Layanan Mandiri Smart Account

Layanan Mandiri Smart Account

Apa itu Mandiri Smart Account (MSA)?

Mandiri Smart Account adalah layanan cash management berupa penggunaan sub-rekening giro yang bersifat virtual (Virtual Account) yang membantu Perusahaan untuk melakukan pengelolaan dana terpusat dengan kemudahan alokasi, pencatatan dan identifikasi transaksi.

Bagaimana posisi Smart Account terhadap rekening Giro?

Smart Account merupakan satu bagian dari rekening Giro, Anda dapat membuat ribuan rekening Smart Account secara mandiri hanya dengan menginduk kepada 1 rekening Giro saja. Anda juga dapat mengatur limit transaksi debit dan/atau kredit untuk masing-masing Smart Account.

Skema transaksi apa saja yag didukung oleh Mandiri Smart Account?

MSA dapat menjadi solusi untuk beberapa contoh skema bisnis sebagai berikut:

  • Rekening Operasional

    • Efisiensi pengelolaan kas melalui pemusatan likuiditas dan pengalokasian dana di internal Perusahaan melalui perampingan kepemilikan rekening Giro (mengganti Rekening Operasional dengan Smart Account).

  • Petty Cash

    • Solusi Cashless untuk mengakomodir alokasi kegiatan kas kecil/operasional di cabang/unit Perusahaan.

  • Pengiriman dana

    • Anda dapat mengirim dana secara mudah dan realtime kepada business counterpart Perusahaan melalui Cabang ataupun kanal digital Bank Mandiri.

  • Intermediary dana/ wallet/ deposit

    • Smart Account sebagai intermediary account untuk aktifitas jual beli maupun pencatatan deposit dana dalam skema wallet dalam eCommerce atau FinTech

Siapa saja yang membutuhkan solusi Mandiri Smart Account?

  • Perusahaan yang sedang mengelola banyak rekening Giro operasional (desentralisasi) dan memiliki roadmap untuk bertransformasi ke arah konsep sentralisasi dana rekening operasional perusahaan (contoh : imprest account dan treasury single account).

  • Perusahaan dengan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi.

  • Perusahaan dengan kebutuhan pengiriman uang ke Unbanked People dan/atau dalam rangka program-program seperti reward/ insentif dan subsidi.

  • Perusahaan dengan kebutuhan intermediary account platform dalam mendukung bisnis di bidang eCommerce atau fintech.

Apa saja fitur utama Mandiri Smart Account?

Fitur utama MSA antara lain:

  • Pembukaan dan pengelolaan limit transaksi dilakukan secara mandiri melalui Smart Account Management System (SAMS) Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API)

  • Fleksibilitas penomoran Smart Account, Anda dapat leluasa memberikan nomor unik untuk masing-masing unit/cabang Perusahaan sesuai kebutuhan

  • Fleksibilitas pengelolaan rekening, Anda dapat memblokir/buka blokir Smart Account sewaktu-waktu melalui SAMS Portal atau melalui integrasi secara Host-to-Host (API)

  • Smart Account dapat di transaksikan di Cabang dan kanal digital Bank Mandiri, seperti: ATM, EDC, Mandiri Cash Management, dan Host-to-Host Payment.

Apa benefit menggunakan layanan Mandiri Smart Account?

  • Simplifikasi pengelolaan keuangan dengan sentralisasi rekening untuk mengoptimalkan likuiditas dana Perusahaan.

  • Meningkatkan efisiensi pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi, dan rekonsiliasi. Kontrol dan visibilitas posisi likuiditas yang lebih baik melalui pemusatan dana

  • Efisiensi cost melalui perampingan kepemilikian rekening Giro/ Tabungan (perusahaan tidak perlu mengelola banyak rekening Giro/ tabungan)

  • Peningkatan profit dari optimalisasi likuiditas di satu rekening induk (Giro)

  • Investasi minimum untuk solusi intermediary dana bagi nasabah segmen eCommerce dan

  • FinTech.

Apa syarat mendaftar layanan Mandiri Smart Account?

  • Terdaftar sebagai nasabah Mandiri Giro

  • Pengguna layanan Mandiri Cash Management atau layanan Mandiri Host-to-Host Payment

Info Lebih Lanjut

1500150 atau Mandiri Call 14000