SAMSAT DIGITAL NASIONAL
WC - Samsat Digital 2021
Samsat Digital Nasional – Signal
Apa itu Samsat Digital Nasional ?
Bagaimana alur end to end process pembayaran Samsat Digital Nasional ?
-
Nasabah mengunduh aplikasi “Samsat Digital Nasional” di google Playstore.
-
Nasabah melakukan registrasi dengan pengisian data mandatory (NIK, Nama sesuai eKTP, alamat e-mail, nomor handphone, masukan kata sandi, ulangi kata sandi).
-
Nasabah melalukan serangkaian proses verifikasi (upload foto KTP, swafoto, SMS OTP, verifikasi e-mail).
-
Nasabah menambahkan data kendaraan bermotor (NRKB dan nomor rangka).
-
Nasabah melanjutkan ke proses pengesahan.
-
Informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ akan muncul dengan jumlah yang harus dibayarkan.
-
Setelah memilih opsi pengiriman, nasabah akan mendapatkan kode bayar.
-
Nasabah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dengan memasukkan kode bayar untuk kemudian pembayaran dapat dilakukan melalui Livin by Mandiri.
-
e-TBPKP, e-Pengesahan dan e-KD dapat di akses di aplikasi SIGNAL.
-
Nasabah yang memilih opsi pengiriman “Dikirim” akan mendapatkan TBPKP/SKPD secara fisik yang akan dikirimkan ke alamat pengiriman yang dituliskan nasabah di aplikasi.
Wilayah mana saja yang melayani pembayaran Samsat Digital Nasional saat ini?
1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Kepulauan Riau
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Sumatera Selatan
9. Bangka Belitung
10. Lampung
11. Banten
12. DKI Jakarta
13. Jawa Barat
14. Jawa Tengah
15. DI Yogyakarta
16. Jawa Timur
17. Bali
18. Kalimantan Barat
19. Kalimantan Tengah
20. Kalimantan Selatan
21. Sulawesi Utara
22. Gorontalo
23. Sulawesi Barat
24. Sulawesi Tengah
25. Sulawesi Tenggara
26. Sulawesi Selatan
27. Nusa Tenggara Barat
Apakah ada spesifikasi smartphone tertentu untuk akses aplikasi Samsat Digital Nasional ?
Bagaimana cara akses dan daftar di aplikasi Samsat Digital Nasional ?
Tata cara akses dan daftar aplikasi Samsat Digital Nasional dapat dilihat pada website www.samsatdigital.id
Apakah pembayaran UBP Samsat Digital Nasional dapat dilakukan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah habis masa berlakunya/ terlambat/sudah jatuh tempo?
Apa saja channel Bank Mandiri yang bisa dilakukan pembayaran UBP Samsat Digital Nasional ?
Apa yang diisi pada layar / slip setoran saat melakukan pembayaran UBP Samsat Digital Nasional ?
Bagaimana jika nomor bayar / kode inputan tidak ditemukan/gagal inquiry di channel bank Mandiri?
Bagaimana jika nasabah salah bayar dengan memasukkan nomor bayar / kode inputan lain di channel Bank Mandiri?
Bagaimana jika transaksi pembayaran sukses tetapi receipt tidak tercetak/tidak terbaca/hilang ?
Nasabah dapat melakukan pengecekan saldo via channel Bank Mandiri, jika rekening sudah terdebet nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuat laporan / pengaduan untuk memastikan bahwa transaksi tersebut memang berhasil.
Selain itu nasabah dapat melakukan pengecekan secara berkala di aplikasi SIGNAL untuk memastikan status pembayaran telah ter-update. Jika memerlukan bantuan, silahkan menghubungi Customer Service SIGNAL dengan mengirim email ke info@samsatdigital.id atau melalui website www.samsatdigital.id.
Bagaimana proses penerimaan dan penyelesaian pengaduan Samsat Digital Nasional jika ada kendala pada saat pembayaran dan berapa lama SLA nya?
Proses pengaduan pembayaran dapat dilakukan dengan menghubungi Mandiri Call 14000, SLA sesuai dengan PTO Mandiri Bill Collection yang berlaku saat ini yaitu 7 (tujuh) hari kerja
Adapun proses pengaduan layanan lainnya terkait Samsat Digital Nasional dapat menghubungi Customer Service SIGNAL dengan mengirim email ke info@samsatdigital.id atau melalui website www.samsatdigital.id.
Siapakah kontak dari masing – masing pihak yang terlibat ?
email info@samsatdigital.id atau website Samsat Digital Nasional www.samsatdigital.id.
Bank Mandiri:
Mandiri Call 14000 atau website Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id
Pembayaran melalui Livin’ by Mandiri
Setelah sukses mendapat kode bayar, berikut adalah cara membayar pajak kendaraan melalui Livin’ by Mandiri :
-
Buka aplikasi Livin’ by Mandiri di smartphone.
-
Masukan user id dan pin di halaman login.
-
Pilih menu Bayar kemudian pilih Pajak.
-
Pada bagian Pilih Penyedia Jasa pilih SAMSAT DIGITAL NASIONAL – 60110.
-
Masukkan Nomor Bayar, contoh 1812345678900000.
-
Tekan Lanjut.
-
Tekan Konfirmasi jika informasi sudah sesuai.
-
Masukkan MPIN Banking.
-
Transaksi selesai dan mendapat bukti pembayaran.
Pembayaran melalui Mandiri ATM
LANGKAH-LANGKAH TRANSAKSI MELALUI MANDIRI ATM Biller Code 60110 – Samsat Digital Nasional
-
Masukkan Kartu ATM, Kemudian Pilih BAHASA INDONESIA
-
Masukkan PIN ATM lalu pilih menu BAYAR/BELI kemudian pilih menu MULTIPAYMENT
-
Ketik Kode Perusahaan, yaitu 60110 (Samsat Digital Nasional), tekan BENAR
-
Isi Kode Bayar, kemudian tekan BENAR, contoh: 1812345678900000
-
Muncul konfirmasi data nasabah.
-
Pilih nomor 1 sesuai tagihan yang akan dibayar, kemudian tekan BENAR.
-
Muncul konfirmasi pembayaran. Tekan BENAR untuk melakukan pembayaran.
-
Bukti pembayaran dalam bentuk STRUK agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah dari Bank Mandiri
Pembayaran melalui Cabang Bank Mandiri
Pembayaran Samsat Digital Nasional dapat dilakukan melalui pengisian aplikasi formulir di teller di seluruh cabang Bank Mandiri dengan menyerahkan slip pembayaran langsung kepada teller di cabang Bank Mandiri dengan mengisi Kode Bayar.
Adapun cara pengisian formulir yang ada pada teller cabang Bank Mandiri adalah sebagai berikut:
-
Isi aplikasi setoran / transfer atau formulir multi pembayaran dengan data Tanggal, Nama Pembayar & Alamat Pembayar.
-
Isi penerima dengan Samsat Digital Nas (60110).
-
Isi No Rekening dengan kode bayar, contoh: 1812345678900000.
-
Isi Jumlah setoran & Terbilang.
-
Isi Tujuan Transaksi. Misal: Pembayaran Samsat Digital Nasional.
-
Teller akan memproses transaksi tersebut dan mencetak bukti pembayaran yang harus disimpan baik baik sebagai bukti transaksi pembayaran.
Contoh pengisian formulir slip pembayaran:
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000