Replace Chat Float

QRIS ID/ENG

Home   /    Bisnis   /   E-Banking   /  Mandiri QRIS

Nikmati keuntungan dan kemudahan dengan QRIS Bank Mandiri.

Permudah penerimaan transaksi menggunakan QR Code dari semua aplikasi berbasis QR di Indonesia untuk kemudahan bisnis Anda.

 

Keuntungan Menjadi Merchant Mandiri QRIS

Pendaftaran Mudah dan Cepat

Cukup penuhi persyaratan dan anda bisa langsung bergabung hanya dalam hitungan hari
              

Service handal dan jangkauan luas

Bergabung dengan ratusan ribu merchant Bank Mandiri lainnya dan terima pembayaran dari jutaan wallet

Laporan Transaksi yang Tepat dan Akurat

Dapatkan laporan harian yang lengkap dan memudahkan tracking transaksi harian Anda

Bermacam Program dan Promo Menarik

Tingkatkan penjualan dengan berbagai program dari Bank Mandiri

Produk kami dengan
QRIS Statis

QR Code yang dapat dicetak dalam bentuk sticker, tentcard, lanyard untuk memfasilitasi berbagai transaksi pembayaran yang berbeda

Livin’ Usaha

Daftar merchant QRIS dari smartphone dan nikmati berbagai fitur menariknya.

  • Untuk nasabah perorangan 
  • Pendaftaran dilakukan dimana saja
  • Settlement dan Report di hari yang sama

QRIS Statis

Metode pembayaran QRIS via sticker cetak yang murah, mudah dan cepat.

  • Untuk nasabah perorangan dan badan usaha
  • Settlement dan Report H+1 kalender
  • Notifikasi email realtime

Produk kami dengan
QRIS Dinamis

QR Code yang di-generate melalui menu QRIS pada mesin EDC atau POS anda, dan hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi

QRIS API

API QRIS memfasilitasi pembayaran via QRIS di aplikasi atau device Anda

  • Untuk mitra yang memiliki Web/ Apps/ POS
  • Settlement dan Report H+1 kalender
  • Notifikasi near-realtime

QRIS EDC

Nikmati pembayaran via QRIS melalui EDC Bank Mandiri.

  • Untuk nasabah badan usaha
  • Settlement dan Report H+1 kalender
  • Terima transaksi QR domestik dan international

Biaya dan Limit Transaksi QRIS

A. Biaya

Merchant Reguler

Jenis Usaha MDR
Usaha Mikro 0.3%
Usaha Kecil, Usaha Menengah, dan Usaha Besar 0.7%
 

Merchant Khusus

Jenis Usaha MDR
Pendidikan 0.6%
SPBU, Badan Layanan Umum, Public Service Obligation 0.4%
Goverment to People (contoh: Bansos) 0.0%
People To Goverment (contoh: Pajak dan Donasi Sosial) 0.0%

B. Limit Transaksi

Nominal untuk setiap transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per transaksi sesuai ketentuan PADG.

FAQ ID/ENG

Frequently Asked Questions (FAQs)

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Keuntungan bagi merchant:

Dengan terintegrasinya QR code menjadi Satu QRIS untuk semua, maka proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat memangkas waktu antrian.

Keuntungan bagi konsumen:

Konsumen bisa lebih fleksibel dalam memilih aplikasi pembayaran dengan QR code ketika melakukan transaksi. Bayangkan, konsumen yang tadinya dihadapkan dengan QR code dari berbagai penyedia aplikasi sebelum melakukan transaksi pembayaran, sekarang hanya dihadapkan dengan satu QR code yaitu QRIS, tentunya jauh lebih fleksibel kan!

Merchant Presented Mode (MPM)

Metode pembayaran dimana QRIS milik Merchant akan di-scan oleh konsumen menggunakan Livin' by Mandiri atau aplikasi pembayaran lain, caranya:
  • Buka Livin' by Mandiri
  • Pilih QR Bayar
  • Scan QRIS milik merchant
  • Masukkan Pin Livin’
  • Terima notifikasi pembayaran berhasil

Customer Presented Mode (CPM)

Metode pembayaran dimana konsumen generate QRIS melalui Livin' by Mandiri atau aplikasi pembayaran lain untuk kemudian di-scan dengan POS atau Scanner Merchant, caranya:
  • Buka Livin' by Mandiri
  • Pilih QR Bayar, lalu pilih Tampilkan QR
  • Masukkan Pin Livin'
  • Muncul QR dan arahkan pada POS/ Scanner Merchant
  • Terima notifikasi pembayaran berhasil
  • QRIS sebagai alternatif penerimaan pembayaran non-tunai dari aplikasi Livin’ by Mandiri maupun berbagai aplikasi perbankan dan/atau fintech lainnya.
  • Transaksi tercatat otomatis dan dapat direkap riwayat transaksinya.
  • Penurunan risiko rugi karena salah dalam memberikan uang kembalian atau menerima pembayaran dengan uang palsu.
Bank Mandiri menyediakan solusi pengajuan QRIS Statis Individu/ perorangan dan pengajuan QRIS Statis dalam jumlah banyak untuk Badan Usaha (contoh: Donasi Sosial, Pendidikan dan lain-lain) dengan menghubungi email: mandiricare@bankmandiri.co.id atau Mandiri Call 14000
QRIS dapat digunakan untuk pembayaran dengan cara memindai kode QR yang disediakan oleh pedagang atau penyedia jasa keuangan. Setelah pemindaian, Anda dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti dompet digital atau kartu bank, dan mengonfirmasi pembayaran.
QRIS mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk dompet digital (seperti GoPay, OVO, Dana, dan lain-lain), kartu kredit/debit, transfer bank, dan pembayaran langsung dari aplikasi perbankan.
Toko atau merchant yang menerima pembayaran menggunakan QRIS biasanya akan menampilkan logo QRIS dan kode QR di tempat kasir atau titik pembayaran. Anda dapat bertanya kepada petugas toko jika tidak yakin apakah QRIS didukung.
Merchant Discount Rate (MDR) adalah biaya yang dibebankan kepada Merchant melalui pemotongan nilai pembayaran atas transaksi QRIS di Merchant.
Sesuai surat Bank Indonesia No. 25/316/DKSP/Srt/B tanggal 26 Juni 2023 perihal Penyampaian Penetapan Skema Harga Pemrosesan Transaksi QRIS MPM dan CPM serta Kebijakan MDR QRIS untuk Usaha Mikro. Skema harga Merchant Discount Rate (MDR) QRIS untuk Usaha Mikro dari semula 0% menjadi 0,3% berlaku sejak tanggal 1 Juli 2023.
Jenis Merchant Kategori % MDR
Reguler Usaha Mikro (UMI) 0.3%
Usaha Kecil (UKE), Usaha Menengah (UME) dan Usaha Besar (UBE) 0.7%
Khusus Pendidikan 0.6%
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Badan Layanan Umum (BLU), Public Service Obligation (PSO) 0.4%
Government to People (G2P) seperti Bantuan Sosial (Bansos), People to Government (P2G) antara lain pajak, paspor, dan donasi sosial (nirlaba) 0%
MDR dibebankan kepada pedagang atau merchant sebagai bagian dari biaya layanan pembayaran digital. Sebagai customer tidak dikenakan biaya MDR tambahan ketika menggunakan QRIS untuk pembayaran di Merchant.
Biaya MDR dibebankan kepada merchant melalui pemotongan nilai pembayaran transaksi QRIS sehingga transaksi yang masuk kerekening merchant sudah dikurangi biaya MDR.
MDR diterapkan untuk memungkinkan penyedia layanan pembayaran digital, seperti bank atau perusahaan dompet digital, untuk mengoperasikan infrastruktur dan menyediakan layanan pembayaran yang aman dan praktis.

Semua jenis metode pembayaran digital memiliki risiko, termasuk pembayaran menggunakan QRIS, yang terbagi atas pembayaran QRIS melalui merchant dan pembayaran dengan menggunakan Aplikasi Livin’ by Mandiri dengan fitur QR Bayar.

Risiko yang melekat pada QRIS di merchant meliputi:  

  • Risiko Transaksi tidak sesuai:
    • Risiko QR yang akan dibayar adalah QR palsu, bukan merupakan QR Merchant tempat bertransaksi, sehingga perlu memastikan bahwa QR tersebut adalah sesuai dengan nama Merchant tempat Nasabah melakukan transaksi pembayaran.  
    • Risiko pembayaran QR menggunakan QR yang dikirimkan dari entitas penipu sehingga dana yang dibayarkan Nasabah masuk ke rekening penipu.  
  • Risiko keamanan data: 
    Risiko memberikan akses ke data pribadi dengan memindai kode QR dari sumber yang tidak aman dan tidak terpercaya, sehingga berpotensi mengakibatkan pelanggaran privasi dari penyalahgunaan pihak yang tidak bertanggung jawab.   
  • Risiko Kegagalan Sistem: 
    Risiko terjadinya gangguan koneksi atau adanya pemeliharan sistem sehingga menyebabkan transaksi pembayaran gagal.
  • Risiko Gagal Bayar: 
    Risiko gagal bayar terjadi apabila Nasabah melakukan transaksi pembayaran lebih dari limit harian atau limit sekali transaksi atau tidak memiliki saldo yang cukup.
Informasi lebih lanjut mengenai QRIS dapat datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi Mandiri Call 14000.