Replace Chat Float

Content - Transfer VALAS R17

Livin'   /   Edukasi   /   Cara Transfer Valas

Cara Transfer Valas di Livin' by Mandiri

Download Sekarang! Temukan segala kemudahan transaksi finansial di Livin'. Dan pelajari cara penggunaannya di sini.

Cara Transfer Valas

1

 

Pilih menu Transfer Valas

2

 

Baca Syarat & Ketentuan, lalu pilih Saya Setuju

3

 

Pilih jenis transfer Ke Luar Negeri

4

 

Pilih mata uang tujuan

5

 

Pilih Metode Transfer

6

 

Pilih Metode Transfer yang diinginkan

7

 

Masukkan nominal yang diterima, lalu lanjutkan

8

 

Isi detail penerima, lalu lanjutkan

9

 

Lengkapi informasi tambahan yang diperlukan

10

 

Cek dan konfirmasi detail transfer, pastikan sudah sesuai

11

 

Masukkan PIN Livin'

12

 

Cek status transfer setelah permintaan transfer valas terkirim 

13

 

Status transfer dapat dicek berkala melalui menu Pesan

14

 

Rekening penerima otomatis tersimpan di Daftar Transfer

Risiko:

  • Risiko transaksi tidak sesuai:
    Risiko kesalahan dalam menginput data benefficiary/penerima dana, sehingga dana gagal dikirimkan atau dikirimkan ke penerima yang salah.
  • Risiko kegagalan sistem:
    Risiko terjadinya gangguan koneksi atau adanya pemeliharaan sistem sehingga menyebabkan transaksi transfer valas gagal.
  • Risiko gagal transfer:
    Risiko gagal transfer terjadi apabila nasabah melakukan transaksi transfer valas melebihi dari limit harian atau limit sekali transaksi, atau tidak memiliki saldo yang mencukupi.

FAQ - Transfer VALAS HKD Gone R17

Frequently Asked Questions (FAQs)

Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri merupakan fitur transaksi valuta asing untuk pengiriman dana ke bank di luar negeri yang diteruskan melalui metode non-SWIFT.

Transfer valas melalui Livin' by Mandiri dapat dilakukan secara 24/7melalui Livin’ by Mandiri dengan penerusan
dana bisa dalam hitungan menit dan dana yang diterima oleh penerima tidak dipotong biaya apapun (full
amount guarantee). Full amount guarantee ini berlaku untuk semua transaksi kecuali global USD (pengiriman
USD ke negara selain Amerika Serikat). Untuk Global USD terdapat kemungkinan Bank Penerima melakukan
pemotongan biaya tambahan di sisi penerima yang berlaku sesuai kebijakan Bank Penerima. .

Sedangkan transfer valas melalui metode SWIFT hanya dapat dilakukan pada jam operasional Kantor Cabang Bank Mandiri dengan pengenaan komponen biaya sebagai berikut:

  • OUR: biaya dibebankan ke pengirim
  • BEN: biaya dibebankan ke penerima

Nasabah Pengirim dapat melakukan transaksi dari mata uang IDR maupun valuta asing ke 17 mata uang tujuan
dan total sekitar 180 negara tujuan sebagai berikut:

  • USD : Amerika Serikat
  • Global USD: negara di luar Amerika Serikatsesuai list yang ada di Livin’by Mandiri
  • GBP: Inggris Raya
  • EUR: Austria, Belgia, Belanda, Cyprus, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Monako, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol
  • SGD: Singapura
  • AUD: Australia
  • CAD (Interac dan Local Bank)*: Kanada
  • HKD: Hongkong
  • INR (UPI ID dan Local Bank)*: India
  • THB: Thailand
  • CNY: China
  • JPY: Jepang
  • AED: Emirate Arab
  • CHF: Swiss Franc
  • KRW: Korea Selatan
  • MYR (DuitNow dan Local Bank)*: Malaysia
  • PHP: Filipina
  • VND: Vietnam
  • NZD: New Zealand

*Beberapa mata uang tujuan memiliki lebih dari 1 metode transfer. Setiap metode transfer memiliki biaya dan SLA pengiriman yang berbeda. Nasabah dapat memilih metode transfer yang diinginkan pada tampilan Livin’ by Mandirisesuai dengan kebutuhan.

Terdapat 2 komponen biaya transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri:

  • Biaya Komisi: akan dihitung berdasarkan nominal dan waktu transaksi nasabah pengirim. Biaya ini bersifat float (dapat berubah) sesuai nominal dan waktu transaksi nasabah pengirim
  • Biaya Transaksi: Bebas biaya new release sampai dengan 31 Oktober 2024, selanjutnya IDR 75.000 atau USD 5 equivalent per transaksi. Biaya ini bersifat flat (tetap) yang dikenakan per transaksi ke nasabah pengirim

Ya. Kurs yang digunakan untuk transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri adalah kurs terkini yang lebih kompetitif.

Tidak. Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dapat dinikmati nasabah untuk pengiriman dana ke bank di luar negeri selama 24/7 tanpa batasan jam operasional transaksi.

Dana transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dapat diteruskan ke nasabah tujuan dalam hitungan menit, hitungan jam, atau harian, tergantung pada pilihan tujuan mata uang dan waktu pengiriman transaksi nasabah di negara tujuan.

Ya. Fitur Transfer Valas di Livin’ by Mandiri bersifat transparan dengan menampilkan waktu estimasi penerusan dana pada layar utama Transfer Valas, setelah info nominal transaksi diinput oleh nasabah pengirim.

Seluruh nasabah Livin’ by Mandiri yang telah memiliki rekening tabungan maupun giro individual retail dalam 14 mata uang sebagai berikut:

  • IDR
  • USD
  • EUR
  • SGD
  • AUD
  • GBP
  • HKD
  • CNY
  • JPY
  • CHF
  • THB
  • MYR
  • SAR
  • CAD
  • NZD

Layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri saat ini sudah bisa diperuntukan bagi nasabah dengan kebutuhan pengiriman dana ke tujuan rekening bank atau e-wallet di luar negeri.

Saat ini, layanan Transfer Valas melalui metode non-SWIFT hanya dapat dinikmati di channel Livin’ by Mandiri. Sementara layanan transaksi valas di Kantor Cabang dapat dinikmati nasabah melalui metode SWIFT.

Nasabah yang ingin melakukan Transfer Valas selain dari 18 mata uang tujuan (USD, GBP, EUR, SGD, AUD, CAD, HKD, INR, THB, CNY, JPY, AED, CHF, KRW, MYR, PHP, VND, dan NZD), dapat mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat dan melakukan transfer valuta asing menggunakan metode SWIFT.

Untuk layanan transfer valuta asing ke tujuan sesama Bank Mandiri dapat dilakukan melalui menu Transfer Valas dengan sub menu Antar Mandiri, dengan 14 mata uang tujuan, yaitu :

  • USD
  • EUR
  • SGD
  • AUD
  • GBP
  • HKD
  • CNY
  • JPY
  • CHF
  • THB
  •  MYR
  • SAR
  •  CAD
  • NZD

Sementara layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri ke Bank Lain di Indonesia hanya dapat mengakomodir mata uang USD dengan menggunakan layanan Global USD.

Saat ini, untuk mata uang non-lokal negara tujuan hanya dapat mengakomodir mata uang USD dengan menggunakan layanan Transfer Valas Ke Luar Negeri - Global USD.

Ya, terdapat ketentuan limit transaksi sebagai berikut:

  • Limit minimum transaksi: USD 5 equivalent
  • Limit maksimum per transaksi:
    • USD, EUR, SGD, GBP, AUD, PHP, AED, HKD, CHF, NZD atau mata uang lain yang ditentukan Bank Mandiri dikemudian hari = equilavent USD 25.000 atau Rp. 375.000.000 (nilai yang lebih kecil)
    • THB = THB 49.999
    • INR = INR 200.000
    • CAD = CAD 10.000
    • CNY = CNY 50.000
    • JPY = JPY 1.000.000
    • KRW = KRW 5.000.000
    • VND = VND 490.000.000
  • Limit maksimum transaksi bulanan: USD 100.000 equivalent secara akumulatif per orang (jika transaksi dari sumber dana valuta IDR)

Nasabah dapat melakukan transaksi transfer valas di Kantor Cabang dengan membawa dokumen underlying kebutuhan transaksi.

Saat ini, layanan Transfer Valas di Livin’ by Mandiri hanya dapat digunakan untuk nominal transaksi bulanan < USD 100.000 equivalent tanpa dokumen underlying. Untuk kebutuhan transaksi di atas USD 100.000 equivalent dengan dokumen underlying hanya dapat dilakukan melalui metode SWIFT di Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Ya. Nasabah dapat melakukan tracking status transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri dengan langkah sebagai berikut:

  • Klik Menu Inbox atau Pesan di Livin’ by Mandiri.
  • Pilih detail transaksi Transfer Valas yang telah ditransaksikan bagian Prioritas.

Serta, nasabah akan dikirimkan Push Notification ketika terjadi perubahan status transaksi berhasil maupun gagal.

  • Permintaan Transfer Dikirim: dana sudah ditarik dari rekening nasabah pengirim untuk dan akan dikirimkan ke nasabah tujuan.
  • Transfer Valas Berhasil Diproses: dana sudah sampai di bank tujuan dan sedang diteruskan ke rekening penerima.
  • Transer Valas Tidak Berhasil: transaksi tidak dapat diteruskan karena (a) terdapat ketidaksesuaian detail info penerima, atau (b) rekening nasabah penerima tidak aktif, atau (c) nasabah terindikasi dalam sanction screening list di Indonesia maupun negara tujuan.

Ya. Dana nasabah akan dikembalikan ke rekening sumber dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dana nasabah akan dikembalikan dengan menggunakan kurs yang berlaku pada saat tanggal pengembalian dana refund dengan SLA pengembalian paling lambat 7 hari kerja.
  • Jika nasabah pengirim maupun penerima terindikasi dalam pengecekan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) dan/atau pengecekan sanction list, maka Bank berhak melakukan pembatalan transaksi atau melakukan permintaan dokumen pendukung tambahan kepada nasabah pengirim untuk diserahkan kepada otoritas.

Ya. Nasabah penerima dapat mengetahui pengiriman dana dari Bank Mandiri melalui e-mail yang telah di-input oleh nasabah pengirim saat proses transaksi Transfer Valas di Livin’ by Mandiri.

Ya. Data detail penerima yang dibutuhkan untuk transaksi ke masing-masing mata uang tujuan Transfer Valas di Livin’ bersifat dinamis sesuai ketentuan transfer masing-masing mata uang lokal negara tujuan.

  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • ACH Routing Number (9-digit angka identifier akun rekening bank penerima yang ada di wilayah Amerika Serikat)
  • Jenis rekening (Giro/Tabungan)
  • Nomor rekening
  • Alamat penerima (negara tujuan, kota, kode pos, nomor bangunan/rumah)
  • Email penerima

 

  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • SWIFT Code/BIC Bank Penerima
  • Jenis rekening (Giro/Tabungan)
  • Nomor rekening atau IBAN Penerima
  • Alamat penerima (negara tujuan, kota, kode pos)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • UK Sort Code (6-digit angka identifier akun rekening bank penerima yang ada di wilayah Inggris Raya)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • IBAN (maksimum 34-digit identifier akun rekening bank penerima yang ada di negara-negara Uni Eropa)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Nama bank
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • BSB code (6-digit angka yang terdiri dari nomor: bank, negara, dan cabang yang ada di Australia)
  • Nomor rekening
  • Alamat penerima (Negara, Kota, Alamat Tujuan)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Jenis Rekening(Giro/Tabungan)
  • Email atau nomor handphone penerima
  • Interac Security Question & Answer
  • Alamat penerima (Negara, Kota, Alamat Tujuan, Nomor Bangunan)
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Institution Number
  • Transit Number
  • Jenis Rekening (Checking/Sparkonto)
  • Nomor Rekening
  • Email penerima
  • Alamat penerima (Negara, Kota, Alamat Tujuan)
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Jenis Rekening(Giro Tabungan)
  • Nama Bank (picklist)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Routing Code IFSC(11-digit angka yang terdiri dari nomor: bank, dan cabang yang ada di India)
  • Nomor rekening
  • Email penerima

*Sesuai dengan ketentuan di India, nama penerima harus terdiri dari nama depan dan belakang. Jika penerima hanya memiliki 1 nama, maka input nama tersebut sebagai nama depan dan nama belakang. Sebagai contoh: Jika nama nasabah hanya “Livia”, maka input “Livia Livia”. Jika nasabah nama depan atau nama belakang penerima hanya 1 huruf misalnya “Livia M” maka input “Livia LiviaM”

  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • UPI ID
  • Email penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Thailand Bank Code(3-digit angka yang merepresentasikan bank di Thailand)
  • Nomor rekening
  • Email penerima
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • Alipay ID
  • Email penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
     

Sesuai ketentuan regulator di China, penerima dana dari transaksi lintas negara di Alipay China hanya diperkenankan untuk Warga Negara China, jika Alipay ID dimiliki oleh bukan Warga China maka transaksi tidak akan berhasil.

Pada kondisi tertentu, Alipay juga dapat meminta informasi tambahan ke Penerima yang disampaikan melalui SMS atau Notifikasi di Aplikasi Alipay. Permintaan informasi ini harus dijawab dalam waktu maksimal 72 jam sejak permintaan dikirim, jika tidak dipenuhi maka terdapat kemungkinan transaksi tidak dapat diteruskan ke Alipay ID Penerima

  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima (Katakana/Latin, agar dipastikan nama dan penggunaan jenis aksara sesuai dengan yang tercatat di rekening bank penerima)*
  • Nama bank***
  • Jenis Rekening (Savings(普通 Futsuu)/Deposito (貯蓄 Chochiku)/Checking (当座 Touza))
  • Nomor Rekening**
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)


    * Mayoritas nama penerima pada rekening bank penerima di Jepang tertulis dalam Katakana, pastikan kepada penerima bahwa nama yang diinput telah sesuai, termasuk juga urutan penulisan nama (nama depan, nama tengah dan nama belakang) dengan yang tercatat pada rekening penerima. **Khusus untuk Japan Post Bank atau Yuucho Bank (ゆうちょう銀行), nomor rekening penerima bisa terdiri dari 8 digit. Saat ini, hanya 7 digit yang bisa diinput pada Nomor Rekening, untuk itu Nasabah tidak perlu menginput 1 digit terakhir. Pastikan 7 digit yang diinput telah sesuai dengan memeriksa pada alamat laman 記号番号から振込用の店名・預金種目・口座番号を調べる-ゆうちょ銀行 ***Khusus untuk Kode Cabang Japan Post Bank atau Yuucho Bank (ゆうちょう銀行), setiap nasabah memiliki 5 digit kode unik yang bernama Kigo (記号), namun kode ini bukan merupakan kode cabang bank tujuan. Untuk memilih kode cabang tujuan, pilih digit ke-2 dan ke-3 ditambahkan dengan angka “8”. Sebagai contoh, jika Kigo penerima adalah 12345, kode cabang bank penerima adalah 238
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • IBAN (maksimal 34-digit angka identifier akun rekening bank penerima)
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Negara Bank Tujuan (Liechtenstein/Switzerland)
  • Jenis penerima (Bisnis/Perorangan)
  • Nama penerima
  • IBAN (maksimal 34-digit angka identifier akun rekening bank penerima)
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Nama penerima
  • Tanggal Lahir (Hanya untuk jenis penerima pribadi)
  • Nama Bank
  • Nomor Rekening
  • Nomor Handphone Penerima
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Jenis Penerima
  • Nama penerima
  • Nama Bank
  • Nomor Rekening
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Jenis Penerima
  • Nama penerima
  • Duitnow ID
  • Jenis Rekening (Police Number/Business Registration Number/Mobile Number/NRIC)
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Jenis Penerima
  • Nama penerima
  • Nama Bank
  • Nomor Rekening*
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)
  • Jenis Penerima
  • Nama penerima
  • Nama Bank
  • Nomor Rekening*
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)


    *Pastikan Nomor Rekening penerima yang diinput telah sesuai. Kesalahan pada pengisian detail rekening penerima dapat berakibat refund dengan SLA 2 Hari Kerja hingga 3 bulan.
  • Jenis Penerima
  • Nama penerima
  • Nomor Rekening*
  • Email Penerima
  • Alamat Penerima (Negara, Alamat Tujuan, Kota, Kode Pos)


    *Pastikan Nomor Rekening penerima yang diinput telah sesuai. Kesalahan pada pengisian detail rekening penerima dapat berakibat refund dengan SLA 2 Hari Kerja hingga 3 bulan.

Untuk field Tujuan Penggunaan Dana, tersedia pilihan sebagai berikut: Personal, Family, Education, Training, Goods, Travel, Property, Service, Loan, Investment, Medical, Other Nasabah dapat memilih sesuai dengan tujuan penggunaan dana yang dikirimkan. Terdapat juga beberapa field khusus untuk mata uang tertentu yang dapat diisi sesuai kebutuhan transfer.

Ya. Terdapat ketentuan dari pemerintah lokal untuk mata uang CAD. Ketentuan pemerintah lokal Kanada mengatur penerima harus menjawab security question dengan benar sesuai security answer yang diinput nasabah pengirim. Jika penerima tidak menjawab security question dengan security answer yang sesuai, atau dalam 30 hari penerima tidak menjawab security answer, maka transaksi akan dibatalkan otomatis dan dilakukan proses refund sesuai ketentuan SLA (Service Level Agreement) yang berlaku.

Penulisan nama penerima disesuaikan dengan nama yang didaftarkan pada rekening. Apabila nama penerima hanya terdiri dari satu kata, pengirim dapat mengisikan kembali nama (first name) tersebut sebagai nama belakang (last name).

Apabila nasabah mengalami kendala rekening sumber dana tidak muncul, pastikan dahulu rekening sumber dalam status aktif.

Apabila nasabah mengalami kendala tombol ‘Simpan ke Daftar’ tidak muncul, hal ini dikarenakan:

  • Data penerima akan otomatis tersimpan (autosaved) ke dalam ‘Saved List’ setelah Transfer Valas ke luar negeri berhasil dilakukan.
  • Data yang diisikan oleh nasabah terkait dengan detail penerima akan tersimpan dan akan mengisi kolom secara otomatis (auto prefill) apabila nasabah melakukan transaksi kembali dengan memilih dari ‘Saved List’.
  • Apabila nasabah melakukan transfer valas dengan tujuan nama yang sama, tetapi rekening tujuan berbeda, maka pada ‘Saved List’ akan muncul dua rekening yang berbeda pada satu nama yang sama.

Nasabah harus melakukan verifikasi ulang (provisioning) untuk melakukan penggantian PIN transaksi agar dapat kembali bertransaksi.

Syarat dan ketentuan Transfer Valas ke Luar Negeri melalui Livin’ by Mandiri dapat diakses melalui link berikut https://bmri.id/livintncvalasln

Di mana pun, kapan pun, apa pun device kamu,

Download Aplikasi Livin’ by Mandiri

Dan dapatkan kemudahan dalam segala urusan finansial sekarang

Aplikasi Livin Mandiri