Keperluan (Utilities)
  • Masukkan nomor telepon Anda di situs Kopra Cash Management
  • Klik tombol Request OTP untuk mengirimkan OTP ke nomor telepon Anda (biaya SMS untuk mengirimkan OTP dikenakan ke nomor telepon nasabah ybs)
  • Masukkan Kode OTP yang Anda terima melalui SMS ke dalam kolom OTP di situs Kopra Cash Management
  • Klik tombol “Aktivasi” di situs Kopra Cash Management
  • Pindai Kode QR yang berada di situs Kopra Cash Mangement dengan Aplikasi Mobile Token
  • Masukkan Kode Verifikasi yang berada di situs Kopra Cash Management ke dalam Aplikasi Mobile Token
  • Klik tombol OK untuk konfirmasi
  • Masukkan Kode Registrasi yang dihasilkan Mobile Token ke situs Kopra Cash Management
  • Klik tombol Berikutnya di situs Kopra Cash Management dan klik tombol Lanjut di Aplikasi Mobile Token untuk melengkapi proses Aktivasi
  • Buat Kode PIN Mobile Token Anda dengan memasukkan 6 digit angka
  • Konfirmasi Kode PIN Mobile Token yang telah Anda buat
  • Klik tombol OK untuk menggunakan Mobile Token Anda

Bagaimana jika nasabah lupa Kode PIN? 

Nasabah dapat mengklik “Lupa PIN” atau “Forgot PIN” di halaman login yang muncul pertama kali pada saat membuka aplikasi setelah aktivasi selesai. Fitur “Lupa PIN” tersebut akan mereset aplikasi sehingga Nasabah perlu melakukan aktivasi Mobile Token kembali. 

Untuk apa fitur “Unlink” atau “Putuskan Aktivasi” di Mandiri Mobile Token? 

  • Jika Nasabah sudah selesai aktvasi di aplikasi Mandiri Mobile Token, tetapi belum selesai proses aktivasi di Web MCM 2.0, Nasabah dapat menggunakan fitur “Unlink” yang berada di Halaman Pengaturan. 

  • Jika Nasabah ingin mengganti ponselnya, Nasabah dapat memutuskan aktivasi di ponsel yang lama dengan menggunakan fitur “Unlink”. 

  • Catatan: Setelah nasabah setuju untuk melakukan “Unlink”, Mobile Token Nasabah otomatis terputus aktivasinya. Jika ingin menggunakan Mobile Tokennya kembali, Nasabah perlu melakukan aktivasi ulang. 

Bagaimana cara menonatifkan Mandiri Mobile Token melalui situs MCM 2.0? 

Jika ponsel Nasabah hilang/rusak/perlu diganti dengan ponsel yang lain, Nasabah dapat menonaktifkan Mandiri Mobile Token di ponsel sebelumnya secara mandiri melalui fitur “Deactivate” yang ada di situs MCM 2.0. Berikut ini adalah cara menonaktifkan Mobile Token melalui situs MCM 2.0: 

  • Login di situs MCM 2.0 dengan akun User Approver/Releaser yang terdaftar Soft Token 

  • Akses Menu “Mobile Token Activation” 

  • Klik Tombol “Deactivate” (“Menonaktifkan") 

  • Konfirmasi Aksi Deaktivasi/Menonaktifkan Token dengan mengklik tombol “OK” (“YA") 

Bagaimana jika token nasabah terkunci (locked) karena kesalahan input Response Code? 

Untuk pembukaan Nasabah dapat menghubungi Cabang terdekat atau Call Center Bank Mandiri di 1500150 dengan menyampaikan informasi Serial Number Token, ID Perusahaan, ID Pengguna, dan KTP. 

Bagaimana jika token nasabah terkunci (locked) karena kesalahan input Kode PIN Token? 

Nasabah dapat datang ke Cabang Bank Mandiri dengan menyampaikan Serial Number Token, Locked Token Challenge, ID Perusahaan, ID Pengguna, dan KTP. 

Bagaimana jika ada kendala teknis pada saat penggunaan Mandiri Mobile Token? 

Jika Anda mengalami kendala pada saat menggunakan Mobile Token, silahkan mendatangi cabang terdekat atau menghubungi Mandiri Call Center di nomor 1500150 atau email ke alamat berikut: 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000 atau MITA 08118414000