Permintaan Penggantian Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan

FAQ: Permintaan Penggantian Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan

Apakah yang dimaksud Permintaan Penggantian Kartu Mandiri Debit untuk Alasan Keamanan?

Permintaan penggantian Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan merupakan salah satu langkah peningkatan keamanan transaksi nasabah Bank Mandiri dimana nasabah diminta untuk mengganti kartu Mandiri Debit saat ini dimilki. Untuk tetap dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman, nasabah dimohon untuk dapat segera melakukan penggantian kartu yang dinon-aktifkan Bank di kantor Cabang Bank Mandiri terdekat atau CS Machine Bank Mandiri.

 

Apa ciri/bukti bahwa pemberitahuan penggantian Kartu Mandiri Debit nasabah tersebut adalah benar dari Bank Mandiri?

Nasabah yang diminta melakukan penggantian Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan akan menerima pemberitahuan resmi dari Bank Mandiri melalui pesan WhatsApp dari official WhatsApp Bank Mandiri ke nomor Handphone nasabah yang terdaftar di sistem bank. Nasabah diharapkan waspada dan mengabaikan segala pemberitahuan fiktif/palsu yang diterima yang mengatasnamakan Bank Mandiri, dan nasabah wajib menjaga kerahasiaan PIN Kartu Mandiri Debit dari pihak manapun. Segala akibat dari kelalaian nasabah dalam menjaga kerahasiaan PIN Kartu Mandiri Debit adalah merupakan tanggung jawab nasabah.

 

Apakah yang harus dilakukan nasabah apabila menerima pemberitahuan untuk penggantian kartu Mandiri Debit?

Nasabah agar segera melakukan penggantian kartu ke cabang Bank Mandiri terdekat atau melalui CS Machine Bank Mandiri. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan nasabah belum melakukan penggantian kartu, maka untuk alasan keamanan kartu lama nasabah akan dinonaktifkan.

 

Untuk penggantian kartu Mandiri Debit di Cabang Bank Mandiri atau CS Machine Bank Mandiri, dokumen apa saja yang perlu dibawa oleh nasabah?

Dokumen yang harus dilengkapi nasabah antara lain kartu identitas (KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA) dan kartu Mandiri Debit eksisting. Penggantian kartu Mandiri Debit dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri atau CS Machine Bank Mandiri tanpa dikenakan biaya.

 

Apa yang dapat dilakukan nasabah untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu Mandiri Debit?

  • Menjaga selalu kerahasiaan dan tidak memberikan informasi data kartu Mandiri Debit antara lain PIN, nomor kartu, tanggal berlaku kartu, 3 digit nomor CVV di belakang kartu, dan SMS OTP kepada siapapun termasuk kepada pihak bank

  • Menjaga kerahasiaan PIN saat bertransaksi di ATM dan mesin EDC

  • Perhatikan dan hentikan transaksi apabila ada sesuatu yang mencurigakan saat bertransaksi di ATM atau EDC

  • Aktifkan layanan SMS notifikasi dan Mandiri Online untuk dapat mengantisipasi apabila terdapat transaksi yang mencurigakan

  • Melakukan penggantian PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan transaksi

  • Segera lakukan pemblokiran kartu melalui 14000, Mandiri Online, atau di kantor cabang terdekat apabila kartu hilang, tertelan, atau terdapat transaksi yang mencurigakan.

  • Apabila terdapat permasalahan terkait kartu Mandiri Debit agar menghubungi Mandiri Call 14000.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000