Konversi Mandiri Debit Chip melalui Mandiri e-Form

Frequently Asked Question (FAQ)
Konversi Mandiri Debit Chip melalui Mandiri e-Form

Apa yang dimaksud dengan Konversi Mandiri Debit Chip?

Konversi Mandiri Debit Chip adalah penggantian kartu debit berbasis Magnetic Stripe menjadi Chip sesuai dengan arahan Bank Indonesia demi keamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan Mandiri Debit. Informasi lengkap terkait konversi Mandiri Debit Chip dan cleansing Mandiri Debit Magnetic Stripe dapat diakses pada link bmri.id/debitchip.

Mengapa perlu adanya penggantian kartu Mandiri Debit Chip?

Penggantian kartu Mandiri Debit Chip diperlukan untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Kartu berbasis chip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.

Apakah Mandiri Debit Magnetic Stripe atau Mandiri Debit yang lama masih dapat digunakan untuk bertransaksi?

Mandiri Debit Magnetic Stripe atau Mandiri Debit yang lama masih dapat digunakan hingga tanggal blokir yang telah ditentukan (sesuai informasi yang tercantum pada FAQ bmri.id/debitchip). Nasabah yang masih menggunakan Mandiri Debit Magnetic Stripe diharapkan segera mengganti kartu ke Mandiri Debit Chip sebelum tanggal blokir yang telah ditentukan.

Dimana nasabah dapat melakukan penggantian kartu Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip?

Penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip saat ini dapat dilakukan melalui Cabang Bank Mandiri terdekat maupun melalui Customer Service Machine terdekat. Khusus untuk penggantian Mandiri Debit di Cabang, permintaan penggantian dapat dilakukan melalui Mandiri e-Form.

Dimana lokasi Customer Service Machine?

Customer Service Machine berada di kantor cabang dan lokasi tertentu yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri: Cabang Bekasi Juanda (15600), Senayan City Mall (12222), Cabang Depok (15700), Mall Pondok Indah 1 (10105), Kota Kasablanka Mall (12428).

Apa yang disiapkan nasabah saat mengganti kartu Mandiri Debit di Customer Service Machine?

  • Ganti Kartu dengan Kartu (Card for Card)
    • Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi baik)
    • Nasabah memastikan kembali kondisi kartu Mandiri Debit masih dapat dipergunakan di mesin ATM
    • Nasabah masih mengetahui PIN kartu Mandiri Debit yang akan diganti
  • Ganti Kartu tanpa Kartu (Lost Card)
    • Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi baik)
    • Nasabah mengetahui nomor rekening dari kartu debit yang akan diganti
    • Nasabah masih mengetahui PIN kartu Mandiri Debit yang akan diganti

Apa yang dimaksud dengan permintaan penggantian Mandiri Debit melalui Mandiri e-Form?

Mandiri e-Form merupakan Formulir Permintaan/Keluhan Nasabah elektronik yang dapat diakses melalui device/HP nasabah. Dengan melakukan permintaan penggantian Mandiri Debit melalui Mandiri e-Form, nasabah dapat mengisi data pribadi secara elektronik dari mana dan kapan saja sebelum datang ke Cabang/bertemu dengan Customer Service sehingga mempercepat proses penggantian Mandiri Debit di Cabang. Selain itu, Mandiri e-Form juga menyediakan fitur pesan antrian sehingga nasabah dapat melakukan pemesanan Cabang, tanggal, dan waktu kunjungan untuk melakukan proses penggantian Mandiri Debit. Pesan antrian ini dapat dilakukan hingga 5 hari kerja berikutnya.

Bagaimana alur penggantian Mandiri Debit melalui Mandiri e-Form?

Alur penggantian kartu Mandiri Debit melalui Mandiri e-Form adalah sebagai berikut:
  • Nasabah mengakses alamat https://eform.bankmandiri.co.id/#!/cardReplace dengan tampilan sebagai berikut:
  •  
  • Nasabah memasukkan data pribadi berupa:
    • NIK
    • No. rekening
    • No. Mandiri Debit
    • No. HP
    • Alamat email (apabila no. referensi ingin dikirimkan ke email)
  • Nasabah memilih layanan yaitu Penggantian Kartu Debit
  • Nasabah memilih jenis kartu pengganti
  • Nasabah memilih jenis alasan penggantian kartu
  • Apabila nasabah memilih fitur “Pesan Antrian” maka:
    • Nasabah memilih kota, Cabang, tanggal dan jam kunjungan untuk melakukan penggantian kartu
    • Klik submit maka Nomor Referensi akan langsung dikirimkan ke No.HP/email nasaba
  • Apabila nasabah tidak memilih fitur “Pesan Antrian”, setelah klik submit maka Nomor Referensi akan langsung dikirimkan ke No.HP/email nasabah
  • Nasabah datang ke Cabang untuk melakukan penggantian kartu membawa Nomor Referensi
  • Nasabah mendapatkan Mandiri Debit baru

Dokumen apa saja yang harus dibawa untuk penggantian Mandiri Debit?

Untuk penggantian Mandiri Debit di Cabang, nasabah perlu membawa dokumen sebagai berikut:
  • Mandiri Debit yang akan diganti
  • KTP asli
  • Apabila Mandiri Debit hilang, perlu tambahan dokumen buku tabungan atau surat keterangan kehilangan dari kepolisian

Berapa lama masa berlaku Nomor Referensi Mandiri e-Form penggantian Mandiri Debit?

Nomor Referensi Mandiri e-Form dapat digunakan dalam 14 (empat belas) hari kerja sejak tanggal pengisian formulir (sejak nomor referensi terbentuk).

Apa saja hal yang perlu diperhatikan bagi nasabah pemesan fitur “Pesan Antrian”?

Hal-hal yang perlu diperhatikan nasabah pemesan fitur “Pesan Antrian” pada Mandiri e-Form adalah:
  • Nasabah diwajibkan datang ke Cabang pilihan sesuai dengan rentang waktu yang telah dipilih. Apabila terlambat, maka akan diperlakukan sebagai antrian reguler di Cabang.
  • Apabila nasabah datang sebelum waktu yang telah dipilih, maka dapat langsung dilayani di Customer Service apabila sedang tidak ada antrian. Namun jika di Customer Service sedang terdapat antrian maka nasabah akan dilayani sesuai dengan waktu yang telah dipilih.
  • Cabang yang telah menerapkan fitur “Pesan Antrian” hanya Cabang-Cabang yang tercantum pada daftar Cabang saat nasabah memilih fitur “Pesan Antrian”

Kemana nasabah dapat mengetahui informasi mengenai penggantian Mandiri Debit Chip?

Mandiri Call 14000
Twitter: @bankmandiri
Facebook: Bank Mandiri
Instagram: @official.bank mandiri

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000