Program Payroll Bonus Asuransi

Program Payroll Bonus Asuransi

Apa itu Program Payroll Bonus Asuransi?

Program benefit bonus asuransi bagi Nasabah Payroll1) Perusahaan/Institusi terpilih2) yang memiliki kerjasama payroll dengan Bank Mandiri.

1) Untuk pegawai di perusahaan yang melakukan kerjasama payroll baru atau melakukan pembaharuan kerjasama payroll selama periode program.

2) Hubungi Call Center/Cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengetahui daftar perusahaan terpilih

Apa saja benefit yang diterima jika mengikuti Program Payroll Bonus Asuransi?

Benefit asuransi yang diterima oleh Nasabah payroll Bank Mandiri akan dipenuhi oleh rekanan Bank Mandiri yaitu PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) melalui produk Mandiri Mikro Sejahtera (MMS) dimana 100% biaya premi akan ditanggung oleh Bank Mandiri.

Benefit asuransi yang diterima melalui program adalah, sebagai berikut:

Santunan

Jumlah Santunan*)

Santunan Tunai Rawat Inap di Rumah Sakit**)

Ketentuan:

  • Minimal 4 (empat) hari berturut-turut dirawat inap di Rumah Sakit
  • Maksimal 6 (enam) kali Rawat Inap per tahun

Rp150.000,-

Santunan Meninggal Dunia Karena Sebab Apapun

(bukan karena kecelakaan)

Rp1.250.000,-

Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Rp10.000.000,-

Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Dalam Transportasi Umum***)

Rp15.000.000,-

Santunan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan

Maksimal  Rp2.500.000,-

*) Merupakan total nilai santunan yang akan dibayarkan per kejadian
**) Rawat Inap di RS akibat covid-19 dapat di-cover, dengan syarat & ketentuan perawatan dilakukan di Rumah Sakit dan bukan isolasi mandiri
***) Total nilai santunan = Rp25.000.000,- (Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Dalam Transportasi Umum + Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan)

Berapa lama periode perlindungan asuransi diterima?

Perlindungan atau benefit asuransi bagi Nasabah akan berlaku selama 12 (dua belas) bulan sejak polis asuransi diterbitkan. Perlindungan asuransi akan berakhir apabila Nasabah mencapai usia > 64 tahun atau sudah tidak lagi menjadi nasabah payroll Bank Mandiri (dipilih mana yang lebih dahulu).

Kapan periode pendaftaran program berlangsung?

Pendaftaran program melalui PIC Perusahaan/Institusi untuk diteruskan ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat dimulai pada periode bulan 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2023.

Bagaimana cara mengikuti Program Payroll Bonus Asuransi?

Nasabah bisa mengikuti Program Payroll Bonus Asuransi dengan melakukan pendaftaran kolektif melalui PIC Kepegawaian atau PIC yang ditunjuk di tempat Nasabah bekerja. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi Nasabah, antara lain:

  • Memiliki rekening Bank Mandiri yang digunakan untuk penyaluran gaji bulanan

  • Berada pada rentang usia min. 18 tahun s.d max. 63 tahun (ulang tahun terakhir)

  • Bekerja di perusahaan/institusi Non-Militer

Data yang sudah terkumpul melalui PIC Kepegawaian akan dikirimkan ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat untuk dilakukan proses pendaftaran. Data yang dikirimkan ke Bank Mandiri meliputi: Nomor Rekening Payroll Bank Mandiri a.n. Pegawai, Nama pegawai dan nomor handphone Pegawai terkini (untuk memperoleh notifikasi pendaftaran asuransi)

Bagaimana proses pendaftaran program hingga dapat menerima benefit?

Pendaftaran asuransi akan dilakukan setelah penyaluran gaji efektif dilakukan melalui Bank Mandiri. Selanjutnya Bank Mandiri akan menginformasikan Nasabah yang telah terdaftar untuk menerima benefit asuransi. Ilustrasi proses pendaftaran sebagai berikut:

Siapa yang akan mengirimkan polis asuransi?

Informasi kepesertaan asuransi akan dikirimkan oleh Bank Mandiri melalui WhatsApp atau SMS blast langsung ke Nomor Handphone Nasabah yang terdaftar di Bank Mandiri, sedangkan fisik polis Nasabah akan dikirimkan oleh Kantor Cabang Bank Mandiri ke perusahaan tempat Nasabah bekerja.

Kapan klaim benefit asuransi dapat dilakukan oleh Nasabah?

Klaim atas benefit asuransi dapat dilakukan sejak polis Nasabah aktif (tanggal polis terbit). Namun demikian, terdapat beberapa benefit asuransi yang memiliki masa tunggu, sehingga Nasabah belum dapat mengajukan klaim atas benefit tersebut sampai dengan masa tunggu selesai.

Berapa lama masa tunggu untuk dapat mengajukan klaim asuransi?

Masa tunggu adalah periode waktu tertentu yang harus dilewati hingga sejak polis Nasabah aktif (tanggal polis terbit) hingga benefit asuransi dapat mulai digunakan atau klaim benefit asuransi dapat cair.

Terdapat beberapa benefit yang memiliki masa tunggu, antara lain: 

  • Santunan Rawat Inap di Rumah Sakit / Pembedahan: 14 hari kalender

  • Santunan Meninggal Dunia karena Sebab Apapun (bukan karena kecelakaan): 30 hari kalender

Benefit lainnya yang tidak memerlukan masa tunggu bisa langsung diterima setelah polis Nasabah aktif

Bagaimana prosedur klaim asuransi?

Klaim asuransi dapat dilakukan Nasabah dengan cara menghubungi langsung Customer Service PT. AMFS (tanpa melalui Kantor Cabang Bank Mandiri), sebagai berikut: 

  • Klaim kesehatan (rawat inap di rumah sakit), dokumen persyaratan klaim dapat dikirimkan dalam bentuk scan melalui WhatsApp ke Easy Claim 08158153313 atau email ke customer@axa-mandiri.co.id

  • Klaim asuransi jiwa dan kecelakaan dokumen asli dapat dikirimkan melalui kurir pengiriman kepada Kantor PT AXA Mandiri Financial Services : AXA Tower lt 8 – Kuningan City, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Jakarta Selatan 12940 ditujukan kepada Department Claim atau dapat menghubungi dan mengirimkan kantor PT AXA Mandiri Financial Services di kota-kota terdekat dari tempat tinggal Anda. Daftar kantor PT AXA Mandiri Financial Services dapat dilihat melalui website berikut https://axa-mandiri.co.id/customer-care-centre 

  • Gambaran flow klaim asuransi, sebagai berikut:

  • PT AXA Mandiri Financial Services akan melakukan pengecekan dokumen dalam waktu 3 (tiga) hari kerja dan menginformasikan hasil dari proses klaim dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja atau 60 (enam puluh) hari kerja untuk klaim yang membutuhkan investigasi lebih lanjut setelah dokumen-dokumen yang dibutuhkan diterima dengan lengkap. Periode waktu pengecekan dan proses klaim dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan PT AXA Mandiri Financial Services.

  • Berikut ilustrasi pengajuan klaim Program Payroll Bonus Asuransi: 

Dokumen apa saja yang dibutuhkan pada saat klaim?

  • Santunan Tunai Rawat Inap 

    • Formulir pengajuan Klaim yang telah diisi dengan benar dan lengkap (asli); 

    • Formulir keterangan dari Dokter yang sah dan berwenang yang telah ditandatangani oleh Dokter dan diberi stempel dari rumah sakit yang bersangkutan (asli);

    • Kuitansi dan perincian biaya perawatan dan hasil pemeriksaan laboratorium dan diagnostik;

    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk dari Peserta. 

  • Santunan Meninggal Dunia Karena Sebab Apapun

    • Formulir pengajuan Klaim yang telah diisi dengan benar dan lengkap (asli) dan Data Kepesertaan sebagai konfirmasi kepesertaan; 

    • Surat keterangan meninggal dari instansi berwenang (rumah sakit/dokter/kelurahan) dan surat pernyataan Penerima Manfaat tentang musibah meninggalnya Peserta, tanggal terjadinya musibah, tempat terjadinya musibah serta penyebab meninggal;

    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk dari Peserta dan Penerima Manfaat;

    • Fotokopi Kartu Keluarga.

  • Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan dan Santunan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Dalam Transportasi Umum 

    • Formulir pengajuan Klaim yang telah diisi dengan benar dan lengkap (asli) dan Data Kepesertaan sebagai konfirmasi kepesertaan; 

    • Surat keterangan meninggal dari instansi berwenang (rumah sakit/ dokter/ kelurahan/ kepolisian) dan surat pernyataan Penerima Manfaat tentang musibah meninggalnya Peserta, tanggal terjadinya musibah serta tempat terjadinya musibah; 

    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk dari Peserta dan Penerima Manfaat; 

    • Fotokopi Kartu Keluarga.

  • Santunan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan 

  • Formulir Klaim meninggal yang telah diisi dengan benar dan lengkap (asli); 

  • Formulir keterangan dari Dokter yang sah dan berwenang yang telah ditandatangani oleh Dokter dan diberi stempel dari rumah sakit yang bersangkutan (asli);

  • Hasil pemeriksaan laboratorium dan diagnostik; 

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk dari Peserta.

Klaim asuransi akan diterima jika memenuhi beberapa persyaratan utama, antara lain:

  • Nasabah memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen klaim 

  • Masa tunggu klaim terpenuhi

  • Masa Pengajuan Klaim belum kadaluarsa (maksimal kadaluarsa adalah 90 hari kalender sejak kejadian) 

  • Tidak masuk dalam pengecualian (hilangnya hak untuk mendapatkan benefit asuransi)

  • Hasil analisis klaim oleh PT AXA Mandiri Financial Services  

Apa saja yang merupakan pengecualian sehingga tidak dapat menerima benefit asuransi?

  • Pengecualian Umum, Nasabah tidak berhak mendapatkan Manfaat Asuransi, apabila:

    • Bunuh diri atau percobaan bunuh diri atau kegiatan menyakiti diri sendiri; atau

    • Tindakan melanggar hukum oleh Nasabah; atau

    • Secara sengaja ikut berpartisipasi dalam keadaan atau kegiatan perang, kegiatan terorisme maupun huru-hara.

  • Pengecualian Khusus, Nasabah tidak berhak mendapatkan Manfaat Asuransi santunan harian rawat inap di rumah sakit, apabila:

    • Perawatan yang tidak dibutuhkan secara medis menurut Dokter; atau

    • Kehamilan dan segala komplikasinya, kelahiran (termasuk kelahiran dengan pembedahan), keguguran, perawatan pra dan pasca kelahiran, aborsi, sterillisasi, kontrasepsi, kesuburan beserta komplikasinya; atau 

    • Perawatan yang dihasilkan dari atau yang berhubungan dengan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) seperti diketahui oleh WHO (World Health Organization) dan di-diagnosa oleh Dokter; atau keberadaan virus AIDS seperti yang terlihat dari antibodi positif AIDS; atau Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Kemana pembayaran klaim akan dicairkan oleh PT AXA Mandiri Financial Services?

Pembayaran klaim asuransi akan dicairkan ke rekening payroll Nasabah di Bank Mandiri

Apakah perlu melakukan medical check-up sebelum mendaftar asuransi?

Tidak, karena kepesertaan Nasabah pada Program Payroll Bonus Asuransi bersifat guaranteed acceptance

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000