solusi pembayaran pruspeedclaim
pruspeedclaim edc mandiri

pembayaran pruspeedclaim melalui edc mandiri
Apa itu PRUSpeed Claim?
PRUSpeed Claim merupakan layanan kerjasama Bank Mandiri dengan rumah sakit rekanan Prudential (menggunakan fitur PreAuth di mesin EDC Bank Mandiri) yang memungkinkan nasabah Prudential dapat pulang terlebih dahulu setelah mendapatkan layanan kesehatan dari rumah sakit tanpa harus menunggu konfirmasi antara rumah sakit dan Prudential dengan jaminan hold limit kartu kredit.
Berapa limit kartu kredit yang di-hold?
Pihak rumah sakit akan melakukan konfirmasi kepada Prudential berapa excess tagihan yang akan dibebankan kepada card holder. Kemudian, pihak rumah sakit akan merelease nominal hold sebelumnya dan akan mendebet kartu kredit sesuai dengan tagihan.
Contoh :
-
Tagihan rumah sakit sebesar Rp 5 Juta
-
Pihak rumah sakit akan melakukan hold limit kartu kredit sebesar Rp 5 Juta
-
Rumah sakit akan melakukan konfirmasi kepada Prudential berapa tagihan yang ditanggung oleh Prudential dan berapa tagihan yang dibebankan kepada pasien atau tidak ditanggung Prudential (excess).
-
Misal biaya yang ditanggung oleh Prudential sebesar Rp 4.5 Juta dan excess pasien Rp 500 Ribu, maka pihak rumah sakit akan merelease hold limit kartu kredit sebesar Rp 5 Juta dan mendebet kartu kredit sesuai tagihan yang ditanggung pasien yakni Rp 500 Ribu.
Apakah jika limit kartu kredit yang tersedia kurang dari tagihan rumah sakit, apakah bisa menggunakan fitur ini?
Tidak bisa, nasabah harus memastikan limit kartu kredit yang tersedia melebihi dari nominal tagihan rumah sakit.
Apakah setelah pasien melakukan hold limit kartu kredit sesuai tagihan rumah sakit bisa langsung pulang?
Bisa.
Apakah nasabah perlu datang kembali ke rumah sakit setelah Prudential memberikan konfirmasi kepada rumah sakit terkait nominal excess tagihan yang harus dibayar oleh pasien?
Tidak perlu. Nasabah bisa melakukan konfirmasi kepada rumah sakit terkait tagihan yang dibebankan melalui media yang disepakati dengan rumah sakit.
Rumah sakit mana saja yang sudah ada fitur PRUSpeed Claim?
Saat ini baru RS Mitra Keluarga Kemayoran dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Adapun rumah sakit rekanan Prudential lainnya sedang dalam proses implementasi PruSpeed Claim. Pasien dapat mengkonfirmasi terlebih dahulu ke pihak rumah sakit apakah sudah terimplementasi layanan PruSpeed Claim atau belum. Daftar rumah sakit dapat dicek berkala di halaman website ini.
Apa keuntungan PreAuth dari sisi Nasabah maupun Rumah Sakit jika dibandingkan dengan nasabah yang menggunakan CC tetapi pembayarannya di potong langsung?
Bagi RS (merchant), layanan PreAuth bermanfaat untuk memberikan uang jaminan bagi RS atau kepastian penerimaan dana dari pasien. Disaat yang sama, pasien tidak langsung dibebankan biaya perawatan (tunai) sebelum layanan perawatan tersebut diterima oleh pasien. Pasien hanya akan dibebankan sebesar sesuai dengan biaya yang dibebankan ke pasien. Apabila dibandingkan dengan pemotongan langsung, maka ada kemungkinan biaya yang dibebankan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari biaya yang dibebankan kepada pasien tersebut.
Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pihak RS jika ada yang tertarik dengan PreAuth ini?
Sesuai Risk Acceptance Criteria (RAC) BMRI.
Apakah bisa split booked mengunakan 2 kartu kredit yang berbeda untuk melalukan booked limit? Contoh: tagihan 10jt, 5jt dikartu bank A, 5jt dikartu bank B
Tidak bisa, ketentuan Visa tidak dapat split tagihan.
Jika pengembalian dana lebih dari 14 hari, apakah bisa? Jika bisa apakah ada biaya?
Jika pasien masih dalam perawatan, apabila melebihi 7 (tujuh) hari maka dilakukan top-up PreAuth untuk menambah jumlah hari ketika melakukan completion (penyelesaian).
Apakah ada biaya untuk booking limit? Misalnya 5% dari biaya booked limit
Tidak ada biaya.
Apakah bisa split booked limit antara kartu dengan cash? (Contoh: tagihan 10jt, 5jt di kartu dan 5jt dengan uang tunai)
Tidak bisa.
Bagaimana jika ingin membatalkan transaksi Preauth?
Apabila terjadi pengembalian dana yang melampaui 14 (empat belas) hari kerja, maka card holder harus menyampaikan keluhannya kepada bank penerbit kartu (issuer) dengan disertai bukti transaksi pembatalan PreAuth yang diterima dari RS (struk transaksi pembatalan transaksi PreAuth di EDC). Disarankan pasien menerima bukti transaksi completion dari RS melalui email atau media lainnya.
Bagaimana jika transaksi dengan Preauth dibatalkan?
Apabila terjadi pengembalian dana yang melampaui 14 (empat belas) hari kerja, maka card holder harus menyampaikan keluhannya kepada bank penerbit kartu (issuer) dengan disertai bukti transaksi pembatalan PreAuth yang diterima dari RS (struk transaksi pembatalan transaksi PreAuth di EDC). Disarankan pasien menerima bukti transaksi completion dari RS melalui email atau media lainnya.
Berapa lama limit kartu kredit kembali setelah pembatalan?
Tergantung Issuing Bank.
Berapa lama proses pengembalian limit kartu setelah dilakukan completion dari kartu kredit? Jika melebihi dari waktu yg ditentukan, apakah nasabah atau pihak RS yg follow up ke BMRI? bisa follow up kemana?
H+1 setelah dilakukan completion dan settlement.
Jaringan kartu kredit apa saja yg bisa digunakan untuk proses Preauth? (Contoh: Master, Visa, dll)
UPI, JCB, Master, Visa
Bagaimana flow dari Preauth? Mulai dari dana nasabah yg di Void sampai dengan penangguhan otorisasi berakhir tanpa diselesaikan atau diselesaikan dan sistem perbankan mentransfer dana.
Cannot disclose, akan langsung disampaikan ke pihak RS (merchant).
Apakah ada MDR yg dibebankan ke Rumah Sakit jika meng-aktivasi Pre Auth? Jika ada, berapa besarannya?
MDR mengikuti ketentuan existing.
Syarat dan ketentuan lainnya
-
Cardholder harus ada disaat transaksi PreAuth (tidak dapat diwakilkan)
-
Hanya dapat menggunakan kartu kredit (tidak dapat menggunakan kartu debit).
-
Bisa menggunakan seluruh CC dengan logo yang disebutkan diatas.
-
Syarat & Ketentuan lainnya berlaku sesuai kebijakan internal Bank Mandiri.
Call Center
-
Bagi card holder dapat menghubungi ke 14000 dan issuing bank masing-masing
-
Bagi RS (merchant) dapat menghubungi ke Hi Yokke
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000