Aplikasi Agent Banking System (ABS)

Aplikasi Agent Banking System (ABS)

Apa itu Aplikasi Agent Banking System?

Aplikasi Mandiri Agen (ABS) merupakan aplikasi mobile yang digunakan oleh Mandiri Agen untuk melayani Nasabah dalam melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Handphone apa saya yang bisa digunakan untuk mengakses Aplikasi Mandiri Agen?

Aplikasi Mandiri Agen dapat diakses dari semua merk handphone dengan sistem operasi berbasis Android minimal dari OS 7.

Bagaimana Mandiri Agen bisa mendapatkan Aplikasi Mandiri Agen?

Sangat mudah sekali, Mandiri Agen dapat mengunduh langsung Aplikasi Mandiri Agen melalui Google Playstore.

Siapa saja yang dapat menggunakan Aplikasi Mandiri Agen?

Pastikan anda telah terdaftar sebagai Mandiri Agen untuk dapat menggunakan aplikasi Mandiri Agen. Bagi Mandiri Agen pengguna EDC Mini ATM dan belum memiliki user dan password aplikasi, Mandiri Agen dapat melakukan pendaftaran user dengan klik menu ‘Bantuan’, kemudian pilih ‘Pendaftaran aplikasi Mandiri Agen’, lalu ikuti instruksi selanjutnya pada aplikasi. 

Transaksi apa saja yang bisa dilakukan dengan Aplikasi Mandiri Agen?

Mandiri Agen dapat melayani Nasabah melalui Aplikasi Mandiri Agen baik transaksi perbankan (Setor Tunai, Tarik Tunai, Transfer sesama Bank Mandiri, dan Transfer Bank Lain) serta Bill Payment, pembukaan tabungan, dan referral kredit.

Mengapa Mandiri Agen tidak bisa mengakses beberapa fitur di Aplikasi Mandiri Agen?

Sesuai dengan POJK No. 1/POJK.03.2022 terdapat 3 kelas agen yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C. Semua Agen baru akan dimulai dari kelas A dan akan naik kelas hingga kelas C secara realtime jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Kelas Agen

Fitur Transaksi di Aplikasi Mandiri Agen

Cara Naik Kelas Klasifikasi Agen di Aplikasi Mandiri Agen

Kelas A

  • Melayani transaksi SiMakmur (Tarik tunai, setor tunai, transfer mandiri, buka rekening)
  • Top Up

Agen baru akan dimulai dari kelas A

Kelas B

  • Semua fitur kelas A
  • Melayani transaksi tabungan selain SiMakmur
  • Transfer bank lain
  • Referral pinjaman
  • Pembayaran angsuran

Melakukan transaksi top up e-wallet (top up gopay, shopee pay, dana, ovo, atau e-wallet lainnya) minimal 1 (satu) kali

Kelas C

  • Semua fitur kelas B
  • Bayar

Melakukan transaksi perbankan (setor tunai, transfer tunai ke mandiri, transfer tunai ke bank lain) minimal 1 (satu) kali

Bagaimana Mandiri Agen mengetahui bahwa transaksi telah sukses?

Apabila Mandiri Agen ingin memastikan bahwa transaksi telah sukses, Mandiri Agen dapat melakukan pengecekan pada saldo yang tertera di halaman utama Aplikasi Mandiri Agen dan status transaksi yang tertera pada struk pelanggan.

Apakah Mandiri Agen bisa melayani Nasabah selain Bank Mandiri?

Mandiri Agen dapat melayani Nasabah selain Bank Mandiri

Berapakah Tarif Layanan di Mandiri Agen?

Tarif layanan Mandiri Agen bervariatif bergantung pada jenis transaksi yang dilakukan oleh Nasabah (Setor Tunai, Tarik Tunai, Transfer, Top Up E-Wallet, dan Bill Payment).

Bagaimana Mandiri Agen mendapatkan komisi?

Komisi yang didapatkan oleh Mandiri Agen terdiri dari 2 sumber, yaitu komisi tunai dari nasabah dan komisi dari Bank Mandiri. Komisi Bank Mandiri diperoleh dari transaksi biller dan tercatat real-time di aplikasi Mandiri Agen.

Bagaimana Mandiri Agen dapat melakukan pengecekan atas komisi yang didapat?

Mandiri Agen dapat melakukan pengecekan komisi melalui side bar pada halaman utama Aplikasi Mandiri Agen bagian ‘Detail Komisi’.

Apakah komisi yang tertera pada menu ‘Detail Komisi’ akan langsung diterima pada rekening operasional Mandiri Agen?

Komisi akan dikreditkan pada rekening operasional Mandiri Agen pada H+1  setelah transaksi pukul 06.00 WIB.

Apakah terdapat limitasi transaksi per hari yang dilakukan oleh Mandiri Agen pada Aplikasi Mandiri Agen?

Terdapat 2 (dua) jenis limit harian transaksi Aplikasi Mandiri Agen, berdasarkan jenis transaksi dan limit akumulatif Mandiri Agen. Transaksi dapat dilakukan oleh Mandiri Agen selama masih terdapat sisa limit harian transaksi di Aplikasi Mandiri Agen.

No.

Jenis Transaksi Mandiri Agen

Limit Harian (Rp)

1.

Pembayaran

50 Juta

2.

Transfer Sesama Mandiri

100 Juta

3.

Transfer Antar Bank Online

110 Juta

4.

Transfer Antar Bank BI-Fast

150 Juta

5. Setor Tunai 60 Juta

6.

Tarik Tunai

100 Juta

7.

Bayar Angsuran

50 Juta

8.

Limit Akumulatif

300 Juta

Bagaimana jika Mandiri Agen mengalami kendala bertransaksi?

Apabila terdapat kendala saat bertransaksi, Mandiri Agen dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau email agen.helpdesk@bankmandiri.co.id 

Bagaimana jika Aplikasi Mandiri Agen terblokir?

Aplikasi Mandiri Agen terblokir jika disebabkan oleh 2 (dua) hal:

  • Salah kode Agen atau lupa password 3 (tiga) kali dalam 24 jam
    • Agen menunggu 15 menit 
    • Setelah 15 menit, Agen dapat membuat password baru dengan klik menu ‘Lupa Password’ dan ikuti instruksi di aplikasi Mandiri Agen 
    • Kriteria password terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan symbol (minimal 8 karakter maksimal 16 karakter)
    • Agen dapat mencoba login kembali di Aplikasi Mandiri Agen menggunakan password baru
  • Salah MPIN transaksi 3 (tiga) kali dalam 24 jam
    • Agen dapat menggunakan layanan self-service buka blokir dengan klik menu ‘Bantuan’ pada kanan bawah halaman utama Aplikasi Mandiri Agen 
    • Sistem akan menampilkan halaman ‘Pusat Bantuan’, kemudian klik ‘Buka Blokir Akun’ dan ikuti instruksi di aplikasi Mandiri Agen 

Provider apa saja yang dapat digunakan untuk Aplikasi Mandiri Agen?

Aplikasi Mandiri Agen dapat digunakan oleh seluruh provider. 

Bagaimana jika koneksi internet Mandiri Agen dalam kondisi stabil, tetapi tidak bisa login Aplikasi Mandiri Agen?

Jika saat login Aplikasi Mandiri Agen mengalami kendala, Mandiri Agen dapat menginformasikan kendala tersebut kepada Mandiri Call 14000 atau email agen.helpdesk@bankmandiri.co.id  

Bagaimana jika Mandiri Agen ingin melakukan update data pada Aplikasi Mandiri Agen?

Dapat melalui self-service data dengan cara:

  • Buka aplikasi Mandiri Agen lalu klik ‘Login’;
  • Klik menu ‘Pengaturan’
  • Pilih menu ‘Ubah Data Agen’
  • Pilih menu ‘Ubah Nomor Rekening/Ubah Nomor Handphone/Ubah Email’
  • Masukkan data update yang valid dan ikuti instruksi aplikasi

Bagaimana cara membagikan bukti transaksi kepada Nasabah?

Bukti transaksi dapat dibagikan kepada Nasabah melalui Whatsapp, email, serta dapat di cetak bagi Mandiri Agen yang memiliki printer bluetooth. 

Dimana kontak resmi yang dapat dihubungi oleh Mandiri Agen?

  • Mandiri Call 14000

  • Email agen.helpdesk@bankmandiri.co.id

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000