layanan chatbanking - DCAS

Layanan Mandiri Chat Banking

Layanan chat banking adalah layanan perbankan non transaksional, nasabah dapat melakukan cek saldo, cek mutasi rekening dan blokir kartu debit. Semua dapat dilakukan dengan mudah, kapan pun dan dimana pun dengan MITA di official business account Bank Mandiri pada aplikasi Whatsapp. di nomor 0811 84 14000.

 

Cara Mengakses Chat Bot MITA di Whatsapp

Cara Melakukan Aktivasi Layanan Chat Banking di Chat Bot MITA 

Frequently Asked Questions Layanan Chat Banking di Chat Bot MITA


 

Kenali Mita Secara Langsung! dan Gunakan Layanan Mandiri Chat Banking

Scan QR code atau klik tombol dibawah ini untuk menggunakan layanan mandiri chat banking kapan pun dan dimanapun

QR MITA

Kenali Sekarang
 

Cara mengakses Chat Bot MITA di Whatsapp
 

  • Nasabah harus memiliki aplikasi Whatsapp di smartphone. Nasabah dapat melakukan download dan install aplikasi Whatsapp melalui PlayStore atau AppStore.
  • Nasabah dapat menyimpan terlebih dahulu (add to contacts) nomor official WhatsApp business account Bank Mandiri (0811 84 14000) di perangkat yang dimiliki.
    input nomor whatsapp BMRI
    simpan nomor whatsapp BMRI
  • Sebelum memulai menggunakan chatbot MITA pastikan bahwa akun WhatsApp tersebut adalah akun WhatsApp bisnis resmi Bank Mandiri yang memiliki tanda centang berwarna hijau.
    whatsapp BMRI
    whatsapp BMRI
    whatsapp BMRI
           
 

Cara Melakukan Aktivasi Layanan Mandiri Chat Banking
 

1

Ketik "Aktivasi"

Masuk ke chat room percakapan di official account BMRI kemudian ketik Aktivasi.

2

Pilih "Jenis Aktivasi

Pilih jenis aktivasi dan system akan mengirimkan link URL yang harus dibuka oleh nasabah.

3

Setujui Syarat & Ketentuan

Nasabah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan kemudian tekan tombol Lanjutkan.

4

Masukkan Data Kartu Debit

Masukkan data kartu debit kemudian klik tombol kirim OTP.

5

Masukkan kode OTP

mandiri online app home tagihan berjalan

Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui 83355.

6

Proses Aktivasi Berhasil

Proses aktivasi berhasil kemudian nasabah akan mendapatkan pop notifikasi “Berhasil”  dan akan kembali ke chat room.

Cara Cek Saldo
 

1

Ketik "Cek Saldo"

Ketik Cek Saldo kemudian klik link yang diberikan.

2

Masukkan "Pin SMS Banking"

Masukkan Pin SMS Banking yang Anda daftarkan.

 
3

Validasi Pin Berhasil

Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai
maka nasabah akan mendapatkan notifikasi
bahwa validasi PIN berhasil .

4

Cek Saldo Berhasil

Nasabah akan diarahkan kembali
ke ruang percakapan. Informasi saldo akan
dimunculkan di dalam chat room.

 

Cara Cek Mutasi Rekening

1

Ketik "Cek Mutasi"

Ketik Cek Mutasi kemudian klik link yang diberikan.

2

Masukkan "PIN SMS Banking"

Masukkan Pin SMS Banking yang Anda daftarkan.

 
3

Validasi Pin Berhasil

Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai
maka nasabah akan mendapatkan notifikasi
bahwa validasi PIN berhasil.

4

Cek Mutasi Berhasil

Nasabah akan diarahkan kembali
ke ruang percakapan. Informasi mutasi 5 hari
terakhir akan dikirimkan di dalam chat room.

 

Cara Blokir Kartu Debit
 

1

Ketik "Blokir Kartu"

Ketik Cek Mutasi kemudian klik link yang diberikan.

2

Masukkan "PIN SMS Banking"

Masukkan Pin SMS Banking yang Anda daftarkan.

3

Konfirmasi Pemblokiran Kartu

Tekan tombol Ya untuk mengkonfirmasi kartu yang akan di blokir telah benar.

 
4

Validasi Pin Berhasil

Bila PIN yang dimasukkan sudah sesuai maka nasabah akan mendapatkan notifikasi bahwa validasi PIN berhasil.

5

Blokir Kartu Berhasil

Nasabah akan diarahkan kembali ke ruang percakapan. Informasi status pemblokiran akan dimunculkan di dalam chat room.

 

FAQ Chat Banking - DCAS

Frequently Asked Questions Layanan Chat Banking
 

Mandiri Chat Banking adalah layanan perbankan non transaksional yang dapat diakses oleh nasabah melalui official business account Bank Mandiri di aplikasi Whatsapp.
  • 1. Cek Saldo Tabungan Mandiri
  • 2. Cek Mutasi (5 transaksi terakhir)
  • 3. Blokir Kartu Debit
  • 1.Nasabah harus terdaftar terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna mandiri SMS Banking Finansial (SMS01)
  • 2.Nomor Whatsapp yang digunakan merupakan nomor ponsel yang terdaftar aktif pada layanan Sms Banking Financial (SMS01)
  • 3.Melakukan permintaan aktivasi chat banking di chat room Whatsapp Bank Mandiri
  • 4.Menyetujui syarat dan ketentuan aktivasi
  • 5.Melakukan langkah-langkah aktivasi chat banking.
  • 1.Nasabah memiliki kartu mandiri debit yang terhubung dengan nomor rekening
  • 2.Nomor kartu mandiri debit pada poin 1 harus memiliki BIN Range sebagai berikut :
  • 3.Nomor rekening nasabah telah terdaftar sebagai pengguna SMS Banking Finansial
  • 4.Nomor SMS Banking Finansial yang telah terdaftar harus sama dengan nomor whatsapp yang akan digunakan oleh nasabah
  • 5.Nasabah harus menyetujui terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan penggunaan mandiri chat banking
  • 1.Nasabah memiliki kartu mandiri debit yang terhubung dengan nomor rekening
  • 2.Nomor kartu mandiri debit pada poin 1 harus memiliki BIN Range sebagai berikut :
  • 3.Nomor rekening nasabah telah terdaftar sebagai pengguna SMS Banking Finansial
  • 4.Nomor SMS Banking Finansial yang telah terdaftar harus sama dengan nomor whatsapp yang akan digunakan oleh nasabah
  • 5.Nasabah harus menyetujui terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan penggunaan mandiri chat banking
Tidak. Nasabah pengguna SMS Banking Finansial (SMS01) tetap harus melakukan proses aktivasi terlebih dahulu. Nasabah baru dapat melakukan check saldo, check mutasi (5 mutasi terakhir), blokir kartu debit
Sistem akan melakukan validasi terlebih dahulu apakah nasabah sudah melakukan aktivasi mandiri chat banking terlebih dahulu setiap saat nasabah melakukan permintaan check saldo, check mutasi dan blokir kartu debit.
  • a. Pastikan nasabah memegang smartphone yang didalamnya terdapat SIM card yang bernomor sama dengan nomor SMS Banking Finansial
  • b. Pastikan ketersedian pulsa pada nomor diatas agar dapat menerima SMS OTP
  • c. Pastikan nomor 83355 (sender sms OTP) tidak dalam keadaan diblokir pada setting kontak smartphone
  • d. Terdapat tombol resend OTP yang dapat digunakan oleh nasabah dengan maksimal penggunakan sebanyak 2 kali. OTP yang didapat dari hasil resend hanya dapat digunakan selama halaman aktivasi (landing page) masih valid (5 menit).
Tidak. Nasabah hanya dapat melakukan aktivasi mandiri chat banking dengan menggunakan nomor kartu debit yang rekeningnya memiliki layanan SMS Banking Finansial.
Tidak. Nasabah hanya dapat mengakses informasi saldo dan mutasi pada rekening utama (primary account) atau rekening pertama pada index MSISDN Inquiry at EBC yang dapat dilihat di BDS Cabang
Saat mengirim pesan “cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit” nasabah akan diminta untuk melakukan aktivasi chat banking terlebih dahulu.
Ya, nasabah memiliki kesempatan 3 kali untuk memasukkan PIN SMS Banking Finansial, tidak termasuk penggunaan PIN SMS Banking Finansial dari channel lain (misal Mandiri Online, SMS Banking, atau channel lain yang menggunakan PIN SMS Banking Finansial).
Tidak, PIN block SMS Banking terintegrasi dengan semua channel yang menggunakan PIN SMS Banking Finansial.
Tidak, hanya pengguna SMS Banking Finansial yang dapat menggunakan mandiri chat banking
  • a. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit dilakukan di hari yang sama dengan penggantian nomor SMS Banking Finansial, nasabah akan mendapatkan link untuk memasukkan PIN SMS Banking, namun saat PIN dimasukkan, proses cek saldo/cek mutase/blokir kartu debit akan gagal.
  • b. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit di keesokan hari, nasabah akan diminta untuk melakukan proses reaktivasi chat banking.
  • a. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit dilakukan di hari yang sama dengan penggantian nomor SMS Banking Finansial, nasabah akan mendapatkan link untuk memasukkan PIN SMS Banking, namun saat PIN dimasukkan, proses cek saldo/cek mutase/blokir kartu debit akan gagal.
  • b. Jika nasabah melakukan cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit di keesokan hari, nasabah akan diminta untuk melakukan proses reaktivasi chat banking.
Nasabah dapat melakukan aktivasi/cek saldo/cek mutasi/blokir kartu debit selama nomor Whatsapp yang digunakan sama dengan nomor SMS Banking Finansial yang telah terdaftar.
Landing page tidak dapat digunakan pada browser laptop atau PC, landing page hanya dapat digunakan pada browser handphone, jika digunakan pada laptop atau PC, nasabah akan mendapati pesan sebagai berikut :
Dalam satu hari, nasabah hanya dapat melakukan percobaan aktivasi sebanyak 3 kali.
Tampilan mandiri chat banking akan tampak seperti di bawah ini :
Tampilan mandiri chat banking akan tampak seperti di bawah ini :
Pada saat cek saldo yang akan terlihat adalah saldo terakhir bukan saldo yang tersedia.
Rekening joint account dapat menggunakan layanan mandiri chat banking selama nomor nomor Whatsapp yang digunakan merupakan nomor ponsel yang terdaftar aktif pada layanan Sms Banking Financial (SMS01)
Transaksi cek saldo/ cek mutasi/ blokir kartu di mandiri chat banking bersifat real time
Nasabah dapat melakukan penghapusan layanan mandiri chat banking melalui Cabang dengan membawa kartu debit dan kartu identitas penduduk yang dimiliki.