FAQ Permintaan Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan
WC - Permintaan Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan
FAQ Permintaan Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan
Apakah yang dimaksud dengan permintaan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan?
Permintaan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan merupakan langkah pengamanan dari Bank Mandiri yang meminta nasabah untuk melakukan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit di ATM Mandiri, dengan mekanisme nasabah akan secara otomatis diarahkan untuk mengganti PIN saat bertransaksi di ATM Mandiri. Bagi nasabah yang menerima permintaan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan ini, maka Kartu Mandiri Debit nasabah tersebut untuk sementara tidak dapat melakukan transaksi di channel ATM, EDC dan e-commerce sampai dengan nasabah melakukan penggantian PIN.
Apa ciri/bukti bahwa pemberitahuan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit nasabah tersebut adalah benar dari Bank Mandiri?
Nasabah yang diminta melakukan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan akan menerima pemberitahuan resmi dari Bank Mandiri melalui :
- Mesin Mandiri ATM saat akan melakukan transaksi, dimana nasabah akan secara otomatis diarahkan untuk melakukan penggantian PIN
- Pesan WhatsApp dari official WhatsApp Bank Mandiri ke nomor Handphone nasabah yang terdaftar di SMS banking.
Nasabah diharapkan waspada dan mengabaikan segala pemberitahuan fiktif/palsu yang diterima nasabah yang mengatasnamakan Bank Mandiri. Segala akibat dari kelalaian nasabah dalam menjaga kerahasiaan PIN Kartu Mandiri Debit adalah merupakan tanggung jawab nasabah.
Apa ketentuan pembuatan PIN baru bagi nasabah yang diminta mengganti PIN untuk alasan keamanan?
Ketentuan pembuatan PIN baru adalah sebagai berikut :
- PIN terdiri dari 6 digit angka
- Kombinasi PIN baru tidak boleh sama dengan PIN yang pernah digunakan sebelumnya
Bagaimana jika nasabah membuat PIN baru yang sama dengan PIN sebelumnya?
Penggantian PIN akan gagal dan kartu akan keluar dari mesin ATM Mandiri. Penggantian PIN baru akan berhasil hanya apabila kombinasi angka pada PIN baru berbeda dengan PIN sebelumnya.
Saat nasabah sudah berhasil melakukan penggantian PIN, apakah nasabah telah dapat bertransaksi kembali di semua channel?
Nasabah yang sudah berhasil melakukan Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan akan dapat kembali bertransaksi secara normal di mesin EDC (Bank Mandiri dan EDC Bank lain), dan ATM (Bank Mandiri dan Bank Lain), kecuali transaksi di e-commerce untuk sementara masih belum dapat dilakukan kembali oleh nasabah.
Apa yang harus dilakukan nasabah yang ingin tetap dapat bertransaksi di e-commerce?
Untuk nasabah yang diminta melakukan Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit Untuk Alasan Keamanan dan ingin tetap bisa bertransaksi e-commerce maka nasabah dapat melakukan permintaan kartu Mandiri Debit yang baru di Cabang Bank Mandiri terdekat
Bagaimana langkah-langkah penggantian PIN Mandiri Debit di Mandiri ATM untuk alasan keamanan?
Langkah-langkah penggantian PIN Mandiri Debit di Mandiri ATM untuk untuk alasan keamanan adalah sebagai berikut:
1. Masukkan Kartu Mandiri Debit ke mesin ATM, kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan
2. Masukkan 6 digit PIN Mandiri Debit yang saat ini digunakan nasabah, kemudian pilih “ENTER”
3. Pilih transaksi apapun di layar ATM
4. Kemudian akan muncul keterangan transaksi telah dibatalkan, dan nasabah langsung diminta untuk melakukan penggantian PIN. Pilih “LANJUTKAN”
5. Masukkan tanggal lahir (ddmmyy), jika sudah benar, pilih “BENAR”
6. Masukkan 6 digit angka PIN lama, kemudian pilih “ENTER”
7. Masukkan 6 digit angka PIN baru. PIN baru harus menggunakan kombinasi 6 digit angka baru dan tidak boleh sama dengan PIN Mandiri Debit terakhir yang sudah pernah digunakan nasabah.
8. Masukkan kembali 6 digit angka PIN baru
9. Selanjutnya penggantian PIN berhasil dilakukan, dan struk penggantian ATM akan keluar
Kapan kartu nasabah bisa digunakan kembali apabila proses perubahan PIN sudah berhasil melalui ATM?
Kartu dapat digunakan segera setelah melakukan penggantian PIN.
Bagaimana jika nasabah salah memasukkan tanggal lahir saat melakukan proses penggantian PIN?
Jika nasabah salah memasukkan tanggal lahir, maka penggantian PIN baru akan gagal dan kartu akan keluar dari mesin Mandiri ATM. Nasabah harus memasukkan kembali kartu ke mesin Mandiri ATM dan mengulangi proses penggantian PIN.
Apakah setelah penggantian PIN baru, masih terdapat kemungkinan nasabah diminta untuk melakukan penggantian PIN kartu debit untuk alasan keamanan?
Ya, masih terdapat kemungkinan nasabah diminta untuk melakukan penggantian PIN kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan.
Apakah penggantian PIN dapat dilakukan melalui channel elektronik selain di Mandiri ATM?
Tidak, penggantian PIN secara elektronik hanya dapat dilakukan di mesin Mandiri ATM.
Apakah penggantian PIN untuk alasan keamanan dapat dilakukan melalui mesin ATM bank lain?
Tidak, penggantian PIN hanya dapat dilakukan di mesin Mandiri ATM.
Apa yang harus dilakukan nasabah yang lokasinya jauh/tidak memungkinkan untuk melakukan penggantian PIN melalui Mandiri ATM?
Nasabah dapat datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk dilakukan pengecekan fisik dan status kartu oleh petugas cabang. Dokumen yang harus dibawa nasabah saat ke cabang antara lain kartu identitas dan kartu Mandiri Debit.
Bagaimana proses penggantian PIN baru untuk alasan keamanan bagi nasabah yang sedang berada di luar negeri?
Untuk nasabah yang ada di luar negeri dapat menghubungi Mandiri Call +62-21-52997777 untuk selanjutnya dilakukan pengecekan status kartu dan dipandu oleh petugas bank untuk penggantian PIN melalui Interactive Voice Response (IVR).
Apa yang harus dilakukan nasabah apabila setelah melakukan semua proses secara benar namun masih tetap gagal melakukan penggantian PIN?
Nasabah dapat datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk dilakukan pengecekan fisik dan status kartu oleh petugas cabang. Dokumen yang harus dibawa nasabah saat ke cabang antara lain kartu identitas dan kartu Mandiri Debit.
Apa yang harus dilakukan nasabah yang sudah sukses melakukan perubahan PIN di Mandiri ATM, tetapi kartu belum dapat digunakan?
Nasabah dapat datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk dilakukan pengecekan fisik dan status kartu oleh petugas cabang. Dokumen yang harus dibawa nasabah saat ke cabang antara lain kartu identitas dan kartu Mandiri Debit.
Apa yang dapat dilakukan nasabah untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu Mandiri Debit?
- Menjaga selalu kerahasiaan dan tidak memberikan informasi kepada siapapun termasuk pihak bank terkait data kartu Mandiri Debit antara lain PIN, nomor kartu, tanggal berlaku kartu, 3 digit nomor CVV di belakang kartu, dan SMS OTP
- Menjaga kerahasiaan PIN saat bertransaksi di ATM dan mesin EDC
- Perhatikan dan hentikan transaksi apabila ada sesuatu yang mencurigakan saat bertransaksi di ATM atau EDC
- Aktifkan layanan SMS notifikasi dan Mandiri Online untuk dapat mengantisipasi apabila terdapat transaksi yang mencurigakan
- Melakukan penggantian PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan transaksi
- Segera lakukan pemblokiran kartu melalui 14000, Mandiri Online, atau di kantor cabang terdekat apabila kartu hilang, tertelan, atau terdapat transaksi yang mencurigakan
- Apabila terdapat permasalahan terkait kartu Mandiri Debit agar menghubungi Mandiri Call 14000.
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000