Pembayaran Penerimaan Negaran Bukan Pajak (PNBP) melalui Channel Microsite
Apa itu Aplikasi AHU Online?
AHU Online (
https://ahu.go.id/) adalah sistem Pelayanan Publik secara online milik Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Didalamnya terdapat layanan terkait Fidusia, Kenotariatan, Badan Hukum, Wasiat, dan Kewarganegaraan.
Apa itu Layanan Jaminan Fidusia?
Jaminan Fidusia adalah jaminan kebendaan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun tidak berwujud sehubungan dengan hutang-piutang antara debitur dan kreditur. Jaminan Fidusia diberikan oleh debitur kepada kreditur untuk menjamin pelunasan hutangnya. Ditjen AHU memberikan pelayanan-pelayanan terkait dengan fidusia, diantaranya:
- Pelayanan Pendaftaran Fidusia
- Pelayanan Perubahan Fidusia
- Pelayanan Perbaikan Fidusia
Apa itu Aplikasi Fidusia Online?
Merupakan salah satu layanan online dari Ditjen AHU
(https://fidusia.ahu.go.id/), untuk melakukan pendaftaran, perbaikan, dan perubahan jaminan fidusia. Untuk bisa mengakses Fidusia Online, notaris harus memiliki user ID dan password aplikasi Fidusia Online.
Bagaimana Alur Pembayaran Fidusia melalui channel Microsite?
- Notaris membuka alamat website (https://fidusia.ahu.go.id/)

- Login ke website Fidusia Online
![]()
- Notaris memilih dan melengkapi layanan Fidusia yang dikehendaki (pendaftaran, perubahan, perbaikan)

- Notaris memilih metode pembayaran melalui Bank Mandiri

- Website Fidusia Online memunculkan Microsite Bank Mandiri.

- Notaris melengkapi informasi nomor kartu debit dan masa berlaku kartu, serta melakukan request One Time Password (OTP), pastikan kartu debit sudah terdaftar dalam layanan finansial Bank Mandiri Short Message Service (SMS) banking.

- Notaris akan menerima kode OTP pada nomor handphone yang sudah terdaftar sebelumnya untuk layanan finansial Bank Mandiri/SMS banking.

- Masukkan kode OTP untuk melakukan verifikasi

- Pembayaran PNBP Fidusia dilakukan secara real time dan notaris dapat langsung mendownload bukti penerimaan negara.
- Pilih ‘Simpan BPN’ untuk menyimpan Bukti Penerimaan Negara (BPN)

Apakah yang dimaksud dengan Channel Microsite pada Layanan Fidusia Online?
Channel Microsite adalah kanal pembayaran kode billing PNBP Bank Mandiri yang terhubung dan tersinkronisasi langsung atas data pembayaran Fidusia yang disediakan oleh Fidusia Online.
Apakah ada aplikasi yang perlu di install nasabah untuk melakukan pembayaran PNBP Fidusia Online melalui Channel Microsite?
Tidak ada aplikasi yang perlu di install oleh nasabah.
Apa yang dimaksud dengan Kode Pembayaran/ Kode Billing PNBP?
Kode pembayaran atau Kode Billing Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) merupakan kode identifikasi pembayaran jaminan Fidusia yang didapatkan setelah pemohon mengakses website
(https://fidusia.ahu.go.id/)
Apakah Channel Microsite dapat melayani Pembayaran selain layanan Fidusia di website AHU Online?
Tidak, pada tahap awal layanan yang dapat dibayarkan melalui channel Microsite dibuka hanya untuk pembayaran pendaftaran, perbaikan, perubahan jaminan fidusia. Untuk layanan Kenotariatan, Badan Hukum, Wasiat, Kewarganegaraan pembayaran kode billing dapat dibayarkan di channel pembayaran ATM, EDC Mini ATM, Livin’ dan cabang Bank Mandiri melalui menu penerimaan negara – Penyedia Jasa PNBP.
Untuk pembayaran jaminan sertifikat fidusia tidak dapat dilakukan, dikarenakan Bank Mandiri menyatakan nomor transaksi tidak terdaftar?
Sistem Fidusia Online akan secara otomatis menghapus transaksi tersebut apabila bukti transaksi tidak di bayarkan melalui Bank Mandiri. Dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran kembali melalui website Fidusia Online https://Fidusia.ahu.go.id/.
PNBP Fidusia tidak bisa di bayarkan karena keterlambatan, Bank Mandiri menyatakan kadaluarsa. Apakah bisa dibayarkan kembali?
Dalam aplikasi Fidusia Online masa aktif kode billing transaksi hanya berlaku selama 7 hari setelah melakukan permohan transaksi fidusia dan sistem akan secara otomatis menghapus transaksi tersebut apabila bukti transaksi tidak di bayarkan melalui Bank Mandiri. Silahkan untuk melakukan pendaftaran kembali.
Notaris tidak bisa login ke Fidusia Online menggunakan username dan password yang dimiliki?
Hubungi Call Center Ditjen AHU: (021) 1500501.
Jenis pembayaran seperti apa yang dilakukan melalui Channel Microsite?
Jenis pembayaran kode billing PNBP Fidusia dengan menggunakan kartu debit rekening tabungan yang telah terdaftar nomor handphone nya untuk layanan finansial Bank Mandiri/SMS banking.
Informasi apa saja yang diisikan pada layar saat melakukan pembayaran PNBP Fidusia di Channel Microsite?
Nomor Kartu Debit Bank Mandiri, Expiry Date Kartu Debit Bank Mandiri dan One Time Password (OTP).
Kapankah OTP akan diperoleh oleh Nasabah?
OTP akan diperoleh oleh nasabah setelah berhasil validasi atas pengisian kartu debit dan expiry date kartu debit tersebut di channel Microsite. Kode OTP akan diperoleh melalui SMS finansial yang dikirim ke nomor handphone Nasabah yang terdaftar SMS finansial. Pengiriman kode OTP dikenakan biaya melalui pemotongan saldo pulsa dari nomor handphone tersebut. Besar biaya pemotongan tergantung dari provider nomor handphone.
Berapa lama masa kadaluarsa OTP yang telah berhasil dilakukan generate?
Masa kadaluarsa OTP selama 15 Menit setelah OTP ter-generate
Bagaimana jika kode OTP yang telah di generate melewati batas masa kadaluarsa?
Kode OTP tidak akan valid dalam verifikasi transaksi. Nasabah dapat meminta pengiriman ulang kode OTP kembali dengan menekan tombol Resend OTP maksimal sebanyak 2 (dua) kali.
Apakah ada batasan dalam kesalahan memasukkan kode OTP?
Ada, maksimal batas kesalahan Penginputan OTP sebanyak 5 kali.
Bagaimana jika Nasabah tidak memiliki kesempatan dalam pengiriman ulang kode OTP maupun melebihi batas kesalahan memasukkan kode OTP?
Nasabah dapat mengulang kembali pembayaran dari Fidusia Online dengan Kode Billing yang sama tertera di Daftar Transaksi, lalu pilih kembali pembayarannya melalui Bank Mandiri.
Apa yang harus dilakukan nasabah ketika mendapatkan error invalid card number?
Datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk melakukan aktivasi layanan SMS finansial/banking dan memastikan bahwa status kartu debit tidak terblokir/skimming/stolen. Jika kartu dalam keadaan status skim dan stolen, nasabah diarahkan untuk membuat kartu debit yang baru.
Bagaimana jika transaksi pembayaran sukses tetapi receipt tidak tercetak/tidak terbaca/hilang?
Nasabah dapat melakukan pengecekan saldo via channel Bank Mandiri, jika rekening sudah terdebet nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuat laporan/ pengaduan untuk memastikan bahwa transaksi tersebut memang berhasil.
Apakah nasabah bisa mencetak ulang BPN?
Nasabah dapat melakukan pencetakan ulang BPN dengan menggunakan kode biller 50013 (menu Penerimaan Negara) pada Mandiri Livin’ by Mandiri, Mandiri ATM, Mandiri EDC Mini ATM dan Cabang Bank Mandiri.
- Livin’ by Mandiri
Login > Pilih Menu Bayar > Pillih menu Penerimaan Negara > Pilih Nomor Rekening Sumber > Pilih menu Cetak Bukti Penerimaan Negara > Masukkan ID Billing > klik tombol Lanjut > Konfirmasi Nama Pembayaran > Klik tombol konfirmasi > Input MPIN > Muncul resi .
- Mandiri ATM
Masukkan PIN ATM > Pilih menu Bayar/Beli > Pilih Menu Penerimaan Negara > Pilih Cetak Bukti Penerimaan Negara > Masukkan ID Billing > konfirmasi data pembayaran > klik ya > ambil Struk BPN.
- Mandiri EDC Mini ATM
Pilih menu penerimaan negara > Pilih menu advice pajak > Gesek mandiri debit > Ketik PIN > Muncul konfirmasi cetak bukti penerima kemudian tekan tombol hijau (OK) > Masukkan kode billing > Muncul konfirmasi tanggal pembayaran kemudian tekan tombol hijau (OK) > Muncul konfirmasi nama pembayaran kemudian tekan tombol hijau (OK) > Muncul konfirmasi nominal pembayaran kemudian tekan tombol hijau (OK) > Muncul konfirmasi rincian pembayaran kemudian tekan tombol hijau (OK) > Muncul total pembayaran kemudian tekan tombol hijau (OK) > Simpan struk sebagai bukti BPN.
- Cabang Bank Mandiri
Isi Formulir Aplikasi Setoran > bawa form ke telller > Menerima BPN dari Teller.
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000