chat banking
layanan chatbanking - DCAS
Layanan Chat Banking
Layanan chat banking adalah layanan perbankan non transaksional, nasabah dapat melakukan cek saldo, cek mutasi rekening, dan blokir kartu debit. Semua dapat dilakukan dengan mudah, kapan pun dan dimana pun dengan MITA di official business account Bank Mandiri pada aplikasi WhatsApp di nomor 0811 84 14000.
Cara Mengakses Chat Bot MITA di WhatsApp
Cara Melakukan Aktivasi Layanan Chat Banking di Chat Bot MITA
Frequently Asked Questions Layanan Chat Banking di Chat Bot MITA
Kenali MITA Secara Langsung! dan Gunakan Layanan Mandiri Chat Banking
Scan QR code atau klik tombol dibawah ini untuk menggunakan layanan mandiri chat banking kapan pun dan di mana pun
Cara mengakses Chat Bot MITA di WhatsApp
- Nasabah harus memiliki aplikasi WhatsApp di smartphone. Nasabah dapat melakukan download dan install aplikasi WhatsApp melalui PlayStore atau AppStore
- Nasabah dapat menyimpan terlebih dahulu (add to contacts) nomor official WhatsApp business account Bank Mandiri (0811 84 14000) di perangkat yang dimiliki.
- Sebelum memulai menggunakan chatbot MITA pastikan bahwa akun WhatsApp tersebut adalah akun WhatsApp bisnis resmi Bank Mandiri yang memiliki tanda centang berwarna hijau atau biru.
Cara Melakukan Aktivasi Layanan Mandiri Chat Banking
Ketik "Aktivasi"
Masuk ke chat room percakapan di official account BMRI kemudian ketik Aktivasi.
Pilih "Jenis Aktivasi"
Pilih jenis aktivasi dan system akan mengirimkan link URL yang harus dibuka oleh nasabah.
Setujui Syarat & Ketentuan
Nasabah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan kemudian tekan tombol Lanjutkan.
Masukkan Data Kartu Debit
Masukkan data kartu debit kemudian klik tombol kirim OTP.
Masukkan kode OTP
Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui 83355.
Proses Aktivasi Berhasil
Proses aktivasi berhasil kemudian nasabah akan mendapatkan pop notifikasi “Berhasil” dan akan kembali ke chat room.
Cara Cek Saldo
Ketik "Cek Saldo"
Ketik Cek Saldo kemudian klik link yang diberikan.
Masukkan "PIN SMS Banking"
Masukkan PIN SMS Banking yang Anda daftarkan.
Validasi PIN Berhasil
Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai
maka nasabah akan mendapatkan notifikasi
bahwa validasi PIN berhasil.
Cek Saldo Berhasil
Nasabah akan diarahkan kembali
ke ruang percakapan. Informasi saldo akan
dimunculkan di dalam chat room.
Cara Cek Mutasi Rekening
Ketik "Cek Mutasi"
Ketik Cek Mutasi kemudian klik link yang diberikan.
Masukkan "PIN SMS Banking"
Masukkan PIN SMS Banking yang Anda daftarkan.
Validasi PIN Berhasil
Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai
maka nasabah akan mendapatkan notifikasi
bahwa validasi PIN berhasil.
Cek Mutasi Berhasil
Nasabah akan diarahkan kembali
ke ruang percakapan. Informasi mutasi 5 hari
terakhir akan dikirimkan di dalam chat room.
Cara Blokir Kartu Debit
Ketik "Blokir Kartu"
Ketik Cek Mutasi kemudian klik link yang diberikan.
Masukkan "PIN SMS Banking"
Masukkan PIN SMS Banking yang Anda daftarkan.
Konfirmasi Pemblokiran Kartu
Tekan tombol Ya untuk mengkonfirmasi kartu yang akan di blokir telah benar.
Validasi PIN Berhasil
Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai maka nasabah akan mendapatkan notifikasi bahwa validasi PIN berhasil.
Blokir Kartu Berhasil
Nasabah akan diarahkan kembali ke ruang percakapan. Informasi status pemblokiran akan dimunculkan di dalam chat room.
FAQ Chat Banking - DCAS
Frequently Asked Questions Layanan Chat Banking
- 1. Cek Saldo Tabungan Mandiri.
- 2. Cek Mutasi (5 transaksi terakhir).
- 3. Blokir Kartu Debit.
- 1.Nasabah harus terdaftar terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna mandiri SMS Banking(SMS01).
- 2.Nomor WhatsApp yang digunakan merupakan nomor ponsel yang terdaftar aktif pada layanan Sms Banking Financial (SMS01).
- 3.Melakukan permintaan aktivasi chat banking di chat room WhatsApp Bank Mandiri.
- 4.Menyetujui syarat dan ketentuan aktivasi.
- 5.Melakukan langkah-langkah aktivasi chat banking.
- 1.Nasabah memiliki kartu mandiri debit yang terhubung dengan nomor rekening.
- 2.Nomor kartu mandiri debit pada poin 1 harus memiliki BIN Range sebagai berikut :
- 3.Nomor rekening nasabah telah terdaftar sebagai pengguna SMS Banking.
- 4.Nomor SMS Banking yang telah terdaftar harus sama dengan nomor whatsApp yang akan digunakan oleh nasabah.
- 5.Nasabah harus menyetujui terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan penggunaan mandiri chat banking.
Sistem akan melakukan validasi terlebih dahulu apakah nasabah sudah melakukan aktivasi mandiri chat banking terlebih dahulu setiap saat nasabah melakukan permintaan check saldo, check mutasi dan blokir kartu debit.
- 1. Pastikan nasabah memegang smartphone yang didalamnya terdapat SIM card yang bernomor sama dengan nomor SMS Banking.
- 2. Pastikan ketersedian pulsa pada nomor diatas agar dapat menerima SMS OTP.
- 3. Pastikan nomor 83355 (sender sms OTP) tidak dalam keadaan diblokir pada setting kontak smartphone.
- 4. Terdapat tombol resend OTP yang dapat digunakan oleh nasabah dengan maksimal penggunakan sebanyak 2 kali. OTP yang didapat dari hasil resend hanya dapat digunakan selama halaman aktivasi (landing page) masih valid (5 menit).
- 1. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit dilakukan di hari yang sama dengan penggantian nomor SMS Banking, nasabah akan mendapatkan link untuk memasukkan PIN SMS Banking, namun saat PIN dimasukkan, proses cek saldo/cek mutase/blokir kartu debit akan gagal.
- 2. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit di keesokan hari, nasabah akan diminta untuk melakukan proses reaktivasi chat banking.
- a. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit dilakukan di hari yang sama dengan penggantian nomor SMS Banking, nasabah akan mendapatkan link untuk memasukkan PIN SMS Banking, namun saat PIN dimasukkan, proses cek saldo/cek mutase/blokir kartu debit akan gagal.
- b. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit di keesokan hari, nasabah akan diminta untuk melakukan proses reaktivasi chat banking.