FAQ VA PLN Mobile
WC - VA PLN Mobile

VIRTUAL ACCOUNT BANK MANDIRI – PLN MOBILE
Apa itu PLN Mobile?
PLN Mobile adalah aplikasi mobile customer self-service berbasis mobile yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (“APKT”) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (“AP2T”) milik PLN. Aplikasi ini merupakan bentuk sinergi layanan PLN kepada pelanggan, setelah sebelumnya memanfaatkan Contact Center PLN 123, Facebook, Twitter dan Website PLN. Aplikasi mobile resmi milik PLN ini berisikan layanan informasi dan komunikasi interaktif antara pelanggan dengan PLN perihal layanan ketenagalistrikan. Aplikasi ini menyajikan data terpadu pelanggan dengan tingkat validasi, akurasi, dan keamanan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
Apa yang diisi dan bagaimana alur end to end process pembayaran listrik menggunakan Virtual Account di PLN Mobile?
- Pembayaran Tagihan Listrik:
- Pembelian Token Listrik:
Apakah ada spesifikasi smartphone tertentu untuk akses aplikasi PLN Mobile?
- Pastikan bahwa handphone atau gadget menggunakan spesifikasi minimum yaitu Android Lollipop 5.1.x atau iOS versi 8 atau spesifikasi yang lebih baru.
- Jika point a di atas sudah memenuhi, maka pastikan memori mencukupi (untuk Android ukuran aplikasi sebesar 26 Megabytes, untuk iOS ukuran aplikasi sebesar 64,9 Megabytes). Jika memori tidak cukup maka pengguna dapat mengurangi atau uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan pada gadget-nya.
- Langkah pengecekan memori gadget:
-
Untuk Android: menu pengaturan (settings) | Perawatan Perangkat | Memori.
-
Untuk iOS: menu pengaturan (settings) | General | iPhone Storage.
-
Bagaimana cara download dan install aplikasi PLN Mobile?
PLN Mobile dapat di-download melalui Google Play Store (system Android) dan App Store (system IOS). Pengguna dapat langsung melakukan pencarian aplikasi PLN Mobile dan selanjutnya memilih proses install atau update.
Bagaimana cara akses dan daftar di aplikasi PLN Mobile?
- Login melalui email, dilakukan dengan memasukkan email yang sebelumnya telah didaftarkan. Berikut prosedurnya:
-
Pengguna buka aplikasi PLN Mobile, pada halaman awal, klik tulisan “Daftar Sekarang” yang ada di bawah untuk memulai registrasi.
-
Kemudian isi data diri, pada kolom ini isi nama lengkap sesuai KTP.
-
Lalu isi email, pastikan email aktif karena ada beberapa fitur yang memerlukan email.
-
Kemudian isikan nomor handphone, pastikan nomor handphone benar dan masih aktif.
-
Buatlah password paduan huruf dan angka.
-
Jika sudah, klik Daftar untuk maju ke tahap selanjutnya.
-
Baca dan Scroll hingga habis Terms of Conditions yang ada.
-
Pada bagian bawah, jika setuju, centang pada bagian ini.
-
Klik setuju dan masuk ke dalam aplikasi.
-
Registrasi berhasil, Pengguna masuk ke halaman Home.
-
- Login melalui Google, dilakukan dengan cara memilih akun Google kemudian memasukkan detil tambahan (nomor handphone) jika belum pernah login sebelumny Berikut prosedurnya:
-
Pengguna buka aplikasi PLN Mobile, pada halaman awal, klik masuk dengan email
-
Pilih akun Google yang akan digunakan.
-
Review detail akun Anda, pastikan nama lengkap sesuai KTP.
-
Masukkan nomor handphone yang aktif.
-
Pengguna berhasil login dan masuk ke halaman Home.
-
Bagaimana jika transaksi time out gagal, akan tetapi dana rekening nasabah sudah terdebet?
Bank Mandiri: nasabah dapat menghubungi Mandiri Call di 14000 atau diproses pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri.
PLN: pelanggan dapat melaporkan pengaduan atau permasalahan pelanggan pada menu bantuan pada aplikasi PLN Mobile (catatan: menu Profile dan pilih Bantuan)
Siapakah kontak dari masing-masing pihak yang terlibat?
Bank Mandiri:
-
Call Center: Mandiri Call 14000
-
Website: www.bankmandiri.co.id
PLN:
-
Email: helpdesk-mobile123@pln.co.id
-
Call Center: (Kode Area) 123
-
Chat: live chat dengan customer service (virtual assistant) di PLN Mobile
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000