Customer Service Machine

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)
CS Machine

 

I. Informasi Umum

1. Apa yang dimaksud dengan CS Machine?

CS (Customer Service) Machine merupakan layanan digital terbaru Bank Mandiri yang hadir untuk menawarkan solusi dengan proses penggantian kartu debit dan pembukaan rekening secara praktis dan mandiri (self service) tanpa harus mengantre di Customer Service cabang.

 

2. Layanan apa saja yang dapat dilakukan melalui CS Machine?

  • Pembukaan rekening untuk nasabah baru Bank Mandiri. 
  • Penggantian kartu debit dengan kartu (card for card). 
  • Penggantian kartu debit tanpa kartu (lost card).

 

3. Benefit apa saja yang ada pada CS Machine?

a. Mudah dan Cepat 

Memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi dengan menggunakan mesin tanpa harus datang antri di cabang. Untuk pembukaan rekening hanya butuh waktu 5 menit dan 1 menit untuk penggantian kartu.

b. Aman dan Nyaman

Metode otentikasi berlapis yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Nasabah cukup menggunakan sarana verfikasi antara lain e-KTP, sidik jari, nomor handphone aktif, e-mail aktif, atau kartu debit.

 

4. Apa kriteria Nasabah yang dapat menggunakan CS Machine?

Nasabah baru:

  • Merupakan nasabah baru belum pernah terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri
  • Nasabah baru yang tidak memiliki kepemilikan wajib pajak di luar negeri

Nasabah eksisting:

  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti kartu debit karena kondisi kartu rusak.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti kartu debit karena kartu hilang.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti jenis kartu debit dari magnetic stripe ke kartu debit chip.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti jenis kartu debit (upgrade / downgrade).

 

5. Di mana saja kah lokasi adanya CS Machine?

Saaat ini berada di kantor cabang dan lokasi tertentu yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri: Bekasi Juanda (15600), Senayan City Mall (12222), Depok (15700), Jakarta Mall Pondok Indah 1 (10105), Kota Kasablanka Mall (12428).

 

6. Apa yang harus disiapkan nasabah saat menggunakan CS Machine?

a. Pembukaan Rekening

  • Calon nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik), No HP & alamat email yang aktif dan bisa diakses oleh nasabah, serta nomor NPWP (tidak wajib).
  • Calon nasabah memiliki pulsa dan paket data di handphone

 

b. Penggantian Kartu Mandiri Debit

A. Kartu dengan kartu (card for card)

  • Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik).
  • Nasabah memastikan kembali kondisi kartu debit masih dapat digunakan di mesin ATM.
  • Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang ingin digantikan

B. Tanpa kartu (lost card)

  • Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik)
  • Nasabah mengetahui nomor rekening dari kartu debit nya akan diganti
  • Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang akan diganti.

 

7. Apakah penggantian kartu di CS Machine dikenakan biaya?

 

8. Jenis Kartu Mandiri Debit apa saja yang dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine?

  • Silver GPN
  • Gold GPN
  • Platinum GPN
  • Silver VISA
  • Gold VISA
  • Platinum VISA

 

9. Jenis Kartu Mandiri Debit apa saja yang tersedia di CS Machine?

Kartu Mandiri Debit yang tersedia adalah VISA Gold dan GPN Gold

 

10. Jenis Kartu Mandiri Debit apa saja yang tersedia di CS Machine?

Kartu Mandiri Debit yang tersedia adalah VISA Gold dan GPN Gold

 

11. Apakah Kartu Mandiri Debit yang memiliki lebih dari 1 rekening di dalamnya (multiaccount) akan otomatis terbawa ke kartu baru beserta status primary & secondarynya?

Ya, kartu baru dari CS Machine akan secara otomatis membawa seluruh rekening yang ada pada kartu lama nasabah
 

12. Apakah jika status rekening terblokir apakah masih dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine?

Tidak, nasabah harus mengunjungi cabang untuk memproses kebutuhan ini.

 

13. Bagaimana jika status kartu terblokir? Apakah bisa melakukan penggantian kartu di CS Machine?

Bisa, dengan menggunakan fitur ganti kartu tanpa kartu (lost card).

 

14. Bagaimana jika nasabah mengalami kegagalan bertransaksi?

Nasabah dapat melaporkan ke mandiri call 14000 atau ke cabang untuk keluhan yang dialami.

 

15. Apakah jika nasabah sudah memiliki rekening di Mandiri, nasabah bisa membuat rekening lain di CS Machine?

Saat ini layanan yang tersedia adalah untuk pembukaan rekening bagi nasabah baru saja. Untuk pembuatan rekening tambahan dapat dilakukan di Customer Service cabang.

 

16. Apakah calon nasabah akan mendapatkan buku tabungan?

Tidak, nasabah tidak mendapatkan buku tabungan dari pembukaan rekening Mandiri Tabungan di CS Machine. Nasabah dapat melihat mutasi rekening melalui e-statement yang dikirimkan via e-mail yang didaftarkan oleh nasabah pada saat pembukaan rekening atau melalui channel mobile banking/ internet banking/ SMS.

 

17. Jenis tabungan apa saja yang dapat dibuat di CS Machine?

Produk tabungan yang saat ini tersedia adalah Mandiri Tabungan dengan biaya administrasi bulanan sebesar Rp12.500, setoran awal besar Rp500.000, dan saldo minimal sebesar Rp100.000.

 

18. Berapa lama periode penyetoran awal setelah tabungan terbentuk?

Periode setoran awal ke tabungan adalah 90 hari sejak tabungan terbentuk. Adapun untuk nominal setoran awal adalah minimal Rp500.000.

 

19. Bagaimana cara untuk melakukan setoran awal?

Setoran awal dapat dilakukan melalui transfer, mesin setor tarik tunai (CRM), ataupun setoran di cabang Bank Mandiri.

 

20. Bagaimana jika nasabah ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai CS Machine?

Nasabah dapat mengunjungi cabang pengelola mesin CS Machine atau dapat menghubungi call center 14000. Saat ini CS Machine berada di lokasi: Bekasi Juanda (15600), Senayan City Mall (12222), Depok (15700), Jakarta Mall Pondok Indah 1 (10105), Kota Kasablanka Mall (12428).

 

II. Langkah-Langkah Tiap Layanan

A. Kartu dengan kartu (card for card)

Bagaimana cara mengganti kartu debit (dengan kartu) di CSM?

1) Nasabah memilih opsi ”Ganti Kartu Debit”

2)    Nasabah memilih opsi ”Bawa”.

3)   Nasabah memasukkan Kartu Mandiri Debit yang akan digantikan


4)    Nasabah memasukkan PIN Kartu Mandiri Debit

5)    Nasabah melakukan tap e-KTP hingga proses verifikasi berhasil, dilanjutkan dengan peletakkan telunjuk kanan di fingerprint reader. Jika verifikasi berhasil, maka nama nasabah secara otomatis akan dimunculkan di layar.

6)    Masukkan tanggal lahir yang terdaftar

7)    Nasabah memilih produk kartu debit yang diinginkan 

8)     Konfirmasi biaya penggantian kartu. Biaya kartu hanya akan dikenakan jika nasabah melakukan downgrade jenis kartu. Untuk upgrade dan sejenisnya gratis.

9)    Nasabah membuat PIN Debit Mandiri baru


10)    Proses penggantian kartu selesai, nasabah dapat mengambil Kartu Mandiri Debit yang baru


B. Penggantian tanpa kartu (lost card)

Bagaimana cara mengganti kartu debit (tanpa kartu) di CS Machine?

1)    Nasabah memilih opsi ”Ganti Kartu Debit”.

2)    Nasabah memilih opsi ’Tidak Bawa Kartu’.

3)    Nasabah melakukan tap e-KTP hingga proses verifikasi berhasil, dilanjutkan dengan peletakkan fingerprint. Jika verifikasi berhasil, maka nama nasabah secara otomatis akan dimunculkan di layar.


4)     Nasabah memasukkan nomor rekening yang terhubung dengan kartu yang ingin digantikan. Nomor rekening ini dapat dilihat oleh nasabah melalui buku tabungan, mandiri online, atau e-statement.

5)    Nasabah memilih kartu Mandiri Debit yang akan dilakukan penggantian

6)    Nasabah memasukkan PIN dari kartu Mandiri Debit yang akan dilakukan penggantian.

7)    Nasabah memilih produk kartu debit yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan memilih jenis kartu pada layar CS Machine.

8)    Konfirmasi biaya penggantian kartu

9)    Nasabah membuat PIN baru Kartu Mandiri Debit.

10) Proses penggantian kartu selesai, nasabah dapat mengambil Kartu Mandiri Debit yang baru

 

III. Layanan Pembukaan Rekening

Bagaimana langkah untuk membuka rekening untuk nasabah baru Bank Mandiri di CS Machine?

1) Nasabah memilih menu “buka rekening".

 

2) Nasabah memilih menu ”Rekening Baru”.

*Untuk menu pembukaan rekening tambahan akan hadir dalam waktu dekat

3) Nasabah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan selama proses pembukaan rekening berupa e-KTP (dalam kondisi baik), No HP & alamat email yang aktif dan bisa diakses oleh nasabah, serta NPWP (tidak wajib).

4) Nasabah melakukan beberapa konfirmasi pada opsi pernyataan nasabah, yakni

a) Syarat Umum Pembukaan Rekening. Untuk dapat melanjutkan pembukaan rekening maka nasabah harus melakukan scroll hingga ke bagian paling bawah untuk memilih tombol “klik untuk menyatakan bahwa persyaratan sudah selesai dibaca”.

Setelah tombol tersebut diklik, maka tombol ‘Setuju’ dapat dipilih untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

b) Pernyataan Penggunaan Data Pribadi Nasabah. Nasabah dapat bebas untuk memilih penggunaan data pribadinya oleh pihak Bank.

c) Pernyataan Kepemilikan Kewajiban Pajak di Luar Negeri. Nasabah yang dapat melanjutkan transaksi adalah yang tidak memiliki Kewajiban Pajak di Luar Negeri.

5) Nasabah memilih produk Tabungan

6) Nasabah memilih produk kartu mandiri debit.

7) melakukan tap e-KTP hingga proses verifikasi berhasil, dilanjutkan dengan peletakkan fingerprint. Jika verifikasi berhasil, maka nama nasabah secara otomatis akan dimunculkan di layar.


8) Nasabah melakukan scan e-KTP dengan memasukkan e-KTP pada lokasi scanner. Hasil dari proses scan akan ditampilkan di layar, jika hasilnya sudah cocok maka nasabah dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

9) Nasabah melakukan scan e-KTP dengan memasukkan e-KTP pada lokasi scanner. Hasil dari proses scan akan ditampilkan di layar, jika hasilnya sudah cocok maka nasabah dapat melanjutkan ke proses selanjutnya

10) Nasabah melakukan input nomor OTP (One Time Password) yang telah dikirim melalui SMS sebagai verifikasi.

11) Nasabah melakukan input alamat email untuk diverifikasi melalui OTP

12) Nasabah melakukan input nomor OTP (One Time Password) yang telah dikirim melalui email sebagai verifikasi kesesuaian data alamat email yang telah di input atau memilih opsi ’kirim ulang’ jika kode OTP  belum diterima.

13) Nasabah mengisi data-data pribadi

14) Nasabah melakukan konfirmasi kepemilikan NPWP dengan opsi pilihan yang sudah tersedia. Jika nasabah memilih “bawa NPWP”, maka nasabah akan diminta untuk memasukkan nomor NPWP

15) Nasabah memilih jenis alamat korespondensi yang akan digunakan untuk pengiriman dokumen perbankan

16) Nasabah melakukan konfirmasi data pribadi dari data yang sudah diinput dan dari e-KTP. Untuk bisa melanjutkan transaksi, nasabah dipersilahkan update keempat data yang memiliki icon pensil terlebih dahulu


 
17) Nasabah membuat PIN kartu debit

18) Nasabah membuat PIN Mobile Banking (mandiri online). Nasabah dapat mengakses full feature mandiri online tanpa harus aktivasi di cabang/ ATM

19) Nasabah tanda tangan pada tempat yang telah disediakan.

20) Nasabah melakukan verifikasi spesimen tanda tangan yang telah dibuat sebelumnya dan pilih “Simpan”.

21) Proses pembuatan rekening telah selesai. Nasabah dapat langsung mengambil Kartu Mandiri Debit. Layar akan menampilkan informasi mengenai nomor rekening dan informasi lengkap akan dikirimkan ke di email yang sudah diverifikasi.

Nasabah dapat melakukan setoran awal melalui:

  • Transfer
  • Setoran di mesin setor tarik tunai (CRM) Bank Mandiri
  • Setoran di cabang Bank Mandiri

*periode setoran awal adalah 90 hari sejak pembuatan rekening

 

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000