CSM HEAD

 

 

Customer Service Machine

CS (Customer Service) Machine merupakan layanan digital terbaru Bank Mandiri yang hadir untuk menawarkan solusi dengan proses penggantian kartu debit dan pembukaan rekening secara praktis dan mandiri (self service) tanpa harus mengantre di Customer Service cabang.

 

 


Layanan Yang Dapat Dilakukan

 

 

Pembukaan Rekening Mandiri di CS (Customer Service) Machine .

Penggantian kartu debit dengan kartu (card for card).

Penggantian kartu debit tanpa kartu (lost card).

 

Mudah Dan Cepat

Memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi dengan menggunakan mesin tanpa harus datang & antre di cabang. untuk pembukaan rekening hanya butuh waktu 5 menit & penggantian kartu hanya 1 menit.

Aman dan Nyaman

Metode otentikasi berlapis yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Nasabah cukup menggunakan saranan verifikasi antara lain e-KTP, sidik jari, nomor handphone aktif, e-mail aktif, atau kartu debit.

 

Apa Yang Harus Disiapkan Saat Menggunakan CS Machine?

1

Pembukaan rekening menggunakan CS Machine

  1. Calon nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik), No HP yang aktif dan bisa diakses oleh nasabah, serta nomor NPWP (tidak wajib).
  2. Calon nasabah memiliki pulsa di handphone.
2

Penggantian Kartu dengan Kartu (Card to Card)

  1. Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik).
  2. Nasabah memastikan kembali kondisi kartu debit masih dapat digunakan di mesin ATM.
  3. Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang ingin digantikan.
3

Penggantian Tanpa Kartu (Lost Card)

  1. Nasabah menyiapkan e-KTP (dalam kondisi yang baik).
  2. Nasabah mengetahui nomor rekening dari kartu debit yang akan diganti
  3. Nasabah masih mengetahui PIN kartu debit yang akan diganti.

 

 

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa kriteria Nasabah yang dapat menggunakan CS Machine?

Nasabah baru:

  • Merupakan nasabah baru belum pernah terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri
  • Nasabah baru yang tidak memiliki kepemilikan wajib pajak di luar negeri

Nasabah eksisting:

  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti kartu debit karena kondisi kartu rusak.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti kartu debit karena kartu hilang.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti jenis kartu debit dari magnetic stripe ke kartu debit chip.
  • Nasabah Bank Mandiri yang ingin mengganti jenis kartu debit (upgrade / downgrade).

 

2. Di mana saja kah lokasi adanya CS Machine?

Saat ini lokasi CS Machine ada di: bmri.id/lokasicsmachine

 

3. Apakah penggantian kartu di CS Machine dikenakan biaya?

Ya, penggantian kartu di CS Machine dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-

 

4. Jenis Kartu Mandiri Debit apa saja yang dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine?

  • Silver GPN
  • Gold GPN
  • Platinum GPN
  • Gold VISA
  • Platinum VISA

 

5. Jenis Kartu Mandiri Debit apa saja yang tersedia di CS Machine?

Kartu Mandiri Debit yang tersedia adalah GPN Silver, GPN Gold, Visa Gold, GPN Platinum dan Visa Platinum

 

6. Apakah Kartu Mandiri Debit lama nasabah yang memiliki lebih dari 1 rekening (multiaccount) dapat dilakukan penggantian kartu di CS Machine?

Ya, kartu Mandiri Debit lama nasabah dapat dilakukan penggantian di CS Machine dan kartu Mandiri Debit barunya akan otomatis membawa seluruh rekening yang ada pada kartu lama nasabah.

 

7. Bagaimana jika kartu Mandiri Debit nasabah terhubung ke rekening regular dan rekening valas, apakah dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine?

Tidak, kartu Mandiri Debit nasabah tidak diperkenankan untuk melakukan penggantian kartu di CS Machine. Nasabah harus mengunjungi cabang untuk memproses kebutuhan ini.

 

8. Apakah Kartu Mandiri Debit yang memiliki lebih dari 1 rekening di dalamnya (multiaccount) akan otomatis terbawa ke kartu baru?

Ya, kartu baru dari CS Machine akan secara otomatis membawa seluruh rekening yang ada pada kartu lama nasabah

 

9. Bagaimana jika kartu Mandiri Debit nasabah terhubung ke banyak rekening yang salah satu rekeningnya dormant atau closed, apakah dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine?

Tidak, kartu Mandiri Debit nasabah tidak diperkenankan untuk melakukan penggantian kartu di CS Machine. Nasabah harus mengunjungi cabang untuk memproses kebutuhan ini.
 

10. Bagaimana jika status kartu terblokir? Apakah bisa melakukan penggantian kartu di CS Machine?

Saat ini, hanya kartu dengan status terblokir sementara yang dapat dilakukan penggantian di CS Machine. Pergantian kartu terblokir permanen harus mengunjungi cabang

 

11. Bagaimana jika nasabah mengalami kegagalan bertransaksi?

Nasabah dapat melaporkan ke mandiri call 14000 atau ke cabang untuk keluhan yang dialami.

 

12. Apakah jika nasabah sudah memiliki rekening di Mandiri, nasabah bisa membuat rekening lain di CS Machine?

Saat ini layanan yang tersedia adalah untuk pembukaan rekening bagi nasabah baru saja. Untuk pembuatan rekening tambahan dapat dilakukan di Customer Service cabang.

 

13. Apakah calon nasabah akan mendapatkan buku tabungan?

Tidak, buku tabungan digantikan dengan informasi rekening yang dikirimkan melalui e-mail, SMS, dan resi. Ketiga hal tersebut dapat dijadikan sebagai bukti untuk proses perbankan lainnya.

 

14. Bagaimana cara nasabah melihat mutasi dari tabungan/ rekening

Mutasi tabungan/ rekening dapat diakses dan dilihat melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

 

15. Bagaimana jika nasabah ingin mendapatkan rekening koran/ e-Statement?

Rekening koran atau e-Statement untuk tabungan/ rekening nasabah dapat diakses melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

 

16. Bagaimana cara Nasabah melakukan pendaftaran layanan e-Statement melalui Livin by Mandiri?

Tata cara pendaftaran layanan e-Statement melalui Livin by Mandiri adalah sebagai berikut:

 

14. Jenis tabungan apa saja yang dapat dibuat di CS Machine?

Produk tabungan yang saat ini tersedia adalah Mandiri Tabungan dengan biaya administrasi bulanan sebesar Rp12.500, setoran awal besar Rp500.000, dan saldo minimal sebesar Rp100.000.

 

15. Berapa lama periode penyetoran awal setelah tabungan terbentuk?

Periode setoran awal ke tabungan adalah 90 hari sejak tabungan terbentuk. Adapun untuk nominal setoran awal adalah minimal Rp500.000.

 

16. Bagaimana cara untuk melakukan setoran awal?

Setoran awal dapat dilakukan melalui transfer, mesin setor tarik tunai (CRM), ataupun setoran di cabang Bank Mandiri.

 

17. Kartu Mandiri debit nasabah sebelumnya terdaftar layanan Verified by VISA (VbV), apakah kartu Mandiri debit baru nasabah sudah terdaftar layanan VbV juga?

Tidak, kartu Mandiri debit baru nasabah harus didaftarkan kembali agar dapat menggunakan layanan VBV melalui cabang atau Livin by Mandiri.

 

18. Apa itu layanan VbV?

Merupakan fitur layanan/alat pembayaran transaksi online eCommerce menggunakan kartu Mandiri debit yang sudah tersertifikasi dari Visa (VbV/3D Secure) pada situs merchant (toko online) yang juga telah memiliki sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).

 

19. Bagaimana cara Nasabah melakukan pendaftaran layanan VbV melalui Livin by Mandiri?

Tata cara pendaftaran melalui Livin by Mandiri dapat dilihat disini.

 

20. Nasabah sebelumnya belum menggunakan layanan VbV pada kartu Mandiri debit lama, apakah Nasabah dapat mendaftarkan layanan VbV pada kartu Mandiri debit baru?

Ya, Nasabah dapat mendaftarkan layanan VbV pada kartu Mandiri debit barunya.

 

21. Kartu debit Mandiri apa yang bisa didaftarkan layanan VbV?

Hanya kartu debit Mandiri Visa saja yang dapat didaftarkan layanan VbV.