Valas - Cara Buka Rekening Valas R11

Livin'   /   Edukasi   /  Valas   /  Buka Rekening Valas

 Cara Buka Rekening Valas di Livin' by Mandiri

Download Sekarang! Temukan segala kemudahan transaksi finansial di Livin'. Dan pelajari cara penggunaannya di sini.

Cara Buka Rekening Valas

1

 

Pada halaman Beranda Pilih Buka Sekarang pada bagian Tabungan 

2

 

Pilih Buka Sekarang pada halaman pilihan produk tabungan untuk buka Tabungan Valas

3

 

Masuk halaman produk detail tabungan valas dan pilih ‘Lanjutkan

4

 

Masuk halaman Syarat dan Ketentuan buka rekening valas dan pilih ‘Saya Setuju

5

 

Masuk halaman Pilih Mata Uang asing yang tersedia dan klik ‘Pilih’ untuk melanjutkan pembukaan rekening valas

6

 

Tampil layar konfirmasi pembukaan rekening valas utama (Main) atau rekening valas tambahan (Sub)
 

7

 

Pilih Ambil Selfie untuk verifikasi wajah

8

 

Lakukan verifikasi wajah dengan memposisikan wajah dalam bingkai dan kedipkan mata

9

 

Verifikasi Berhasil

10

 

Tampil layar setoran awal untuk rekening valas utama (Main) dan rekening valas tambahan (Sub)

11

 

Tampil overlay Konfirmasi Setoran Awal

12

 

Masukkan PIN Livin

13

 

Tampil result pembukaan rekening valas

14

 

Tampil overlay Hubungkan ke Kartu

15

 

Pilih Kartu untuk dihubungkan
(Maksimal 1 Virtual dan 1 Fisik)

16

 

Masukkan PIN Livin

17

 

Result sukses menghubungkan ke kartu Fisik dan kartu Virtual

18

 

Tampil overlay Aktivasi Debit Multicurrency (Transaksi Luar Negeri dengan Rekening Valas)

19

 

Pilih kartu yang ingin diaktifkan Transaksi Luar Negeri (jika menghubungkan ke 1 kartu fisik dan 1 kartu virtual)

Frequently Asked Questions (FAQs)

Merupakan fitur Pembukaan rekening Valuta Asing (Valas) dengan pilihan beragam mata uang asing dengan produk Tabungan Multicurrency untuk nasabah yang telah memiliki rekening Tabungan/Giro rupiah (bukan rekening joint account) Bank Mandiri.

Tersedia 11 valuta asing yaitu USD, SGD, JPY, EUR, CHF, GBP, AUD, HKD, MYR, THB, dan SAR (valuta dapat berubah mengikuti kebijakan yang berlaku).

Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening Valas kapanpun.

Untuk dapat memilih mata uang, pastikan nasabah masih memiliki kuota rekening untuk mata uang yang akan dipilih. Kuota rekening untuk masing-masing mata uang adalah 3 (tiga) rekening (kuota dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Bank Mandiri).

Nasabah yang berhasil melakukan pembukaan rekening Tabungan Multicurrency tidak akan mendapatkan buku tabungan, sehingga untuk informasi mutasi rekening dapat dilihat melalui aplikasi Livin' by Mandiri. Nasabah juga dapat memperoleh e-statement melalui email setiap bulan dan melalui detail rekening di aplikasi Livin' by Mandiri. Nasabah juga dapat melakukan permohonan pencetakan rekening koran di Cabang Bank Mandiri terdekat.

Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada nasabah yang melakukan pembukaan rekening Valas di Livin' by Mandiri. Akan tetapi, terdapat biaya administrasi rekening bulanan sesuai kebijakan yang berlaku.

Dalam 1 (satu) set Tabungan Multicurrency terdiri dari 1 (satu) rekening Main Account dan beberapa rekening Sub Account. Main Account adalah rekening Tabungan Multicurrency yang pertama kali dibuka di Livin’ by Mandiri sesuai jenis mata uang yang dipilih nasabah. Sedangkan Sub Account adalah rekening Tabungan Multicurrency yang dibuka setelah pembukaan Main Account dengan mata uang yang berbeda dengan yang sudah dimiliki. Biaya-biaya pengelolaan rekening Tabungan Multicurrency hanya akan dibebankan ke Main Account, sedangkan untuk Sub Account tidak dibebankan biaya pengelolaan rekening kecuali biaya pencetakan rekening koran on demand.

Main Account rekening Tabungan Multicurrency akan terbentuk apabila nasabah memenuhi salah satu kondisi berikut:

  • Nasabah telah mempunyai rekening Tabungan Multicurrency dengan mata uang yang sama, atau
  • Nasabah belum mempunyai rekening Main Account, atau
  • Kuota rekening Sub Account telah mencapai batas maksimal (saat ini maksimum 9 rekening Sub Account).

Sub Account rekening Tabungan Multicurrency akan terbentuk apabila nasabah memenuhi seluruh kondisi berikut:

  • Nasabah belum mempunyai rekening dengan mata uang yang sama, dan
  • Nasabah mempunyai rekening Main Account dengan status Active atau New Today dengan saldo, dan
  • Nasabah masih memiliki kuota rekening Sub Account (belum mencapai batas maksimal).

Fitur setoran awal, saldo minimal, dan biaya yang hanya dibebankan pada Main Account dapat dilihat pada tabel berikut:

Nasabah dapat melihat nomor rekening setelah proses pembukaan rekening berhasil pada halaman “Hasil Pembukaan Rekening Berhasil”. Informasi perihal nomor rekening juga akan diterima melalui “Inbox” pada Livin' by Mandiri dan dikirimkan ke email nasabah yang terdaftar pada Livin' by Mandiri. Selain itu, nasabah juga dapat melihat informasi rekening di halaman Beranda pada bagian “Tabungan dan Deposito”.

Terdapat beberapa kemungkinan sebagai berikut apabila nasabah tidak dapat melanjutkan proses pembukaan rekening:

  • Nasabah memiliki rekening dengan status restricted/frozen atau terblokir sehingga nasabah belum bisa membuat rekening baru. Namun, nasabah dapat mengajukan pembukaan blokir rekening tersebut melalui cabang Bank Mandiri.
  • Nasabah tidak memiliki rekening Rupiah aktif di Bank Mandiri. Namun, nasabah dapat membuka rekening Rupiah terlebih dahulu melalui Livin' by Mandiri maupun cabang Bank Mandiri.
  • Semua rekening Tabungan Multicurrency Main Account nasabah dalam status pasif atau dormant. Maka nasabah dapat melakukan aktivasi rekening terlebih dahulu melalui cabang Bank Mandiri.
  • Nasabah mempunyai rekening Tabungan Multicurrency Main Account yang setoran awalnya belum diselesaikan. Untuk dapat membuka rekening Valas yang baru, nasabah perlu menyetor terlebih dahulu.
  • Jumlah rekening Tabungan Multicurrency nasabah sudah mencapai batas maksimal untuk setiap mata uang.
  • Tidak ada mata uang yang tersedia karena semua mata uang dalam status OFF. Nasabah dapat mencoba membuka kembali ketika status mata uang sudah ON kembali.

Nasabah dapat memilih untuk melakukan salah satu hal berikut:

  • Nasabah dapat membatalkan pembukaan rekening valas, atau
  • Nasabah dapat lanjut membuka rekening valas tanpa setoran awal.

Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening valas dengan langsung setor atau setor nanti saat rekening sudah terbentuk. Namun apabila nasabah tidak melakukan setoran awal untuk Main Account hingga 90 hari kalender atau untuk Sub Account hingga 180 hari kalender terhitung sejak rekening terbentuk, maka rekening tersebut akan ditutup.

Terdapat beberapa kemungkinan sebagai berikut apabila Nasabah tidak dapat menghubungkan rekening valas ke kartu debit:

  • Jenis kartu debit Nasabah tidak dapat dihubungkan ke jenis rekening dari Tabungan Multicurrency. Nasabah dapat melakukan request kartu debit baru melalui Livin’ by Mandiri atau cabang Bank Mandiri
  • Kuota rekening terhubung pada Kartu debit Nasabah telah mencapai jumlah maksimal. Nasabah dapat mengatur rekening terhubung di Livin’ by Mandiri pada Menu Card Control.
  • Kartu debit Nasabah terhubung dengan rekening berstatus selain active dan new today. Nasabah dapat mengatur rekening terhubung di Livin’ by Mandiri pada Menu Card Control.

Kemungkinan Nasabah menghubungkan rekening valas ke kartu debit yang tidak dapat digunakan untuk transaksi luar negeri (Debit GPN). Apabila Nasabah ingin mengaktifkan transaksi luar negeri untuk rekening valas, Nasabah dapat menghubungkan rekening valas ke kartu debit VISA.

Di mana pun, kapan pun, apa pun device kamu,

Download Aplikasi Livin’ by Mandiri

Dan dapatkan kemudahan dalam segala urusan finansial sekarang

Aplikasi Livin Mandiri